7 Aktivitas Menyenangkan di Luar Rumah Bersama Anak

Nurul Habibah Okt 25, 2021 • 7 min read


Aktivitas Menyenangkan di Luar Rumah Bersama Anak-01“Selain bermain di dalam rumah, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh anak di luar rumah. Artikel ini berisi informasi tentang berbagai aktivitas seru di luar rumah yang dapat Anda lakukan bersama anak”

Banyak aktivitas di dalam rumah yang dapat dilakukan bersama anak-anak, seperti menonton tv, bermain game online, membaca buku, memasak dan lain sebagainya. Namun, tetap saja anak-anak akan merasa jenuh jika kegiatan tersebut dilakukan terlalu sering. Ada kalanya anak-anak sangat ingin bermain atau melakukan aktivitas lain di luar rumah.

Aktivitas Seru Bersama Anak di luar Rumah(Sumber: Kumparan.com)

Nah, bermain di luar rumah sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika bermain atau beraktivitas di luar rumah. Manfaatnya antara lain adalah:

1. Mendukung Kesehatan Fisik Secara Keseluruhan

Melakukan aktivitas di luar rumah seringkali membuat anak lebih aktif secara fisik. Hal ini bisa mendukung perkembangan otot dan tulang anak. Selain itu, juga dapat membantu menurunkan risiko anak mengalami kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, serta diabetes. Jadi aktivitas di luar ruangan akan berdampak positif bagi kesehatan anak.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Keberanian Anak

Ketika bermain atau beraktivitas di luar rumah, anak akan belajar banyak hal, diantaranya adalah kemampuan untuk menyelesaikan tantangan, melakukan negosiasi, mengatur strategi, menentukan prioritas, menerima penolakan, dan bahkan mengambil risiko. Semua hal tersebut, akan melatih anak untuk lebih berani dan kreatif.

3.Mendukung Kesehatan Tulang, Kulit, Hingga Suasana Hati

Melakukan aktivitas di luar rumah membuat anak mendapatkan paparan sinar matahari, yang bisa membantu tubuhnya merangsang produksi vitamin D. Paparan sinar matahari penting untuk perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, sinar matahari juga bisa membantu mengatasi masalah kulit pada anak, meningkatkan kualitas tidur, dan membuat mood anak menjadi lebih baik. 

4. Membuat Anak Belajar Menghargai Alam

Jika anak hanya hidup dengan komputer, gadget, televisi, dan tidak pernah bermain di luar, maka anak tidak akan bisa menilai betapa pentingnya dan berharganya alam yang ada di sekitar mereka.

5. Mengurangi Risiko Mata Minus

Anak yang menghabiskan waktu bermain atau melakukan aktivitas di luar ruangan dikatakan memiliki risiko lebih rendah mengalami mata minus. Anak-anak yang menghabiskan waktu bermain di dalam ruangan dikatakan lebih banyak yang mengalami mata minus. 

Manfaat Anak Bermain di luar Rumah(Sumber: Tirto.id)

Dengan banyaknya manfaat beraktivitas di luar rumah untuk anak, tidak ada salahnya Anda sesekali menemani anak di luar rumah. Namun, apa aja sih aktivitas di luar rumah yang dapat Anda lakukan bersama anak?

Berikut 7 aktivitas seru di luar rumah yang bisa membangun kedekatan Anda dengan anak. 

1. Bersepeda

Bersepeda di luar rumah tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda dan anak. Namun, dengan mengajak anak bersepeda keliling kompleks atau bahkan ke taman perumahan, dapat membantu anak menemukan berbagai hal baru. Anak dapat mengenal lingkungan dan juga bisa bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, bersepeda akan membantu anak mengembangkan saraf motoriknya. 

2. Piknik di Pantai

Pantai adalah salah satu tempat yang disukai oleh anak-anak. Di sana mereka dapat bermain air dan pasir. Piknik ke pantai juga merupakan kegiatan sederhana yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda bisa membawa perlengkapan piknik sendiri, mulai dari kebutuhan logistik, seperti makanan dan minuman, hingga perlengkapan lainnya. Di alam terbuka seperti pantai, anak akan dilatih untuk bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Aktivitas Seru di luar Rumah Bersama Anak(Sumber: idntimes.com)

3. Berkebun

Melakukan aktivitas di luar rumah bukan berarti harus pergi jauh dari rumah ya. Anda bisa mengajak anak untuk sekedar berkebun di taman. Ajak anak-anak untuk membersihkan dan menanam pohon. Selain itu, kenalkan juga mereka pada berbagai jenis tumbuhan atau bahkan hewan yang ditemukan saat berkebun. Berkebun adalah salah satu aktivitas yang bisa memupuk rasa cinta anak terhadap alam.

4. Berkemah

Berkemah juga merupakan salah satu aktivitas diluar rumah yang sangat seru untuk Anda lakukan bersama anak. Sambil berkumpul dengan keluarga, Anda dapat melakukan banyak kegiatan seru saat berkemah dengan anak. Anda bisa mengajak anak untuk pesta barbeque, dan membuat api unggun. 

Kegiatan berkemah dapat Anda lakukan di halaman rumah, jika Anda memiliki perlengkapan berkemah seperti tenda. Namun, kalau ingin berkemah di alam, kini banyak juga loh tempat perkemahan yang cocok dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.

5. Hiking

Kegiatan berjalan-jalan sambil menikmati indahnya alam bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas di luar rumah bersama anak. Ketika hiking Anda bisa mengajak anak untuk melakukan permainan sederhana, seperti mengumpulkan benda disekitar jalan yang dilalui. 

Hiking dikenal juga bisa membantu kesehatan fisik dan mental anak. Untuk melakukan hiking Anda dan anak tidak perlu mendaki gunung sungguhan, namun cukup dengan mencari kebun raya atau taman wisata alam terdekat.

6. Berenang di Waterpark

Kegiatan Seru di luar Rumah Bersama Anak(Sumber: travel.detik.com)

Pada dasarnya anak-anak selalu senang bermain air. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak untuk berkunjung ke waterpark terdekat. Biarkan anak berenang, atau melakukan aktivitas lain yang mereka anggap menyenangkan. Namun, jangan biarkan anak hilang dari pengawasan Anda. Selain menghibur, bermain di waterpark juga bisa meningkatkan keberanian anak loh.

7. Tamasya ke Kebun Binatang

Anak-anak sangat senang melihat sesuatu yang belum pernah mereka temui. Anda bisa mengajak mereka bermain ke kebun binatang, tempat dimana banyak hewan langka bisa dilihat dengan aman. Jangan lupa juga, jelaskan kepada anak apa saja hewan yang Ia lihat selama berada di sana, sehingga tidak hanya bisa meningkatkan daya motorik anak, bermain di sana juga dapat menambah pengetahuan anak tentang fauna dan alam. 

Jadi, itulah 7 aktivitas seru di luar rumah yang dapat Anda lakukan bersama anak. Untuk membantu meningkatkan pengetahuan anak, kini Anda bisa mendaftarkannya di altaschool loh. 

Alta School merupakan sekolah online dengan metode pembelajaran yang lebih adaptif. Sekolah online ini menerima mahasiswa pada jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Berbagai fasilitas yang tersedia di Alta School akan membantu anak untuk belajar dengan lebih mudah dan seru. 

Fasilitas tersebut antara lain adalah Live Teaching, Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter dan lain sebagainya. Nah, tunggu apalagi? Segera daftarkan anak Anda ya!

New call-to-action

Sumber:

Pane, M.D.C. (2019), ‘Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak’, Alodokter.com, 13 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-beragam-manfaat-bermain-di-luar-ruangan-bagi-anak

Apriyono, F. (2015), ‘6 Aktivitas Luar Rumah Bersama Anak Selain ke Mal’, Liputan6.com, 26 Juni 2015 [daring] Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2259310/6-aktivitas-luar-rumah-bersama-anak-selain-ke-mal

Wahyu, A. (2019), ‘4 Aktivitas Seru untuk Berkemah Bersama Keluarga’, Orami.co.id, 19 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/4-aktivitas-seru-untuk-berkemah-bersama-keluarga/

Rinso. ‘Kegiatan Olahraga Di Luar Bersama Keluarga’, Rinso.com, [daring] Available at: https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/tips-orang-tua/kegiatan-olahraga-di-luar-bersama-keluarga.html

Sumber Gambar:

Mengajak Anak ke Kebun Binatang [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-manfaat-ajak-anak-ke-kebun-binatang-1s5UdElsClG

Mengajak Anak Berkebun [daring]. Available at: https://tirto.id/tips-berkebun-dengan-aman-bersama-anak-sesuai-usianya-fM17

Liburan di Pantai dengan Anak [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/travel/tips/megan/7-peralatan-liburan-ke-pantai-1

Anak Bermain di Waterpark [daring]. Available at: https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5403338/akhir-pekan-menyenangkan-di-ciputra-water-park-surabaya

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar