10 Cara Mudah Mengajarkan Anak Membaca di Rumah

Nurul Habibah Jan 11, 2023 • 8 min read


Edukasi - Tips Mengajarkan Anak Membaca-01

Kemampuan membaca adalah kunci awal kesuksesan anak di bidang akademis. Bagaimana jika anak Anda belum bisa membaca padahal usianya sudah matang untuk bersekolah? Yuk, simak tipsnya!

---

 

Membaca adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Kemampuan ini dibutuhkan setiap kali kita mempelajari hal baru. Di beberapa sekolah, membaca adalah syarat agar anak bisa mengikuti pelajaran di kelas. Tak heran, banyak orang tua yang khawatir bila anaknya belum bisa membaca.

Pada dasarnya, belajar membaca bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi, tetapi juga mendorong kreativitas, mengembangkan imajinasi, serta membangun kedekatan antara orang tua dengan anak.

Meski diajarkan di TK atau SD, kemampuan membaca anak takkan berjalan dengan optimal tanpa dukungan dan perhatian dari Anda. Di artikel ini, ada 10 cara mengajari anak membaca dengan cepat tanpa harus bersusah payah. Selamat mencoba!

 

1. Rutin Membacakan Buku

Membacakan buku dapat menjadi cara awal mengenalkan anak pada tulisan. Pilihlah buku dengan gambar dan alur cerita yang menarik agar anak termotivasi untuk membaca sendiri. Disamping itu, membacakan buku akan meningkatkan daya imajinasi mereka. Anak juga dilatih untuk berpikir kritis, bertanya, maupun menyampaikan pendapat tentang isi cerita.

Cara Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: Mamapapa.id)

 

2. Kenalkan pada Huruf 

Bimbing anak untuk mengenal huruf vokal maupun konsonan. Ajak anak untuk membaca setiap huruf yang mereka temui di mana sajaKegiatan membaca yang lebih sering dengan waktu yang singkat, dapat menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak.  Misalnya, ketika sedang melewati jalan raya, Anda dapat mengenalkan huruf-huruf yang tertera pada rambu lalu lintas. Contoh: huruf S yang berarti berhenti atau huruf P yang berarti parkir.

 

3. Ajari dengan Suku Kata

Pernahkah Anda mendengar anak mengucapkan kata secara berbelit-belit? Hal ini bisa disiasati dengan mengajarkan suku kata. Mulai dengan 2 suku kata terlebih dahulu, kemudian berlanjut ke suku kata yang lebih panjang. Anda juga bisa mengajak anak membedakan kata yang hampir mirip, namun memiliki arti yang berbeda.

Contoh:

  • Dua suku kata

    ka-kak, ka-ki, ku-ku.

  • Tiga suku kata

    ke-la-pa, ke-pa-la, ke-ma-na.

  • Empat suku kata

    ha-li-lin-tar, ka-le-la-war, ke-se-ni-an.

Baca juga: 10 Tips Mengajarkan Anak Menulis dengan Cepat

 

4. Membuat Permainan Kata

Anak usia PAUD dan TK lebih menyukai aktivitas belajar yang diselingi dengan permainan. Nah, agar kegiatan membaca semakin menyenangkan, selipkan games untuk melatih kemampuan membaca mereka. Misalnya, mencocokkan kata dengan gambar, mencari huruf atau kata yang tersembunyi, teka teki silang, dan sebagainya. Jika berhasil menjawab benar, berikan hadiah sebagai penyemangat supaya mereka lebih antusias dalam bermain.

 

5. Tempelkan Kertas Bacaan di Rumah

Jika Anda mempunyai aktivitas padat dan tak sempat mendampingi anak belajar, Anda bisa menggunakan kertas atau poster yang berisi nama-nama benda. Misalnya, nama-nama buah, nama-nama hewan, nama-nama tumbuhan, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli kertas ini di toko buku atau mengunduhnya dari internet. Tempelkan kertas tersebut di ruangan yang sering dilalui anak, seperti kamar tidur dan ruang tamu. 

 

6. Baca Kalimat dengan Keseluruhan

Saat anak sudah mahir memaknai kata, Anda tak perlu lagi mengajarinya membaca dengan cara mengeja. Arahkan anak untuk membaca kalimat dengan menyeluruh. Gunakan kata-kata yang familiar agar anak lebih semangat dan mudah memahami tulisan. Anda bisa menulis di kertas tentang aktivitas yang sering dilakukan di rumah. Supaya tak jenuh, hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang, cukup 2 sampai 3 kata saja.

Contoh:

  • Aku sarapan roti
  • Aku sedang belajar
  • Mama memasak nasi
  • Papa pergi bekerja

 

7. Biarkan Anak Memilih Buku Sendiri

Buku yang Anda pilih belum tentu menarik bagi anak. Biarkan mereka memilih buku sesuai dengan keinginannya, entah itu komik, dongeng, maupun cerita pendek.  Membaca buku kesukaannya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena menumbuhkan rasa antusias dan motivasi untuk memahami jalan cerita.

Tips Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: idntimes.com)

Namun, Anda harus waspada dan mendampingi mereka ketika hendak membeli buku. Anda bisa mengecek sinopsis atau memastikan bahwa informasi yang ada di dalamnya memang akurat. Selain itu, tuntun anak untuk memilih buku yang di dalamnya berisi ilmu pengetahuan.

Baca juga: 10 Manfaat Membaca Dongeng untuk Anak, Patut Dicoba

 

8. Membangun Kebiasaan Membaca

Kebiasaan membaca berawal dari rumah. Sebagai orang tua, Anda menjadi panutan bagi anak-anak. Mulailah dengan kegiatan membaca koran setiap pagi atau membacakan buku cerita menjelang tidur. Lambat laun, anak akan terbiasa dan menganggap membaca adalah kegiatan yang seru untuk mengisi waktu luang mereka. 

Cara Seru Ajarkan Anak Membaca(Sumber: bobo.grid.id)

Cara selanjutnya yaitu menciptakan ruang yang nyaman, seperti perpustakaan mini atau menyediakan spot khusus membaca di rumah. Anda bisa menghiasnya dengan beanbag dan karpet agar anak betah membaca. Pergi ke toko buku di akhir pekan juga dapat meningkatkan kegemaran anak pada membaca, lho.

 

9. Beri Hadiah

Setiap orang menginginkan apresiasi terhadap apa yang ia lakukan, termasuk anak-anak. Meski membaca adalah keterampilan wajib yang harus dimiliki, tak ada salahnya menghargai proses belajar mereka dengan memberikan hadiah. Tidak perlu mahal kok, Anda bisa membelikan makanan favoritnya, mengajaknya berwisata, atau sekedar memuji mereka. Afirmasi positif membantu perkembangan anak karena merasa didukung dan diperhatikan oleh orang tua.

 

10. Jangan Memaksa

Hal terpenting dalam proses belajar adalah mengetahui batasan kemampuan anak. Meskipun ingin hasil yang terbaik, Anda tidak boleh memaksa anak untuk mahir membaca, apalagi sampai berteriak. Anak bisa merasa stres dan berujung pada demotivasi. Jika mereka menolak ajakan belajar, biarkan mereka beristirahat atau melakukan hal lain untuk menyegarkan pikirannya. 

---

Itulah 10 cara mengajari anak usia TK maupun SD untuk membaca. Anda juga bisa lho mendaftarkan mereka ke Altaschool. Alta School adalah sekolah online di tingkat PAUD hingga SD kelas 4 Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.

Masih ragu? Coba kelas gratisnya dengan klik banner di bawah ini!

sekolah online anak

Sumber: 

Rahmadani, A. (2020), ‘7 Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca dengan Lancar’, GenerasiMaju.co.id, 18 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.generasimaju.co.id/Cara-Mengajari-Anak-Membaca

Griselda, N. (2019), ‘10 Tips & Cara Mengajari Anak Membaca yang Mudah dan Efektif’, tokopedia.com, 18 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/cara-mengajari-anak-membaca-kpt/

Debora. (2021), ‘8 Cara Mengajarkan Anak Membaca, Mudah dan Efektif’, orami.co.id, 16 Februari 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengajarkan-anak-membaca/ 

Sumber Gambar:

Sering Membaca Untuk Anak [daring]. Available at: https://mamapapa.id/asyik-ini-cara-seru-mengajarkan-anak-membaca/

Anak Memilih Buku Bacaan Sendiri [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/science/experiment/abraham-herdyanto/membaca-komik-bisa-membuat-makin-pintar

Belajar Membaca dengan Bermain [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/3-permainan-untuk-mengajari-anak-membaca-sebelum-masuk-sd/ 

Mengajak Anak ke Toko Buku [daring]. Available at: https://bobo.grid.id/read/081615223/inilah-alasan-kenapa-kita-harus-berkunjung-ke-toko-buku-akubacaakutahu?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar