7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Nurul Habibah Apr 3, 2022 • 5 min read


Pengasuhan Anak - Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini-01“Mengajarkan anak puasa susah-susah gampang, harus dilakukan secara bertahap dan butuh kesabaran. Agar Anda tidak pusing, cek dulu yuk cara-cara mengajarkan puasa berikut ini”

Berpuasa adalah salah satu kewajiban umat muslim. Puasa adalah keadaan menahan diri dari makanan, minuman atau juga bisa keduanya, perilaku buruk, dan semua hal yang bisa membatalkan puasa. Puasa dilakukan setelah adzan subuh hingga adzan magrib tiba.

Kewajiban berpuasa ini juga harus ditanamkan pada anak sejak mereka kecil. Sebab, jika anak sudah terbiasa melakukan puasa sejak dini, maka Ia akan lebih siap saat dewasa, dan puasa tidak akan terasa berat lagi.

Cara Mengajarkan Anak Puasa(Sumber: Popmama.com)

Nah, sebagai orang tua, sudah kewajiban Anda untuk melatih anak agar bisa berpuasa. Mengajarkan anak berpuasa memang tidak mudah, namun Anda jangan khawatir, 7 cara berikut dijamin ampuh untuk menanamkan kebiasaan berpuasa pada anak.

1. Awali dengan Puasa Jajan

Anak-anak pasti suka jajan makanan tertentu yang jadi favorit mereka. Nah, untuk melatih anak puasa sejak dini, mulailah dengan melatih mereka puasa jajan favorit selama bulan puasa. Tapi, pastikan Anda sudah mengetahui makanan  kesukaan mereka ya. Lakukan hal ini secara bertahap, sampai akhirnya anak terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara penuh.

2. Puasa Setengah Hari

Anak-anak tidak bisa langsung puasa full selama satu hari, sebab anak-anak bisa kaget jika langsung puasa satu hari, dan bahkan Ia tidak mau lagi belajar berpuasa. Oleh karena itu, sebaiknya ajari anak puasa dengan berpuasa setengah hari terlebih dahulu.

Puasa setengah hari dilakukan sejak selesai sahur hingga tengah hari, tepatnya ketika adzan dzuhur berkumandang. Anda bisa melatih anak puasa setengah hari beberapa kali, dan lakukan secara bertahap. Dengan cara ini anak dapat terbiasa untuk berpuasa. Nanti, setelah terbiasa setengah hari, mulai secara pelan-pelan latih anak puasa satu hari full.

3. Ajarkan Tentang Makna Puasa

Tips melatih anak puasa(Sumber: icando.co.id)

Anak-anak tentu belum paham apa tujuan berpuasa. Mereka membutuhkan penjelasan dari orang dewasa tentang makna, manfaat, bahkan hikmah dari menjalankan puasa. Oleh karena itu, cobalah jelaskan semua hal tersebut kepada anak dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh anak. Jangan lupa sampaikan juga kebaikan apa saja yang dianjurkan untuk anak lakukan selama bulan puasa.

Selain itu, kenalkan juga anak dengan tradisi-tradisi yang ada selama bulan puasa, seperti ngabuburit, sahur, tadarus, bersedekah, tarawih, ronda malam, membayar zakat fitrah, dan lain sebagainya.

4. Siapkan Makanan Favorit untuk Berbuka

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan kepada anak karena mereka telah mau belajar berpuasa, maka Anda dapat menyiapkan makanan favoritnya pada saat berbuka puasa. Bila perlu, ajak anak untuk terlibat dalam memilih menu berbuka puasa, dan juga proses persiapannya. Dengan demikian anak biasanya dapat termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasanya pada hari itu.

5. Lakukan Kegiatan Seru Waktu Ngabuburit

Ketika anak sudah bisa melakukan puasa selama satu hari full, maka lakukanlah beberapa hal seru untuk menunggu waktu berbuka. Sebab, menunggu waktu berbuka biasanya sangat membosankan bagi anak-anak. Nah, Anda bisa menyiapkan kegiatan-kegiatan seru yang dapat dilakukan anak untuk mengisi waktu menjelang berbuka. Contohnya, Anda bisa mengajak anak memasak takjil, bermain bersama saudara, membaca buku, atau bisa juga belajar mengaji.

6. Berikan Contoh Berpuasa pada Anak

Anak-anak terbiasa untuk mencontoh orang tuanya. Oleh karena itu, jika ingin anak Anda terbiasa berpuasa, maka berikan contoh kepada mereka bahwa Anda juga berpuasa. Ketika Anda berpuasa, pasti muncul serangkaian pertanyaan dari anak tentang Anda yang tidak makan dan minum. Hal ini kemudian dapat menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak tertarik untuk mencoba sendiri

7. Berikan Penghargaan Saat Lebaran

Cara melatih anak puasa(Sumber: Ibupedia.com)

Ketika Anda melatih anak untuk belajar puasa, jangan lupa untuk memberinya penghargaan. Terlepas dari berapa jam anak sudah berpuasa atau sudah berapa hari Ia berhasil menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda tetap memberikannya penghargaan. Memberikan penghargaan dapat membuat anak semakin bersemangat untuk terus berpuasa. Penghargaan juga tak harus hadiah, bisa saja berupa pujian dengan mengatakan anak Anda hebat. Meski sederhana, namun cara ini dapat membuat anak senang dan terus semangat.

Jadi, itulah 7 cara yang dapat Anda terapkan untuk melatih anak berpuasa sejak dini. Terapkan cara di atas dengan sabar dan bertahap. Anda tidak perlu melakukan cara yang memaksa dan harus langsung bisa berpuasa. Anak-anak butuh penyesuaian untuk bisa berpuasa dengan baik.

Nah, buat Anda yang memiliki anak di usia PAUD hingga SD, Anda kini bisa membantu anak mendapatkan pendidikan terbaik di altaschool. Alta School seperti yang Anda tahu adalah salah satu layanan pendidikan yang telah menerapkan konsep homeschooling. Sekolah dengan kurikulum K-13 ini memiliki metode belajar blended learning. Di sekolah ini anak-anak bisa mendapatkan berbagai fasilitas belajar yang menarik. Contohnya Live Teaching. Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber:

Pasha, A. R. (2021), 'Pelan-Pelan Pasti Bisa, Begini 7 Cara Mudah Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini', Cermati.com, 16 April 2021 [daring] Available at: https://www.cermati.com/artikel/pelan-pelan-pasti-bisa-begini-7-cara-mudah-ajarkan-anak-puasa-sejak-dini

Sari, N. M. (2019), ‘6 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak dengan Mudah Sejak Dini’, Liputan6.com, 16 Mei 2019 [daring] Available at: https://www.liputan6.com/ramadan/read/3963877/6-cara-mengajarkan-puasa-pada-anak-dengan-mudah-sejak-dini

Tokopedia. (2020), ‘7 Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini’, Tokopedia.com, 08 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-mengajarkan-anak-puasa/

Sumber Gambar: 

Anak sedang Menunggu Berbuka Puasa [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sarrah-ulfah/cara-mengajarkan-anak-berpuasa

Keluarga yang Menunggu Berbuka Puasa [daring]. Available at: https://icando.co.id/artikel/manfaat-dan-tips-melatih-anak-puasa

Anak yang Mendapat Hadiah [daring]. Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/ini-caranya-memberi-anak-hadiah-agar-tidak-ketergantungan

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar