Rotasi Bumi: Pengertian, Durasi dan Akibat Terjadinya

Rotasi Bumi

Tahu nggak sih apa itu rotasi bumi? Yuk, cari tahu pengertian, durasi berlangsungnya, hingga akibat terjadinya di artikel berikut ini.

Halo teman-teman yang penuh rasa keingintahuan! Kali ini kita akan menjelajahi rahasia alam semesta yang menakjubkan. Tahukah kalian bahwa sebenarnya bumi kita ini berputar seperti gasing raksasa? Yup, perputaran bumi pada porosnya ini disebut dengan rotasi bumi. Wah, ayo kita coba memahami lebih dalam!

 

Pengertian Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros atau sumbunya. Bumi akan bergerak dari arah barat ke timur atau terlihat bertentangan dengan arah jarum jam. Ini berarti bahwa ketika kita melihat matahari terbit, sebenarnya Bumi sedang berputar sehingga tempat kita berada menghadap matahari.

 

Durasi Rotasi Bumi

Untuk melakukan satu kali rotasi, bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4 detik, yang kemudian dibulatkan menjadi 24 jam. Waktu untuk satu kali rotasi disebut dengan kala rotasi. 

 

Baca Juga: Urutan Planet di Tata Surya beserta Ciri dan Gambarnya

 

Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Rotasi bumi dapat mengakibatkan beberapa kejadian yang berdampak pada kehidupan makhluk hidup di bumi. Yuk, kita cari tahu akibat terjadinya rotasi bumi!

 

1. Terjadinya Siang dan Malam

Akibat langsung dari rotasi Bumi adalah pergantian antara siang dan malam. Setiap kali kita menyaksikan matahari terbit dan terbenam, kita sedang menyaksikan Bumi kita yang setia berputar di porosnya. Bumi terbagi menjadi dua bagian, yakni menghadap matahari dan membelakangi matahari. Bagian Bumi yang menghadap matahari mengalami siang, sedangkan bagian yang berputar menjauh dari matahari mengalami malam.

 

2. Perbedaan Waktu di Berbagai Daerah

Ketika suatu tempat mengalami siang, tempat lain di sisi yang berlawanan mengalami malam. Hal ini mempengaruhi pengukuran waktu di berbagai daerah. Untuk mengatur waktu secara lebih teratur, dunia dibagi menjadi beberapa zona waktu. Setiap zona memiliki waktu rata-rata berbeda, yang disesuaikan dengan posisi relatif terhadap matahari. Di dunia ada 24 daerah waktu. Waktu patokan ada pada garis bujur 0 derajat yang melalui kota Greenwich atau GWT. Jika bujur standar di sebelah timur bujur nol, waktunya ditambah. Tetapi jika bujur standar di sebelah barat bujur nol, maka waktunya dikurangi. Batas penanggalan internasional adalah bujur 180 derajat. Dengan batas ini berarti jika di belahan timur bujur tanggal 7 Maret, maka di sebelah barat tanggal 6 Maret.

 

3. Gerak Semu Harian Matahari

Gerak harian bumi ini juga mengakibatkan gerak semu harian matahari. Dalam setiap harinya, kita seolah melihat matahari sedang berputar dari arah timur ke barat atau yang ditandai dengan matahari terbit dan matahari terbenam. Kita analogikan dengan naik bus. Jika bus yang anda tumpangi melaju ke timur, maka pohon atau tiang listrik di pinggir jalan seolah-olah bergerak ke barat. Padahal sebenarnya benda-benda tersebut tidak bergerak. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah pergerakan bumi. Artinya, matahari tidak bergerak melainkan bumi yang sedang bergerak. Gerak yang tidak sebenarnya inilah yang sering disebut dengan gerak semu harian matahari. 

 

4. Pembelokan Arus Air Laut

Rotasi Bumi juga menyebabkan pembelokan arah arus laut atau yang dikenal dengan efek Coriolis. Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Arah arus laut di Bumi bagian selatan berbelok searah dengan perputaran jarum jam. Sedangkan arah arus laut di Bumi bagian utara berbelok berlawanan dengan jarum jam.

 

5. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi Bumi memainkan peran penting dalam pembentukan efek gravitasi yang stabil. Gravitasi ini memungkinkan kita tetap terikat pada permukaan Bumi tanpa terlepas ke ruang angkasa. Kehadiran gaya gravitasi ini menjaga semua benda dan atmosfer di tempatnya. Rotasi Bumi menyebabkan  gerakan arahnya menjauhi pusat, sehingga bentuk Bumi menjadi bulat pepat dan diameter kutub Bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan daerah khatulistiwa.

Itulah tadi pembahasan lengkap seputar rotasi bumi. Jadi, sekarang kamu sudah paham kan bahwa berbagai fenomena yang terjadi seperti pergantian siang dan malam adalah akibat dari rotasi bumi.

Untuk belajar lebih dalam kamu juga bisa lho mendaftarkan diri ke Altaschool. Alta School adalah sekolah online di tingkat PAUD hingga SD kelas 4 Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.

Yuk, coba kelas gratis Altaschool dengan klik gambar di bawah!

CTA Blog Alta School

MT Alta School