7 Dampak Orang Tua Selalu Bermain Gadget saat Bersama Anak

Nurul Habibah Feb 16, 2022 • 6 min read


Dampak orang tua selalu bermain gadget“Mengasuh anak sambil bermain gadget bukanlah hal yang baik. Cari tahu dulu yuk dampaknya, agar dapat Anda hindari”

Para orang tua sering kali khawatir dengan dampak negatif gadget terhadap anak mereka. Namun, kadang para orang tua sendiri juga kecanduan bermain gadget. Bahkan, beberapa orang tua acap kali masih bermain gadget ketika mengasuh atau bermain bersama anak. Nah, menurut Brandon T. McDaniel, seorang peneliti dari Illinois State University di Amerika Serikat, perilaku anak yang buruk berhubungan dengan waktu yang dihabiskan oleh orang tua dalam bermain gadget, Ia menyebut gangguan tersebut sebagai technoference

Anak-anak biasanya menyerap apa yang mereka lihat. Anak belajar dan membentuk relasi berdasarkan perilaku orang tua kepada mereka. Jadi, jika Anda terus-terus bermain gadget ketika bersama anak, ini dapat memberikan efek buruk, baik untuk perkembangan anak, ataupun untuk hubungan anak dan Anda. 

Dampak Negatoif Orang Tua Main Gadget Saat Mengasuh Anak(Sumber: Liputan6.com)

Berikut 7 dampak negatif orang tua selalu bermain gadget ketika bersama anak:

1. Anak Berperilaku Negatif dan Pasif

Bayi serta toddler yang berusia 7 bulan hingga 2 tahun cenderung menjadi anak yang tertutup, tidak suka mengeksplorasi lingkungan atau pasif, serta tidak berkembang secara emosional akibat kurangnya stimulasi dari orang tua yang terlalu sibuk bermain gadget ketika bersama anak. Ketika Anda bermain gadget saat bersama anak, berarti Anda menutup akses kepada anak untuk melakukan kegiatan aktif. Selain itu, sikap tersebut juga menunjukkan kalau Anda tidak merespon segala perilaku anak. Ini dapat memberikan efek negatif jangka panjang, yakni tidak kuatnya ikatan batin Anda dan anak. 

2. Anak Merasa Diabaikan oleh Orang Tua

Ketika Anda bermain gadget saat mengasuh anak, anak dapat merasa diabaikan dan tidak disayang. Perasaan seperti ini bahkan bisa berpengaruh pada pertumbuhan volume otak anak. Anak-anak yang sering merasa diabaikan oleh orang tua cenderung memiliki volume otak yang lebih kecil, dibandingkan dengan anak yang selalu ditemani dengan baik oleh orang tuanya. Saat anak merasa diabaikan, ini juga dapat membuat hubungan Anda dan anak menjadi tidak harmonis. 

3. Anak Merasa Kalah Saing dengan Gadget

Dampak Orang Tua Terlalu Sibuk Main Hp Saat Bersama Anak(Sumber: Id.theasianparent.com)

Anak-anak yang memiliki jiwa kompetitif kadang dapat merasa bahwa gadget adalah saingannya. Ia merasa berebut perhatian Anda dengan gadget saat Anda sibuk membuka berbagai aplikasi di gadget Anda atau sekedar membalas chat dari teman di kantor. Saat Anda memilih lebih fokus pada gadget ketimbang memperhatikan anak yang bermain, anak dapat berpikir bahwa kehadirannya di sisi Anda memiliki arti yang tidak penting, sebab kalah dengan gadget Anda.

4. Menghambat Perkembangan Sosial Anak

Mengasuh anak sambil bermain Gadget dapat membuat perkembangan anak terganggu, khususnya skill sosial anak. Anak yang diasuh oleh orang tua yang sibuk dengan gadget umumnya tidak suka beraktivitas dengan teman-temannya. Mereka lebih memilih untuk bermain sendiri. 

Anak-anak pada dasarnya membutuhkan pola asuh yang konsisten dari orang tua. Nah, ini tidak bisa didapatkan oleh anak ketika Anda membagi perhatian antara anak dan gadget. Seringkali orang tua yang sudah terpapar dampak negatif gadget juga cenderung lebih moody dan lebih tidak bisa dipercaya oleh anak. 

5. Anak Memiliki Risiko Gangguan pada Perilaku

Akibat Anda yang terlalu memperhatikan gadget dibandingkan anak, maka anak umumnya bisa melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian Anda. Mulai dari berteriak, menangis, berperilaku hiperaktif, dan bahkan tantrum. Jika anak dibiarkan terus menerus seperti itu, perilaku tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan hingga Ia dewasa. 

6. Daya Fokus Anak Rendah

Anak Susah Fokus Saat Belajar(Sumber: Popmama.com)

Kurangnya perhatian orang tua saat bermain bersama anak karena sibuk dengan gadget dapat berpengaruh pada fokus anak. Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa anak yang kurang diperhatikan saat bermain oleh orang tua memiliki daya fokus empat kali lebih rendah, dibandingkan anak-anak yang ditemani dengan baik oleh orang tuanya. Nah, jika daya fokus anak Anda rendah, ini dapat berpengaruh juga pada kemampuan belajar anak di sekolah. 

7. Memicu Kecelakaan Anak Usia Dini

Anak-anak belum bisa membedakan mana hal yang berbahaya dan mana yang tidak. Ketika Anda terlalu sibuk bermain gadget, anak mungkin saja melakukan permainan yang berbahaya. Nah, hal ini tentu dapat memicu kecelakaan yang berakibat fatal bagi pertumbuhan anak. Contohnya, anak mengalami memar di bagian tubuh tertentu, patah tulang, atau bahkan luka dalam. 

Jadi, itulah 7 dampak negatif dari orang tua yang terlalu sibuk dengan gadget ketika bersama anak. Agar hal-hal di atas tidak terjadi, sudah saatnya Anda membatasi diri dalam penggunaan gadget, terutama ketika Anda tengah menemani anak-anak. 

Nah, dibandingkan menyibukkan diri sendiri dengan gadget, alangka baiknya Anda menemani anak belajar di altaschool. Alta School adalah sekolah online dengan konsep homeschooling yang khusus untuk anak-anak di tingkat PAUD hingga SD.

Alta School hadir dengan kurikulum K-13 dan metode belajar blended learning. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, anak-anak dapat mengembangkan minat dan kreativitas mereka sedini mungkin. Nah, penasaran kan dengan fasilitas belajarnya? Buruan aja yuk daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Lidwina, A. (2021), ‘5 Dampak Orang Tua Selalu Bermain Gadget Saat Bersama Anak’, Ruangguru.com. 04 Oktober 2021 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/5-dampak-orang-tua-selalu-bermain-gadget-saat-bersama-anak 

Iswandiari, Y. (2021), ‘Ini Dampaknya Jika Orang Tua Main Handphone Sambil Mengasuh Anak’, Hellosehat.com, 02 Juni 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/main-hp-saat-mengasuh-anak/

Asni. ‘5 Dampak Negatif Gadget Orang Tua Terhadap Anak’, Ibupedia.com, [daring] Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/5-dampak-negatif-gadget-orang-tua-terhadap-anak

Adhi, I.S. (2020). ‘3 Dampak Buruk Orangtua Main Ponsel di Dekat Anak’, Health.kompas.com, 24 Februari 2020 [daring] Available at: https://health.kompas.com/read/2020/02/24/090200968/3-dampak-buruk-orangtua-main-ponsel-di-dekat-anak?page=all

Sumber Gambar:

Anak disamping Orang Tua Main gadget [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/tekno/read/2041368/orangtua-masa-kini-lebih-peduli-gadget-dibanding-anak

Anak yang Bermain Sedangkan Orang Tua Sibuk Main Gadget [daring]. Available at: https://id.theasianparent.com/yang-anak-rasakan-saat-orangtua-sibuk-main-gadget

Anak Tidak Fokus Belajar [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/verena-diandra/solusi-agar-anak-mama-bisa-fokus

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar