7 Tips Mengatasi Anak Sulit Belajar Membaca

ALTA - (Beberapa) Strategi Mengatasi Anak Sulit Belajar membaca-01

Kecepatan belajar membaca anak tidaklah sama. Berikut 7 tips yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit membaca.

Ketika memasuki Sekolah Dasar (SD), anak-anak diharapkan sudah bisa membaca untuk memahami pelajaran lain, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, IPA, dan Matematika. Kesulitan membaca tentunya menghambat perkembangan mereka dalam belajar. 

Tidak bisa membaca dengan cepat mengakibatkan anak tidak percaya diri, dan akhirnya menarik diri dari pergaulan. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Ayah dan Bunda bisa mencoba 7 strategi mengatasi anak yang sulit membaca berikut ini!

 

1. Pastikan Anak Mengenal Huruf dengan Baik

Cara anak belajar membaca(Sumber: Alodokter.com)

Penyebab utama anak sulit belajar membaca adalah tidak mengenali huruf dengan baik. Misalnya, huruf “b” dan huruf “d” yang sering tertukar. Ayah dan Bunda bisa meningkatkan ingatan mereka terhadap huruf melalui buku cerita atau mengajaknya bermain tebak huruf.

Permainan tebak huruf bisa dilakukan di mana saja. Saat pergi ke supermarket, sebutkan satu huruf, dan minta ia untuk mencari di kemasan produk, label, atau poster yang ada di sana. Cara belajar ini terasa efektif dan menyenangkan.

Baca juga: Mengenal Disleksia, Gangguan dalam Membaca dan Menulis pada Anak

 

2. Ajak Anak Memahami Kata yang Dibaca

Beberapa anak bisa memahami dan membaca susunan huruf, namun tidak mengerti makna dari kata tersebut. Cara mengatasinya yaitu dengan menyiapkan gambar di atas tulisan yang telah dibaca untuk memahami maksud dari setiap kata.

Akan tetapi, Anda juga harus menyesuaikan dengan sikap anak ya. Sebab, ada anak yang lebih senang menebak gambarnya tanpa membaca tulisannya. Anda bisa mengatasinya dengan cara menutup gambar terlebih dahulu, agar anak tetap fokus membaca huruf yang ada. Setelah anak selesai membaca, baru buka gambarnya dan tunjukkan kalau kata yang ia baca tadi merupakan nama dari gambar itu.

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Mengajarkan Calistung pada Anak

 

3. Belajar dengan Kartu Kata

Tips ajarkan anak membaca(Sumber: Sehatq.com)

Belajar membaca juga bertahap, anak harus melalui tahap belajar membaca suku kata sedikit demi sedikit. Anda bisa mencoba menyiapkan kartu kecil berisi satu sampai dua suku kata yang hanya terdiri dari huruf vokal dan konsonan.

Contohnya, tulisan “Ba”, “Bi”, “Bu”, dan masih banyak lagi. Jika anak telah memahami cara membaca suku kata, maka tambahkan huruf konsonan lagi di belakangnya, seperti “Bak”, “Bis”, dan sebagainya.

 

4. Perkuat Pemahaman Fonemik

Dalam buku Preventing Reading Difficulties in Young Children yang dirilis oleh The National Academies Press, dikatakan bahwa memperkuat pemahaman fonemik sangat penting untuk membantu anak  yang belum bisa membaca.

Fonemik adalah ilmu yang mempelajari bunyi ujaran dalam fungsinya sebagai pembeda arti. Contoh kata “kuku”, “kaki,” dan “kaku”.  Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat pemahaman fonemik anak, yakni:

  • Bergantian membaca dengan suara lantang.

  • Bermain kata dengan rima, seperti mata, kata, tinta, atau paku, saku, duku.

  • Berlatih memecahkan kata panjang menjadi suku kata, seperti ke-ma-rin, atau je-ra-pah.

Baca juga: Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas di Rumah Tanpa Drama

 

5. Baca Buku yang Tepat

Ajak anak untuk membaca buku dengan tema yang mereka sukai. Pilih buku yang 90% kata di dalamnya sudah dimengerti oleh anak, supaya anak dapat fokus belajar membaca sendiri tanpa bingung dengan arti kata yang ia baca.

Nah, jangan lupa untuk menemani anak membaca bergantian dengan suara yang lantang. Membaca secara bergantian merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mendorong anak lebih pintar membaca.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mengajarkan Anak Membaca di Rumah Tanpa Stres

 

6. Jangan Memaksa Anak

Penyebab anak sulit belajar membaca(Sumber: Kumparan.com)

Anak belajar membaca sesuai dengan kemampuan serta kemauan. Setiap anak mempunyai batasan dan energi yang berbeda untuk fokus pada satu Oleh karena itu, ketika mengajari anak membaca, Anda tidak bisa memaksa mereka.

Memaksa anak untuk cepat membaca membuat mereka stres, kapok, serta trauma. Anak bisa saja menolak dan menganggap kegiatan membaca adalah hal yang menakutkan. Jika Anda sudah merasa lelah, berhenti dan biarkan anak belajar sendiri.

 

7. Berikan Dukungan Penuh

Kesulitan membaca berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri anak. Sebagai orangtua, Ayah dan Bunda bisa memberi dukungan berupa pujian atau hadiah untuk setiap progress yang telah dicapai. Ketika anak menyadari bahwa Anda selalu mendukungnya, ia akan termotivasi untuk terus mencoba.

Itulah 7 strategi mengajarkan anak yang sulit membaca. Anda juga bisa lho mendaftarkan mereka ke Altaschool. Alta School adalah sekolah online di tingkat PAUD hingga SD kelas 4 Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.

Masih ragu? Coba kelas gratisnya dengan klik banner di bawah ini!

CTA Blog Alta School

Sumber: 

Fiona, D. (2021), ‘Anak 7 Tahun Belum Bisa Membaca? Jangan Panik! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya’, Orami.co.id, 10 Februari 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/anak-7-tahun-belum-bisa-membaca

Angelina, A. ‘5 Cara Mengatasi Kesulitan Anak dalam Belajar Membaca’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/kesulitan-anak-belajar-membaca

Sutrisno, M. (2019), ‘Simak! 5 Cara untuk Membantu Anak Bisa Cepat Membaca’, Popmama.com, 29 September 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/mariasutrisno/kiat-agar-anak-dapat-cepat-memahami-pelajaran-di-sekolah-1/5

Jpqosinbo, ‘Bila Anak Sulit Membaca’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/cara-menangani-anak-sulit-membaca-dan-menulis

Sumber Gambar: 

Anak Pusing Belajar Membaca [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/disleksia

Anak Belajar Membaca Bersama Ayah [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/latihan-belajar-membaca-anak-sd-ini-ternyata-tak-mustahil-dilakukan

Ibu Menemani Anak Membaca [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-hal-yang-perlu-dilakukan-saat-mendongeng-untuk-anak-1rcPfzaakel

Nurul Habibah