7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak sebelum Masuk TK

Header-Alta School-Edukasi-Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak sebelum Masuk TK-03“Sebelum masuk TK ada berbagai keterampilan yang harus diajarkan pada anak. Simak yuk apa aja keterampilannya, agar dia bisa menjalani sekolah TK dengan baik”

Orang tua cenderung khawatir ketika anak mereka pertama kali masuk TK. Sebab, itu merupakan momen pertama anak masuk dunia semi formal. Orang tua khawatir anak-anak mereka tidak bisa menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungan sekolah. Selain itu, anak-anak ditakutkan juga tidak dapat mengurus dirinya. 

Apalagi, sekarang sekolah terlihat lebih sulit dibanding zaman dahulu. Agar lebih siap, anak-anak perlu menguasai berbagai keterampilan sebelum masuk TK. Nah, playgroup biasanya menjadi tempat pertama di mana anak-anak bermain. Namun, kini beberapa playgroup sudah mengajarkan baca, tulis dan berhitung. Beberapa anak mungkin sudah siap mempelajari itu semua, namun sebagian yang lain mungkin belum siap. Perlu diingat,memaksakan keterampilan tersebut pada anak tentu dapat berakibat buruk, lho

Nah, agar sesuai dengan tingkat perkembangan anak, sebaiknya keterampilan apa saja sih yang harus mereka miliki sebelum masuk TK?

Keterampilan Yang Perlu Dipelajari Sebelum Anak masuk TK

(Sumber: Parenting.co.id)

Berikut ada 7 keterampilan yang Anda bisa bantu kembangkan agar anak dapat menjalani sekolah TK dengan baik:

1. Kemampuan untuk Duduk Tenang

Kegiatan yang banyak dilakukan anak-anak prasekolah di kelas TK adalah duduk bersama mendengarkan cerita atau bernyanyi bersama. Kegiatan duduk bersama bertujuan agar anak lebih tenang, dan membantu Ia lebih konsentrasi. Nah, Anda bisa melatih hal ini pada anak dengan membiasakan duduk bersama dengan anak di rumah sambil membaca cerita atau bernyanyi.

Anda bisa juga melatihnya dengan membiasakan anak untuk duduk tenang terlebih dahulu ketika ingin memberinya makan atau snack. Dengan menerapkan kebiasaan ini,anak dapat belajar bahwa Ia harus duduk dahulu sebelum boleh memakan makanannya.

2. Kemampuan Mendengarkan

Banyak guru dan orang tua yang mengeluh bahwa murid dan anak mereka tidak mau mendengarkan. Padahal, keterampilan tersebut sangat penting agar anak bisa fokus dan mengikuti arahan di sekolah nantinya. Agar keterampilan ini melekat pada anak, Anda bisa melatihnya dengan memberikan contoh yang baik dengan mendengarkan anak, membacakan cerita dengan topik yang anak sukai, dan ajarkan seluruh anggota tubuh untuk ikut fokus saat mendengarkan.

3. Kemampuan Mandiri

Cara Melatih Anak Mandiri(Sumber: Bobo.grid.id)

Sebelum anak masuk TK, melatih Ia untuk mandiri adalah hal yang penting dilakukan. Contohnya bisa memakai dan melepas celana sendiri ketika Ia ingin buang air besar atau kecil, menyiapkan peralatan sekolah sendiri, atau mengikat tali sepatu sendiri. Anda dapat melatih anak agar mandiri dengan cara yang seru yakni bermain role play. Anda dan anak bisa seolah sedang belanja baju di mall, jadi Ia harus mencobanya, dan bisa belajar membuka serta memakai baju sendiri.

4. Kemampuan Berbagi

Berbagi termasuk salah satu keterampilan yang sulit dipelajari anak. Oleh sebab itu, cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencontohkan cara berbagi yang baik pada anak. Namun, sekolah merupakan tempat alamiah untuk anak belajar berbagi, jadi Anda tidak perlu terlalu keras dalam hal ini. Hal yang wajib Anda lakukan adalah melatih anak untuk terbiasa meminta terlebih dahulu mainan yang Ia inginkan dari temannya dengan cara baik-baik, bukan dengan cara merebut paksa. 

5. Toilet Training

Sebelum anak Anda masuk TK, sebaiknya pastikan anak sudah bisa buang air di toilet. Jika Anda belum mulai melatihnya buang air di toilet, maka coba latih dari sekarang. Namun, ada beberapa anak yang tidak langsung siap. Jika terjadi demikian, jangan paksa anak Anda. Nah, salah satu tanda anak sudah siap untuk dilatih buang air di toilet adalah ketika popoknya masih kering dalam waktu satu jam.

6. Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial adalah hal utama yang perlu dimiliki oleh anak saat akan masuk TK, dibanding keterampilan akademis. Keterampilan sosial yang dimaksud ini adalah anak bisa bermain bersama teman sebayanya. Selain itu, anak juga sudah diajarkan tentang sopan santun, cara mengatakan tolong, maaf, serta terima kasih. 

7. Kesiapan Emosional

Cara Mengatasi Anak Menangis(Sumber: Merdeka.com)

Sebelum masuk TK, anak sebaiknya juga diajarkan mengelola dan mengekspresikan emosi dengan cara tepat. Nah, ketika anak menunjukkan emosi seperti menangis, maka jangan merendahkan mereka dengan berkata “kayak bayi aja, jangan nangis ah’. Sebaiknya Anda berusaha memahami emosi anak, seperti anak rewel akibat lapar atau mengantuk. 

Jadi, itulah 7 keterampilan yang sebaiknya Anda ajarkan kepada anak sebelum Ia masuk TK. Nah, jika anak Anda sebentar lagi memasuki usia TK, tidak ada salahnya nih Anda daftarkan Ia di altaschool.  

Alta School merupakan layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang dikhususkan untuk jenjang PAUD hingga kelas 4 SD. Alta school sendiri menggunakan sistem pembelajaran berbasis online dengan metode blended learning. Sekolah online ini fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak Anda melalui berbagai fasilitas belajar yang tersedia, seperti Learning Kit, Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, dan lain sebagainya. 

CTA Blog Alta School

Sumber:

Hafadzoh, S. (2018), ‘8 Kemampuan yang Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk PAUD’, Haibunda.com, 11 Oktober 2018 [daring] Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20181009193927-61-26156/8-kemampuan-yang-perlu-dimiliki-anak-sebelum-masuk-paud

Rahmadianti, F. (2020), ‘5 Keterampilan Anak Sebelum Masuk TK yang Perlu Dikuasai’, Orami.co.id, 04 April 2020 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/5-keterampilan-anak-sebelum-masuk-tk-yang-perlu-dikuasai/

Syaaf, S. (2014), ‘Sebelum Si Kecil Masuk TK, Ada 3 Keterampilan yang Harus Dikuasai’, Lifestyle.kompas.com, 02 Maret 2014 [daring] Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2014/03/02/1738549/Sebelum.Si.Kecil.Masuk.TK.Ada.3.Keterampilan.yang.Harus.Dikuasai

Sumber Gambar: 

Anak TK sedang Melukis [daring]. Available at: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/kemampuan-ini-harus-dimiliki-anak-sebelum-masuk-tk

Anak sedang Memakai Sepatu Sendiri [daring] Available at: https://bobo.grid.id/read/081848701/tidak-betah-memakai-kaus-kaki-lakukan-4-cara-ini-agar-sepatu-tidak-bau?page=all

Anak sedang Menangis [daring]. Available at: https://www.merdeka.com/jateng/penyebab-anak-menangis-tengah-malam-begini-cara-mengatasinya-kln.html

Nurul Habibah