Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Bahasa Asing?

Nurul Habibah Des 22, 2021 • 7 min read


Alta - Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Bahasa Asing-09“Mengajarkan anak bahasa asing sejak dini memiliki berbagai manfaat untuk masa depannya. Nah, kapan sih sebaiknya Anda mulai melatih anak untuk bisa berbahasa asing? Simak Yuk!”

Anak-anak yang bisa berbahasa asing selain bahasa ibunya, adalah suatu kebanggaan bagi orang tua. Apalagi, saat ini sudah banyak sekolah-sekolah yang mewajibkan anak untuk belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau pun bahasa Jepang. 

Namun, tahukah Anda kapan sebaiknya anak dikenalkan dengan bahasa asing? 

Menurut Dokter Spesialis Anak yakni Prof. Dr. Rini Sekartoni, SpA (K), ketika usia anak belum dua tahun, maka sebaiknya cukup ajarkan anak satu bahasa saja, yang nantinya menjadi bahasa ibu. Sejak lahir, sebaiknya anak distimulasi dengan satu bahasa saja, sebab tidak semua anak bisa mendapatkan dua stimulasi bahasa sekaligus. Nanti, setelah usianya mencapai dua tahun, baru ajarkan bahasa lainnya. 

Manfaat Ajarkan Anak Bahasa Asing(Sumber: Theasianparent.com)

Nah, dari salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard juga ditemukan bahwa usia yang tepat untuk anak mulai belajar bahasa asing, selain bahasa ibunya adalah ketika usianya mulai mencapai 3 tahun. Usia tersebut merupakan salah satu periode vital dalam kehidupan anak. Di masa itu orang tua sebaiknya bisa memberikan fondasi untuk pemikiran, sikap, dan pembelajaran pada anak.

Mengajarkan anak bahasa asing pada dasarnya dapat memberikan pengalaman kepada anak, yang dapat membantu kemampuan adaptasi anak. Baik itu kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru, ataupun budaya baru. 

Selain itu, anak juga memiliki kemampuan mengingat, menghafal, fokus, memahami, bahkan bisa menganalisis sesuatu dengan baik. Lalu, di masa depan, kemampuan bahasa asing yang Anda ajarkan kepada anak sejak dini, juga bisa meningkatkan daya saing anak, terutama dalam dunia kerja.

Jika anak Anda sudah mencapai usia 3 tahun, maka Anda sudah bisa mengajarkan anak bahasa asing, dengan menggunakan 6 cara berikut ini:

1. Bangun Sebuah Kebiasaan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar anak bisa bahasa asing adalah dengan membuat suatu kebiasaan untuk berbahasa asing. Agar anak dapat mahir berbahasa asing, maka Anda harus menggunakan bahasa asing tersebut untuk berkomunikasi sehari-hari. 

Cara Mengajarkan Anak Bahasa Asing(Sumber: Jatenglive.com)

Jika Anda membiarkan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa asing, maka itu dapat menciptakan rasa percaya diri yang kuat pada anak, dan membuatnya jadi terbiasa. Anda bisa mulai dengan menggunakan bahasa asing yang paling sederhana terlebih dahulu, seperti bahasa asing untuk benda-benda. Setelahnya, baru lanjutkan hingga menjadi suatu kalimat penuh.

2. Belajar dengan Menggunakan Aplikasi

Kini sudah banyak sekali aplikasi belajar bahasa asing yang dapat Anda gunakan dengan mudah, bahkan gratis. Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengajarkan anak bahasa asing. Satu aplikasi bahkan bisa mengajarkan anak lebih dari satu bahasa asing. Pada aplikasi tersebut, biasanya juga ada loh soal-soal yang dapat dijawab oleh anak sebagai bentuk latihannya.

3. Ajak Anak untuk Bermain Game

Banyak yang mengira bermain game hanya bisa memberikan efek buruk bagi anak. Padahal, bermain game nyatanya juga bisa menjadi salah satu wadah untuk anak bisa mempelajari bahasa asing. 

Waktu Tepat Ajarkan Anak Bahasa Asing(Sumber: Happinest.id)

Game bisa memberikan efek positif jika anak diberikan batasan waktu untuk bermain. Anda bisa memilih game yang edukatif dan mendidik, sehingga anak bisa mempelajari bahasa asing dan juga mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah. 

4. Belajar dengan Bernyanyi

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan seru yang dapat Anda lakukan dengan anak. Nah, agar anak semakin mahir dalam berbahasa asing, maka Anda bisa mengajak anak menyanyikan lagu-lagu sederhana. Tujuannya untuk menambah kosakata serta membuat anak lebih lancar mengucapkannya. Beberapa lagu yang dapat membantu anak berbahasa asing yakni bahasa Inggris adalah Twinkle Twinkle Little Star, Baa Baa Black Ship, dan Mary Had a Little Lamb.

5. Belajar Kelompok Bersama Teman

Cara lain mengajarkan anak bahasa asing yang lebih mudah adalah mengajaknya belajar kelompok bersama teman. Anak seringkali lebih cepat untuk belajar jika berada di dalam lingkungan teman sebayanya. Anak merasa terpacu dan menjadi lebih bersemangat jika belajar di sekitar teman-temannya. 

Kapan Waktu Yang Tepat Ajarkan Anak Bahasa Asing(Sumber: Lifestyle.okezone.com)

6. Memasukkan Anak ke Kursus Bahasa Asing

Langkah lain yang bisa Anda coba untuk mengajarkan anak bahasa asing adalah dengan memasukkannya ke lembaga kursus. Ketika anak bergabung ke lembaga kursus, maka Ia bisa mendapatkan pelajaran bahasa asing yang lebih spesifik serta terstruktur. Metode belajar ini dapat diterapkan ketika anak berusia dibawah 10 tahun, agar kemampuannya dalam memahami bahasa asing jauh lebih cepat. 

Jadi, sekarang Anda sudah paham bukan, kapan usia yang tepat untuk anak belajar bahasa asing, serta bagaimana cara mengajarkannya? Nah, langkah terakhir yang patut Anda coba juga agar anak semakin fasih berbahasa asing dan pintar dalam pelajaran lainnya, adalah mendaftarkannya di altaschool

Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar terbaik yang menarik, seperti Live Teaching, Kelas Tambahan, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter dan masih banyak lagi. Sebagai salah satu sekolah online terbaik, Alta School hadir untuk pelajar di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Selain itu, sekolah online ini juga sudah menggunakan kurikulum K-13 loh. Tunggu apalagi? Buruan daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Febrida, M. (2018). ‘Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Menyenangkan’, Haibunda.com, 16 Januari 2018 [daring] Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20180116073948-61-11864/tips-mengajari-anak-bahasa-inggris-dengan-menyenangkan

Sulaiman, M.R. (2020). ‘Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Bahasa Asing?’, Suara.com, 09 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.suara.com/health/2020/06/09/141908/kapan-waktu-yang-tepat-ajarkan-anak-bahasa-asing

Kinanti, A.A. (2017), ‘Beragam Manfaat Ajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini’, Health.detik.com, 22 Februari 2017 [daring] Available at: https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-3429486/beragam-manfaat-ajarkan-bahasa-asing-pada-anak-sejak-dini?l992205755=

Kedang, S. (2020), ‘Cara Mengajarkan Anak Bahasa Asing Sejak Kecil’, Orami.co.id, 22 Juli 2020 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/mengajarkan-anak-bahasa-asing-sejak-dini/

Fadli, R. (2020), ‘Kapan Waktu yang Tepat Mengajari Balita Bahasa Asing’, Halodoc.com, 28 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/kapan-waktu-yang-tepat-mengajari-balita-bahasa-asing

Sumber Gambar: 

Anak Belajar Bahasa Asing [daring]. Available at: https://id.theasianparent.com/cara-mengajarkan-bahasa-asing-pada-anak

Membangun Kebiasaan Berbahasa Asing [daring]. Available at: https://jatenglive.com/tampil-berita/Cara-Memperkenalkan-Bahasa-Inggris-ke-Anak-Sejak-Dini

Belajar Bahasa Asing dari Game [daring]. Available at: https://www.happinest.id/7-game-anak-edukasi-untuk-melatih-bahasa-inggris-si-kecil-wajib-coba/

Belajar Bahasa Asing Bersama Teman [daring]. Available at: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/30/196/1929283/belajar-bahasa-asing-terlalu-dini-sebabkan-anak-telat-bicara

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar