9 Olahraga Seru yang Dapat Dilakukan Bersama Anak

Nurul Habibah Nov 3, 2021 • 7 min read


Aktivitas & Hobi - Olahraga Seru yang Dapat Dilakukan Bersama Anak-01“Melakukan olahraga bersama anak tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, namun juga bisa membangun kedekatan orang tua dan anak. Nah, apa sih olahraga yang bisa dilakukan bersama Anak? Simak yuk”

Olahraga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa loh.  Anak-anak pun juga sudah dianjurkan untuk melakukan olahraga sejak kecil. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk anak, seperti melatih otot motorik, melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah berat badan berlebih, dan juga menunjang tumbuh kembangnya. 

Namun, sebelum Anda mengajak anak berolahraga, sebaiknya cari tahu dulu apa saja olahraga yang bisa dilakukan bersama anak. 

Memilih olahraga yang tepat untuk anak adalah hal yang sangat penting, sebab jika tidak, bukannya senang, anak justru merasa tertekan karena melakukan olahraga yang tidak disenanginya. Nah, kira-kira apa sih olahraga menyenangkan bersama anak yang dapat membuat anak terbiasa berolahraga sejak dini? 

Berikut beberapa olahraga seru bersama anak yang dapat Anda coba.

1. Jogging 

Salah satu olahraga yang mudah dan praktis untuk dilakukan tentunya adalah jogging. Olahraga ini tidak membutuhkan alat tambahan lain selain sepatu. Untuk anak-anak yang masih balita, jogging dapat Anda lakukan dengan membawa anak di stroller dan mendorongnya sambil jogging. 

Olahraga Seru Bersama Anak(Sumber: Merries.co.id)

Namun, jika anak Anda sudah lebih dewasa, dan Ia mau ikut lari bersama Anda, maka berikanlah kesempatan tersebut, tanpa ada paksaan karena kemampuan dan stamina anak pasti berbeda dengan orang dewasa. Nah, ketika anak mulai lelah, izinkan Ia untuk beristirahat dan bisa juga Anda siasati dengan menggendongnya untuk menambah beban latihan Anda.

2. Sepak Bola 

Sepak bola juga dapat dijadikan pilihan olahraga bersama anak. Meskipun olahraga ini seharusnya dilakukan dalam tim, tapi tidak ada salahnya Anda bermain berdua dengan anak di halaman rumah atau lapangan olahraga.

Berbagai gerakan dalam olahraga ini seperti shooting, men-dribble, serta mengoper bola bisa melatih ketangkasan dan konsentrasi pada anak. Gerakan mengoper bola juga dapat mengajarkan anak agar tidak egois dalam permainan. 

3. Bersepeda

Olahraga yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan saat ingin berolahraga di luar rumah. Ajaklah anak untuk bersepeda keliling komplek di pagi atau sore hari. Dengan bersepeda, anak tidak hanya bisa menghirup udara segar, namun ini juga membuat tubuhnya menjadi lebih bugar dan sehat. 

Rekomendasi Olahraga Yang Cocok Dilakukan Bersama Anak(Sumber: Viva.co.id)

Selain itu, bersepeda juga bisa dijadikan kesempatan untuk mengenalkan anak pada lingkungannya. Namun, ketika bersepeda pastikan anak menggunakan alat pelindung seperti pelindung kaki serta helm. Nah, jangan lupa juga, untuk menyediakan botol minum kecil untuk anak. 

4. Badminton 

Anda bisa mengenalkan anak dengan konsep serta aturan awal permainannya. Namun, tidak harus terlalu mengikuti aturan, yang terpenting anak bisa bermain dengan senang dan mau menggerakkan badannya.

Badminton adalah olahraga yang cocok untuk melatih ketangkasan dan konsentrasi anak. Sebab, ketika memainkannya anak harus fokus ke arah shuttlecock. Selain itu, olahraga ini juga dapat mengajarkan anak untuk terus gigih berusaha dan pantang menyerah. 

5. Lompat Tali 

Jenis Olahraga Seru Untuk Anak(Sumber: Popmama.com)

Lompat tali merupakan salah satu olahraga aerobik yang bisa membakar banyak kalori. Olahraga ini juga cukup mudah dilakukan karena hanya membutuhkan tali untuk alat tambahannya. Jadikanlah olahraga ini sebagai kegiatan bermain yang menyenangkan untuk anak. 

Anak-anak biasanya cukup suka dengan olahraga lompat tali, sebab mereka bisa melompat-lompat dan menjadi ajang kekuatan. Olahraga lompat tali bermanfaat untuk melatih koordinasi dan keseimbangan anak.

6. Outbond 

Jika Anda ingin melakukan olahraga seru dan menarik bersama anak dan keluarga, maka outbound adalah pilihan yang tepat. Olahraga ini dapat melatih keseimbangan tubuh, melatih otot, dan bahkan melatih keberanian dengan cara yang seru melalui berbagai aktivitas outbond. Beberapa permainan outbond yang bisa dilakukan bersama anak adalah meniti balok, melewati jembatan yang tinggi, memanjat jaring, atau flying fox. 

7. Menari 

Olahraga lain yang menyenangkan dan membantu membakar kalori tanpa terasa membosankan adalah menari. Banyak sekali jenis tarian yang koreografinya  bisa Anda lakukan bersama anak, seperti hip hop, jazz, balet, atau tap dance

Olahraga ini memang terlihat sederhana, dengan koreografi yang penuh semangat dan diiringi musik, tarian dapat membuat Anda dan anak terus bergerak. Olahraga menari juga menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari olahraga yang nyaman dilakukan didalam rumah. 

8. Yoga 

Ada berbagai teknik yoga untuk pernapasan, meditasi, serta peregangan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk anak. Olahraga yoga bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan pernapasan pada anak. Selain itu, olahraga ini bisa juga meningkatkan level energi, meningkatkan fokus, membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, dan meningkatkan fungsi motorik halus.

Olahraga Seru Bersama Anak(Sumber. Suara.com)

Nah, sama seperti orang dewasa, anak tentu pernah mengalami kecemasan dan gangguan tidur. Yoga juga dipercaya ampuh untuk mengatasi kecemasan serta memperbaiki kualitas tidur anak loh.  

9. Berenang 

Anak-anak pada umumnya suka bermain air. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mengajak anak untuk melakukan olahraga renang. Selain dapat bermain air, olahraga ini akan membantu anak membentuk otot dan fungsi pernapasannya juga menjadi lebih kuat. Olahraga renang juga bisa menjadi keterampilan yang dapat membantu dan menyelamatkan anak di masa depan. 

Itulah 9 olahraga seru yang dapat Anda lakukan bersama anak. Agar anak mau berolahraga secara rutin, biarkan anak memilih olahraga yang Ia senangi. Nah, selain ingin anak Anda senang berolahraga, tentu Anda juga ingin mereka senang belajar bukan? 

Kini, untuk mendapatkan pembelajaran yang seru dan menyenangkan, Anda bisa loh mendaftarkannya di altaschool. Sebab, disana banyak fasilitas belajar seru yang bisa dinikmati oleh anak, seperti Home-Based Project, Live Teaching, Learning Kit, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi. 

Alta School ditujukan untuk anak pada jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Sekolah online ini juga telah menggunakan kurikulum pembelajaran K-13 loh. Jadi, tunggu apalagi? Buruan daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Rasnaya, M. D. (2020), ‘Olahraga Seru Ini Bisa Anda Lakukan bersama Balita’, Klikdokter.com, 10 September 2020 [daring] Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3326513/olahraga-seru-ini-bisa-anda-lakukan-bersama-balita

Puteri, A. (2020), ‘5 Jenis Olahraga Seru Bareng Anak’, Orami.co.id, 18 Februari 2020 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/olahraga-seru-bareng-anak/

Halodoc. (2018), ‘5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak’, Halodoc.com, 03 Juli 2018 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-olahraga-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak

Rizki, H. (2018), ‘5 Olahraga Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga’, Bola.com, 08 Agustus 2021 [daring] Available at: https://www.bola.com/ragam/read/3613644/5-olahraga-menyenangkan-yang-bisa-dilakukan-bersama-keluarga

Ratna, A. (2018), ‘4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak’, Orami.co.id, 09 September 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/4-olahraga-bersama-balita-ini-bisa-mempererat-hubungan-ibu-dan-anak/

Psari, J. (2020), ‘6 Ide Olahraga Bersama Anak di Rumah’, Momsindonesia.com, 23 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.momsindonesia.com/article/bayi-anak/6-ide-olahraga-bersama-anak-di-rumah

Sumber Gambar: 

Orang tua Jogging Bersama Anak [daring]. Available at: https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/cara-seru-untuk-olahraga-bersama-anak-dan-keluarga

Bersepeda Bersama Anak [daring]. Available at: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/603194-olahraga-yang-seru-dilakukan-bersama-anak

Anak Bermain Lompat Tali [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/bella-lesmana/manfaat-bermain-lompat-tali-untuk-anak

Yoga Bersama Anak [daring]. Available at: https://www.suara.com/health/2021/09/10/060500/ayah-dan-bunda-ini-3-rekomendasi-olahraga-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar