Anak Takut Coba Makanan Baru? Yuk Kenali Food Neophobia pada Anak

Nurul Habibah Mei 14, 2022 • 6 min read


Anak Takut Coba Makanan Baru Yuk Kenali Food Neophobia pada Anak-01Food Neophobia merupakan hal normal yang dialami anak-anak. Namun, apakah ini bisa diatasi? Yuk simak informasinya!

Apakah anak Anda sering menolak makanan yang diberikan? Bisa jadi anak Anda sedang mengalami food neophobia. Nah, apa sih food neophobia ini?

Food neophobia adalah ketakutan untuk mencoba makanan baru, ini dianggap normal sebagai bagian dari tahapan perkembangan anak dan mempengaruhi sekitar 50% - 75% anak-anak. Anak mengalami hal ini biasanya antara usia 2-6 tahun, dan hilang ketika anak-anak sudah tumbuh dewasa. Namun, ada juga dalam beberapa kasus, hal ini tetap berlanjut hingga anak dewasa. Anak yang mengalami food neophobia dapat langsung menolak makanan yang baru disajikan, bukan ketika mereka telah mencicipinya.

Perlu Anda ketahui juga, food neophobia berbeda dengan picky eater. Picky eater adalah konsisi anak yang sering menolak makanan yang tidak dikenal atau telah dikenal, sebab anak tidak menyukai rasa makanan tersebut. Sedangkan, food neophobia hanya menolak makanan yang tidak mereka kenal.

Food neophobia seringkali juga dikatakan sebagai salah satu bentuk pertahanan diri anak. Anak mempunyai tingkat sensitivitas yang tinggi saat merasakan, melihat, atau mengalami hal baru. Anak cenderung berhati-hati ketika merespon hal baru. Oleh sebab itu, tidak heran jika anak juga menolak ketika Anda memberikan makanan yang baru pertama kali dirasakannya. Namun, suatu saat bisa saja anak menyukai makanan tersebut, jika Ia sudah mengenal berbagai rasa makanan.

Mengenal food neophobia(Sumber: Haibunda.com)

 

Nah, ketika anak Anda mengalami food neophobia, sebaiknya apa sih yang harus dilakukan?

Berikut 5 cara mengatasi food neophobia yang sangat efektif untuk dicoba.

1. Berikan Contoh

Anak-anak sering meniru apa yang dilakukan orang di sekitarnya, jadi memberikan contoh tentu jadi pilihan terbaik. Jika Anda ingin anak memakan sayuran seperti brokoli, maka sebaiknya Anda memakannya terlebih dahulu di depan anak. Sebab, tidak adil jika Anda memaksa anak melakukan sesuatu yang tidak Anda coba sendiri. Anak-anak juga bisanya menjadikan orang tua sebagai panutan mereka. Oleh sebab itu, lebih mudah untuk menanamkan pola hidup sehat pada anak ketika mereka melihat bahwa Anda juga melakukan hal tersebut.

2. Deskripsikan Makanan Supaya Anak Tertarik Mencoba

Anak-anak biasanya bergantung pada sensoris deskriptif mereka, seperti paparan visual, rasa, serta bau untuk menavigasikan di sekitar makanan yang mereka makan. Oleh karena itu, sebaiknya jelasakan dulu kepada anak makanan baru yang Anda sajikan dengan cara imajinatif, serta jangan lupa menjelaskan pada anak tentang informasi nutrisi yang ada dalam makanan tersebut.

3. Kreasikan Makanan

Penyebab Food Neophobia(Sumber: Alodokter.com)

Mulailah mengenalkan makanan baru kepada anak dengan porsi yang kecil. Lalu, Anda bisa menyajikannya dengan mengkreasikan menu makanan mereka. Bahkan Anda bisa menyajikannya tanpa anak menyadari kehadiran makanan tersebut. Contohnya, Anda bisa memasukkan makanan tersebut ke dalam sup yang telah biasa dimakan anak, ke dalam hamburger, atau bisa juga dicampur ke dalam kue kesukaan mereka. 

Selain takut dengan rasa baru, anak-anak yang mengalami food neophobia juga kadang takut dengan bentuk baru. Oleh karena itu, Anda bisa mengkreasikan makanan tersebut dalam berbagai bentuk dan jenis masakan. Contohnya, wortel yang biasanya Anda sajikan dengan irisan biasa, kini Anda bisa membentuk wortel tersebut menjadi bentuk tertentu, seperti bunga dan lain sebagainya.

4. Makan Bersama

Makan bersama keluarga menjadi salah satu pedoman kebiasaan makan sehat bagi anak. Selalu berikan anak contoh dengan aktif memakan makanan yang beragam, sehingga Ia mau mencoba berbagai jenis makanan. Lalu, ciptakan suasana yang santai tanpa gangguan ketika makan, baik dari gangguan ponsel, TV atau mainan.

5. Tidak Memaksa

Tips Mengatasi Food Neophobia(Sumber: Klikdokter.com)

Jika Anda sering memaksa anak untuk mencoba makanan baru, maka mulai sekarang sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Sebab, ini bisa memicu anak menolak makanan yang Anda berikan, hanya karena Ia ingin mengambil sikap menentang orang tua. Anak-anak biasanya juga sudah memiliki sikap pribadi dan ingin menegaskan bahwa Ia tidak harus selalu menuruti orang tuanya. Nah, memaksa anak memakan makanan baru merupakan hal berbahaya, sebab bisa membuat anak menjadi picky eater.

Itulah berbagai informasi tentang food neophobia yang perlu Anda ketahui. Jika anak Anda mengalami food neophobia sebaiknya segera diatas, sebab bisa mempengaruhi asupan nutrisinya.

Nah, selain memperhatikan kebiasaan makan anak, jangan lupa perhatikan kebiasaan belajarnya ya. Bagi Anda yang memiliki anak di tingkat PAUD hingga SD, kini Anda bisa membantunya untuk belajar dengan cara yang lebih menarik melalui altaschool. Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang telah menggunakan metode belajar blended learning. Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar yang dapat membantu mengembangkan minat dan kreativitas anak loh, seperti Home - Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Handayani, F. P. 'Mengenal Food Neophobia, Ketika Anak Takut Mencoba Makanan yang Baru Dilihatnya", Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/food-neophobia 

Ginanti, A. R. (2021), 'Food Neophobia Bikin Anak Takut Coba Makanan Baru, Ini Cara Mengatasinya', Review.bukalapak.com, 29 Desember 2021 [daring] Available at: https://review.bukalapak.com/mom/food-neophobia-anak-takut-coba-makanan-baru-115949 

Parenting. 'Food Neophobia, Bila Anak Takut Mencoba Makanan Baru', Parenting.co.id, [daring] Available at: https://www.parenting.co.id/balita/food-neophobia-bila-anak-takut-mencoba-makanan-baru

Elissa, E. (2019), 'Mengenal Food Neophobia, Ketika si Kecil Takut dengan Makanan yang Baru Dilihatnya', Journal.sociolla.com, 31 Maret 2019 [daring] Available at: https://journal.sociolla.com/lifestyle/mengenal-food-neophobia-pada-anak/

Sumber Gambar: 

Anak Menolak Makanan [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20190218170435-59-32935/cara-mengatasi-fobia-makanan-pada-anak

Makanan yang Bentuknya Dikreasikan [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/8-cara-menambah-nafsu-makan-anak

Memaksa Anak Makan [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3650519/mengenal-wasting-dan-dampak-buruknya-pada-tumbuh-kembang-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar