7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak, Orang Tua Harus Tahu!

Nurul Habibah Jan 4, 2023 • 7 min read


Alta - Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak

Lingkungan TK mempengaruhi sikap serta perkembangan kognitif buah hati Anda. Yuk, pelajari cara mencari TK yang tepat agar si kecil bisa belajar dengan maksimal.

---

Sekolah adalah tempat anak bisa belajar dan tumbuh bersama dengan teman-temannya. Mereka berada di usia yang siap untuk meniru serta bermain dengan hal-hal di sekelilingnya. Maka dari itu, kehidupan sekolah dapat mempengaruhi sikap serta karakter anak Anda. Nah, sebelum mendaftarkan mereka ke taman kanak-kanak, Anda harus selektif dalam menentukan TK seperti apa yang cocok untuk buah hati tersayang.

Sebelum melakukan survei ke sekolah-sekolah, sebaiknya Anda sudah memiliki kriteria TK yang diinginkan. Sebagian orang tua justru mengingkan suasana sekolah yang ramai, agar anak mereka dapat bersosialisasi. Sedangkan yang lain lebih menyukai lingkungan belajar yang tenang agar anak bisa fokus berkonsentrasi.

Lalu, bagaimana cara memilih TK terbaik untuk anak? Perhatikan tips di bawah ini ya, Parents!

 

1. Lokasi Sekolah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah survei lokasi. Pilihlah TK yang dekat dari rumah agar Anda tak perlu khawatir tentang keselamatan anak. Anda juga tak perlu menunggu sampai jam pulang sekolah. Waktu tersebut bisa digunakan untuk memasak atau mengerjakan hal lain.

Selain menghemat tenaga, manfaat menyekolahkan anak di TK yang dekat dari rumah juga dapat menimalisir pengeluaran, lho. Anda bahkan bisa mengantar anak dengan berjalan kaki. Jika sekolah berada di jalan raya, Anda bisa mengantar dengan sepeda motor tanpa takut bensin boros. 

Jika Anda memilih sekolah yang jauh dari rumah, anak harus bangun lebih pagi dan menempuh perjalanan yang jauh. Akibatnya, mereka terlanjur kelelahan dan mengantuk saat tiba di sekolah. Minat belajar pun menjadi hilang.

 

2. Fasilitas Sekolah

Tips memilih TK untuk anak(Sumber: Haibunda.com)

Pada masa kanak-kanak, anak lebih senang mengeksplorasi berbagai hal baru yang tidak dapat ditemukan di rumah. Pastikan bahwa TK yang Anda pilih menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang aktivitas anak selama belajar. Mulai dari ruang kelas, taman bermain, toilet, perpustakaan, UKS, kantin, dan peralatan lainnya.

Kebersihan juga menjadi faktor penting yang tak boleh dilupakan. Terlebih, jika anak Anda mengidap alergi atau penyakit tertentu. Jangan sampai mereka tertular virus dan bakteri selama berada di sekolah. Tak masalah lho menanyakan mengenai sanitasi kepada pihak sekolah.

 

3. Kompetensi Guru

Ketika anak di sekolah, peran orang tua digantikan oleh para guru. Anak-anak akan meniru dan menuruti perintah yang diberikan oleh guru mereka. Anda bisa menyisihkan waktu 30 menit untuk melihat metode belajar yang digunakan di TK tersebut. Dari sana, Anda bisa menilai karakter mereka. Apakah penyabar, lemah lembut, tegas, atau sebaliknya.

Anda juga perlu tahu perbandingan jumlah murid dengan guru di dalam kelas. Bila murid terlalu banyak, dikhawatirkan anak tidak mendapat pengajaran secara detail dan mendalam. Anak menjadi susah fokus atau lepas dari pengawasan gurunya.

 

4. Biaya Sekolah

Biaya Sekolah TK (Sumber: News.detik.com)

Biaya sekolah berbanding lurus dengan kualitas TK yang ditawarkan. Tetapi, Anda harus ingat bahwa mahal tak selamanya  bagus, terutama dalam hal pendidikan. Begitupun sebaliknya, biaya SPP taman kanak-kanak yang terjangkau belum tentu memiliki kualitas yang buruk. 

Baik PAUD maupun TK merupakan tahap pendidikan yang paling awal. Masih ada jenjang SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Jangan habiskan budget tanpa berpikir matang tentang masa depan, apalagi hanya menuruti gengsi belaka. Sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki.

Biaya sekolah tak melulu soal uang pangkal dan SPP. Biaya field trip, seragam, alat tulis bahkan hiburan anak pun perlu diperhatikan. Terlebih jika Anda menyekolahkan anak di sekolah bergengsi.

 

5. Kurikulum yang Digunakan 

Setiap sekolah memiliki kurikulum yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mencocokkan karakter dan kebutuhan anak dengan kurikulum yang ditawarkan. Apabila anak senang melakukan kegiatan di luar rumah, Anda bisa mendaftarkannya ke sekolah alam untuk mengasah kemampuan motoriknya.

Jika Anda punya keterbatasan waktu dan ilmu dalam mengajarkan nilai-nilai agama, Anda bisa mempertimbangkan TK dengan model pembelajaran berbasis agama tertentu. Nah, kalau ingin anak fasih berbahasa asing di usia dini, sekolah internasional mungkin bisa jadi pilihan.

 

6. Waktu Belajar

Setiap orang tua pasti mengharapkan hasil terbaik dari sang buah hati. Sebagian dari Anda mungkin tak segan mendaftarkan anak ke full day school agar bisa menyerap pelajaran dengan maksimal. Hal itu tak selamanya berdampak positif, sebab mereka memiliki kemampuan yang berbeda. Pilihlah TK dengan jam belajar yang tidak terlalu panjang agar anak masih memiliki waktu untuk bermain.

Pastikan sekolah yang Anda pilih menekankan pada proses pembelajaran, bukan pada hasil akhir atau nilainya. Sehingga anak Anda tidak hanya dituntut untuk di luar kemampuannya, melainkan didorong untuk bangga atas kerja keras dan minat bakatnya. Dengan demikian, proses belajar terasa lebih menyenangkan.

 

7. Komunitas dan Lingkungan TK

Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak(Sumber: Frisco.co.id)

Tips terakhir dari memilih TK adalah memperhatikan komunitas atau lingkungan di sekolah tersebut. Cek latar belakang para guru, orang tua, dan siswa yang belajar di sana.  Lingkungan sekolah yang positif memberikan banyak pengaruh pada anak, dan membuatnya betah belajar. Sekolah juga menjadi sarana yang tepat untuk anak bisa belajar bersosialisasi. 

---

Jadi, itulah 7 tips memilih sekolah TK yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah mengecek semuanya, agar anak bisa mendapatkan sekolah terbaik yang bisa mengembangkan bakat serta kreatifitasnya. 

Nah, jika Anda masih bingung memilih sekolah TK yang bagus untuk anak, Anda bisa juga memilih Altaschool sebagai pilihan terbaik. Alta School sendiri adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. 

Sekolah ini telah menggunakan kurikulum K-13 dengan metode belajar blended learning. Di Alta School ada berbagai fasilitas belajar yang berguna untuk mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini. Fasilitas tersebut antara lain Live Teaching, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, dan masih banyak lagi. 

sekolah online anak

Sumber: 

Harismi, A. (2022), ‘10 Tips Memilih Sekolah TK Terbaik untuk Anak’, Sehatq.com. 19 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.sehatq.com/artikel/hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-mencari-sekolah-tk

Setyanto, B.D. (2021), ‘8 Kiat Cermat Memilih Sekolah TK Terbaik untuk si Kecil’, Popmama.com, 05 November 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bagasdharma/tips-memilih-sekolah-tk-terbaik-untuk-si-kecil/8

Hatma. T. ‘Tidak Harus Sekolah Elit! Begini 10 Tips Memilih TK Terbaik untuk Anak’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/tips-memilih-sekolah-tk

Rempong. M. (2021). ‘Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan’, Kumparan.com, 23 Oktober 2021 [daring] Available at: https://kumparan.com/mama-rempong/tips-memilih-sekolah-tk-untuk-anak-apa-saja-yang-perlu-diperhatikan-1wlkoeCq3nr/4

Sumber Gambar: 

Fasilitas Sekolah TK [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20191108141556-61-66022/kombinasikan-montessori-agama-tk-ini-jadi-sekolah-pilihan-anak-artis

Uang dalam Amplop [daring]. Available at: https://news.detik.com/berita/d-5642203/warga-jakarta-bakal-terima-bansos-rp-600-ribu-untuk-2-bulan

Anak TK sedang Belajar [daring]. Available at: https://www.friso.co.id/panduan/cara-mengajar-anak-tk-yang-baik-dan-menyenangkan

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar