7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak

Nurul Habibah Mar 14, 2022 • 6 min read


Alta - Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak“Sekolah yang baik dapat membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas. Biar Anda tidak salah memilih sekolah TK untuk anak, cek dulu yuk tipsnya”

Sekolah adalah tempat anak bisa belajar dan tumbuh bersama dengan teman-temannya. Nah, ketika anak memasuki sekolah TK, Ia berada di umur yang siap untuk meniru apapun yang ada di sekitarnya. Anak-anak juga lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Seiring berjalannya waktu, kehidupan sekolah dapat mempengaruhi sikap serta karakter anak Anda. Oleh sebab itu, sebelum Anda mendaftarkan anak di suatu sekolah TK, Anda harus bisa selektif dalam memilih sekolah yang cocok untuk anak. 

Sebelum Anda melakukan survei ke sekolah TK, sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran kasar terlebih dahulu tentang sekolah yang diinginkan. Sebagian orang tua ingin anaknya sekolah di tempat yang muridnya banyak, supaya anak dapat bersosialisasi. Sedangkan, sebagian yang lain justru menginginkan lingkungan belajar yang lebih tenang, agar anak tidak terlalu kaget. 

Nah, agar Anda tidak salah memilih sekolah TK untuk anak, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips memilih sekolah TK berikut ini: 

1. Lokasi Sekolah

Anda bisa memilih sekolah TK terdekat yang bagus, untuk mempermudah Anda dan anak. Memilih sekolah yang dekat dengan rumah bisa membuat anak lebih bersemangat loh. Selain itu, Anda dan anak juga sudah mengenal lingkungan tersebut dengan lebih baik. Sedangkan, jika Anda memilih sekolah yang jauh dari rumah, anak harus bangun lebih pagi dan menempuh perjalanan yang jauh. Hal ini dapat membuat anak kelelahan dan mengantuk saat tiba di sekolah. 

2. Fasilitas Sekolah

Tips memilih TK untuk anak(Sumber: Haibunda.com)

Pada masa kanak-kanak, anak lebih senang mengeksplorasi berbagai hal baru yang tidak dapat ditemukan di rumah. Contohnya adalah taman bermain yang ada di sekolah TK dan kegiatan lainnya. Jadi, ketika Anda memilih sekolah TK untuk anak, pastikan bahwa calon sekolah anak tersebut menyediakan berbagai kebutuhan untuk anak Anda bereksplorasi. Jangan lupa perhatikan juga kebersihan lingkungan sekolahnya ya.

3. Kompetensi Guru

Ketika anak di sekolah, peran ibu digantikan oleh para guru. Anak-anak akan meniru dan menuruti perintah yang diberikan oleh guru mereka. Oleh karena itu, sebelum Anda memilih sekolah TK untuk anak, terlebih dahulu cek lah latar belakang pendidikan calon guru, dan lihat apakah mereka orang yang kompeten atau tidak. Anda bahkan bisa melihat terlebih dahulu bagaimana guru tersebut mengajar, sebelum memutuskan untuk memasukkan anak di sekolah itu. 

4. Biaya Sekolah

Biaya Sekolah TK (Sumber: News.detik.com)

Biaya sekolah juga merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih sekolah TK untuk anak. Biaya yang mahal bukan berarti menyuguhkan kualitas yang bagus, terutama dalam hal pendidikan. Begitupun sebaliknya, sekolah yang murah belum tentu memiliki kualitas yang buruk. 

Jangan memilih sekolah TK untuk anak hanya berdasarkan gengsi. Namun, disesuaikan juga dengan kemampuan dan budget  yang Anda miliki. Selain itu, coba bandingkan juga biaya sekolah dengan program, fasilitas, serta kurikulum yang diberikan oleh sekolah tersebut. 

5. Kurikulum yang Digunakan 

Setiap sekolah tentu memiliki kurikulum yang tidak sama. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui kurikulum calon sekolah TK anak Anda. Disamping itu, Anda juga perlu mengetahui karakter anak, sehingga Anda paham, apakah kurikulum yang ditawarkan oleh sekolah tersebut sesuai dengan anak atau tidak. 

Contohnya, jika anak Anda kreatif dan suka melakukan kegiatan di luar ruangan, maka Anda bisa mempertimbangakan sekolah alam untuknya. Sebab, sekolah alam menyediakan banyak kegiatan di luar ruangan untuk para siswanya. 

6. Metode dan Program Sekolah

Program serta beban pelajaran yang diberikan kepada anak harus Anda sesuaikan dengan karakter dan kemampuan mereka. Jadi, sebaiknya Anda memilih sekolah yang menekankan pada proses pembelajaran, bukan hanya pada hasil akhir dari proses pembelajaran atau nilainya. Sehingga, anak Anda tidak hanya dituntut untuk di luar kemampuannya, melainkan didorong untuk bangga atas kerja keras dan kemampuannya. Dengan demikian, belajar dapat menjadi proses menyenangkan yang dirasakan oleh anak.

7. Komunitas dan Lingkungan TK

Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak(Sumber: Frisco.co.id)

Tips terakhir dari memilih sekolah TK adalah memperhatikan komunitas atau lingkungan di sekolah tersebut. Anda bisa mempertimbangkan, apakah sekolah tersebut dapat terasa seperti “rumah” oleh anak Anda. Lingkungan sekolah yang positif memberikan banyak pengaruh pada anak, dan pastinya membuat Ia betah belajar. Sekolah juga menjadi sarana yang tepat untuk anak bisa belajar bersosialisasi. 

Jadi, itulah 7 tips memilih sekolah TK yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah mengecek semuanya, agar anak bisa mendapatkan sekolah terbaik yang bisa mengembangkan bakat serta kreatifitasnya. 

Nah, jika Anda masih bingung memilih sekolah TK yang bagus untuk anak, Anda bisa juga memilih altaschool sebagai pilihan terbaik. Alta School sendiri adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. 

Sekolah ini telah menggunakan kurikulum K-13 dengan metode belajar blended learning. Di Alta School ada berbagai fasilitas belajar yang berguna untuk mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini. Fasilitas tersebut antara lain Live Teaching, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Harismi, A. (2022), ‘10 Tips Memilih Sekolah TK Terbaik untuk Anak’, Sehatq.com. 19 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.sehatq.com/artikel/hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-mencari-sekolah-tk

Setyanto, B.D. (2021), ‘8 Kiat Cermat Memilih Sekolah TK Terbaik untuk si Kecil’, Popmama.com, 05 November 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bagasdharma/tips-memilih-sekolah-tk-terbaik-untuk-si-kecil/8

Hatma. T. ‘Tidak Harus Sekolah Elit! Begini 10 Tips Memilih TK Terbaik untuk Anak’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/tips-memilih-sekolah-tk

Rempong. M. (2021). ‘Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan’, Kumparan.com, 23 Oktober 2021 [daring] Available at: https://kumparan.com/mama-rempong/tips-memilih-sekolah-tk-untuk-anak-apa-saja-yang-perlu-diperhatikan-1wlkoeCq3nr/4

Sumber Gambar: 

Fasilitas Sekolah TK [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20191108141556-61-66022/kombinasikan-montessori-agama-tk-ini-jadi-sekolah-pilihan-anak-artis

Uang dalam Amplop [daring]. Available at: https://news.detik.com/berita/d-5642203/warga-jakarta-bakal-terima-bansos-rp-600-ribu-untuk-2-bulan

Anak TK sedang Belajar [daring]. Available at: https://www.friso.co.id/panduan/cara-mengajar-anak-tk-yang-baik-dan-menyenangkan

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar