6 Medium Belajar yang Baik untuk Mengasah Keaktifan Anak Pra Sekolah

Nurul Habibah Feb 11, 2022 • 6 min read


medium belajar anak“Artikel ini berisi informasi tentang medium belajar yang baik untuk anak pra sekolah. Agar anak lebih aktif belajar, simak yuk artikelnya”

Usia 1 hingga 6 tahun adalah usia emas anak-anak. Di usia tersebut proses tumbuh kembang anak dapat mempengaruhi karakternya hingga dewasa. Di masa ini, anak-anak sudah bisa diajak untuk belajar. Belajar yang dimaksud adalah belajar hal-hal sederhana, seperti belajar mengenal huruf dan angka, mengenal warna, mengenal bentuk, mengenal nama hewan, nama buah dan sayuran, dan lain sebagainya.

Umumnya, waktu belajar untuk anak-anak pra sekolah itu berbeda, tergantung dengan usia mereka. Untuk anak-anak usia 0 hingga 2 tahun, waktu belajar yang disarankan adalah tidak lebih dari 120 menit dalam seminggu. Lalu, untuk usia 2 hingga 4 tahun, lama belajar yang disarankan adalah 360 menit dalam seminggu. Sedangkan, untuk anak usia 4 hingga 6 tahun, waktu belajar yang disarankan paling sedikitnya adalah 900 menit per minggu.

Metode Belajar Anak PAUD(Sumber: WinNetNews.com)

Nah, kemampuan belajar setiap anak juga berbeda-beda. Oleh karena itu, ada berbagai cara pembelajaran yang dapat diterapkan pada anak, agar Ia bisa memahami pelajaran dengan mudah. Nah, berikut beberapa metode atau medium belajar yang bisa mengasah keaktifan anak-anak pra sekolah:

1. Metode Bermain

Metode ini menerapkan permainan tertentu sebagai suatu wahana belajar. Berdasarkan dari pengamatan yang dilakukan di lapangan, metode belajar ini adalah yang paling efektif dibanding metode lainnya. Dengan belajar sambil bermain, anak dapat mengingat lebih cepat dan lebih banyak. Selain itu, anak-anak juga tidak cepat jenuh belajar dengan cara ini. Ada lima manfaat dari metode bermain ini, yakni:

a. Manfaat motorik, adalah manfaat yang berkaitan dengan nilai-nilai positif  mainan yang terjadi pada fisik jasmani anak.

b. Manfaat afeksi, yakni manfaat mainan yang berhubungan dengan perkembangan psikologis anak.

c. Manfaat kognitif, merupakan manfaat mainan untuk perkembangan kecerdasan anak, biasanya ini berkaitan dengan kemampuan imajinasi anak.

d. Manfaat spiritual, adalah manfaat mainan yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai kesucian atau keluhuran akhlak manusia.

e. Manfaat keseimbangan, berkaitan dengan fungsi mainan untuk melatih serta mengembangkan perpaduan nilai-nilai positif dan negatif dari mainan.

2. Metode Menyanyi atau Musik

Metode ini menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar anak. Menurut Grace Soedargo seorang musisi dan pendidik, dasar-dasar musik klasik umumnya berasal dari ritme denyut nadi manusia, sehingga dapat berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, serta raga manusia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa musik klasik yang memiliki komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan rendah, dapat merangsang kuadran C pada otak. Hingga usia 4 tahun, kuadran B dan C pada otak anak-anak berkembang hingga 80% dengan musik. Musik mempunyai 3 bagian penting yang berpengaruh pada kehidupan manusia, yakni beat, mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, dan harmony mempengaruhi ruh.

3. Metode Cerita

Manfaat Dongen untuk Anak(Sumber: Bobo.grid.id)

Merupakan metode pembelajaran dimana menggunakan teknik bercerita, tentang suatu legenda, mitos, dongeng, atau cerita lain yang didalamnya terselip pesan-pesan moral atau intelektual tertentu. Pembelajaran seperti ini akan berguna bagi anak ketika Ia menemukan masalah yang hampir mirip dengan kisah dalam dongeng yang pernah diceritakan. Dari kisah tersebut alam bawah sadar anak dapat memicu nalar konstruktif pemecahan masalah yang dihadapi sesuai pesan-pesan moral atau intelektual yang telah diajarkan.

4. Metode Demonstrasi

Dalam metode ini, kita menunjukkan dan menjelaskan cara-cara mengerjakan sesuatu pada anak. Melalui demonstrasi diharapkan anak bisa mengenal langkah-langkah pelaksanaan. Demonstrasi sendiri memiliki makna penting bagi anak, yakni: 

a. Membantu mengembangkan kemampuan mengamati.

b. Dapat memperlihatkan secara konkret apa yang dilakukan.

c. Mengembangkan kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan dengan cermat, teliti dan tepat.

d. Membantu mengembangkan peniruan serta pengenalan dengan tepat.

5. Metode Karyawisata

Karyawisata bagi anak berarti anak mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi atau mengkaji sesuatu secara langsung. Metode pembelajaran ini berarti mengajak anak ke objek wisata tertentu untuk mendapatkan pelajaran yang tidak mungkin diperoleh di dalam kelas. Melalui karyawisata, anak-anak bisa mengobservasi dan mengamati sendiri dari dekat segala halnya. Karyawisata sendiri dapat berperan penting bagi perkembangan anak, sebab bisa membangkitkan minat anak pada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, serta memperkaya program kegiatan belajar anak.

6. Teknologi

Medium Belajar untuk Anak Pra Sekolah(Sumber: Liputan6.com)

Kini teknologi semakin berkembang dan sudah seharusnya Anda memanfaatkan teknologi dengan baik untuk pembelajaran anak pra sekolah. Anda bisa mencoba memanfaatkan teknologi dengan memberikan berbagai video pembelajaran untuk anak Anda. Video ini bisa dengan mudah Anda cari di youtube. Selain itu, games yang sesuai dengan tahap dan tumbuh kembang anak juga dapat anda coba loh. 

Jadi, itulah 7 metode atau medium yang bisa Anda coba untuk mengasah keaktifan anak pra sekolah. Selain memanfaatkan video pembelajaran dari youtube, kini anak juga bisa belajar sambil memanfaatkan teknologi melalui altaschool

Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang menggunakan metode belajar blended learning. Sekolah online yang dikhususkan untuk anak PAUD hingga SD ini berfokus mengembangkan minat dan kreativitas anak Anda sejak usia dini. Di sekolah ini juga terdapat berbagai fasilitas belajar yang menarik, seperti Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Kompasiana. (2015), ‘Metode Pembelajaran PAUD’, Kompasiana.com, 23 Juni 2015 [daring] Available at: https://www.kompasiana.com/muassisul/54f737a6a3331139718b47bd/metode-pembelajaran-paud

Morinagaplatinum. (2021), ‘Cara Belajar untuk Anak Pra Sekolah Bersama Bunda Selama di Rumah Aja’, Morinagaplatinum.com, 05 Agustus 2021 [daring] Available at: https://morinagaplatinum.com/id/milestone/cara-belajar-untuk-anak-pra-sekolah-bersama-bunda-selama-di-rumah-aja

Edumor. ‘Cara Mudah Mengajari Anak Belajar di Usia Pra-Sekolah’, edumor.com, [daring] Available at: https://www.edumor.com/blog/2018/09/19/cara-mudah-mengajari-anak-belajar-di-usia-pra-sekolah/

Sumber Gambar:

Anak-anak Belajar Sambil Bermain [daring]. Available at: https://www.winnetnews.com/post/inilah-manfaat-belajar-sambil-bermain-untuk-anak

Anak sedang Mendengarkan Dongeng [daring]. Available at: https://bobo.grid.id/read/081941784/tidak-hanya-seru-mendengarkan-dongeng-dan-mendongeng-juga-punya-banyak-manfaat?page=all

Anak Belajar di Depan Laptop [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4614063/para-ibu-tak-perlu-paksakan-diri-jadi-guru-untuk-anak-selama-sekolah-daring

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar