5 Cara Agar Anak tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah

Nurul Habibah Okt 12, 2021 • 5 min read


Cara Agar Anak tidak Ketinggalan Pelajaran selama Belajar di Rumah

“Dalam artikel ini Anda akan mendapat informasi tentang cara yang harus dilakukan agar anak tidak ketinggalan pelajaran selama belajar di rumah”

Indonesia saat ini masih menerapkan sistem belajar dari rumah untuk sebagian sekolah. Hal ini terjadi karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Adanya sistem belajar dari rumah tentu mempengaruhi cara belajar anak. Jika biasanya mereka belajar di sekolah, dibawah pengawasan guru. Kini, mereka terpaksa harus bisa belajar mandiri, dan hanya didampingi secara virtual.

Situasi seperti ini, akhirnya menuntut orang tua untuk ikut berperan dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Tujuannya agar anak bisa belajar dengan maksimal dan tidak ketinggalan pelajaran. Nah, berikut ini ada 5 cara yang dapat dilakukan agar anak tidak ketinggalan pelajaran selama belajar di rumah.

1. Mengatur Waktu Belajar dengan Anak

Tidak berangkat ke sekolah bukan berarti anak bisa libur belajar. Anda harus bisa memberikan pengertian kepada anak, bahwa mereka kini harus belajar dari rumah agar tidak terkena virus Covid-19. Nah, untuk bisa belajar dengan maksimal, aturlah waktu belajar bersama anak. Contohnya, Anda bisa mengatur jam belajar seperti di sekolah, yakni anak belajar secara online menggunakan gadget dari pagi hingga siang hari. 

Tips agar anak tidak ketinggalan pelajaran(Sumber: Parapuan.co)

Di tengah sesi belajar, selipkan juga waktu untuk istirahat. Sehingga anak tidak tertekan belajar terus menerus. Agar lebih efektif, tambahkan jam belajar anak bersama Anda. Misalnya, ambil waktu sore hari untuk anak mengulangi kembali pelajarannya bersama Anda. Lalu yang paling penting, pastikan bahwa Anda dan anak bisa mematuhi aturan belajar yang telah dibuat.

2. Periksa Tugas atau PR

Meskipun anak kini belajar dari rumah, bukan berarti tidak ada tugas atau PR yang diberikan oleh guru, sehingga anak bisa terus bermain sepanjang hari. Biasanya guru akan tetap memberikan tugas kepada anak, untuk memastikan seberapa jauh kemampuan anak memahami dan menguasai materi yang telah diajarkan. Nah, tugas Anda sebagai orang tua, adalah memeriksa PR tersebut. Pastikan anak mengerjakan tugas mereka dengan baik, serta jangan sampai ada tugas-tugas yang melewati batas atau deadline pengumpulan. 

Meskipun Anda mungkin juga sibuk dengan pekerjaan di kantor, namun, Anda harus bisa menyempatkan waktu untuk memeriksa tugas anak, misalnya setelah pulang dari kantor atau setelah pekerjaan Anda selesai. Hal ini tidak berlaku selama sekolah di rumah saja ya, sebab memeriksa tugas anak juga suatu bentuk untuk menunjukkan perhatian kepada anak. 

3. Dampingi Anak Belajar

Dampingi anak belajar di rumah(Sumber: Klikdokter.com)

Saat anak belajar di rumah, Anda sebaiknya berada di samping mereka. Sebab, sistem belajar dengan menggunakan perangkat teknologi tentu tak selamanya digunakan untuk hal yang baik. Apalagi anak-anak biasanya akan lebih tertarik bermain game dibandingkan media belajar. Oleh karena itu, untuk menghindari anak membuka aplikasi lain selama belajar, tidak ada salahnya jika Anda memiliki waktu luang, temanilah anak selama belajar. 

Selain mengawasi penggunaan perangkat teknologi, berada di sisi anak juga akan membantu anak untuk fokus belajar dan tidak sibuk dengan kegiatan lainnya.

4. Konsultasi dengan Guru

Konsultasi dengan guru merupakan salah satu hal yang juga penting dilakukan oleh orang tua. Anda bisa menanyakan kepada guru tentang materi pelajaran yang perlu ditingkatkan oleh anak, metode pembelajaran yang bisa diterapkan, atau juga tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh anak. 

Nah, berkonsultasi dengan guru juga akan membantu Anda mengatasi sulitnya mengajarkan anak selama di rumah. Anda tidak perlu malu untuk mengkonsultasikan dengan guru mereka, bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Selain itu, Anda dapat juga menghubungi guru untuk mengabarkan tentang perkembangan belajar anak selama di rumah.

5. Cek Hasil Belajar

Cara agar anak tidak ketinggalan pelajaran(Sumber: Berkeluarga.id)

Untuk mengetahui perkembangan belajar anak, Anda bisa mengecek hasil belajar mereka. Anda bisa mengecek apakah anak sudah memiliki perkembangan yang cukup baik atau tidak, sebab belajar secara online tentu memberikan dampak positif atau bisa juga negatif jika tidak dilakukan dengan baik. 

Pastikan juga kegiatan belajar anak sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan oleh guru. Nah, jika Anda mengalami kendala, coba diskusikan dengan anak tentang kesulitan yang mereka hadapi. Carilah solusinya bersama anak atau dapat juga melibatkan guru dengan berkonsultasi langsung. 

Jadi, itulah 5 cara yang dapat dilakukan, untuk membantu anak agar tidak ketinggalan pelajaran selama di rumah. Selain cara-cara diatas, coba juga untuk melakukan berbagai aktivitas bermain sambil belajar bersama anak. Anda bisa mengajak anak berkebun, menonton film bersama, belajar memasak bersama, atau kegiatan seru lainnya, yang membuat anak tetap produktif selama di rumah. 

Untuk membantu anak belajar di rumah, kini Anda bisa juga loh berlangganan Alta School. Alta School adalah salah satu sekolah dengan metode blended learning yang setara dengan sekolah konvensional. Alta School tersedia untuk jenjang PAUD dan SD kelas 1-3, serta dapat dijangkau oleh semua siswa di seluruh Indonesia. Di sini anak juga akan menemukan berbagai fasilitas menarik untuk kegiatan belajar yang lebih seru, seperti Home-based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, serta masih banyak lagi. 

New call-to-actionSumber:

Alfari, S. (2020), ‘5 Cara Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah’, Ruangguru.com, 01 April 2020 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/cara-agar-anak-tidak-ketinggalan-pelajaran

Appletree, (2020), ‘Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran, Lakukan Ini’, Appletreebsd.com, 12 Agustus 2020 [daring] Available at: https://www.appletreebsd.com/agar-anak-tidak-ketinggalan-pelajaran-lakukan-ini/

Sumber Gambar:

Mengatur Waktu Belajar dengan Anak [daring]. Available at: https://www.parapuan.co/read/532560091/saat-menemani-anak-belajar-dari-rumah-ibu-tidak-harus-menjadi-guru

Mendampingi Anak Belajar [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3641505/penuh-tantangan-ini-alasan-ortu-harus-dampingi-anak-belajar-online

Cek Hasil Belajar Anak [daring]. Available at: https://berkeluarga.id/2020/06/22/4-tips-menamani-anak-belajar-di-rumah/



Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar