7 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum SD

Nurul Habibah Agu 10, 2022 • 7 min read


Alta -  5 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum SD-01

 “Artikel ini berisi informasi tentang kemampuan yang harus dimiliki anak sebelum masuk SD. Yuk,cari tahu sebelum Anda memasukkan anak ke SD”

--

Menurut Trully Kusumawardhani, seorang dokter spesialis tumbuh kembang anak, kesiapan seorang anak untuk masuk jenjang pendidikan formal seperti SD (Sekolah Dasar), harus diperhatikan dengan baik oleh orang tua. Jadi tidak tepat jika Anda memasukkan anak ke sekolah formal hanya dengan pertimbangan umur saja. Trully juga menjelaskan bahwa usia belum menjamin kesiapan anak untuk bersekolah. Kemampuan perkembangan anak lebih penting dibandingkan umur, dalam menilai kesiapan anak untuk masuk sekolah.

Sebelum memasukkan anak Anda ke Sekolah Dasar, berikut 7 kemampuan yang seharusnya telah Ia miliki:

1. Kemampuan Motorik Halus

 

Keterampilan sebelum anak masuk SD(Sumber: Health.kompas.com)

Kemampuan ini melibatkan otot-otot kecil serta reaksi mata dan tangan. Keterampilan motorik halus yang harus dimiliki oleh anak sebelum mereka masuk SD antara lain adalah bisa menggambar bentuk dasar seperti kotak, lingkaran, atau segitiga.

Lalu, bisa memegang pensil dengan baik, yakni dengan menggunakan posisi tripod. Lalu juga bisa mewarnai di dalam garis pembatas, bisa menggunting pola bentuk dasar, bisa bermain menyusun balok tiga dimensi, serta bisa secara mandiri melepas dan memakai baju berkancing.

Baca juga: 8 Manfaat dan Pentingnya Anak Belajar Bilingual Sejak Dini

2. Kemampuan Motorik Kasar

Merupakan keterampilan yang berhubungan dengan gerakan yang menggunakan otot-otot besar di tubuh. Contohnya, otot kaki dan otot yang ada di lengan. Gerakan yang dihasilkan bisa berupa gerakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau yang menghasilkan energi.

Beberapa kemampuan motorik kasar yang harus anak miliki sebelum masuk SD adalah bisa berjalan dengan baik pada garis yang lurus, bisa berlari dengan baik dan tidak mudah tersandung, bisa naik turun tangga sendiri, bisa berdiri dengan satu kaki, bisa mengayuh sepeda roda tiga, bisa melompat jauh dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan, serta bisa melempar, menendang, dan menangkap bola dengan tepat.

3. Kemampuan Sosial Ekonomi

Kemampuan yang berhubungan dengan peraturan sosial yang ada dalam masyarakat. Sebelum masuk Sekolah Dasar, anak harusnya telah mampu memahami peraturan yang berlaku di masyarakat, dan menyadari keadaan dirinya sendiri. Anak-anak sudah bisa mengetahui nama, umur serta jenis kelaminnya. Anak juga bisa bermain dengan teman-temannya dan berbagi.

Keterampilan yang wajib dimiliki sebelum SD(Sumber: Cantik.tempo.co)

Lalu, anak mampu memulai sebuah pembicaraan dan mengajak bermain ketika Ia berkumpul bersama teman. Anak-anak seharusnya bisa juga mengungkapkan dan mengontrol emosi yang ia rasakan. Nah, yang paling penting anak-anak sudah bisa mandiri ketika buang air kecil dan buang air besar, sehingga Ia tidak lagi perlu bantuan dari gurunya.

4. Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa pada dasarnya terbagi dua, yakni kemampuan bahasa represif, dalam bentuk pemahaman, dan kemampuan bahasa ekspresif, dalam bentuk kata-kata yang dikeluarkan oleh anak. Kemampuan bahasa represif terdiri dari, kemampuan untuk memahami dan mengikuti instruksi secara bersamaan, lalu anak bisa memahami konsep dasar seperti ukuran, arah dan perbandingan benda. 

Sedangkan, kemampuan bahasa ekspresif meliputi, kemampuan anak untuk bisa membuat kalimat dengan lengkap, anak bisa menceritakan kembali suatu hal dengan urutan yang logis, anak mempunyai artikulasi pengucapan kalimat dengan jelas, dan anak dapat mengajukan pertanyaan yang terangkum dalam 5W1H (what, who, when, where, why, how).

5. Kemampuan Literasi

Kemampuan literasi yang harus dimiliki anak sebelum Ia masuk SD adalah anak bisa mengidentifikasi dan menulis huruf besar dan huruf kecil, anak bisa menulis namanya sendiri di atas kertas, anak bisa dengan mudah memahami kata-kata yang sering dilihat, dan anak sudah lebih suka dan mampu mendengarkan story telling dengan rima dan puisi.

6. Kemampuan Kognitif yang Mumpuni

manfaat anak bermain puzzle(Sumber: Merries.co.id)

Kognitif adalah proses berpikir atau menangkap, menyimpan atau mengelola, hingga menggunakan kembali informasi yang telah didapatkan sebelumnya. Kemampuan kognitif diperoleh dari pengalaman yang anak dapatkan dari lingkungan sekitarnya. Beberapa kemampuan kognitif yang seharusnya telah dimiliki anak sebelum masuk SD adalah bisa mengelompokkan benda-benda sesuai dengan klasifikasi yang sederhana, bisa memahami pola berurutan dari deret bentuk atau warna yang ada di depannya, bisa mengetahui konsep waktu, seperti hari, bulan dan tahun. Lalu, anak juga sudah bisa menyelesaikan puzzle sederhana yang terdiri dari 5 sampai 6 keping.

7. Kemampuan Berhitung

Kemampuan berhitung juga menjadi dasar untuk anak sebelum Ia masuk sekolah SD. Anak setidaknya telah mengenal dan dapat menulis angka 1 hingga 10. Anak bisa memahami konsep kuantitas angka 1 sampai 10, dan anak sudah paham mengenai konsep lebih banyak atau lebih sedikit.

Jadi, kesiapan anak untuk masuk Sekolah Dasar tidak hanya bergantung dari umur biologisnya saja ya. Ada berbagai kemampuan yang harus dimiliki anak sebelum itu. Nah, kadang anak-anak juga merasa cemas sebelum memulai Sekolah Dasar, sebab merasa belum familiar. Oleh sebab itu, Anda bisa mengajak anak bersama-sama mengunjungi sekolahnya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. 

Baca juga: Simak, Daftar Negara yang Menerapkan Bilingual

Lalu, agar kemampuan-kemampuan di atas dapat berkembang dengan baik, Anda bisa loh mendaftarkan anak di altaschool. Alta School menyediakan pendidikan untuk anak mulai dari jenjang PAUD hingga SD. Metode belajar yang menarik, serta kurikulum yang berkualitas, dijamin mampu membantu anak Anda belajar dengan semangat.

New call-to-action

Daftar Pustaka:

Febrianti, T. (2020), ‘7 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Anak Sebelum Masuk Sekolag Dasar’, Popmama.com, 30 April 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/titania-febrianti/keterampilan-yang-wajib-dimiliki-anak-sebelum-masuk-sd

Andini, R. ‘6 Kriteria Anak Siap Masuk Sekolah Dasar yang Perlu Parents Ketahui’, Id. Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/anak-sekolah-dasar

Stefani, G. (2021), ‘Ini Keterampilan yang Perlu Dimiliki oleh Anak Sebelum Mulai Sekolah Pertamanya, Tak Cuma Usia yang Cukup’, Nakita.grid.id, 02 April 2021 [daring] Available at: https://nakita.grid.id/read/022631102/inilah-keterampilan-yang-perlu-dimiliki-oleh-anak-sebelum-mulai-sekolah-pertamanya-tak-cuma-usia-yang-cukup?page=all

Daftar Gambar:

Anak sedang Menggambar [daring]. Available at: https://health.kompas.com/read/2015/06/16/144209823/Stimulasi.Otak.Anak.Lewat.Kegiatan.Menggambar

Anak sedang Bermain Bersama Teman [daring]. Available at: https://cantik.tempo.co/read/1036252/kapan-sebaiknya-anak-mulai-punya-teman-bermain

Anak Bermain Puzzle Bersama Teman [daring]. Available at: https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/saat-anak-ajak-teman-main-di-rumah

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar