7 Manfaat Mainan Pop It untuk Perkembangan Anak

Nurul Habibah Jan 22, 2022 • 6 min read


Aktivitas & Hobi - (Beberapa) Manfaat Mainan Pop It untuk Perkembangan Anak-01"Pop It bukan hanya sekedar mainan yang menghibur, namun juga bermanfaat untuk perkembangan anak. Nah, cari tahu yuk berbagai manfaat Pop It untuk anak"

Pop It merupakan salah satu mainan yang cukup populer dikalangan anak-anak. Mainan ini berupa menekan tombol-tombol yang ada di suatu wadah yang disebut Pop It. Namun, mainan ini bisa dikreasikan dengan berbagai mainan lainnya. 

Nah, awalnya Pop It dibuat untuk membantu orang yang mengalami gangguan kecemasan atau orang-orang yang mengalami kesulitan fokus untuk melepaskan kegugupan mereka. Akan tetapi, mainan ini ternyata menarik perhatian anak-anak, sehingga beberapa perusahaan mulai memproduksinya dan memasarkan secara luas. 

Manfaat Pop It untuk Perkembangan Anak(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Pop It sendiri umumnya terbuat dari bahan silikon yang tidak berbau serta tidak beracun. Mainan ini lembut, tahan lama, mudah dicuci, nyaman digunakan dan bisa ditekan berkali-kali dalam waktu yang lama. Pop It juga didesain dalam berbagai bentuk, seperti kotak, segitiga, mobil-mobilan, boneka, lingkaran, hati, dan bentuk lainnya yang menarik. 

Selain aman digunakan oleh anak-anak, Pop It ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk perkembangan anak. Apa aja sih manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Mainan yang Menghibur dan Menyenangkan

Seperti mainan lainnya, Pop It merupakan mainan yang menghibur dan menyenangkan. Mainan ini dapat dimainkan oleh segala usia, jadi tidak hanya untuk anak-anak saja. Selain itu, anak dapat memainkan Pop It dengan berbagai cara, sehingga tidak cepat bosan. Agar permainan lebih seru, tidak ada salahnya Anda ikut bermain Pop It bersama anak. 

2. Merangsang Keterampilan Motorik

Memainkan Pop It dapat membantu melatih strategi penalaran anak, melatih pemikiran matematis, pemikiran logis, aritmatika mental, dan bahkan keterampilan motorik halus. Pop It dapat dimainkan oleh anak dengan berbagai aturan guna melatih kemampuan berpikir anak-anak. Melalui permainan Pop It anak-anak juga bisa mengembangkan kekuatan otaknya, keterampilan penalaran logis, serta kemampuan mengolah. 

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Mainan Pop It untuk Anak-anak(Sumber: Bukansembarang.info)

Dari suatu penelitian ditemukan bahwa saat anak-anak bisa mengontrol atau mengarahkan gerakannya, terutama saat Ia stres atau cemas, maka anak tersebut juga bisa untuk meningkatkan fokus dan konsentrasinya. Nah, sebuah studi pun menunjukkan bahwa anak yang diberikan mainan penghilang stres menunjukkan perkembangan prestasi. Pop It sendiri, tergolong sebagai mainan penghilang stres, sehingga saat anak-anak memainkannya, maka ini juga bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. 

4. Menstimulasi Perkembangan Otak

Fungsi utama otak yang paling penting adalah mengontrol semua fungsi dasar tubuh, seperti kesadaran, pernapasan, detak jantung, dan lain sebagainya. Ternyata, salah satu gerakan mendasar untuk menstimulasi kerja otak adalah memencet Pop It. Dengan gerakan tangan, tubuh nantinya membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk membangun kewaspadaan.

5. Menghilangkan Stres

Mainan Pop It adalah salah satu mainan penghilang stres. Sehingga jika Anda sedang penat, Anda bisa ikut menemani anak bermain Pop IT. Anak-anak juga akan merasa puas dan sedikit melupakan rasa penat nya ketika memencet gelembung-gelembung yang ada di papan silikon Pop It. Gelembung yang di pencet ini bisa menghasilkan sedikit suara yang membuat anak juga jadi lebih tenang. Apalagi, mainan ini juga dibuat dengan bentuk yang beragam dan warna yang menarik, sehingga anak-anak dijamin suka memainkannya. 

6. Membantu Anak Autisme atau Mengalami Gangguan Sensorik

Manfaat Mainan Pop It untuk Anak(Sumber: Sigermedia.com)

Mainan Pop It seringkali juga digunakan untuk membantu anak-anak yang mempunyai kecemasan serta gangguan sensorik. Anak-anak ini merasa sulit untuk menanggapi informasi dari indera mereka. Mereka kemungkinan juga dapat merespon negatif apa pun yang memicu inderanya. Dengan memainkan Pop It, ini dapat membantu mengaktifkan salah satu atau lebih dari indera mereka, dan menstimulasi respon yang ada pada indera, mulai dari indera pendengaran, penglihatan dan lain sebagainya.

7. Meningkatkan Bonding antara Orang Tua dan Anak

Membangun bonding antara anak dan orang tua adalah hal yang harus dilakukan sejak anak masih kecil. Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak, salah satunya melalui mainan Pop It. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pop It bisa membantu menghilangkan stres, jadi mainan ini tidak hanya bisa digunakan oleh anak-anak. Anda dapat ikut bermain bersama anak, sehingga sambil menghilangkan stres, Anda juga bisa membangun bonding yang baik dengan anak. 

Jadi, itulah 7 manfaat mainan Pop It untuk perkembangan Anak. Jika Anda ingin membelikan Pop It untuk anak, pastikan Anda memilih Pop It dengan bahan yang aman untuk anak. Lalu, pilih juga Pop It dengan desain yang populer, seperti Pop It rainbow, unicorn, among us dan karakter lucu lainnya. Nah, bagian terakhir yang penting juga adalah ukuran Pop It, pilihkan Pop It dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anak. 

Nah, selain membelikan Pop It untuk anak, mendaftarkannya di altaschool juga merupakan langkah baik untuk membantu tumbuh kembang anak loh. Alta School adalah sekolah online yang di khususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD. 

Sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K -13 ini memiliki berbagai fasilitas belajar yang dapat membantu mengambangkan minat dan kreativitas anak. Beberapa fasilitas tersebut adalah Live Teaching, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, Learning Kit, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Rempong, Mama. (2021), “5 Manfaat Pop It untuk Anak’, Kumparan.com, 24 Desember 2021 [daring] Available at: https://kumparan.com/mama-rempong/5-manfaat-pop-it-untuk-anak-1xAP4LBvU4L/full

Gusfitri, L. (2021), ‘Apa Itu Pop It? Permainan Baru yang Viral di Kalangan Anak-anak, Simak Penjelasan dan Cara Mainnya’, Jurnalmedan.pikiran-rakyat.com, 09 Juli 2021 [daring] Available at: https://jurnalmedan.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-1492192289/apa-itu-pop-it-permainan-baru-yang-viral-di-kalangan-anak-anak-simak-penjelasan-dan-cara-mainnya 

Pratama, F. ‘Bukan Mainan Biasa, Ini 6 Manfaat Pop It untuk Perkembangan Anak’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/pop-it

Anisya, N. (2021), ‘5 Manfaat Pop It Bubble, Mainan yang Sedang Viral Nih Ma!’, Popmama.com, 25 Juni 2021 [daring] Available at:https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/ninda/manfaat-mainan-poi-it-bubble/5

Mybest. ‘10 Rekomendasi Mainan Pop It Terbaik (Terbaru Tahun 2021)’, My-best.id, [daring] available at: https://my-best.id/138271

Sumber Gambar: 

Berbagai Jenis Mainan Pop It [daring]. Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/12/145444420/manfaat-mainan-pop-it-yang-sedang-tren

Anak Bermain Pop It [daring]. Available at: https://bukansembarang.info/manfaat-pop-it-untuk-anak/

Berbagai Bentuk Pop It [daring]. Available at: https://www.sigermedia.com/read/sm-4021/cara-bermain-pop-it



 








Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar