Nilai-Nilai yang Bisa Diambil dari Film Nussa Rara

Nurul Habibah Nov 20, 2021 • 6 min read


Nilai-Nilai yang Bisa Diambil dari Film Nussa Rara-01

“Nussa Rara adalah film anak-anak yang kaya dengan nilai positif. Dalam artikel ini, dijelaskan beberapa nilai yang dapat diambil dari film Nussa Rara”

Animasi Nussa Rara adalah salah satu animasi favorit anak-anak yang menceritakan tentang keseharian anak-anak dan konflik yang terjadi antara adik kakak. Konflik-konflik kecil yang dimunculkan di dalam animasi ini pada umumnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Film Nussa Rara hadir dengan berbagai episode yang selalu mengajarkan kebaikan. Contohnya, tentang adab minta izin, abab makan, belajar ikhlas, ayo berdzikir, dan lain sebagainya. 

Banyaknya nilai positif dari film ini membuat orang tua ikut senang jika anak mereka menonton Nussa Rara. Sebab, tidak jarang, setelah anak menonton film Nussa Rara, anak-anak bisa meniru apa yang mereka lihat dari film tersebut. Misalnya, mereka melihat Nussa dan Rara yang membaca doa sebelum makan, serta makan tidak sambil berdiri, maka anak-anak juga dapat mencontoh hal tersebut ketika mereka makan.

Nilai-Nilai yang Dapat Diambil dari Film Nussa(Sumber: Bincangsyariah.com)

Nah, berikut ada 7 nilai yang dapat diambil dari film Nussa Rara. Apa aja sih nilainya? Simak yuk!

1. Belajar Sabar

Dalam film Nussa Rara ada salah satu episode yang berjudul “Sabar!, Tahan Amarahmu”. Episode ini menceritakan tentang Nussa yang marah besar, ketika Anta si kucing hitam secara tidak sengaja menjatuhkan roket yang dibuat Nussa, sehingga roket tersebut rusak. 

Nah, hal-hal tak terduga seperti ini mungkin sering terjadi di dalam kehidupan kita. Namun di film ini, kita diajarkan untuk sabar dan meredam emosi ketika marah. Ketika marah, kita dianjurkan untuk duduk dan berwudhu bagi yang muslim. 

2. Menyayangi Saudara

Salah satu daya tarik dari film Nussa Rara, adalah kehadiran tokoh Rara yang merupakan Adik Nussa. Para penonton seringkali gemas dengan tingkah kakak beradik ini, sebab mereka berdua memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Nussa disini digambarkan sebagai pribadi yang tenang, sedangkan Rara mempunyai kepribadian yang suka penasaran dan cenderung jahil. 

Nah, setiap kali Rara menjahili Nussa, Ia selalu meresponnya dengan lembut. Meski terkadang Nussa jengkel dengan tingkah Rara, namun Ia tetap sayang kepada Rara. Ia tidak pernah bersikap kasar seperti berteriak atau memukul saudara perempuannya tersebut. Dari sini kita bisa belajar bahwa, apapun konflik yang kita hadapi dengan saudara, kita tetap harus saling menyayangi sesama saudara. 

3. Tidak Menyerah dengan Kekurangan

Nilai Positif dari Film Nussa Rara(Sumber: hot.detik.com)

Dalam cerita animasi ini, Nussa terlahir sebagai anak yang memiliki kekurangan, yakni kaki kirinya tidak tumbuh dengan normal. Nah, meski demikian, Nusa tidak menjadikan hal tersebut sebagai suatu halangan. Kekurangan tersebut, justru menjadikan Nussa sebagai pribadi yang bersemangat dan pantang menyerah.

Salah satu episode yang menunjukkan Nussa bekerja keras adalah “Nussa Bisa”. Di sana terlihat bagaimana usaha Nussa berusaha berlatih dengan keras, agar Ia bisa mahir dalam menguasai salah satu teknik permainan, meski Ia harus bermain dengan menggunakan kaki palsu. 

4. Hidup Sederhana

Nussa berasal dari keluarga sederhana. Tinggal bersama ibu dan adiknya, mengajarkan Nussa bahwa kesederhanaan dapat membawa sesuatu yang lebih berharga, yakni kebahagiaan. 

Misalnya, jika Ia hendak makan sesuatu, Nussa tidak membeli makanan di luar, melainkan Ia makan masakan ibunya, yang menjadi makanan favorit nya juga. Dalam kehidupan sehari-hari Nussa juga digambarkan tidak menggunakan barang mahal  ataupun berpakaian dengan berlebihan. Hal tersebut dapat dijadikan contoh pada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

5. Mengajarkan Berkata Baik

Film Nussa Rara juga kerap kali diiringi dengan lagu anak-anak yang mempunyai lirik bagus. Salah satu lirik tersebut adalah “ Berkata baik atau diam, jangan sakiti orang tuamu, berkata baik atau diam, jangan sakiti teman-temanmu”. 

Nah, lirik tersebut memberikan nasehat agar tidak berkata kasar ataupun membantah orang tua. Pada lagu tersebut, juga dijelaskan bahwa setiap kita bersikap, atau mengeluarkan kata-kata, maka ada malaikat yang selalu mencatat hal tersebut. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk selalu berkata baik. 

6. Mengajarkan untuk Berdzikir

Nilai Kehidupan dari Film Nussa Rara(Sumber: Islampos.com)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dalam film Nussa Rara, ada episode yang mengangkat tentang “Ayo Berdzikir”. Pada episode tersebut Umma atau ibu Nussa mengingatkan kepada Nussa Rara tentang dzikir yang dimulai dari tasbih, takbir, serta tahmid. 

Pada episode tersebut, Umma tidak hanya mengingatkan beberapa bacaan, namun juga menjelaskan artinya sekaligus. Nah, hal ini dapat dijadikan pelajaran juga bagi anak Anda. Secara tidak langsung dengan menonton episode tersebut, Ia bisa memahami cara berdzikir. 

7. Belajar Sikap Toleransi

Toleransi adalah salah satu sikap yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Melalui film Nussa Rara, diajarkan bagaimana kita menolong sesama tanpa memandang status dan juga tanpa mengharapkan balasan. Nussa dan Rara mengajarkan bagaimana memaknai perbedaan serta memahami keadaan orang lain, hingga terjalin silaturahmi yang baik antara sesama. 

Jadi, itulah 7  nilai positif yang bisa diambil dari film Nussa Rara. Disamping mengajarkan anak melalui media film Nussa Rara, kini Anda bisa juga memberikan pendidikan yang baik dengan menggunakan altaschool.  

Alta School hadir untuk pelajar di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Sebagai salah satu sekolah online terpercaya, Alta School memiliki metode pembelajaran yang lebih adaptif. Sekolah online ini dapat menggali potensi, kreativitas dan minat anak Anda dengan maksimal.

Nah, beberapa fasilitas yang didapatkan, jika anak berlangganan adalah Live Teaching, Learning Kit, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber:

Aprilia. T (2021), ‘5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film Animasi Nussa’, Okemom.com, 12 Januari 2021 [daring] Available at: https://www.okemom.com/april/o34k18m/5-pelajaran-hidup-yang-bisa-dipetik-dari-film-animasi-nussa

Prasetyo, D. (2020), ‘7 Pesan Positif Serial Nussa dan Rarra yang Bisa Diajarkan ke Anak’, Popmama.com, 14 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/fx-dimas-prasetyo/pesan-positif-serial-nussa-dan-rarra-yang-bisa-diajarkan-ke-anak/6

Mabruroh. (2021), ‘Animasi Nussa Sarat Pesan Moral untuk Anak’, Republika.co.id, 12 Januari 2021 [daring] Available at: https://republika.co.id/berita//qmtsv6366/animasi-nussa-sarat-pesan-moral-untuk-anak

Sumber Gambar: 

Banner Karakter Nussa Rara [daring]. Available at: https://visinema.co/news/nussa-tayang-di-bioskop-14-oktober-2021

Animasi Nussa Rara [daring]. Available at: https://bincangsyariah.com/khazanah/film-animasi-nussa-dan-rara-sejarah-kontroversi-hingga-dukungan-publik/

Nussa yang memiliki kekurangan pada kaki [daring]. Available at: https://hot.detik.com/movie/d-5613939/nussa-bikin-bangga-tayang-di-bucheon-di-indonesia-heboh-taliban

Nusa dan Rara Membaca Shalawat [daring]. Available at: https://www.islampos.com/kartun-nussa-persembahan-indonesia-untuk-muslim-dunia-116063/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar