15 Kreasi dari Kertas Origami yang Lucu & Cara Membuatnya

5 Kreasi yang Bisa Dibuat dengan Origami-01

Seni melipat origami membawa manfaat bagi anak, lho. Berikut 15 contoh kreasi dari kertas origami yang dapat dibuat dengan mudah.

Pernahkan kamu melipat kertas menjadi bentuk burung atau kupu-kupu? Nah, kegiatan melipat kertas ini dinamakan dengan seni origami. Origami berasal dari bahasa Jepang, yakni “ori” yang berarti lipatan dan “kami” berarti kertas. Seni origami pada dasarnya sudah ada sejak lama dan berkembang hingga sekarang.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukai kreasi dari kertas origami. Mereka bisa membuat berbagai bentuk, seperti pesawat atau hewan. Kertas origami mempunyai warna yang beragam, mulai dari pink, hijau, biru, merah, kuning, hitam, ungu, dan masih banyak lagi.

Biasanya, kertas origami hanya memiliki warna di satu sisi. Namun, ada pula yang mempunyai warna di kedua sisinya. Kertas origami yang bagus berasal dari bahan washi yang memiliki serat yang lebih panjang, tahan lama, tidak mudah lusuh dan robek.

 

Manfaat Belajar Origami

Seni melipat kertas origami punya banyak manfaat untuk anak maupun orang dewasa. Manfaat tersebut antara lain:

1. Anak Mampu Memecahkan Masalah Sendiri

Membuat origami bisa melatih anak untuk dapat memecahkan masalah sendiri, karena membuat origami bukanlah hal yang mudah, dan mempunyai kesulitan tergantung kerumitan bentuk yang dibuat. Terkadang, anak menemukan masalah saat mengikuti petunjuk, apalagi jika bentuk yang dibuat sangat rumit.

Dengan demikian, secara tidak langsung origami bisa menjadi media untuk anak melatih memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis dan logika anak dapat terlatih dengan sering belajar membuat origami.

2. Anak Mempunyai Bakat Seni di Dalam Dirinya

Ketika anak rutin berlatih membuat origami, anak bisa menghasilkan bentuk-bentuk yang indah. Anak juga dapat melakukan berbagai eksperimen dengan beragam warna-warna untuk memperindah origami yang Ia buat. Nah, ini bisa melatih kerapian serta ketelitian anak. Lalu yang paling penting, bakat seni juga bisa tertanam dalam diri anak Anda.

3. Anak Bisa Memahami Petunjuk atau Instruksi

Semakin sering anak berlatih membuat origami, semakin mudah anak untuk bisa memahami petunjuk atau instruksi. Anak dapat terbiasa memahami instruksi baik berupa gambar, diagram, atau arahan langsung dari gurunya. Hal ini melatih kedisiplinan anak agar mengikuti petunjuk. Anak belajar bahwa adanya petunjuk membantu Ia mencapai tujuannya dengan baik.

4. Anak Mempunyai Daya Imajinasi

Kertas origami yang berwarna-warni membantu anak untuk berimajinasi membuat bentuk origami yang beragam. Terkadang bentuk origami yang dibuat anak sedikit abstrak, sehingga Ia perlu memahami bentuknya. Secara tidak langsung, dengan rutin berlatih melipat kertas origami, maka imajinasi anak bisa lebih terlatih.

Baca juga: Nama – nama Planet di Tata Surya dan Cirinya

 

Contoh Kreasi Origami yang Lucu dan Mudah Dibuat

Nah, berikut 15 kreasi origami yang mudah dicontoh dan cocok dibuat oleh anak-anak:

1. Kupu-Kupu

 

Manfaat origami untuk anak(Sumber: Liputan6.com)

Kupu-kupu adalah hewan yang disukai anak-anak, namun untuk memegang kupu-kupu anak sering kali takut dan geli. Nah, Anda bisa mengajak anak membuat origami berbentuk kupu-kupu. Origami kupu-kupu ini nanti bisa ditempelkan sebagai hiasan dinding, yang tentunya membuat suasana menjadi menarik. Selain dari kertas origami, kupu-kupu ini bisa juga Anda buat dari kertas karton.

 

2. Buah Apel

 

Ide kreasi origami(Sumber: Youtube.com)

Apel adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengenalkan buah apel pada anak bisa Anda lakukan dengan cara sederhana dengan kertas origami.

 

3. Mobil-mobilan

 

Seni Origami(Sumber: Youtube.com)

Mobil-mobilan seringkali jadi mainan favorit anak, khususnya anak laki-laki. Mobil-mobilan juga bisa loh dibuat dari kertas origami. Caranya cukup mudah dan dijamin anak senang memainkannya.

Baca juga: Pengertian Hewan Karnivora, Ciri, dan Perannya terhadap Lingkungan

 

4. Bentuk Hati

 

Cara membuat origami Hati(Sumber: Youtube.com)

Menunjukkan perasaan sayang kepada keluarga yang dicintai atau kepada teman dan guru di sekolah, dapat dilakukan oleh anak melalui kertas origami berbentuk hati. Jadi, coba latih anak untuk bisa membuat bentuk hati dari origami, dan ajak Ia menunjukkan rasa sayangnya kepada keluarga dengan membagikan origami hati tersebut.

 

5. Gaun

 

Origami Gaun(Sumber: Youtube.com)

Gaun membuat tampilan anak menjadi menarik dan cantik, sehingga anak lebih percaya diri. Anda bisa mengajak anak membuat gaun hanya dari kertas origami. Buatlah beragam warna gaun dengan origami, dan anak bisa menjadikannya mainan.

 

6. Boneka Jari

(Sumber: youtube.com)

Anak bersama orang tua juga bisa membuat origami berbentuk boneka jari, seperti kucing, anjing, rubah, beruang dan lain-lain. Tidak hanya lucu, tapi kamu juga bisa membuat cerita-cerita dari boneka jari ini. Sehingga setelah merangkai origami ini bersama anak, mereka bisa menikmati cerita-cerita.

Baca juga: Nama – nama Bangun Datar, Sifat, Rumus dan Contohnya

 

7. Perahu

 

origami perahu

(Sumber: pinterest.com)

Selain mobil, transportasi lain yang disukai anak adalah perahu. Membuat perahu dari kertas lipat tidak hanya bisa mengenalkan jenis transportasi lain. Tapi juga bisa dimainkan di atas baskom berisi air, asalkan menggunakan kertas yang berbahan anti air. Selain itu, perahu juga bisa menjadi media bagi orang tua ketika membacakan cerita-cerita tentang pelaut sehingga akan lebih menyenangkan bagi anak.

 

8. Kincir Angin

origami kincir angin

(Sumber: diadona.id)

Dengan kertas lipat, sedotan dan paku payung, kamu bisa membuat kincir angin. Tidak hanya sangat mudah dibuat, tapi dengan kincir angin buatan ini, anak-anak bisa berlarian sambil memegangnya. Udara yang berhembus dapat memutarkan kincir angin tersebut dan bisa menghibur hati.

 

9. Pesawat Kertas

origami pesawat kertas

(Sumber: haibunda.com)

Tidak hanya dari kertas lipat, tapi kertas bekas juga bisa dijadikan origami yang satu ini, pesawat terbang. Tentu saja akan lebih menarik jika menggunakan kertas lipat karena terdapat berbagai macam warna. Tapi jika kamu memiliki berkas-berkas tak terpakai, bisa digunakan sebagai origami ini. Kemudian minta si kecil untuk melemparnya ke udara. Dengan demikian mereka akan gembira melihat pesawat dari kertas dapat melayang-layang di udara.

Baca juga: Nama – nama Bangun Ruang, Sifat, Gambar, dan Rumusnya

 

10. Burung

 

origami burung

(Sumber: popmama.com)

Meskipun tidak bisa diterbangkan, origami burung kertas merupakan salah satu origami yang lucu dan menyenangkan. Burung-burung yang berkicauan di pagi hari terdengar merdu tidak hanya oleh kita saja, tetapi juga di telinga anak-anak. Dengan membuat origami ini, kamu bisa jadi mengingat suara merdu tersebut, dan juga bisa mencoba menggantungkannya di langit-langit, agar dapat melihatnya ketika kamu ingin tidur atau bangun tidur.

 

11. Bunga

 

origami bunga

(Sumber: Pexels.com)

Kamu bisa membuat origami bunga bersamaan dengan kupu-kupu. Kemudian bercerita kepada orang tua, saudara, atau teman bahwa kupu-kupu sebenarnya membantu bunga-bunga tumbuh sehingga membuat dunia lebih indah, wangi dan berwarna.

 

12. Rumah

origami rumah

(Sumber: youtube.com)

Mengenalkan anak kepada dunia luar memanglah penting, tapi jangan lupa untuk mengenalkan benda-benda di sekitarnya, termasuk rumah. Dengan membuat origami berbentuk rumah, anak dapat mengenal tentang fungsi rumah dan bersyukur terhadap rumah itu sendiri. Karena mengetahui bahwa rumah adalah tempat teraman dan ternyaman baginya.

Baca juga: Tips Mengerjakan Calistung Sesuai dengan Usia Anak

 

13. Kemeja dan Dasi Pria

 

origami kemeja dan dasi

(Sumber: Pexels.com)

Membuat origami kemeja pria bisa membantu anak lebih dekat dengan Ayah lho. Karena dengan ini anak menjadi lebih tahu kalau Ayah mereka mengenakan apa setiap berangkat kerja. Selain itu jika anak Ayah dan Bunda adalah laki-laki, mereka bisa membayangkan dewasa nanti akan mengenakan pakaian apa untuk bekerja.

14. Mahkota

 

origami mahkota

(Sumber: youtube.com)

Salah satu origami termudah yang dapat dibuat adalah origami mahkota. Namun, bukan berarti origami ini biasa-biasa saja. Dengan membuat mahkota Ayah dan Bunda bisa memasangkan origami mahkota ini kepada anak-anak, dan bermain peran Raja dan Ratu bersama mereka. Aktivitas ini dapat membuat kedekatan anak dan orang tua semakin erat, serta baik untuk tumbuh kembang anak.

 

15. Dinosaurus

 

origami dinosaurus

(Sumber: Youtube.com)

Meskipun terlihat lebih rumit daripada origami yang lainnya, hal ini dapat memberikan sesuatu yang baik kepada si kecil. Dengan membuat origami ini, Ayah dan Bunda bisa mengajarkan tentang sejarah, bahwa dahulu kala sebelum manusia tercipta, ada hewan paling besar menguasai bumi. Namun sayangnya karena terkena meteor, hewan-hewan tersebut punah.

Jadi, itulah 15 kreasi dari origami yang bisa Anda buat bersama anak untuk mengisi waktu luang. Kreativitas anak tidak hanya bisa ditingkatkan melalui seni origami, Anda bisa membantunya lebih kreatif dengan belajar di Altaschool.

Alta School merupakan sekolah dengan konsep homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah online ini memiliki berbagai fasilitas belajar yang dapat mengembangkan bakat dan minat anak sejak dini. Fasilitas tersebut antara lain adalah Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Live Teaching, Learning Kit, dan masih banyak lagi.

Yuk, coba kelas gratis sekarang dengan klik banner di bawah ini!

CTA Blog Alta School

Sumber:

Humaira, N. (2021), ’10 Ide Membuat Kerajinan Kertas Origami yang Unik untuk Anak TK’, Kiddo.id, 30 April 2021 [daring] Available at: https://kiddo.id/kerajinan-kertas-origami/

Nareswari, F. D (2020), ‘Seni Origami: Pengertian dan Sejarah’, Kompas.com, 13 November 2020 [daring] Available at: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/13/164500869/seni-origami–pengertian-dan-sejarah?page=all

Amalia, D. ‘5 Kreasi Origami yang Mudah Ditiru dan Unik’, Indonesianfree.com,[daring] Available at: https://www.indonesianfree.com/kreativitas/5-kreasi-origami-yang-mudah-ditiru-dan-unik

Sendari, A. A. (2019), ‘Cara Membuat Kupu-kupu dari Kertas Origami, Mudah dan Praktis’, Liputan6.com, 07 Oktober 2019 [daring] Available at: https://hot.liputan6.com/read/4080698/cara-membuat-kupu-kupu-dari-kertas-origami-mudah-dan-praktis

Sumber Gambar:

Origami Kupu-kupu [daring]. Available at: https://hot.liputan6.com/read/4080698/cara-membuat-kupu-kupu-dari-kertas-origami-mudah-dan-praktis

Origami Apel [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=eWJ1y3sqeCU

Origami Mobil-mobilan [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=tOn5RckdmX4

Origami Bentuk Hati [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=qtimmjPWdLU

Origami Bentuk Gaun [daring] Available at: https://www.youtube.com/watch?v=0GZlIN4LsZs

Muhammad Azka Rais