7 Strategi Mengatasi Anak Sulit Belajar Membaca

Nurul Habibah Jun 22, 2022 • 6 min read


ALTA - (Beberapa) Strategi Mengatasi Anak Sulit Belajar membaca-01“Artikel ini berisi informasi tentang cara mengatasi anak yang sulit belajar membaca. Cek dulu yuk, agar anak lebih fasih membaca sejak dini”

Anak-anak lahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ketika anak menunjukkan tanda-tanda sulit membaca, tentu Anda juga panik bukan? Apalagi jika anak sudah memasuki jenjang Sekolah Dasar. Anak yang sulit membaca bisa mengalami banyak masalah, sebab, beberapa sekolah kini sudah menerapkan syarat kemampuan membaca sebelum anak diterima. Disamping itu, anak juga bisa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran, karena semua pelajaran diajarkan dalam bentuk tulisan.  

Tidak bisa membaca dengan cepat bisa mengakibatkan anak merasa kecewa dengan dirinya sendiri, tidak percaya diri, dan akhirnya menarik diri dari pergaulan. Nah, jika anak sulit membaca dan tidak mendapatkan penanganan secepatnya, bukan tidak mungkin Ia tetap tidak bisa membaca maupun menulis hingga dewasa. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mencoba 7 strategi berikut ini:

1. Pastikan Anak Mengenal Huruf dengan Baik

Cara anak belajar membaca(Sumber: Alodokter.com)

Salah satu penyebab utama anak sulit belajar membaca adalah karena Ia tidak mengenali huruf dengan baik. Ada beberapa huruf yang dapat sering tertukar di ingatan anak, seperti huruf "d" dan huruf "b". Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus sering-sering merangsang ingatan anak. Misalnya, ketika pergi ke toko buku, tunjuk huruf secara acak dan minta anak untuk menebaknya. Selain itu, bisa juga ketika Anda dan anak berbelanja di supermarket, Anda bisa mengajak Ia berburu huruf. Sebutkan satu huruf, dan minta Ia mencarinya di kemasan produk, label, atau poster yang ada di sana. Cara-cara tersebut efektif dan membuat anak belajar dengan senang.

2. Ajak Anak Memahami Kata yang Dibaca

Kadang kala ada anak yang telah bisa memahami serta menyuarakan susunan huruf, namun tidak mengerti dengan makna dari kata tersebut. Oleh sebab itu, Anda bisa menyiapkan gambar-gambar di atas tulisan yang telah Ia baca. Dengan cara itu, anak bisa memahami maksud dari kata yang telah selesai Ia baca. 

Namun, Anda juga harus menyesuaikan dengan sikap anak ya. Sebab, ada juga anak-anak yang lebih senang menebak gambarnya tanpa membaca tulisannya. Jika itu terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan cara menutup terlebih dahulu gambar tersebut dengan kertas kosong, agar anak tetap fokus membaca huruf yang ada. Setelah anak selesai membaca, baru buka gambarnya dan tunjukkan kalau kata yang Ia baca tadi merupakan nama dari gambar itu.

3. Belajar dengan Kartu Kata

Tips ajarkan anak membaca(Sumber: Sehatq.com)

Belajar membaca juga bertahap, anak harus melalui tahap belajar membaca suku kata sedikit demi sedikit. Anda bisa mencoba menyiapkan kartu kecil dengan tulisan satu sampai dua suku kata yang hanya terdiri dari huruf vokal dan konsonan. Contohnya, tulisan "Na", "Ni", "Ma", dan masih banyak lagi. Jika anak telah memahami cara membaca suku kata, maka tambahkan huruf konsonan lagi di belakangnya, seperti "Nam", "Mam", dan sebagainya..

4. Perkuat Pemahaman Fonemik

Dalam buku Preventing Reading Difficulties in Young Children yang dirilis oleh The National Academies Press dikatakan bahwa memperkuat pemahaman fonemik sangat penting untuk membantu anak 7 tahun yang belum bisa membaca. Pemahaman fonemik merupakan kemampuan untuk menggabungkan serta memisahkan fonem atau suku kata dalam sebuah kata. Kemampuan tersebut berhubungan erat dengan skill decoding atau memahami hubungan antara suara dan huruf yang berbeda. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat pemahaman fonemik anak, yakni:

  1. Bermain kata dengan rima, seperti mata, kata, tinta, atau paku, saku, duku.
  2. Bergantian membaca dengan suara lantang.
  3. Berlatih memecahkan kata panjang menjadi suku kata, seperti ke-ma-rin, atau je-ra-pah.

5. Baca Buku yang Tepat

Agar anak Anda bisa membaca dengan lancar, maka anak harus sering berlatih dengan membaca buku yang tepat. Anda bisa memilih buku yang 90% kata di dalamnya sudah dimengerti oleh anak, supaya anak dapat fokus belajar membaca sendiri tanpa bingung dengan arti kata yang Ia baca. Nah, jangan lupa untuk menemani anak membaca bergantian dengan suara yang lantang. Membaca secara bergantian merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mendorong anak lebih pintar membaca.

6. Jangan Memaksa Anak

Penyebab anak sulit belajar membaca(Sumber: Kumparan.com)

Anak belajar membaca sesuai dengan kemampuan serta kemauan. Setiap anak mempunyai energi yang berbeda untuk belajar dan fokus pada satu hal. Anak-anak mempunyai batas yang berbeda. Oleh karena itu, ketika mengajari anak membaca, Anda tidak bisa memaksa mereka. Sebab, ini dapat membuat anak merasa stres dan frustasi dalam proses belajarnya. Ketika anak sudah merasa belajar merupakan hal traumatik, maka Ia bisa terus menolak belajar setiap waktu.

7. Berikan Dukungan Penuh

Anak yang belum bisa belajar membaca seringkali kurang percaya diri. Oleh karena itu, beri dukungan penuh dengan memberikan pujian dari keberhasilan kecil yang Ia lakukan. Dorong terus anak Anda untuk maju, terutama ketika Ia menjadi stres dan frustasi. Ketika anak menyadari bahwa Ia mendapatkan dukungan penuh dari orang tua, Ia kemungkinan besar akan terus mencoba belajar hingga mahir.

Jadi, itulah 7 strategi mengatasi anak yang sulit belajar membaca. Disamping cara di atas, Anda bisa juga membantu anak belajar membaca dengan lebih seru di altaschool. Berbagai fasilitas belajar yang tersedia di Alta School membuat anak semakin semangat untuk belajar. Bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan membaca anak, Alta School juga bisa membantu meningkatkan kreatifitas dan bakat anak sejak dini loh. Belajar di Alta School dijamin seru dan membuat anak semakin pintar. 

sekolah online anak

Sumber: 

Fiona, D. (2021), ‘Anak 7 Tahun Belum Bisa Membaca? Jangan Panik! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya’, Orami.co.id, 10 Februari 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/anak-7-tahun-belum-bisa-membaca

Angelina, A. ‘5 Cara Mengatasi Kesulitan Anak dalam Belajar Membaca’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/kesulitan-anak-belajar-membaca

Sutrisno, M. (2019), ‘Simak! 5 Cara untuk Membantu Anak Bisa Cepat Membaca’, Popmama.com, 29 September 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/mariasutrisno/kiat-agar-anak-dapat-cepat-memahami-pelajaran-di-sekolah-1/5

Jpqosinbo, ‘Bila Anak Sulit Membaca’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/cara-menangani-anak-sulit-membaca-dan-menulis

Sumber Gambar: 

Anak Pusing Belajar Membaca [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/disleksia

Anak Belajar Membaca Bersama Ayah [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/latihan-belajar-membaca-anak-sd-ini-ternyata-tak-mustahil-dilakukan

Ibu Menemani Anak Membaca [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-hal-yang-perlu-dilakukan-saat-mendongeng-untuk-anak-1rcPfzaakel

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar