Anda Sering Membacakan Dongeng Untuk Anak? Ini Loh 10 Manfaatnya

Nurul Habibah Okt 18, 2021 • 7 min read


Anda Sering Membacakan Dongeng Untuk Anak Ini Loh ManfaatnyaMembacakan dongeng tidak hanya dapat membangun kedekatan antara anak dan ibu. Artikel ini akan memberikan informasi tentang berbagai manfaat lain dari mendongeng untuk anak”

Mendongeng merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh orang tua sebelum anak tidur. Kegiatan mendongeng sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun sejak dahulu kala. Anda sendiri bahkan juga pernah dibacakan dongeng oleh orang tua, bukan? 

Waktu mendongeng adalah waktu yang tepat untuk membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Mendengarkan dongeng juga bisa menurunkan tingkat stress pada anak dan membuatnya tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, mendongeng juga bisa memberikan berbagai manfaat lain yang bisa menunjang tumbuh kembang anak. Nah, apa aja sih manfaatnya? Simak penjelasan berikut ya!

1. Mengasah Keterampilan Mendengar

Membacakan dongeng untuk anak dapat membantu anak mengasah indera pendengarannya. Sebab, untuk memahami isi dari dongeng yang Anda bacakan, anak harus mendengarkan cerita yang disampaikan oleh orang tuanya. Dengan begitu, kemampuan mendengar anak akan terasah dengan baik dan bisa juga meningkatkan komunikasi yang baik antara Anda dan anak.

2. Memperbanyak Kosakata

Manfaat Mendongeng Untuk Anak(Sumber: Hipwee.com)

Melalui dongeng sebelum tidur, anak dapat belajar dan mengenal banyak kosakata. Anak yang terbiasa membaca sejak kecil akan mempunyai kosakata yang lebih banyak dan kemampuan berhitung yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak diajarkan membaca sejak dini.

Selain itu, semakin banyak kata yang didengarkan oleh anak ketika Anda mendongeng, maka akan semakin baik juga kemampuan bahasa mereka. Nah, ketika anak semakin bertambah usia, Ia akan semakin lancar untuk berbicara serta berbahasa. Sebab, otak anak akan terus dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda.

3. Memperkenalkan Bentuk Objek 

Melalui dongeng Anda dapat juga mengenalkan bentuk berbagai objek baru pada anak. Anak yang masih kecil biasanya akan lebih fokus melihat pola-pola sederhana dalam buku dongeng yang kamu tunjukkan. 

Anda dapat memilih buku dongeng yang yang memiliki banyak karakter serta dihiasi dengan warna-warni yang cantik. Dengan begitu anak akan lebih tertarik untuk melihatnya. Anda pun juga bisa dengan leluasa mengajarkan berbagai karakter serta warna kepada anak saat bercerita. 

4. Membantu Proses Berbicara dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Manfaat Mendongengkan Anak(Sumber: Alodokter.com)

Dongeng juga bisa bermanfaat untuk membantu proses bicara pada anak. Membacakan dongeng akan merangsang perkembangan otak anak. Anak bisa belajar tentang suara, bunyi, kata, dan bahkan kalimat saat menerima informasi ketika Anda mendongeng.

Oleh karena itu, anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan dongeng sejak dini, biasanya akan lebih cepat bisa berbicara serta menyampaikan keinginannya. Bisa dikatakan, bahwa mendongeng dapat membantu anak untuk lebih mudah berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. 

5. Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Mendongeng bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Sebab, anak akan menganggap bahwa membaca merupakan rutinitas yang menyenangkan dan tidak boleh terlewatkan.

Menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini bisa berpengaruh terhadap cara berpikir mereka. Anak dapat belajar bagaimana berpikir seluas-luasnya dalam mencari solusi dari suatu permasalahan. Apalagi, jika Anda mengikutsertakan anak untuk memberikan solusi dari masalah yang ada di dalam dongeng tersebut. Itu akan membantu daya berpikir kreatif anak dapat berkembang.

6. Meningkatkan Kecerdasan Sosial, dan Emosi Anak

Ketika Anda membacakan sebuah dongeng untuk anak, Anda bisa menanamkan berbagai nilai sosial yang dapat menstimulasi kecerdasan emosi dan pemahaman anak tentang moral dan norma. Dengan begitu, anak akan dapat belajar cara mengekspresikan perasaan dan empatinya. 

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak(Sumber: Ibupedia.com)

Banyak sekali dongeng untuk anak yang memiliki nilai moral yang dapat Anda pilih. Misalnya dongeng tentang kelinci yang sombong dan kura-kura, dongeng malin kundang, dongeng si kancil dan sekelompok buaya, dan masih banyak pilihan lainnya.

7. Membentuk Karakter Anak

Dongeng nyatanya juga bisa memberikan gambaran tentang rasa takut dan mimpi anak dalam kehidupan nyata lewat fantasi. Tokoh dalam dongeng akan mewakili tentang nilai-nilai yang berhubungan dengan baik atau buruk. Selain itu, dongeng akan menunjukkan juga tentang konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Mendiskusikan tentang nilai-nilai yang ada dapat dijelaskan dengan mudah kepada anak melalui suatu dongeng.

Nah, dongeng yang ideal adalah dongeng yang menceritakan tentang nilai pertemanan, kejujuran, kerendahan hati, dan lain sebagainya. Anak nantinya dapat memilih nilai mana yang sesuai dengan dirinya dan orang di sekitarnya. Anak juga akan belajar tentang konsekuensi dari setiap tindakan yang dilakukannya.

8. Melatih Daya Imajinasi Anak

Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur(Sumber: Popmama.com)

Anak-anak mempunyai keingintahuan yang lebih besar. Ketika mendengarkan dongeng, anak tidak semata hanya mendengar, namun juga berpikir mengenai alur ceritanya. Gabungan antara gambar serta tulisan yang ada dalam buku tersebut akan membantu anak mengembangkan daya imajinasinya. Sehingga, akhirnya dongeng dapat menstimulasi keingintahuan, berbagai macam perasaan serta juga pencarian makna cerita tanpa batas.

9. Menenangkan Anak

Ketika mendongeng, Anda tentunya akan membacakan cerita dalam suasana yang santai dan nyaman. Nah, beberapa orang tua mungkin juga akan membacakan cerita dengan menekankan intonasi yang berbeda saat bercerita. Hal ini, akan membantu anak untuk lebih tertarik mendengarkan cerita, sehingga Ia bisa merasa lebih nyaman dan lebih tenang. 

10. Membiasakan Pola Tidur Sehat

Mendongengkan anak sebelum tidur juga dapat membantu kualitas tidurnya lebih berkualitas. Sebab, biasanya mendongeng selalu dilakukan sebelum anak tidur. Sehingga ketika Anda mendongeng, anak akan paham bahwa itu sudah waktunya Ia untuk tidur. Dampaknya, anak akan terbiasa dengan pola tidur yang lebih sehat. Bahkan anak juga bisa memiliki jam tidur dan bangun yang teratur setiap harinya. 

Jadi, itulah 10 manfaat dari membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur. Nah, jika Anda ingin anak tumbuh lebih cerdas, kini Anda bisa juga loh berlangganan altaschool. Alta School merupakan sekolah online dengan metode belajar yang modern dan adaptif. 

Dengan teknologi yang berkualitas, Alta-School akan membantu anak belajar lebih mudah dan seru. Di sini, ada berbagai fasilitas terbaik yang dapat dinikmati oleh anak, antara lain Pendidikan Karakter, Home-based Project, Live Teaching, Kelas Tambahan, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Puspitasari, A. (2018), ‘ Ini 5 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Terhadap Perkembangan Psikologis Anak’, Ruangguru.com, 22 Agustus 2018 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/ini-5-manfaat-dongeng-untuk-perkembangan-psikologis-anak

Abdi, H. (2020), ‘6 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak, Baik untuk Pertumbuhan’, Liputan6.com, 21 Maret 2020 [daring] Available at: https://hot.liputan6.com/read/4207819/6-manfaat-dongeng-sebelum-tidur-untuk-anak-baik-untuk-pertumbuhan

Halodoc. (2018), ‘7 Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur’, halodoc.com, 08 Juli 2018 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-mendongengkan-anak-sebelum-tidur

Kumparan. (2021), ‘6 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur bagi Anak’, Kumparan.com, 25 Februari 2021 [daring] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/6-manfaat-dongeng-sebelum-tidur-bagi-anak-1vFDoT48GHw/1

Sumber Gambar:

Membacakan Dongeng Untuk Anak [daring]. Available at: https://www.hipwee.com/young-mom/6-manfaat-tak-terduga-bacakan-anak-dongeng-sebelum-tidur-salah-satunya-bikin-anak-makin-cerdas/

Orang Tua Membacakan Dongeng Sebelum Tidur [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/manfaat-dongeng-bagi-pertumbuhan-si-kecil

Dongeng Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak [daring]. Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/manfaat-menceritakan-dongeng-sebelum-anak-tidur 

Dongeng Melatih Daya Imajinasi Anak [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/donahandayani/dongeng-terbaik-untuk-anak-umur-1-sampai-3-tahun

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar