10 Tips Mengajarkan Anak Menulis

Nurul Habibah Okt 8, 2021 • 6 min read


Tips_Mengajarkan_Anak_Menulis-01“Menulis merupakan kemampuan yang harus dilatih sejak kecil. Artikel ini berisi informasi tentang tips mengajarkan menulis untuk anak. Simak Yuk”

Menulis merupakan salah satu kemampuan motorik halus, yang perlu dikuasai oleh anak. Selain itu, menulis juga dapat menjadi media bagi anak untuk menyalurkan emosi, serta ekspresi mereka terhadap perasaannya. Menurut Juliati, dalam Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, ia menyatakan bahwa kemampuan dasar menulis pada anak harus dikembangkan, sebelum anak dapat menulis dengan benar.

Namun, nyatanya mengajarkan anak menulis bukan lah hal yang mudah. Anda bahkan mungkin pernah menghadapi berbagai drama, saat mengajarkan anak menulis. Seperti anak yang pura-pura mengantuk saat belajar karena dia malas, anak yang menangis ketika diajarkan, atau anak yang tidak betah belajar dalam waktu yang lama, serta berbagai kendala lainnya. 

Nah, untuk menghadapi semua drama tersebut, berikut ada 10 tips yang bisa Anda terapkan saat mengajarkan anak belajar menulis.

1. Sediakan Tempat yang Nyaman

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak menulis adalah menyediakan tempat yang nyaman. Pastikan anak dapat belajar menulis di kursi dan meja yang stabil dan menyesuaikan bentuk tubuhnya. Hal ini bertujuan agar anak dapat duduk dengan postur yang baik. Sehingga mereka bisa merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama belajar di sana. Hindari juga menggunakan meja atau tempat tulis yang terlalu tinggi. Sebab, ini akan mempengaruhi gerakan tangan anak saat menulis, dan membuat tulisannya tidak rapi.

2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan 

Anak-anak seringkali lebih suka belajar dalam suasana yang menyenangkan. Anda bisa mengajarkan anak menulis sambil bermain atau bernyanyi. Selain itu, anak juga akan lebih senang belajar menulis dengan hal-hal menarik, contohnya menggunakan buku-buku bergambar, atau buku berwarna-warni.

3. Alat Peraga yang Bervariasi

Cara Mengajarkan Anak Menulis(Sumber: Orami.co.id)

Untuk mengajari anak menulis, kadang kala Anda butuh alat tambahan. Nah, biasanya anak-anak akan suka dengan alat peraga yang punya variasi warna cerah dan menarik perhatiannya. Mulai dari alat tulisannya, lalu juga contoh alphabet yang digunakan. Semua alat-alat ini hendaknya berwarna menarik sehingga anak bisa fokus dan tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Nah, saat anak merasa bosan, Anda bisa mengganti dengan peralatan baru yang tidak kalah menarik, hingga nanti anak bisa hafal dengan baik semua huruf yang ada.

4. Latih Anak untuk Menggenggam 

Nah, setelah tiga langkah di atas terpenuhi, kini saatnya Anda melatih anak untuk menggenggam. Di era digital sekarang ini, tidak jarang anak lebih sering terbiasa mengetik di tablet atau laptop. Akibatnya, anak mungkin akan lebih terampil mengetik dibandingkan menulis. Hal ini bisa menyebabkan kemampuan menggenggam anak tidak terlatih dengan baik. 

Meskipun mengetik juga menghasilkan tulisan, namun menulis dengan tangan juga sebaiknya dilatih dengan baik pada anak. Sebab, ini akan berhubungan dengan kemampuan motoriknya. Oleh sebab itu, sebelum mengajarkan anak menulis, Anda terlebih dahulu juga harus melatih kemampuan menggenggamnya.

5. Menulis Bebas

Tips Melatih Anak Menulis(Sumber: SehatQ.com)

Saat mengajarkan anak menulis, Anda tidak boleh berekspektasi terlalu tinggi. Selain itu, jangan berikan target berapa hari anak harus menguasai cara menulis. Biarkan anak Anda untuk berkembang secara alami. Saat pertama belajar, biarkan anak menulis dengan bebas. Mungkin anak-anak akan membuat garis tak beraturan. Nah, hal ini tidak perlu Anda risaukan. Biarkan anak untuk terlebih dahulu melakukan dan mengekspor apa yang diinginkan.

6. Metode Trace The Dot

Metode trace the dot berguna untuk mengajarkan anak agar mudah mengenali huruf dari bentuk kapital maupun kecil. Anda bisa membuat pola sendiri secara manual yang menggambarkan huruf atau angka. Buatlah pola titik-titik dengan menggunakan pensil, dan minta anak untuk menebalkan atau menyambung setia titik tersebut, sehingga dapat menghasilkan suatu bentuk tertentu. Selain membuatnya secara manual, Anda bisa juga mendapatkannya dari sebuah buku atau mencetak font sejenis melalui sebuah gambar internet.

7. Menebalkan Huruf yang Tipis 

Setelah metode trace the dot dapat dilakukan oleh anak, kini saatnya Anda mencoba mengajarinya menebalkan huruf-huruf yang tipis. Sama dengan metode sebelumnya, Anda bisa membuat sendiri, atau menggunakan buku khusus anak belajar menulis, dan bahkan bisa mencari huruf tipis di internet kemudian di print. 

Ketika memilih pola huruf, cobalah untuk menggunakan pola yang besar. Hal ini bertujuan agar anak bisa melihatnya dengan jelas dan dapat belajar dengan maksimal. Jika terlalu kecil, anak akan kesulitan menyelesaikan.

8. Menulis dengan Huruf Tunggal 

Cara Melatih Anak Menulis(Sumber: Popmama.com)

Anda bisa mengajarkan anak menulis dengan menulis huruf tunggal terlebih dahulu. Mulai ajarkan anak untuk menulis huruf vokal, yakni a,i,u,e,o. Selanjutnya baru latih anak untuk menulis huruf konsonan. Namun, sewaktu-waktu Anda juga bisa mencampur keduanya, baik huruf vokal atau konsonan, agar kemampuan belajar anak bisa meningkat. Menulis huruf tunggal ini dapat Anda latih dengan konsisten, sehingga kemampuan menulis anak bisa berkembang dengan baik.

9. Menulis dengan Suku Kata 

Setelah anak-anak bisa menulis huruf tunggal, saatnya Anda beralih mengajarkan suku kata. Mengajarkan beragam suku kata, seperti ba, ca. da, ga, ha, dapat mempermudah anak belajar menulis. Selain itu, menulis suku kata sekaligus dapat membantu anak belajar membaca. Nah, oleh karena itu, tips yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

10. Dampingi dengan Sabar 

Mendampingi anak belajar menulis memang susah-susah gampang. Namun, Anda harus bisa melakukan nya dengan sabar. Jangan sampai anak merasa tertekan dan berpikir melebihi batasnya. Ajarkan secara pelan dan berikan anak apresiasi ketika dia berhasil menulis sesuatu. Tidak harus hadiah, menempelkan tulisannya di dinding pun sudah dapat membuat anak merasa senang loh. 

Itulah 10 tips mengajarkan anak menulis yang dapat Anda coba di rumah. Di samping belajar menulis jangan lupa ajarkan juga anak untuk mulai menghitung dan membaca. Nah, untuk membantu anak belajar lebih mudah dan seru, Anda bisa berlangganan altaschool

Alta School adalah sekolah online dengan metode belajar modern dan adaptif. Di sini ada beberapa fasilitas belajar yang bisa dinikmati oleh anak, yakni Live Teaching, Learning Kit, Home-based Project, Kelas Tambahan, serta masih banyak lagi. Selain itu, Alta School juga sudah menggunakan kurikulum K-2013 loh. Jadi tunggu apalagi? Buruan daftarkan anak Anda, sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Yani, I.F. (2021). ‘Agar Sudah Mahir Sebelum Sekolah, Ini 8 Tips Mengajari Anak Menulis Dengan Rapi’, hellosehat.com, 10 September 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/cara-mengajari-anak-menulis/

Prasetyo, D. (2019). ‘5 Cara Rahasia Mengajarkan Anak TK Belajar Menulis’, Popmama.com, [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/fx-dimas-prasetyo/cara-rahasia-menerapkan-belajar-menulis-untuk-anak-tk/5 

Stella Maris. ‘ Yakin Sudah Terapkan Cara Mengajari Anak Menulis yang Tepat’, Stella-Maris.sch.id, [daring] Available at: https://www.stella-maris.sch.id/blog/mengajari-anak-menulis/

Juliati, A.D. (2014). ‘Peningkatan Motivasi Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Komik’, Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUDNI’, 9(2). 

Sumber Gambar

Anak Belajar Menulis dengan Peralatan Berwarna [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengajarkan-anak-menulis/ 

Anak Sedang Belajar Menulis [daring]. Available at:https://www.sehatq.com/artikel/tidak-perlu-repot-ini-tips-cara-mengajari-anak-menulis

Anak Belajar Menulis Huruf Tunggal [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/mariana-politton/7-cara-efektif-dalam-memperkenalkan-huruf-alfabet-pada-si-kecil

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar