Simak, Daftar Negara yang Menerapkan Bilingual & Tips Mengajarkannya pada Anak

Nurul Habibah Agu 15, 2022 • 6 min read


Alta - Daftar Negara yang Menerapkan Bilingual-01"Artikel ini membahas tentang negara-negara bilingual, serta tips melatih anak menjadi seorang bilingual"

Bilingual merupakan kemampuan untuk bisa berbicara menggunakan dua bahasa dengan baik. Beberapa penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang bilingual kebanyakan mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan anak-anak yang hanya bisa berbicara satu bahasa. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa yang mempelajari bahasa asing bahkan juga bisa mengalami peningkatan IQ loh. 

Namun, tahukah Anda apa saja sih negara yang telah menerapkan bilingual dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, cari tahu!

  1. Finlandia, bahasa resminya adalah bahasa Finlandia dan bahasa Swedia.
  2. Kanada, bahasa resmi Kanada adalah bahasa Inggris dan bahasa Prancis.
  3. Hong Kong, memiliki bahasa resmi bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.
  4. Kazakhstan, negara ini menerapkan bahasa resmi bahasa Kazakh dan bahasa Rusia.
  5. Luksemburg, dengan bahasa resmi bahasa Prancis dan bahasa Jerman.
  6. Filipina, bahasa resmi yang diakui adalah bahasa Tagalog dan bahasa Inggris.
  7. Turki, negara ini mengakui dua bahasa resmi yakni bahasa Turki dan Arab.
  8. Ceko, dua bahasa resmi yang diakui negara ini adalah bahasa Ceko dan bahasa Slowakia.
  9. Siprus, negara ini memiliki bahasa resmi bahasa Yunani dan bahasa Turki.
  10. Kamerun, bahasa resmi yang diakui negara Kamerun adalah bahasa Prancis dan Inggris.

Tips Melatih Anak menjadi Seorang Bilingual

Di Indonesia bahasa resmi yang diakui saat ini adalah bahasa Indonesia. Namun, meski demikian sudah banyak juga masyarakat yang menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Oleh karena itu, tidak heran mengapa riset yang dikeluarkan oleh SwiftKey dapat membuktikan bahwa Indonesia masuk dalam negara pengguna bilingual terbesar ketiga dengan 57,3 persen. 

Para orang tua bahkan kini banyak yang mengajarkan anak mereka bahasa asing sejak dini, agar anak-anak tersebut bisa menjadi seorang bilingual atau bahkan multilingual. Nah, untuk melatih anak menjadi seorang bilingual, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut: 

1. Perkenalkan Dua Bahasa Sedini Mungkin

 

Negara-negara yang menerapkan bilingual(Sumber. Alomedika.com)

Ketika anak sudah mulai belajar berbicara, maka Ia sudah bisa memahami perbedaan beberapa bahasa yang Anda gunakan ketika berbicara kepadanya. Nah, anak-anak yang terpapar dua bahasa sejak lahir, lebih mudah untuk menguasai dua bahasa tersebut dengan fasih. Membesarkan anak dengan dua bahasa di usia balita juga jauh lebih baik. Sebab, seiring pertumbuhannya, adaptasi anak terhadap bahasa akan terus menurun. Oleh karena itu, lebih sulit mengajarkan anak bahasa lain ketika Ia beranjak dewasa.

2. Bernyanyi, Membaca, dan Bermain

Melakukan berbagai aktivitas menyenangkan juga bisa dijadikan langkah dalam melatih anak menjadi bilingual. Anda bisa memenuhi rumah dengan musik, obrolan, nyanyian, membaca buku, serta menonton kartun. Jika kata-kata dihubungkan dengan rima dan melodi seperti dalam lagu atau puisi, anak-anak tentu lebih mudah mengingatnya. Ketika anak bertambah dewasa, Anda bisa memperluas aktivitasnya dengan kegiatan seni seperti kaligrafi, menari, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum SD

 

3. Jangan Bicara dengan Bahasa Bayi

Meski bayi belum bisa berbicara sepatah kata pun, namun satu tahun pertama dalam hidup mereka ternyata merupakan masa terpenting untuk membangun pondasi bahasa. Para bayi memproses struktur dan arti bahasa jauh sebelum mereka bisa berbicara. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membalas celotehan bayi dengan kata-kata sebenarnya. Meski bayi belum memahami arti kata-kata tersebut, bagian otaknya yang mengatur kemampuan bicara dan bahasa sudah terstimulasi ketika Anda berbicara kepadanya. Nah, makin banyak bahasa yang anak dengar, maka semakin berkembang bagian otak yang memproses kemampuan bahasa

4. Ayah dan Ibu Menggunakan Bahasa yang Berbeda

 

cara mengajarkan anak menjadi bilingual(Sumber: Edukasi.kompas.com)

Umumnya anak bilingual bisa mengalami kebingungan mengidentifikasi bahasa. Jadi, untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa melakukan cara khusus yakni ayah dan ibu menggunakan bahasa yang berbeda. Contohnya, ayah selalu menggunakan bahasa Inggris kepada anak, dan ibu selalu menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini dapat memudahkan anak untuk membedakan mana bahasa Indonesia dan mana bahasa Inggris.

5. Gunakan Sesering Mungkin

Kunci utama membesarkan anak bilingual adalah dengan menggunakan bahasa tersebut sesering mungkin. Seorang ahli psikolog dari Florida Atlantic University, Erika Hoff dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa untuk bisa mahir dalam berbahasa, anak-anak perlu menerapkan bahasa tersebut sesering mungkin. Anak-anak diketahui sangat mudah beradaptasi dan fleksibel secara kognitif, sehingga mereka cepat menangkap arti dari bahasa baru serta cepat merasa nyaman dengan bahasa itu dibandingkan dengan orang dewasa belajar bahasa.

6. Manfaatkan Teknologi

 

Manfaat anak bilingual(Sumber: Youtube.com)

Tips terakhir untuk melatih anak menjadi bilingual adalah dengan memanfaatkan teknologi. Sekarang ini sudah banyak sekali video-video di Youtube yang berkaitan dengan belajar bahasa. Anda bisa menggunakan video tersebut agar anak lebih bersemangat belajar. Jangan lupa carikan juga video tentang budaya dari negara tersebut, bukan hanya bahasanya. Apalagi, jika Anda dan pasangan berasal dari dua latar belakang budaya yang berbeda. 

Baca juga: 8 Manfaat dan Pentingnya Anak Belajar Bilingual Sejak Dini

 

Melatih anak menjadi seorang bilingual butuh kesabaran dan usaha terus menerus. Namun, kemampuan bilingual dapat memberikan banyak manfaat untuk anak loh. Nah, untuk membantu anak belajar bahasa sejak dini, kini Anda bisa mendaftarkannya di altaschool. Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar yang tidak hanya dapat membantu anak belajar bahasa lebih mudah, namun juga membantu mengembangkan bakat dan minat anak sejak dini. 

New call-to-action

Daftar Pustaka:

Alodokter. (2020), 'Cara Jitu Mendidik Anak Menjadi Seorang Bilingual atau Multilingual', Alodokter.com, 05 Februari 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/wow-bayi-yang-dibesarkan-di-lingkungan-bilingual-bisa-lebih-cerdas 

Khusuma, E. (2016), 'Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Bagaimana Bisa', Idntimes.com, 09 Agustus 2016 [daring] Available at: https://www.idntimes.com/news/indonesia/erwanto/indonesia-adalah-negara-trilingual-terbesar-bagaimana-bisa 

Yani, I.F. (2021), '7 Cara Membesarkan Anak dalam Dua Bahasa', Hellosehat.com, 04 Oktober 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/7-cara-membesarkan-anak-dalam-dua-bahasa/ 

Daftar Gambar: 

Anak Belajar Banyak Bahasa [daring]. Available at: https://www.alomedika.com/mengenali-keterlambatan-bicara-pada-anak 

Orang Tua Berbicara dengan Anak [daring]. Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/08/055100471/orangtua-seperti-ini-pendidikan-utama-bagi-anak-usia-dini?page=all

Belajar Bahasa Inggris Melalui Youtube [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=fv25pZRLBew&ab_channel=Bibitsku

 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar