Mengenal Konsep Blended Learning, Memudahkan Anak dalam Belajar

Nurul Habibah Jan 11, 2022 • 6 min read


Edukasi - Mengenal Konsep Blended Learning, Memudahkan Anak dalam Belajar-01“Belajar kini tak harus dilakukan di sekolah, namun juga bisa di rumah melalui internet. Artikel ini berisi informasi tentang konsep blended learning yang kini banyak digunakan dan sangat membantu proses belajar mengajar”

--

Proses belajar mengajar biasanya identik dengan sistem sekolah dimana siswa berada di dalam ruang kelas dan mendengarkan penjelasan langsung dari guru. Namun, seiring berjalannya waktu, khususnya semenjak pandemi Covid 19 mulai melanda berbagai negara metode belajar pun mulai bergeser. Kini belajar tidak hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka di kelas, namun juga bisa melalui kelas online atau daring. 

Nah, metode pembelajaran yang umumnya kini banyak diterapkan salah satunya adalah blended learning. Blended learning sendiri merupakan metode belajar dimana menggabungkan sistem tatap muka di ruang kelas dengan pembelajaran jarak jauh. Blended learning dikenal juga sebagai suatu kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai metode belajar, cara penyampaian, dan gaya pembelajaran, serta memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara pengajar dan pelajar.   

Mengenal Blended Learning(Sumber: Id.theasianparent.com) 

 

Keuntungan Blended Learning

 

1. Hemat Biaya dan Waktu

Sistem belajar dengan metode blended learning bisa lebih hemat biaya serta waktu. ketika anak Anda belajar dengan menggunakan internet, maka tidak harus menggunakan buku fisik, sebab materi-materi telah tersedia secara online dan peserta cukup mengunduh saja.

Disamping itu, blended learning tidak menghabiskan waktu karena anak-anak tidak butuh waktu untuk ke sekolah. Pengeluaran untuk biaya transportasi pun akan lebih hemat karena anak-anak tidak harus selalu ke sekolah. 

Baca juga: 5 Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

2. Materi Interaktif

Materi pelajaran yang disajikan melalui internet dibuat dengan media yang interaktif, supaya lebih mendetail dan membuat anak-anak tertarik. Media belajar ini dapat digunakan sesuai dengan cara belajar masing-masing anak. Contohnya, materi disajikan dalam bentuk video interaktif, video penjelasan dari dosen, materi tertulis berupa e-book, atau juga dalam bentuk podcast. Selain itu ada juga tambahan belajar dengan live session, dan online chat.

3. Flexibel

Metode belajar blended learning mempermudah pelajar untuk tidak setiap hari datang ke sekolah. Belajar cukup dilakukan melalui internet, baik dari rumah atau dari tempat lain yang membuat anak nyaman belajar. Nanti, sekali dalam seminggu baru anak harus datang ke sekolah untuk mendapatkan feedback dari gurunya terkait apa yang telah dipelajari sebelumnya. 

4. Efektif dan Efisien

Manfaat blended learning(Sumber: Maukuliah.id)

Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada anak yang senang belajar pagi hari, siang hari atau justru malam hari. Begitupun dengan tempatnya, ada anak-anak yang nyaman belajar bersama di ruang kelas, ada yang justru lebih suka belajar sendiri di kamarnya. Nah, dengan menggunakan metode blended learning, anak dapat menyesuaikan sendiri waktu belajar serta tempat belajar yang paling ia sukai. 

Baca juga: 5 Cara Agar Anak tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah

Jenis Blended Learning yang Dapat Diterapkan dalam Pembelajaran

 

1. The Flipped Classroom Model

Pembelajaran dilakukan dengan memberikan pengarahan kepada siswa secara virtual dan juga tatap muka dalam waktu yang bersamaan. Di samping itu, guru juga akan memberikan waktu untuk siswa belajar secara mandiri. Pembelajaran mandiri ini dapat dilakukan dengan cara diskusi kelas atau tugas kelompok.

2. The Enriched Virtual Model

The Enriched Virtual Model menerapkan sistem pembelajaran online. Model blended learning  ini berbeda dengan yang sebelumnya dalam waktu pengajaran tatap muka online. Pada The Enriched Virtual Model siswa tidak belajar secara tatap muka dengan guru setiap hari, namun dalam jadwal model Flipped Classroom, siswa menyelesaikan tugasnya secara mandiri atau kelompok.

3. The Individual Rotation Model

Jenis blended learning(Sumber: Liputan6.com)

Pembelajaran ini mengedepankan pada pendidikan yang berbeda dari umumnya. Di sini, materi disampaikan sesuai dengan algoritma peserta. Peserta dapat mempunyai jadwal khusus yang sesuai dengan programnya. 

4. The Flex Model

Pembelajaran ini mengedepankan belajar mandiri dengan modul-modul yang sudah tersedia. Komponen lain yang dapat dilakukan secara langsung dengan praktik kerja kelompok, kolaborasi, dan juga latihan.

5. The A La Carte Model

The A La Carte Model mementingkan pemilihan materi dari peserta. Jadi anak-anak bebas memilih materi di luar materi pelatihan. Kemandirian belajar bisa lebih menonjol juga dengan model pembelajaran ini. The A La Carte Model ini dikatakan juga dapat mengembangkan pendidikan di luar akademis.

Baca juga: Berapa sih Usia Ideal Anak Belajar Calistung? Simak Tipsnya

Nah, itulah manfaat dan jenis dari blended learning yang bisa membantu anak belajar dengan mudah dan tentunya lebih seru. Blended learning kini juga telah diterapkan di altaschool loh. Jadi, buat Anda yang memiliki anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD, tidak ada salahnya nih untuk mendaftarkan anak di Alta School sekarang juga. 

Alta School menggunakan metode blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, yang bertujuan mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini. Berbagai fasilitas belajar menarik yang dapat anak nikmati di Alta School adalah Home-based Project, Learning kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, Modul, dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan si kecil sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Yunizha, V. (2021), ‘Memahami Konsep Blended Learning dan Manfaatnya’. Ruangkerja.id, 10 Oktober 2021 [daring] Available at: https://www.ruangkerja.id/blog/memahami-konsep-blended-learning-dan-manfaatnya

Sevima. (2020), ‘Pengertian dan Manfaat Model Pembelajaran Blended Learning’, Sevima.com, 02 Agustus 2020 [daring] Available at: https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran-blended-learning/

Grace. (2019), ‘Mengenal Lebih dalam Istilah Blended Learning’, Binus.ac.id, 15 September 2019 [daring] Available at: https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/mengenal-lebih-dalam-mengenal-blended-learning/

Sumber Gambar: 

Anak Mengikuti Metode Blended Learning [daring]. Available at: https://id.theasianparent.com/blended-learning

Siswa Belajar Kelompok Secara Online [daring]. Available at: https://maukuliah.id/blog/10-kampus-yang-menerapkan-sistem-blended-learning/

Anak Belajar di Depan Komputer [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4654263/apa-itu-metode-belajar-blended-learning

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar