8 Manfaat dan Pentingnya Anak Belajar Bilingual Sejak Dini

Nurul Habibah Agu 12, 2022 • 7 min read


BLOG - ALTA SCHOOL LANGUAGE-01

“Berminat mengajarkan anak dua bahasa sejak dini? Cari tahu yuk, manfaat anak belajar bilingual apa saja”

--

Jumlah pengguna dua bahasa (bilingual) atau lebih dari dua bahasa (multilingual) di Indonesia saat ini semakin meningkat. Terutama anak-anak yang belajar secara bilingual baik di sekolah, maupun di lingkungan keluarga sejak dini. Nah, tidak bisa dipungkiri, globalisasi merupakan salah satu pemicu meningkatnya penggunaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan Mandarin. Oleh sebab itu, semakin banyak anak-anak yang belajar bahasa asing, baik di sekolah atau di kursus bahasa.

Mengajarkan dua bahasa kepada anak jauh lebih mudah jika dilakukan sejak dini. Namun, tahukah Anda apa manfaat mengajarkan dua bahasa kepada anak? Yuk, simak manfaatnya.

1. Mendorong Kreativitas

Orang yang mempunyai kemampuan dua bahasa, umumnya sukses dalam bidang seni. Penelitian menunjukkan bahwa orang bilingual lebih memperhatikan hal-hal yang halus dan nuansanya, yang seringkali tidak diperhatikan oleh monolingual. Contohnya, di bidang musik, anak bilingual bisa mempunyai kemampuan untuk membedakan suara dan melodi, mereka sangat berbakat di bidang ini. 

Selain itu, penelitian yang paling mengesankan datang dari ilmuwan di University of California, San Diego. Dalam penelitian tersebut dibuktikan bahwa 60 persen siswa dari Cina yang menguasai dua bahasa mempunyai nada suara yang sempurna. Sedangkan, hanya 14 persen orang Amerika monolingual yang dapat melakukan hal tersebut.

2. Peningkatan Kemampuan Kognitif

 

Melatih anak agar menjadi bilingual(Sumber: Ibupedia.com)

Para ahli psikolinguistik dari University of Cyrus dan ilmuwan-ilmuwan dari Anglia Ruskin University di Inggris, melakukan penelitian yang membuktikan bahwa bilingualisme mempunyai efek positif pada kemampuan menilai informasi dan menyortir mana yang tidak relevan. Para peneliti tidak hanya membandingkan keterampilan kognitif anak-anak bilingual dan monolingual sejak dini, namun mereka juga telah mengamati bahwa anak-anak bilingual dapat memproses informasi secara kritis.

Anak-anak tersebut dapat menyaring gangguan-gangguan yang mengalihkan perhatian. Hal ini juga berkaitan langsung dengan bagaimana lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika anak tumbuh, mereka menerima dan memproses informasi dari dua sumber dan terbiasa untuk menangani banyak informasi.

3. Melatih Kemampuan Otak Anak

Menggunakan dua bahasa secara bergantian dapat membantu melatih otak anak dengan baik. Menurut peneliti dari Pusat Medis Universitas Georgetown di Washington, DC, mempelajari dua bahasa bisa meningkatkan kepadatan materi otak yang dikenal dengan grey matter. Teori ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Washington di Seattle. Para peneliti menyatakan bahwa anak-anak dari keluarga Spanyol-Amerika mempunyai area prefrontal korteks serebral yang sangat aktif, yang berfungsi atas kelancaran verbal serta adaptasi terhadap adanya perubahan.

Baca juga: 7 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum SD

 

4. Tidak Takut Berkomunikasi

Manfaat anak bilingual(Sumber: Popmama.com)

Bilingualisme pada dasarnya juga mampu menciptakan kepribadian ganda yang positif. Anak-anak bilingual dikenal lebih tenang ketika berkomunikasi, sebab mereka selalu mempunyai rencana cadangan dalam menghadapi sesuatu. Selain itu, anak-anak ini juga benar-benar menjauhkan diri dari perasaan negatif dan bisa berpikir lebih jernih. Kesadaran diri tersebut membuat mereka lebih terbuka untuk bersosialisasi dengan orang yang berbeda. Anak-anak bilingual juga mempunyai kapasitas lebih besar untuk berkomunikasi dengan dunia luar, sehingga mereka juga lebih percaya diri.

5. Mendorong Empati

Anak-anak bilingual telah terbukti lebih cenderung memahami perspektif, keinginan, pikiran dan  niat orang lain. Menurut Oren Boxer, PH.D, neuropsikolog dan penasihat di California, AS, sebagian dari kekuatan tersebut berkaitan dengan sistem bahasa yang lebih kuat yang bisa dengan mudah mendeteksi fitur komunikasi tertentu seperti prosodi, nada suara, dan ritme bicara. Diduga pengalaman perkembangan bahasa yang dialami oleh anak bilingual berbeda dengan anak monolingual. Proses tersebut kemudian memfasilitasi pemahaman yang lebih kuat tentang perspektif orang lain atau teori pikiran.

6. Keunggulan Akademik

 

Tips Melatih Anak Menjadi Bilingual(Sumber: Klikdokter.com)

Penelitian sudah membuktikan bahwa anak yang belajar dua bahasa mempunyai kemampuan lebih cepat ketika belajar membaca. Anak-anak bilingual juga diyakini dapat memiliki nilai ujian yang lebih tinggi. Nah, anak-anak bilingual ternyata mempunyai dasar yang lebih kuat juga untuk mempelajari lebih banyak bahasa. Kemampuan tersebut tentu bisa memberi mereka keunggulan yang lebih besar ketika memulai karir profesionalnya.

7. Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving

Anak-anak yang bisa menggunakan lebih dari satu bahasa sudah terlatih untuk menerjemahkan konsep-konsep yang abstrak dari satu bahasa ke bahasa lain. Oleh karena itu, anak-anak ini cenderung mempunyai kemampuan problem-solving yang lebih baik. Dari penelitian yang dilakukan di Skotlandia dan Italia, anak-anak bilingual dikatakan mengungguli anak-anak yang hanya bicara dalam satu bahasa pada keterampilan problem-solving dan creative thinking.

Baca juga: Simak, Daftar Negara yang Menerapkan Bilingual

8. Kemampuan Mendengar yang Lebih Baik

Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang menggunakan banyak bahasa mempunyai kemampuan mendengar yang lebih baik. Anak-anak tersebut mengembangkan kemampuan mendengar dengan mempelajari suara-suara serta kata-kata yang tidak familiar di telinga mereka.

Jadi, apakah anak Anda juga sudah diajarkan dua bahasa sejak dini? Di masa depan, kemampuan bilingual anak juga dapat membantunya dalam dunia karir loh, sebab banyak perusahaan yang saat ini menuntut pegawainya dapat berbahasa asing, seperti bahasa Inggris.

Nah, agar belajar bahasa asing lebih menyenangkan, kini Anda bisa mendaftarkan anak belajar di altaschool. Sebagai sekolah online yang menerapkan konsep homeschooling, Alta School membantu anak untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun mereka mau. Selain itu, fasilitas-fasilitas belajar yang tersedia, juga bisa loh meningkatkan bakat dan minat anak sejak dini.

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Daftar Isi:

Pancadewi,W. ‘Apa Kelebihan Mendidik Anak Secara Bilingual Bagi Perkembangannya’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/apakah-kelebihan-mendidik-anak-secara-bilingual

Sagita, M. (2022), ‘Mengajarkan Anak Dua Bahasa Sejak Dini, Apa Manfaatnya?’, Kumparan.com, 29 April 2022 [daring] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/mengajarkan-anak-dua-bahasa-sejak-dini-apa-manfaatnya-1xyWTnCkEnF/full

Nariswari, S.L. (2022), ‘Rupanya, Ini Manfaat Menjadi Bilingual Dini’, Lifestyle.kompas.com, 10 Januari 2022 [daring] Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/10/133000220/rupanya-ini-manfaat-menjadi-bilingual-sejak-dini?page=all

Icando. (2021), ’10 Manfaat Membesarkan Anak Secara Bilingual’, icando.co,id, 19 Mei 2021 [daring] Available at: https://icando.co.id/artikel/mendidik-anak-bilingual

Daftar Gambar:

Anak sedang Belajar Bersama Teman [daring].Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/mengajarkan-dua-bahasa-pada-anak-apa-saja-manfaat-dan-kekurangannya

Anak Berbicara dengan Percaya Diri [daring]. Available at: https://www.popmama.com/life/health/sarrah-ulfah/cara-ajarkan-public-speaking-pada-anak-agar-berani-bicara-depan-umum

Anak Mendapatkan Penghargaan [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3645832/tips-membuat-anak-yang-tak-pintar-secara-akademis-berprestasi

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar