7 Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah di Rumah

Nurul Habibah Sep 18, 2021 • 6 min read


Pengasuhan_Anak_-_Tips_Mendampingi_Anak_Mengerjakan_Tugas_Sekolah_di_Rumah-01“Artikel ini membahas tentang 7 tips mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah di rumah. Penasaran dengan tips-tipsnya? Simak penjelasannya yuk”

--

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Oleh karenanya kegiatan belajar mengajar masih dilakukan di rumah. Setiap hari anak-anak mendapatkan banyak tugas yang seringkali membuat orang tua ikut kewalahan. Pasalnya, semenjak kegiatan belajar dari rumah mulai diterapkan, orang tua mau tidak mau memiliki peran baru, yakni sebagai guru dari anak-anaknya.

Selain membantu anak mengerjakan tugas-tugas yang sulit, orang tua tentunya juga akan berperan menjaga semangat belajar anak agar tidak turun. Nah, sebagian orang tua mungkin sudah terbiasa dengan pekerjaan seperti ini, namun sebagian yang lain mungkin masih bingung.

Bahkan tidak jarang banyak juga orang tua yang stres karena melihat banyaknya tingkah unik anak-anak saat belajar dari rumah. Mulai dari anak-anak yang sulit mengerti pelajaran meski telah berkali-kali dijelaskan, anak yang tidak bisa fokus saat mengerjakan tugas, sampai dengan anak yang tidak mau menyelesaikan tugas-tugas sekolah karena malas atau sibuk bermain.

Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah Di Rumah(Sumber: Kompasiana.com)

Bagi para orang tua yang merasa kesulitan dalam mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah dirumah, berikut ini adalah beberapa tips seru dan efektif yang dapat anda terapkan.

 

1. Susun Jadwal Mengerjakan Tugas

Jadi buatlah jadwal rutin mengerjakan tugas sekolah, dengan bertanya kapan waktu efektif untuk belajar yang sesuai dengan keinginan anak. Namun pastikan juga waktu tersebut merupakan waktu yang sesuai dengan orang tua, terutama jika orang tua juga harus bekerja setiap harinya.

Contohnya mungkin Anda dan anak bisa mengambil kesepakatan bahwa jam mengerjakan tugas adalah malam hari. Di malam hari orang tua mungkin sudah selesai bekerja dan anak mendapatkan jeda waktu untuk istirahat, antara belajar siang hari dan mengerjakan tugas malam hari.

 

2. Cek Tugas Sekolah Berdasarkan Tenggat Waktu Pengumpulan

Setelah membuat jadwal kapan harus mengerjakan tugas, orang tua juga harus memperhatikan tenggat waktu pengumpulan tugas dari sang anak. Hal ini agar tidak ada tugas-tugas yang dikumpulkan setelah tenggat waktu habis atau bahkan terlewatkan. Selain itu, juga untuk membantu anak agar tidak keteteran mengerjakan semua tugas sekolah dan masih memiliki waktu untuk beristirahat

 

3. Berikan Contoh untuk Membantu Menyelesaikan Masalah

Dibandingkan membantu anak dengan langsung mengerjakan tugasnya, maka akan lebih baik jika orang tua hanya mengajarkan langkah demi langkah dalam mengerjakan tugas tersebut. Minta anak untuk memperhatikan saat orang tua menjelaskan langkah-langkah yang diajarkan. Setelahnya minta anak untuk mengulangi langkah-langkah pengerjaan tugas tersebut atau menerapkannya dengan tetap didampingi.

Baca juga: Sering Mendapat Pertanyaan Sulit dari Anak? Cara ini Bisa Jadi Solusi

 

4. Bangun Diskusi Dengan Anak

Tidak hanya orang tua yang stres karena mendampingi anak belajar, anak-anak pun tidak jarang banyak yang stres dan tertekan akibat banyaknya tugas mereka. Nah, hal ini bisa membuat anak meluapkan rasa tertekannya dengan keluar bermain tanpa seizin orang tua mereka. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua perlu membangun diskusi dengan anak.

Orang tua harus bisa untuk proaktif menanyakan perkembangan dari tugas-tugas sang anak. Orang tua bisa juga bertanya tugas mana yang sulit untuk dikerjakan dan mana yang mudah. Dengan demikian orang tua harus bisa mendengarkan keluh kesah anak terkait tugas sekolahnya. Tidak semua mata pelajaran juga dapat dikuasai oleh setiap anak, ada anak-anak yang sangat menguasai humaniora, namun kurang di sains, dan begitupun sebaliknya.

 

5. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Suasana belajar yang menyenangkan tidak hanya berasal dari tempat belajar yang nyaman, namun bisa juga dari perlakukan orang tua yang menyenangkan. Semisal Anda sudah menggunakan layanan bimbel online sekali pun, sebagai orang tua juga harus bisa mendukung menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Agar anak-anak Anda tidak merasa mudah bosan saat mengerjakan tugas, maka berilah jeda waktu setelah anak belajar 20 menit. Sebab pada umumnya kemampuan konsentrasi anak rata-rata adalah selama 20 menit. Beri waktu jeda kurang lebih 5 menit untuk anak beristirahat, lalu baru dilanjutkan kembali.

Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas(Sumber: KendariPos.co.id)

Orang tua juga sebaiknya mendampingi anak-anak sampai berhasil mengerjakan tugas-tugasnya. Sebab hanya anak-anak yang merasa berhasil yang akan memiliki motivasi besar dalam belajar. Contohnya, dengan mendampingi anak menyelesaikan tugas yang mudah, maka anak nantinya akan memiliki motivasi untuk mengerjakan tugas yang lebih susah.

 

6. Berilah Pujian

Salah satu cara membuat anak semakin nyaman mengerjakan tugas sekolah di rumah adalah dengan apresiasi. Orang tua bisa memberikan apresiasi atau pujian kepada anak atas semua tugas yang telah anak kerjakan. Tidak harus memberikan hadiah yang sangat besar, orang tua bisa memberikan hadiah-hadiah sederhana seperti coklat, atau makanan kesukaan anak lainnya.

 

7. Berkomunikasi Dengan Guru

Berkomunikasi dengan guru merupakan salah satu cara terbaik untuk memantau tugas anak. Di era digital ini komunikasi antara orang tua dan guru merupakan hal yang tidak sulit lagi untuk dilakukan. Orang tua dapat menanyakan kepada guru yang menjadi orang tua anak di sekolah tentang perkembangan si anak. Orang tua bisa bertanya tentang kelebihan anak, ataupun kelemahan anak tersebut ada di bagian apa. Selain itu, orang tua bisa juga loh berdiskusi dengan guru tentang tugas-tugas yang diberikan.

Jadi, itulah 7 tips mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah di rumah. Semoga tips-tips diatas dapat membantu para orang tua dan anak, sehingga kegiatan mengerjakan tugas sekolah di rumah tetap menyenangkan. Untuk kegiatan belajar anak yang lebih seru dan mudah, altaschool kini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ibu dan anak. Akan ada berbagai fitur seru yang membantu anak mendapatkan metode belajar online yang modern serta adaptif.

New call-to-action

Referensi:

Muhimmah, S. (2021). ‘Panduan Lengkap Membantu Anak Mengerjakan Tugas Sekolah di Rumah’, narmadi.com, 17 Juni 2021 [online] Available at: https://narmadi.com/id/tugas-sekolah/

Farida, L.N. (2020). ‘Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah’, Ayo Guru Berbagi.kemdikbud.go.id, 19 November 2020 [online] Available at: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tps-mendampingi-anak-belajar-di-rumah/

Heryansyah, T.R. (2020) ‘Anak Banyak PR Saat Belajar di Rumah? Berikut Tips Mendampinginya’, Ruangguru.com, 31 Maret 2020 [online] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/dampingi-anak-saat-banyak-pr 

Sumber Gambar:

Anak Belajar di Rumah Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.kompasiana.com/rudi200783/5ea22d14097f366a493d6213/anak-belajar-di-rumah-penguatan-peran-orang-tua

Orang Tua Menemani Anak Belajar Dengan Menyenangkan [daring]. Available at: https://kendaripos.co.id/2020/06/belajar-dari-rumah-orang-tua-harus-ciptakan-suasana-menyenangkan/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar