5 Manfaat Pelukan pada Anak yang Perlu Diketahui

Nurul Habibah Feb 21, 2022 • 6 min read


Manfaat Pelukan pada Anak

“Artikel ini berisi informasi tentang manfaat pelukan pada anak. Biar nggak penasaran, simak yuk pembahasannya”

Mengungkapkan kasih sayang kepada anak dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. salah satunya adalah dengan cara sederhana yakni memeluk anak. Bagi sebagian orang tua, pelukan mungkin hanya dianggap tindakan spontan untuk menunjukkan kasih sayang, namun nyatanya pelukan tak hanya memberikan rasa nyaman dan hangat pada anak. 

Pelukan hangat yang diberikan oleh orang tua sejak bayi baru lahir ternyata dapat memberikan berbagai manfaat, bukan hanya manfaat untuk fisik, namun juga untuk psikologis anak. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa pelukan dapat membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, tangguh, bahagia, serta tentunya lebih dekat dengan orang tua mereka. 

Manfaat Memeluk Anak(Sumber: Kompas.com)

Nah, berikut 5 manfaat pelukan untuk Anak yang perlu Anda ketahui:

1. Meminimalkan Produksi Hormon Kortisol

Ketika anak stres atau merasa tertekan, maka tubuhnya dapat melepaskan hormon kortisol atau dikenal juga dengan hormon stres. Anak-anak umumnya belum dapat mengontrol serta mengatur emosi mereka dengan baik, sehingga suasana hati yang tidak baik dapat meningkatkan produksi hormon kortisol.

Jika tubuh mengkonsumsi hormon kortisol terlalu banyak, ini bisa menyebabkan anak susah berkonsentrasi, susah tidur, mengalami kenaikan berat badan, bahkan anak bisa menjadi tidak bersemangat dan tidak berenergi. Nah, kalau Anda sering memeluk anak, maka anak dapat terbebas dari berbagai dampak buruk hormon stres ini loh. 

2. Membuat Anak Lebih Pintar

Manfaat Pelukan untuk Perkembangan Anak(Sumber: Popmama.com)

Pelukan orang tua kepada anak ternyata dapat berpengaruh pada kepintarannya. Kenapa demikian? Sentuhan fisik yang terjadi ketika Anda memeluk anak menjadi stimulasi penting untuk menumbuhkan otak yang sehat dan kuat. Anak-anak yang sering dipeluk oleh orang tuanya memiliki perkembangan otak yang lebih baik, dibandingkan mereka yang jarang mendapatkan pelukan. 

Salah satu studi juga mengatakan bahwa hanya sentuhan lembut seperti pelukan yang dapat memberikan stimulasi positif, yang dibutuhkan oleh otak untuk tumbuh dengan sehat. Meski tidak berarti dapat meningkatkan IQ anak, pelukan dari Anda sudah dapat memaksimalkan cara kerja serta perilaku anak. 

3. Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Secara ilmiah pelukan pada anak dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri serta optimis. Sikap percaya diri dan optimis yang dimiliki anak tentu sangat bermanfaat untuk masa depannya. Nah, biasanya anak-anak yang optimis dan selalu percaya diri mempunyai pergaulan yang lebih luas.

Selain itu, mereka umumnya juga memiliki prestasi yang bagus di bidang akademis, dibandingkan dengan anak-anak yang tingkat percaya dirinya rendah dan mudah pesimis. Lalu, yang paling penting juga, anak-anak yang optimis dan percaya diri sejak dini, kelak akan mempunyai kepribadian yang tenang, penyayang terhadap sesama, serta pengasih. 

4. Menghentikan Tantrum pada Anak

Cara Mengatasi Anak Tantrum(Sumber: Klikdokter.com)

Apakah Anda sering melihat anak yang tantrum? Biasanya para orang tua banyak yang kebingungan ketika menghadapi anak tantrum. Anak yang sedang tantrum cenderung keras kepala serta tidak mau mendengarkan apa yang disampaikan orang tua. Lebih parahnya, anak dapat kehilangan kendali untuk mengontrol emosi mereka sendiri. 

Nah, ketika anak Anda mengalami hal ini, cobalah untuk memeluknya dengan lembut dan hangat. Sebab, berpelukan bisa membantu menenangkan anak serta memicu pelepasan hormon oksitosin. Hormon tersebut dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh dan melawan kecemasan. Namun, yang paling penting juga ketika anak tantrum adalah tidak memarahi mereka, melainkan segera peluk mereka agar tidak semakin memburuk.

5. Membantu Anak untuk Tumbuh

Kontak fisik seperti pelukan ternyata juga penting untuk pertumbuhan fisik anak. Beberapa dokter telah menemukan bahwa anak-anak yang dilarang melakukan kontak fisik, tubuhnya dapat berhenti tumbuh meskipun telah mendapatkan asupan nutrisi yang normal, kondisi seperti ini disebut dengan gagal berkembang.  Gagal berkembang sendiri merupakan salah satu jenis kekurangan pertumbuhan. Kesehatan anak-anak yang mengalami gagal tumbuh bisa Anda tingkatkan dengan memberikan mereka sentuhan serta pelukan. 

Nah, kenapa pelukan bisa dikaitkan dengan pertumbuhan fisik? Hal ini tentu karena pelukan memicu pelepasan hormon oksitosin. Hormon perasaan senang ini nyatanya mempunyai banyak manfaat penting bagi tubuh, salah satunya untuk stimulasi pertumbuhan. Lalu, ketika Anda dan anak berpelukan, secara instan ini dapat meningkatkan kadar oksigen. Saat oksigen meningkat, maka beberapa hormon pertumbuhan juga meningkat. 

Jadi, itulah 5 Manfaat pelukan untuk anak Anda. Jangan lupa terus berikan pelukan hangat pada anak setiap hari, agar mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan cerdas. Selain pelukan, Anda juga bisa meningkatkan kecerdasan anak dengan mendaftarkan Ia di altaschool

Melalui metode belajar blended learning, Alta School dapat membantu mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini. Alta School sendiri di khususkan untuk anak-anak di tingkat PAUD hingga SD. Kurikulum pelajaran yang digunakan juga sudah kurikulum K-13 loh. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah fasilitas belajar yang telah tersedia, contohnya Live Teaching, Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, serta masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Alfari, S. (2021), ‘7 Manfaat Pelukan pada Anak yang Jarang Diketahui’, Ruangguru.com, 20 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/7-manfaat-pelukan-pada-anak-yang-jarang-smart-parents-ketahui 

Muslimah, A. (2019), ‘10 Dampak Positif Sering Memeluk si Kecil’, Popmama.com, 16 Januari 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/arrafina-muslimah/dampak-positif-sering-memeluk-si-kecil/6

Marianti. (2019), ‘Sederet Manfaat Memeluk Anak’, Alodokter.com, 12 September 2019 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/sederet-manfaat-memeluk-anak

Fallahnda, B. (2020), ‘Ketahui Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Pertumbuhan Anak’, Tirto.id,  20 November 2020 [daring] Available at: https://tirto.id/ketahui-manfaat-pelukan-orang-tua-bagi-pertumbuhan-anak-f7dC

Sumber Gambar:

Anak dan Ibu Berpelukan [daring]. Available at: https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/15/110400923/ilmuwan-jepang-ungkap-rahasia-pelukan-yang-sempurna-pada-bayi?page=all

Dua Orang Anak tengah Memeluk Ibunya [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/fakta-mengejutkan-mengapa-orangtua-perlu-memeluk-anak-setiap-waktu

Ibu Memeluk Anak saat Tantrum [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629902/hindari-lakukan-ini-saat-anak-tantrum-di-tempat-umum

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar