Pengertian Magnet, Jenis-Jenis, Sifat, dan Bentuknya

Magnet_Header

 Apa itu magnet? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, sifat-sifat, jenis-jenis, dan ragam bentuknya di artikel ini.

Adik-adik, pernah nggak kamu lihat tempelan magnet di kulkas rumahmu? Atau, pernahkah kamu bermain catur bersama orang tua atau saudaramu yang buah caturnya menempel di papan catur? Nah, itu semua merupakan contoh-contoh magnet di kehidupan sehari-hari.

Hmm, tapi kok bisa ya magnet membuat benda-benda tersebut menempel? Apakah itu termasuk trik sulap? Eits, bukan ya! Supaya kamu lebih paham, yuk kita belajar lebih dalam tentang magnet di artikel ini.

 

Pengertian Magnet

Pertama-tama, kamu harus tahu dulu apa itu magnet. Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik objek atau benda tertentu. Magnet berasal dari bahasa Yunani yaitu “magnifitis lifthos” yang artinya batu Magnesian.

Magnesia merupakan wilayah di Yunani yang saat ini bernama Manisa. Dulunya, di wilayah tersebutlah magnet pertama kali ditemukan, tepatnya di Gunung Ida. Magnet di Gunung Ida ini ditemukan oleh seorang penggembala. Sang penggembala tersebut kebingungan karena tongkat besi yang dibawanya tiba-tiba tertarik sendiri oleh tanah dan sulit diangkat dengan tangannya.

Magnet yang ditemukan oleh penggembala di Gunung Ida ini disebut dengan magnet alami, adik-adik. Terus, memangnya ada magnet lain selain magnet alami? Nah, lanjut kita bahas tentang jenis-jenis magnet ya.

 

Jenis-Jenis Magnet

Ada dua jenis-jenis magnet yang harus kamu kenal berdasarkan asal pembentuknya, yaitu magnet alami dan magnet buatan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Magnet Alam

Magnet alam adalah jenis magnet yang terbentuk dari adanya proses alam, tanpa adanya campur tangan manusia. Magnet alam bisa berupa batu-batuan atau benda lain. Jenis magnet alam cukup sulit dan jarang ditemukan, serta jumlahnya terbatas.

2. Magnet Buatan

Magnet buatan adalah jenis magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dengan menggunakan benda yang mengandung unsur magnetik kuat, seperti besi dan baja. Jenis magnet buatan inilah yang biasanya kamu temui sehari-hari. Magnet buatan sengaja dibuat agar manusia tidak perlu lagi melakukan pencarian atau menambang magnet di alam.

Baca juga: Nama-nama Bangun Ruang, Sifat, Gambar, dan Rumusnya

 

Kutub Magnet

Magnet memiliki dua ujung berlawanan yang disebut dengan kutub magnet. Dua kutub magnet yang berlawanan ini bernama kutub utara (U) dan kutub selatan (S).

Apabila kedua kutub magnet didekatkan bisa terjadi reaksi yang berbeda, loh, tergantung kutub mana yang bersentuhan.

  • Saat dua magnet dengan kutub yang sama didekatkan, maka kedua magnet tersebut akan saling tolak-menolak, alias nggak akan saling menempel.
  • Jika dua magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan, maka kedua magnet tersebut akan saling tarik-menarik, alias saling melekat atau menyatu.

Kekuatan magnet untuk saling menarik satu sama lain atau benda-benda tertentu ini disebut dengan gaya magnet ya, adik-adik. Gaya magnet adalah gaya yang terbentuk saat dua magnet saling berinteraksi.

Baca juga: Penjelasan Urutan Planet di Tata Surya, Ciri, dan Gambarnya

 

Sifat-Sifat Magnet

Magnet juga memiliki keunikan tersendiri yang disebut dengan sifat-sifat magnet. Apa saja sifat magnet?

1. Tarik-menarik dengan benda logam

Adik-adik, tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet. Beberapa benda yang bisa menempel pada magnet adalah besi, baja, dan kobalt. Berdasarkan sifat kemagnetan ini, benda-benda tadi bisa dikelompokkan berdasarkan kekuatan daya tariknya.

  • Ferromagnetik: benda logam yang bisa ditarik dengan sangat kuat oleh magnet. Contohnya: baja.
  • Paramagnetik: benda logam yang bisa ditarik lemah oleh magnet. Benda ini bisa ditarik tetapi tidak menempel dengan kuat dan mudah lepas. Contohnya: aluminium.
  • Diamagnetik: benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Contohnya: seng, plastik, kertas.

 

2. Menunjukkan arah

Ternyata, magnet juga bisa memberikan reaksi terhadap magnet bumi, loh. Apa tuh magnet bumi? Bumi memiliki magnet yaitu kutub utara dan kutub selatan. Saat magnet diletakkan dalam posisi bebas berputar, maka kamu bisa melihat magnet menunjukkan arah utara dan selatan. Inilah sifat magnet yang digunakan pada kompas.

 

3. Memiliki dua jenis gaya

Di penjelasan tentang kutub magnet, sifat magnet ini sudah sempat kita bahas, adik-adik. Magnet memiliki dua kutub magnet yang menghasilkan gaya tarik-menarik dan tolak-menolak. Magnet akan memiliki sifat tolak-menolak saat berhadapan dengan kutub yang sama. Sebaliknya, magnet memiliki sifat tarik-menarik saat berhadapan dengan kutub yang berbeda.

 

4. Sifat magnet bisa melemah dan menghilang

Sifat kemagnetan pada sebuah magnet bisa melemah atau hilang karena beberapa faktor. Salah satunya akibat terbentur, terjatuh secara terus-menerus, atau terbakar. Namun, sifat ini hanya dimiliki oleh jenis magnet buatan.

 

5. Selalu memiliki pasangan kutub

Ini nih yang jadi salah satu sifat magnet yang paling unik. Saat satu batu magnet panjang dipotong menjadi dua, kedua hasil potongan magnet tersebut tetap akan memiliki kutub utara dan kutub selatan, loh. Jadi, bukan berarti bagian satunya hanya akan memiliki kutub utara atau kutub selatan saja. Menarik kan?

 

Alta School Bilingual

 

Bentuk-Bentuk Magnet

Sudah tahu belum ada apa saja bentuk-bentuk magnet? Yuk, kita belajar satu persatu!

1. Magnet Batang

magnet-batangMagnet Batang (sumber: roboguru.com)

Magnet batang atau balok adalah magnet yang terlemah dan berbentuk seperti balok atau kubus. Magnet ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menempel barang di kulkas atau perekat pintu kulkas. Magnet batang termasuk magnet termurah dan mudah untuk diganti.

 

2. Magnet Silinder

Magnet silinder memiliki bentuk bulat dan pipih. Magnet silinder biasanya banyak digunakan dalam perawatan medis dan beberapa operasi. Magnet ini juga berguna untuk tulang belakang manusia, dan perawatan medis lainnya. Daya magnet silinder sangat kuat dari permukaannya yang relatif kecil.

magnet-silinder

Magnet Silinder (sumber: fisika.co.id)

 

3. Magnet Cincin

Seperti namanya, magnet cincin berbentuk mirip dengan cincin, yaitu berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Magnet cincin biasanya digunakan pada perlengkapan seperti penyedot debu, generator, motor, pengeras suara, dan sebagainya. Selain itu, magnet ini juga biasa digunakan pada eksperimen sains, loh.

magnet-cincin

Magnet Cincin (sumber: istockphoto.com)

 

4. Magnet Jarum

Bentuk magnet jarum adalah pipih, memanjang, dan bagian ujunya lancip. Magnet ini bisa kamu temukan dalam kompas yang berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin.

magnet-jarum

Magnet Jarum (sumber: siplahtelkom.com)

 

5. Magnet Tapal Kuda atau U

Magnet tapal kuda berbentuk U kerap juga disebut dengan magnet ladam. Magnet ladam sangat kuat, sehingga biasa digunakan untuk mengangkat atau mengumpulkan benda-benda magnetik, seperti bahan industri, pin, dan sebagainya.

magnet-tapal-kudaMagnet Tapal Kuda (sumber: siplahtelkom.com)

 —

Yup, sudah lengkap pembahasan tentang magnet kali ini, adik-adik. Semoga kamu sudah paham ya. Kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang Sains, Matematika, dan pelajaran lainnya bersama guru terbaik di homeschooling Alta School.

Coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

Alta School Bilingual

Referensi:

Mengenal magnet [daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5781441/magnet-pengertian-jenis-sifat-dan-contohnya (Diakses: 13 April 2023)

Sifat magnet [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/07/183000323/berikut-ini-sifat-sifat-magnet-beserta-contohnya (Diakses: 13 April 2023)

Kutub magnet [daring]. Tautan: https://kids.grid.id/read/472637987/2-kutub-magnet-yang-saling-berlawanan-kutub-utara-dan-kutub-selatan?page=all (Diakses: 13 April 2023)

Bentuk magnet [daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6432586/mengenal-magnet-ladam-ini-bentuk-dan-kegunaannya (Diakses: 13 April 2023)

Sumber Gambar:

Magnet Batang [Daring]. Tautan: https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-magnet-batang-berikut-jika-ada-kutub-n-dan-kutub-n_QU-4R629MFJ

Magnet Tapal Kuda [Daring]. Tautan: https://siplahtelkom.com/product/peraga-fisika/3293992-magnet-u-kecil

Magnet Silinder [Daring]. Tautan: https://www.fisika.co.id/2020/11/bentuk-bentuk-magnet.html

Magnet Cincin [Daring]. Tautan: https://www.istockphoto.com/id/foto/magnet-cincin-merah-terisolasi-pada-latar-belakang-putih-dengan-jalur-kliping-gm962787394-262964348

Magnet Jarum [Daring]. Tautan: https://siplahtelkom.com/product/peraga-fisika/3293955-magnet-jarum

(Diakses 18 April 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D