Rumus Kubus: Luas Permukaan, Volume, Sifat & Contoh Soal

Rumus luas, keliling, dan volume kubus

 

Siapa di sini yang suka atau pernah main ular tangga? Ketika kamu mendapat giliran main, pertama yang kamu lakukan adalah melempar dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalankan.

Nah, dadu adalah contoh benda berbentuk kubus yang sering kita jumpai. Kenapa ketika kita melempar dadu dan jatuh, pasti akan terbuka tepat di sisinya? Karena setiap sisi bentuknya sama.

Setelah kemarin kita mempelajari bentuk balok, kali ini kita akan belajar tentang kubus. Bentuk kubus dan balok hampir mirip. Mereka sama-sama berbentuk kotak. Tapiiii… kalau kubus terbentuk dari 6 sisi persegi alias bentuknya simetris. Berbeda dengan balok yang menyerupai persegi panjang. Supaya lebih jelas, yuk kita bahas lebih lanjut!

Pengertian Kubus

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kubus adalah ruang yang terbatas enam bidang segi empat. Dengan kata lain, kubus adalah bentuk bangun ruang yang memiliki sisi-sisi yang sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar, yaitu 90 derajat.

Jadi, jika kamu melihat sebuah benda dengan bentuk kubus, semua sisinya akan terlihat sama dan setiap sudutnya akan membentuk sudut yang sama. Misalnya seperti dadu yang disebutkan di atas tadi. Dadu memiliki enam sisi dan setiap sisinya memiliki bentuk segi empat yang sama.

 

Baca juga: Terlengkap! Pengertian Balok, Sifat, Rumus, dan Contoh Soal

 

Unsur Kubus

Kubus terdiri atas beberapa unsur yang membentuknya, yaitu:

  • Sisi: Kubus memiliki 6 sisi. Kita bisa membayangkan sisi-sisinya seperti muka-muka dadu. Setiap sisinya memiliki bentuk segi empat yang sama.
  • Sudut: Setiap sudut di dalam kubus memiliki ukuran 90 derajat. Sudut-sudut ini seperti sudut di dalam ruangan yang membentuk sudut 90 derajat.
  • Rusuk: Rusuk adalah garis yang menghubungkan dua titik pada kubus. Kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang. Rusuk ini seperti tali yang menghubungkan dua sudut pada kubus.
  • Titik sudut: Kubus memiliki 8 titik sudut. Kita bisa membayangkan titik-titik sudut ini seperti pojok-pojok sebuah kotak. Setiap sudutnya berukuran 90 derajat.
  • Jaring-jaring: permukaan kubus yang terlihat ketika dibongkar dan disebarkan datar. Jaring-jaring kubus terdiri dari beberapa kotak yang dihubungkan satu sama lain. Kotak-kotak ini membentuk sisi-sisi kubus.

 

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Bilangan dalam Matematika dan Contohnya

 

Sifat atau Ciri-Ciri Kubus

Kubus memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan bentuk ruang yang lainnya. Ada apa saja ciri-ciri kubus?

  • Semua sisinya memiliki bentuk segi empat yang sama dan semua sudutnya memiliki ukuran 90 derajat.
  • Memiliki 6 sisi yang terlihat. Setiap sisi adalah segi empat yang sama panjang dan sama lebar. Semua sisinya saling berhadapan secara berpasangan.
  • Setiap sudut di dalam kubus memiliki ukuran 90 derajat. Sudut-sudut ini tajam dan membentuk sudut siku-siku.
  • Memiliki 12 rusuk. Rusuk-rusuk ini adalah garis yang menghubungkan dua titik pada kubus. Semua rusuk pada kubus memiliki panjang yang sama.
  • Memiliki 8 titik sudut. Titik-titik ini adalah tempat di mana tiga rusuk bertemu. Semua titik sudut pada kubus membentuk sudut-sudut tumpul sebesar 90 derajat.

 

 

Rumus Kubus dan Contoh Soal

Sama seperti balok, kita bisa menghitung rumus keliling permukaan, luas permukaan, volume, diagonal ruang, dan luas bidang diagonal dari sebuah kubus. Bagaimana caranya? Yuk, simak contoh soal dan pembahasannya berikut ini!

 

1. Rumus Keliling Permukaan Kubus

Rumus:

K = 4s

Keterangan:

K = keliling (cm)

s = panjang sisi (cm)

 

Contoh Soal:

Misalkan kita memiliki kubus dengan panjang sisi 3 cm. Maka keliling permukaannya (K) = …..

 

K = 4s

K = 4 x 3

K = 12

 

Jadi, keliling permukaan kubus dengan panjang sisi 3 cm adalah 12 cm.

 

2. Rumus Luas Permukaan Kubus

Rumus:

L = 2 × (pl + pt + lt) atau 6 x s²

Keterangan:

L = luas permukaan (cm²)

p = panjang (cm)

l = lebar (cm)

t = tinggi (cm)

s = sisi (cm)

 

Contoh Soal:

Misalkan kita memiliki kubus dengan panjang sisi 4 cm. Kita dapat menggunakan rumus tersebut untuk menghitung luas permukaan kubus.

 

L = 6s²

L = 6 x 4²

L = 6 x 16

L = 96 cm²

 

Jadi, luas permukaan kubus dengan panjang sisi 4 cm adalah 96 cm².

 

3. Rumus Volume Kubus

Rumus:

V = s x s x s atau V = s³

 

Keterangan:

V = volume (cm³)

s = panjang sisi (cm)

 

Contoh Soal:

Misalkan terdapat kubus dengan panjang sisi 5 cm. Berapakah volumenya?

 

V = s³

V = 5³

V = 5 x 5 x 5

V = 125

 

Jadi, volume kubus dengan panjang sisi 5 cm adalah 125 cm³.

 

Contoh Benda Berbentuk Kubus

Nah, agar semakin paham tentang kubus, yuk kita belajar contoh benda kubus apa saja sih yang ada sekitar kita?

  • dadu
  • rubik
  • kardus
  • es batu
  • kotak kado
  • kaleng biskuit
  • kotak perhiasan

 

Selain benda-benda di atas, ada banyak sekali contoh benda-benda kubus yang ada di sekitar kita. Sekarang coba kamu sebutkan contoh benda berbentuk kubus lainnya dan tulis di kolom komentar ya!

Semoga penjelasan tentang rumus kubus, sifat, dan unsurnya di atas membuat kamu semakin paham yah! Selain tentang kubus, masih ada banyak bangun ruang lain yang menarik untuk dipelajari, lho! Yuk belajar bareng di homeschooling AltaSchool sekarang juga!

Adya Rosyada Yonas