Ternyata, Ini Lho Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak

Anisa Cikal Ardelia Des 7, 2022 • 6 min read


Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak

Selain menyenangkan, ternyata sepak bola memiliki berbagai manfaat lho untuk anak. Simak yuk beberapa di antaranya, supaya kita tahu kalau anak kita bisa mendapatkan manfaat itu.

--

Tidak dapat dipungkiri, hampir semua orang di dunia ini menyukai sepak bola. Mengutip dari laman World Atlas, sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia dengan jumlah penggemar sebesar 4 miliar. Hal ini dikarenakan sepak bola merupakan olahraga yang cukup murah dan mudah untuk dimainkan. Bagaimana tidak, orang-orang yang ingin bermain sepak bola hanya memerlukan kaki dan bola, dan bahkan dapat bermain di halaman rumah saja, mudah bukan? 

Tidak hanya orang dewasa, ternyata banyak anak-anak yang juga mulai gemar dengan olahraga sepak bola. Mulai dari anak-anak yang bermain di halaman rumah, hingga anak-anak yang mengikuti klub bola.

Selain olahraga yang cenderung sangat mudah untuk dimainkan, ternyata sepak bola juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga sepak bola untuk perkembangan anak. 

 

1. Meningkatkan Kebugaran

Tentu hal ini sudah tidak menjadi rahasia bahwa olahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Ketika anak-anak bermain sepak bola, mereka harus mengejar, menggiring, dan bahkan menendang bola ke gawang di tengah lapangan yang cukup luas. Hal ini tentunya bisa membakar kalori dan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Alhasil, kebugaran tubuh dan daya tahan tubuh anak akan meningkat.

 

2. Melatih kekuatan otot dan tulang

 

manfaat bermain sepak bola

Sumber: Unsplash.com

Kekuatan otot dan tulang memiliki peranan yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Permainan sepak bola mengharuskan anak untuk terus berlari, bergerak, dan menendang, tentu hal ini dapat melatih kekuatan otot dan tulang anak. Selain itu, permainan sepak bola yang biasa dilakukan di lapangan terbuka memberikan peluang untuk anak-anak mendapatkan paparan sinar matahari yang lebih. Hal ini tentunya dapat meningkatkan asupan vitamin D pada tubuh anak yang sangat baik untuk kekuatan dan pertumbuhan tulang. Dengan memiliki otot dan tulang yang sehat, maka gangguan tulang pada anak akan berkurang.

Baca juga: 7 Aktivitas Menyenangkan di Luar Rumah Bersama Anak

 

3. Mengontrol kenaikan berat badan

bermain sepakbolaSumber: Unsplash.com

Di Indonesia, 1 dari 5 anak berusia 5-12 tahun mengalami obesitas. Hal ini karena tidak adanya kontrol atas asupan makanan yang dikonsumsi. Kondisi seperti ini tentunya tidak baik untuk kesehatan anak, karena bisa memicu penyakit berbahaya di kemudian hari, antara lain diabetes, asma, kolesterol, dan juga tekanan darah tinggi. Dengan bermain sepak bola, secara tidak langsung dapat membakar kalori yang ada pada tubuh. Sehingga, hal ini dapat mengontrol kenaikan berat badan anak.

 

4. Meningkatkan kepekaan sosial anak

Sepak bola dimainkan dalam tim dengan 11 pemain, tentu hal ini akan mengembangkan beberapa kepekaan sosial anak diantaranya bekerjasama, komunikasi, dan interaksi dengan anak-anak.

Kerja sama tim yang baik tentu sangat penting dalam permainan sepak bola. Hal ini disebabkan karena dengan kerja sama yang baik tentu akan memberikan peluang yang besar untuk memenangkan permainan. Contohnya, pada saat mendapatkan serangan lawan, pemain depan atau striker harus membantu pemain belakang untuk menjaga pertahanan. 

manfaat sepak bola untuk anak

Sumber: Unsplash.com

Disisi lain, selain memperoleh kemenangan, bekerja sama dalam tim juga dapat melatih kesabaran dan emosi anak. Contoh sederhana yang bisa kita lihat yaitu pada saat mengoper bola dimana satu pemain tidak dapat menguasai permainan sendiri melainkan harus mengoper bola kepada anggota tim lainnya.

Selain itu, bermain sepak bola juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Pasalnya, kerja sama tim yang baik tidak terlepas dari terjalinnya komunikasi antar pemain. Anak dilatih untuk berani mengomunikasikan keinginan atau tujuannya dan juga sekaligus berlatih untuk menjadi pendengar yang baik.

Dalam hal interaksi dengan anak-anak lainnya, tentu saja ini dapat didapatkan dengan bermain sepak bola. Seperti yang kita tahu bahwa permainan sepak bola melibatkan banyak orang atau pemain. Hal ini memberikan peluang besar untuk anak dapat berinteraksi dengan teman-teman yang berbeda dengan latar belakang yang juga beragam.

Baca juga: 9 Olahraga Seru yang Dapat Dilakukan Bersama Anak

 

5. Menumbuhkan jiwa sportivitas

Sebagian besar anak mungkin masih sulit untuk memahami arti mengalah dan menurunkan tingkat egonya. Dengan bermain sepak bola, anak secara tidak langsung dilatih untuk menumbuhkan jiwa sportivitas. Contohnya dengan mengikuti peraturan yang diberikan, bermain dengan tertib (tidak mendorong lawan), dan menerima kekalahan. 

--

Wah, ternyata sangat beragam ya manfaat dari bermain olahraga. Bagaimana dengan ananda di rumah, apakah sudah tertarik dengan sepak bola? Jika sudah, ayah bunda dapat terus mendukung penuh ya atas ketertarikan tersebut. Jika belum, yuk bisa mulai dikenalkan dengan cara bermain bersama di halaman rumah.

Percayalah, ketika tubuh anak bugar, maka semangat untuk belajar pun muncul. Nah, untuk mendukung anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan sistem belajar yang menyenangkan, Alta School punya berbagai macam program pilihan belajar buat anak. Yuk daftarkan segera!

sekolah online anak

Sumber:

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/manfaat-main-sepak-bola-bagi-anak/

https://www.alodokter.com/jangan-dilarang-ini-manfaat-bermain-sepak-bola-bagi-anak

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/onicmetheany/manfaat-dari-bermain-sepak-bola-untuk-anak?page=all

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6002092/10-olahraga-paling-populer-di-dunia-mana-yang-kamu-suka#:~:text=Sepak%20Bola%20%2D%204%20Miliar%20Penggemar,tidak%20tahu%20tentang%20olahraga%20ini.

https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-angka-orang-yang-kelebihan-berat-badan-dan-obesitas-naik-di-semua-kelompok?gclid=CjwKCAiAyfybBhBKEiwAgtB7fq5wNWXSvIRSG0y84VMaYpz6bcFWys7cPOJod323L-R_BuovbIt47BoCLnMQAvD_BwE

https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-menanamkan-sportivitas-pada-anak

Profile

Anisa Cikal Ardelia

Beri Komentar