7 Tips Efektif Mengajarkan Anak Membaca

Nurul Habibah Okt 21, 2021 • 6 min read


Edukasi - Tips Mengajarkan Anak Membaca-01“Mengajarkan anak membaca dapat dilakukan dengan berbagai cara seru. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang cara-cara mengajarkan anak membaca”

Membaca adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Sebab, setiap mempelajari sesuatu, pasti dibutuhkan kemampuan membaca. Oleh karena itu, kemampuan membaca sebaiknya sudah ditanamkan pada anak sejak dini. 

Belajar membaca pada dasarnya juga mempunyai banyak manfaat positif, bagi tumbuh kembang anak. Kegiatan tersebut tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan membaca dan komunikasi, namun juga bisa membantu memperluas kreativitas serta memancing imajinasi anak. Selain itu, mengajarkan anak membaca bisa loh membangun kedekatan antara orang tua dengan anak. 

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak membaca, seperti 7 cara seru belajar membaca berikut ini:

1. Rutin Membacakan Buku untuk Anak

Pada saat anak belum mengenal huruf-huruf, maka Anda dapat membacakan buku untuk anak setiap malam sebelum Ia tidur. Kebiasaan ini akan menjadi cara mengajarkan anak membaca.

Cara Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: Mamapapa.id)

Anda bisa membacakan dongeng untuk anak. Sebab, membacakan dongeng akan membantu anak meningkatkan pengetahuan serta daya ingat. Selain itu, bisa juga memperluas potensi kreativitas anak. Nah, ketika Anda membacakan dongeng untuk anak, maka akan muncul rasa ingin tahu dari anak. Tidak hanya itu, cara ini juga akan melatih anak untuk berani bertanya atau menyampaikan pendapat mereka. 

2. Membacakan Nyaring

Membacakan nyaring untuk anak diyakini dapat dijadikan salah satu cara belajar membaca yang menyenangkan. Cara seperti ini bahkan sudah bisa Anda lakukan semenjak anak ada di dalam kandungan.

Anda hanya perlu mengambil suatu buku, lalu membacakan buku tersebut dengan suara nyaring. Ketika membaca nyaring, intonasi dan ekspresi menjadi sangat penting. Tujuannya adalah memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi Anak. 

Nah, ketika nanti anak sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik, kegiatan membacakan nyaring hendaknya bersikap interaktif. Salah satunya dengan cara melibatkan anak dalam penggunaan berbagai kosakata. Lalu. di akhir sesi, Anda juga bisa mendorong anak untuk menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca sebelumnya. 

3. Ajak Anak untuk Memilih Buku Sendiri

Buku yang Anda pilih sendiri belum tentu menarik bagi anak. Oleh sebab itu, sebaiknya biarkan anak untuk memilih sendiri buku yang hendak Ia baca. Membaca buku kesukaannya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena anak akan lebih penasaran serta antusias.

Tips Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: idntimes.com)

Namun, tetap awasi buku-buku yang dipilih oleh anak. Jika anak memilih buku cerita atau fiksi, Anda harus terlebih dahulu mengecek isi buku dengan membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Lalu, jika anak memilih buku non fiksi, pastikan apakah informasi di dalam buku tersebut akurat. Sebaiknya pilihlah buku yang informasinya tetap up to date, agar anak bisa mendapatkan pengetahuan yang paling baru.

4. Arahkan Anak untuk Membaca Tulisan Apa Saja yang Ditemuinya

Supaya anak bisa mengenali berbagai tulisan, Anda bisa merangsang anak untuk membaca tulisan apa pun yang ditemuinya. Kegiatan membaca yang lebih sering meski dengan waktu yang singkat, dapat menjadi permainan singkat yang menyenangkan bagi anak.

Banyak sekali tulisan di luar rumah yang dapat ditemukan, seperti dari spanduk, brosur, poster, atau bahkan dari rambu yang ada di jalan serta mall. 

5. Membuat Permainan Kata

Membuat permainan kata dapat menjadi salah satu cara praktis mengajarkan anak membaca. Pilihlah permainan yang fokus untuk mendorong anak mendengarkan, mengidentifikasi, serta meniru suara dalam kalimat atau kata.

Tips Efektif Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: Orami.co.id) 

Anda bisa juga mencoba membuat kartu-kartu kata, dengan cara menggunting kartu sederhana dan menuliskan kata sederhana di dalamnya. Kemudian, ajak anak untuk memilih sebuah kartu dan bacakan kata tersebut secara bersama-sama.

6. Membangun Kebiasaan Membaca

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang perlu pembiasaan. Jisa sejak kecil anak sudah terbiasa membaca, maka kebiasaan ini akan terus Ia bawa hingga dewasa. 

Anda bisa membangun kebiasaan membaca dengan cara sering membaca di depan anak, atau mengajak anak membaca bersama. Membaca bersama anak bisa dijadikan kegiatan seru untuk mengisi waktu luang di sore hari. 

7. Mengenalkan pada Lingkungan Membaca

Cara Seru Ajarkan Anak Membaca(Sumber: bobo.grid.id)

Cara selanjutnya untuk mengajarkan anak membaca adalah dengan mengenalkan anak pada lingkungan membaca. Caranya, Anda bisa membuat pojok baca di rumah. Isinya buku-buku favorit seluruh anggota keluarga. 

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak ke perpustakaan, atau bisa juga ke toko buku. Di tempat tersebut anak akan tertarik untuk melihat dan mengeksplorasi banyak buku.

Itulah 7 cara belajar membaca yang dapat Anda lakukan bersama anak. Agar belajar membaca bisa berjalan dengan baik, jangan paksa anak untuk belajar, apalagi sampai meneriaki atau menyuruhnya dengan nada keras. Hal tersebut, tidak akan membuat anak senang membaca, namun anak justru akan benci membaca. 

Nah, supaya anak semakin fasih membaca, Anda bisa juga loh mendaftarkan Ia di altaschool. Alta School adalah sekolah online dengan metode pembelajaran yang adaptif. Sekolah online ini diperuntukkan bagi anak-anak di tingkat PAUD hingga SD kelas 3. Dengan berlangganan Alta School, anak bisa mendapatkan berbagai fasilitas menarik, seperti Kelas Tambahan, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Modul, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Rahmadani, A. (2020), ‘7 Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca dengan Lancar’, GenerasiMaju.co.id, 18 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.generasimaju.co.id/Cara-Mengajari-Anak-Membaca

Griselda, N. (2019), ‘10 Tips & Cara Mengajari Anak Membaca yang Mudah dan Efektif’, tokopedia.com, 18 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/cara-mengajari-anak-membaca-kpt/

Debora. (2021), ‘8 Cara Mengajarkan Anak Membaca, Mudah dan Efektif’, orami.co.id, 16 Februari 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengajarkan-anak-membaca/ 

Sumber Gambar:

Sering Membaca Untuk Anak [daring]. Available at: https://mamapapa.id/asyik-ini-cara-seru-mengajarkan-anak-membaca/

Anak Memilih Buku Bacaan Sendiri [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/science/experiment/abraham-herdyanto/membaca-komik-bisa-membuat-makin-pintar

Belajar Membaca dengan Bermain [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/3-permainan-untuk-mengajari-anak-membaca-sebelum-masuk-sd/ 

Mengajak Anak ke Toko Buku [daring]. Available at: https://bobo.grid.id/read/081615223/inilah-alasan-kenapa-kita-harus-berkunjung-ke-toko-buku-akubacaakutahu?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar