5 Alasan Pentingnya Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

Nurul Habibah Jun 13, 2022 • 5 min read


ALTA - 5 Alasan Pentingnya Peran Ayah dalam Pengasuhan-01“Tugas ayah bukan cuma mencari nafkah ya, tapi juga berperan penting dalam pengasuhan anak. Cari tahu dulu yuk, alasan penting adanya peran ayah dalam pengasuhan anak”

Sadarkah Anda bahwa anak dan pekerjaan domestik di rumah bukanlah hal yang hanya diurus oleh ibu saja? Ayah juga memiliki peran penting loh di dalamnya. Ketika ayah mau terlibat, itu tidak menghapus kenyataan bahwa ayah juga memiliki peran sebagai pemimpin dalam keluarga.

Nah, untuk pengasuhan anak, idealnya ayah dan ibu memiliki peran yang saling melengkapi. Dalam berinteraksi dengan anak, peran ayah dan ibu sedikit berbeda. Interaksi ibu berpusat pada aktivitas perawatan seperti memandikan, memberi makan, mengganti popok, serta mengganti pakaian. Sedangkan, interaksi ayah dan anak lebih banyak dalam hal bermain yang menimbulkan semangat. Namun, perbedaan peran interaksi ini bukan sesuatu yang mutlak terjadi. Ada kalanya dalam keluarga ayah yang mengganti popok atau memandikan anak, dan ibu yang menemani bermain. Itu hal yang wajar, dan sudah sepatutnya ayah dan ibu saling membantu dalam pengasuhan anak.

Peran ayah dalam pengasuhan anak(Sumber: Kompas.com)

Kehadiran ayah dalam kehidupan anak sangatlah penting. Sebab, ayah turut mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak Ia kecil hingga dewasa. Diketahui bahwa anak yang sering berinteraksi dengan ayahnya mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  1. Kemampuan kognitif anak yang lebih baik ketika usia 6 bulan.
  2. Nilai IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak seusianya ketika berusia 3 tahun.
  3. Kemampuan kognitif anak terus berkembang hingga bisa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik di saat usianya 1 tahun.

Lalu, disamping manfaat tersebut, ada 5 alasan pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak, yakni:

1. Menggali Potensi Anak

Semakin sering ayah berinteraksi dengan anak, maka ayah dapat menggali potensi anak. Ayah yang sering bercakap dengan anak bisa mengetahui bagaimana pola pikir anak mereka. Ayah dapat memperhatikan minat serta bakat anak. Ayah lebih mudah untuk mengarahkan anak karena berkomunikasi langsung dengan mereka, dan bisa memberikan saran kepada anak tentang bidang yang mereka suka. Dengan demikian, ayah sudah membantu kelancaran proses belajar anaknya agar nanti Ia meraih keahlian dibidangnya.

2. Mencegah Ibu Kelelahan dan Stres

Pentingnya peran ayah dalam mengasuh anak(Sumber: Parapuan.co)

Tugas seorang ibu sangatlah banyak, jadi sudah seharusnya ayah terjun membantu. Ayah bisa menemani anak mereka bermain, atau ketika anak berusia remaja, ayah bisa menemani anak mengobrol sambil makan bersama. Ayah dapat menjadi sosok pendengar yang baik bagi anak.

3. Bounding Attachment

Bounding attachment merupakan peningkatan hubungan kasih sayang dengan keterikatan batin antara orang tua dan bayi. Jika ayah ikut andil dalam pengasuhan anak, maka ayah turut menciptakan kenangan indah bersama. Sehingga, bukan hanya ibu yang memiliki bonding dengan anak. Ketika ayah memiliki ikatan kuat dengan anak, maka ayah dapat dengan mudah memahami mereka. 

Nah, anak yang merasa nyaman dengan ayahnya bisa bersikap terbuka atas semua kejadian yang Ia alami. Hal ini, dapat menjaga anak terhindar dari sesuatu yang negatif, seperti kenakalan remaja. Bagi anak perempuan yang memiliki ikatan kuat dengan ayahnya, Ia merasa lebih bahagia dan percaya diri, karena ada ayah yang selalu melindungi serta menyayanginya. Sedangkan, bagi anak laki-laki, hal tersebut bisa membuat Ia belajar langsung dari ayahnya bagaimana menghargai seorang istri, karena tidak malu-malu dalam membantu ibunya.

4. Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak merupakan Hak Anak

Pentingnya kehadiran ayah dalam perkembangan anak(Sumber: Haibunda.com)

Mendidik dan mengasuh anak merupakan kewajiban orang tua. Anak berhak mendapatkan kasih sayang berupa waktu dan perhatian. Bukan materi saja yang harus ayah berikan kepada anak. Kemudian, anak yang cukup kasih sayang dari ayah dan ibunya tentu bisa menjadi lebih ceria, percaya diri, dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

5. Keluarga Menjadi Lebih Solid

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa nyaman, sehingga anak merasa keberadaannya dihargai. Kepedulian kepada anak dengan meluangkan waktu ayah menjadi sangat berarti bagi anak. Semakin banyak waktu bersama, membuat keluarga juga semakin kuat dan kompak satu sama lain. Nah, keluarga yang solid dan hangat dapat membantu anak menghadapi tantangan ketika berada di luar rumah.

Jadi, sudah saatnya ayah terjun langsung dalam pengasuhan anak. Ayah bisa mulai menemani anak dalam berbagai kegiatan, seperti menemaninya menyelesaikan proyek dan eksperimen seru di altaschool. Berbagai eksperimen tersebut dapat membantu anak mengembangkan kreativitasnya loh. Selain itu, ayah juga bisa membantu anak mempelajari Modul digital yang tersedia di Alta School, atau mendampingi anak saat mengikuti Live Teaching.

New call-to-action

Sumber:

Cristina, S. ‘Meski Sibuk, Inilah 5 Alasan Ayah Harus Terjun Dalam Pengasuhan Anak’, Theasianparent.com. [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/keterlibatan-ayah-dalam-pengasuhan-anak

Nursaadah, O. (2022), ‘Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak’, Puspensos.kemensos.go.id, 2022 [daring] Available at: https://puspensos.kemensos.go.id/peran-ayah-dalam-pengasuhan-anak

Pratiwi, R. ‘Peran Ayah Sejak Dini Pengaruhi Perkembangan Anak Hingga Dewasa’, Hellosehat.com, [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/peran-ayah-pengaruhi-perkembangan-anak/

Sumber Gambar: 

Ayah Menemani Anak-anak Bermain Laptop [daring]. Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/19/093251171/5-peran-penting-ayah-dalam-mengasuh-dan-mendidik-anak?page=all

Ayah Membantu Ibu Menemani Anak Bermain [daring]. Available at: https://www.parapuan.co/read/532687601/tak-hanya-ibu-ini-kursus-mengasuh-anak-yang-bisa-diikuti-para-ayah

Ayah Mengasuh Anak Perempuan [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20210612013006-62-219725/5-alasan-peran-ayah-penting-dalam-perkembangan-anak-perempuannya

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar