7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini & Manfaatnya

Pengasuhan Anak - Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini-01

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Apakah Anda kesulitan untuk mengajarkan anak berpuasa? Yuk, ikuti tips di artikel ini agar anak tidak merasa terpaksa saat melakukannya!

Berpuasa adalah salah satu kewajiban umat Muslim. Puasa adalah keadaan menahan diri dari makanan, minuman, perilaku buruk, dan semua hal yang bisa membatalkan puasa. Puasa dilakukan setelah adzan subuh hingga adzan maghrib tiba.

Kewajiban berpuasa dimulai saat anak memasuki usia baligh. Namun, tak ada salahnya untuk mengajarkannya sejak dini. Meski awalnya terasa berat, lama-kelamaan anak akan terbiasa dan memahami esensi dari ibadah puasa itu sendiri.

Baca juga: Tahap Perkembangan Sosial Emosional Anak & Tips Mengajarkannya

Cara Mengajarkan Anak Puasa(Sumber: Popmama.com)

 

Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Usia Dini

Puasa memang tak wajib dilakukan oleh anak-anak, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit dan diharuskan untuk mengkonsumsi makanan dan obat-obatan tertentu. Akan tetapi, jika tidak ada kendala dari segi kesehatan, Anda bisa mengajarkan anak berpuasa sejak usia 5 tahun.

Nah, bagaimana tips melatih anak berpuasa? Ikuti langkah-langkah berikut, ya!

 

1. Awali dengan Puasa Jajan

Anak-anak pasti suka jajan makanan tertentu yang jadi favorit mereka. Nah, untuk melatih anak puasa sejak dini, mulailah dengan melatih mereka puasa jajan favorit selama bulan puasa. Tapi, pastikan Anda sudah mengetahui makanan  kesukaan mereka ya. Lakukan hal ini secara bertahap, sampai akhirnya anak terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara penuh.

 

2. Puasa Setengah Hari

Anak-anak tidak bisa langsung puasa full selama satu hari, sebab anak-anak bisa kaget jika langsung puasa satu hari, dan bahkan Ia tidak mau lagi belajar berpuasa. Oleh karena itu, sebaiknya ajari anak puasa dengan berpuasa setengah hari terlebih dahulu.

Puasa setengah hari dilakukan sejak selesai sahur hingga tengah hari, tepatnya ketika adzan dzuhur berkumandang. Anda bisa melatih anak puasa setengah hari beberapa kali, dan lakukan secara bertahap. Dengan cara ini anak dapat terbiasa untuk berpuasa. Nanti, setelah terbiasa setengah hari, mulai secara pelan-pelan latih anak puasa satu hari full.

Baca juga: 15 Contoh Kreasi dari Origami, Kegiatan Asyik untuk Ngabuburit!

 

3. Ajarkan Tentang Makna Puasa

Tips melatih anak puasa(Sumber: icando.co.id)

Anak-anak tentu belum paham apa tujuan berpuasa. Mereka membutuhkan penjelasan dari orang dewasa tentang makna, manfaat, bahkan hikmah dari menjalankan puasa. Oleh karena itu, cobalah jelaskan semua hal tersebut kepada anak dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh anak. Jangan lupa sampaikan juga kebaikan apa saja yang dianjurkan untuk anak lakukan selama bulan puasa.

Selain itu, kenalkan juga anak dengan tradisi-tradisi yang ada selama bulan puasa, seperti ngabuburit, sahur, tadarus, bersedekah, tarawih, ronda malam, membayar zakat fitrah, dan lain sebagainya.

 

4. Siapkan Makanan Favorit untuk Berbuka

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan kepada anak karena mereka telah mau belajar berpuasa, maka Anda dapat menyiapkan makanan favoritnya pada saat berbuka puasa. Bila perlu, ajak anak untuk memilih menu berbuka puasa sekaligus menyiapkannya Dengan demikian anak biasanya dapat termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasanya pada hari itu.

 

5. Lakukan Kegiatan Seru Waktu Ngabuburit

Ketika anak sudah bisa melakukan puasa selama satu hari full, maka lakukanlah beberapa hal seru untuk menunggu waktu berbuka. Sebab, menunggu waktu berbuka biasanya sangat membosankan bagi anak-anak. Nah, Anda bisa menyiapkan kegiatan-kegiatan seru yang dapat dilakukan anak untuk mengisi waktu menjelang berbuka. Contohnya, Anda bisa mengajak anak memasak takjil, bermain bersama saudara, membaca buku, atau bisa juga belajar mengaji.

 

6. Berikan Contoh Berpuasa pada Anak

Anak-anak terbiasa untuk mencontoh orang tuanya. Oleh karena itu, jika ingin anak Anda terbiasa berpuasa, maka berikan contoh kepada mereka bahwa Anda juga berpuasa. Ketika Anda berpuasa, pasti muncul serangkaian pertanyaan dari anak tentang Anda yang tidak makan dan minum. Hal ini kemudian dapat menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak tertarik untuk mencoba sendiri.

 

7. Berikan Penghargaan Saat Lebaran

Cara melatih anak puasa(Sumber: Ibupedia.com)

Ketika Anda melatih anak untuk belajar puasa, jangan lupa untuk memberinya penghargaan. Terlepas dari berapa jam anak sudah berpuasa atau sudah berapa hari Ia berhasil menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda tetap memberikannya penghargaan.

Memberikan penghargaan membuat mereka bersemangat untuk terus berpuasa. Penghargaan tak harus hadiah, bisa saja berupa pujian dengan mengatakan anak Anda hebat. Meski sederhana, namun cara ini dapat membuat anak merasa diapresiasi.

 

Manfaat Puasa untuk Anak

Ayah dan Bunda, ternyata berpuasa baik untuk kesehatan fisik maupun mental anak, lho. Berikut penjelasannya:

1. Melatih Kestabilan Emosi Anak

Puasa mengajarkan anak untuk bersabar. Mereka menyadari bahwa semua yang diinginkan tidak bisa diperoleh saat itu juga. Anak lebih menerima keadaan, memahami makna berproses, dan mengurangi tantrum.

 

2. Mencegah Obesitas

Terkadang kita sulit mengendalikan nafsu makan anak. Meskipun masih dalam masa pertumbuhan, kebiasaan makan berlebih dapat memicu resiko obesitas dan penyakit lainnya. Dengan berpuasa, anak terlatih untuk mengontrol nafsu makannya.

 

3. Berempati pada Sesama

Tujuan berpuasa tak hanya untuk mencari pahala dan memperbaiki sel-sel tubuh. Puasa adalah cara agar anak memahami bahwa masih banyak orang-orang yang tak seberuntung dirinya. Mereka juga belajar berbagi rezeki dalam bentuk pemberian takjil dan sedekah.

Jadi, itulah manfaat dan 7 cara yang dapat Anda terapkan untuk melatih anak berpuasa sejak dini. Lakukan secara bertahap, penuh kesabaran, dan tanpa pemaksaan. Ingat, anak juga butuh penyesuaian untuk bisa berpuasa selama 12 jam.

Berpuasa mungkin membuat anak merasa lesu dan enggan melakukan aktivitas di luar rumah. Nah, Anda bisa mencoba homeschooling online Alta School dengan fasilitas belajar yang menarik, seperti live teachinghome project, pendidikan karakter, dan lain sebagainya.

Yuk, coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah!

CTA Blog Alta School

Sumber:

Pasha, A. R. (2021), ‘Pelan-Pelan Pasti Bisa, Begini 7 Cara Mudah Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini’, Cermati.com, 16 April 2021 [daring] Available at: https://www.cermati.com/artikel/pelan-pelan-pasti-bisa-begini-7-cara-mudah-ajarkan-anak-puasa-sejak-dini

Sari, N. M. (2019), ‘6 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak dengan Mudah Sejak Dini’, Liputan6.com, 16 Mei 2019 [daring] Available at: https://www.liputan6.com/ramadan/read/3963877/6-cara-mengajarkan-puasa-pada-anak-dengan-mudah-sejak-dini

Tokopedia. (2020), ‘7 Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini’, Tokopedia.com, 08 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-mengajarkan-anak-puasa/

Sumber Gambar: 

Anak sedang Menunggu Berbuka Puasa [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sarrah-ulfah/cara-mengajarkan-anak-berpuasa

Keluarga yang Menunggu Berbuka Puasa [daring]. Available at: https://icando.co.id/artikel/manfaat-dan-tips-melatih-anak-puasa

Anak yang Mendapat Hadiah [daring]. Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/ini-caranya-memberi-anak-hadiah-agar-tidak-ketergantungan

Nurul Habibah