7 Aktivitas Ini Bisa Bikin Anak Mencintai Alam Loh!

Nurul Habibah Okt 27, 2021 • 6 min read


Aktivitas & Hobi - Hobi yang Bisa Bikin Anak Mencintai Alam-01“Mencintai alam adalah salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini. Untuk itu, kita perlu tahu aktivitas apa saja yang dapat Anda ajarkan pada Anak, agar Ia terbiasa mencintai alam sejak kecil.’

Masa kecil adalah waktu yang tepat untuk menanamkan banyak kebiasaan baik pada anak. Mulai dari melatih anak untuk bisa mandiri, hingga mengajarkannya untuk terbiasa mencintai alam. Apalagi, makin ke sini, bumi semakin tua, dan telah banyak perubahan serta kerusakan yang terjadi pada bumi.

Mengajarkan anak mencintai alam akan bermanfaat untuk membuat pribadi anak yang lebih mandiri dan tidak egois. Selain itu, anak yang sering berinteraksi dengan alam juga akan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap perbuatan yang dilakukannya. Lalu, gimana sih caranya untuk mengajarkan anak mencintai alam? 

Nah, ini dia 7 aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak, yang membuatnya bisa mencintai alam sejak dini. 

1. Menghemat Energi

Menghemat penggunaan energi adalah salah satu upaya untuk mencintai dan menjaga bumi. Anda bisa mulai mengajarkan pada anak cara menghemat energi, seperti mengurangi penggunaan lampu, gadget, atau juga mengurangi menonton TV atau menyalakan alat elektronik lainnya. Saat anak sudah melakukan pengurangan energi, maka itu adalah aksi nyata yang dapat dipelajari untuk Ia terbiasa menjaga bumi.

2. Hindari Pemakaian Produk Tidak Ramah Lingkungan

Mencintai lingkungan dapat juga diajarkan dengan kebiasaan sederhana, yakni menghindari penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan. Anak-anak biasanya belum paham dengan efek rumah kaca, bahaya karbon dioksida, atau pentingnya menggunakan produk ramah lingkungan. Namun, Anda bisa secara aktif bercerita dan memberikan pemahaman dengan contoh nyata, dengan begitu anak akan mengikuti Anda. 

Cara Ajarkan Anak Mencintai Alam(Sumber: Alibaba.com)

Salah satu contohnya adalah Anda mulai dengan menggunakan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali. Hindari untuk menggunakan produk styrofoam ketika membeli makanan atau minuman. Serta ajarkan anak untuk terbiasa membawa tumbler atau tempat minum ketika berpergian.

3. Berkebun Sejak Dini

Ajaklah anak untuk terbiasa berkebun sejak dini. Anda bisa membuat kebun kecil di taman rumah yang terkena cahaya matahari. Berkebun akan mengajarkan dan mengenalkan anak tentang bumi, pertumbuhan tanaman, serta kehidupan ramah lingkungan. Anak akan belajar juga bagaimana cara bumi dapat memberinya kebutuhan hidup seperti makanan. 

Bagian paling pentingnya, berkebun akan mengajarkan anak tentang tanggung jawab. Sebab, setelah bibit ditanam, anak harus terus merawatnya secara berkala, sampai waktu panen tiba.

4. Biasakan Menjaga Kebersihan

Aktivitas yang Membuat Anak Mencintai Alam(Sumber: Medcom.id)

Ajarkan anak sejak dini untuk tidak membuang sampah sembarangan. Anda bisa mulai untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya, sesuai dengan jenis sampah tersebut. Tunjukkan pada anak mana sampah yang bisa didaur ulang dan mana sampah yang tidak bisa didaur ulang. Dengan cara itu, anak nanti akan terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungannya hingga Ia dewasa.

5. Lakukan Kegiatan Daur Ulang

Anda bisa juga mengajak anak melakukan aktivitas daur ulang yang menyenangkan. Ajak anak-anak berkreasi dengan mengubah sampah menjadi permainan yang menyenangkan. Dengan cara ini, anak-anak dapat bermain, belajar dan juga memanfaatkan sampah yang tidak terpakai di rumah.

Jadikan kegiatan daur ulang sebagai waktu kreatif untuk anak. Sediakan lem, karton, gunting, crayon, serta kertas berwarna sebagai tambahan untuk hasil yang lebih seru. Dengan semua peralatan tersebut, anak bisa diajarkan membuat berbagai bentuk dari berbagai jenis sampah, seperti kardus, kertas, dan plastik. Contohnya Anda bisa ajak anak membuat layangan dari plastik, membuat gambar hewan pada kardus, lalu mengguntingnya dan diberi warna, atau lain sebagainya.

6. Ajak Anak Berkemah di Alam Terbuka

Aktivitas Seru yang Bisa Bikin Anak Mencintai Alam(Sumber: Popmama.com)

Berkemah adalah salah satu kegiatan seru yang juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan anak pada alam, sehingga Ia lebih mencintai alam. Ajak anak diakhir pekan berkemah di tengah hutan wisata, dan lakukan berbagai aktivitas seru, seperti mengenalkan benda-benda langit pada malam hari, atau bernyanyi bersama. 

Tidak hanya bisa mempererat hubungan antara anak dan orang tua, berkemah juga bisa membangun rasa percaya diri pada anak, serta memberikannya pengalaman yang tidak terlupakan. 

7. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Banyak orang yang masih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Terlepas dari berbagai masalah sarana dan infrastruktur, penggunaan kendaraan umum sebenarnya memiliki banyak manfaat. 

Tidak hanya mengurangi polusi, menggunakan kendaraan umum akan membantu Anda menjadi lebih sehat, sebab tubuh akan bergerak lebih banyak dari biasanya. Ketika menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa mengajarkan kepada anak bagaimana akibat dari kurangnya rasa cinta pada lingkungan, seperti banyaknya sampah yang berserakan di sepanjang perjalanan. Mulailah kebiasaan menggunakan kendaraan umum ketika mengantarkan anak ke sekolah.

Itulah 7 aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama anak, untuk menumbuhkan rasa cinta pada alam. Nah, bagi Anda yang ingin memberikan pendidikan yang bagus untuk anak, kini Anda bisa mengandalkan altaschool.

Alta School adalah salah satu sekolah online yang diperuntukkan bagi anak di jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Di sini anak-anak akan mendapatkan berbagai pelajaran yang menggunakan kurikulum K-13. Berbagai fasilitas belajar di Alta School akan membuat anak dapat memahami pelajaran dengan mudah serta semakin semangat untuk terus belajar. 

Beberapa fasilitas yang akan didapatkan antara lain adalah Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Penilaian Mandiri, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Buruan daftarkan anak Anda sekarang juga ya.

New call-to-action

Sumber: 

Rahmadianti, F. (2018), ‘5 Cara Mengajarkan Anak Agar Cinta Lingkungan’, Orami.co.id, 05 Juni 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/5-cara-mengajarkan-anak-agar-cinta-lingkungan/

Florencia, G. (2019), ‘Ajarkan Anak untuk Cinta Aman, Ini Caranya’, Halodoc.com, 29 November 2019 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/ajarkan-anak-untuk-cinta-alam-ini-caranya

Mahardini, K. N. (2021), ‘Ini 4 Cara yang Dapat Dilakukan untuk ajari Anak Agar Cinta Lingkungan’, Kompas.com, 23 April 2021 [daring] Available at: https://www.kompas.com/parapuan/read/532663791/ini-4-cara-yang-dapat-dilakukan-untuk-ajari-anak-agar-cinta-lingkungan

Lesmana, B. (2019), ‘5 Cara Bijak Membuat si Kecil Mencintai Bumi Sejak Dini’, Popmama.com, 12 Juni 2019 [daring] Available at:  https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/cara-bijak-membuat-si-kecil-mencintai-bumi-sejak-dini/5

Sumber Gambar: 

Tas Belanja Ramah Lingkungan [daring]. Available at: https://indonesian.alibaba.com/product-detail/wholesale-100-cotton-reusable-grocery-bags-eco-friendly-62057230056.html

Ajarkan Anak Menjaga Kebersihan [daring]. Available at: https://www.medcom.id/rona/keluarga/xkEn8D9K-cara-mengajarkan-anak-agar-cinta-lingkungan

Anak Berkemah [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/cara-tepat-mengenalkan-alam-pada-anak-balita

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar