5 Rekomendasi Cerita Dongeng Untuk Anak, Dijamin Seru dan Mendidik

Nurul Habibah Okt 13, 2021 • 7 min read


Rekomendasi Cerita Dongeng Untuk Anak, Dijamin Seru dan Mendidik“Dongeng merupakan salah satu wadah terbaik untuk menyampaikan berbagai pesan moral kepada anak. Di Artikel ini Anda akan menemukan informasi tentang rekomendasi dongeng terbaik untuk anak-anak”

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi, dan biasanya melibatkan unsur serta kejadian luar biasa. Lalu dongeng juga merupakan cerita yang bersifat turun temurun dari nenek moyang. Ada beberapa jenis dongeng, yakni cerita fabel, cerita legenda, cerita mitos, cerita sage, cerita parabel, dan cerita jenaka. 

Orang tua, seringkali menjadikan dongeng sebagai cerita pengantar tidur untuk anak mereka. Membacakan dongeng dapat membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir kritis. Nah, berikut ada 5 rekomendasi dongeng yang dapat Anda ceritakan pada anak-anak. Selain seru, dongeng-dongeng berikut juga memiliki nilai moral loh.

1. Kisah Kancil dan Buaya

Dongeng kancil dan buaya adalah salah satu dongeng yang sering diceritakan oleh para orang tua. Dongeng ini mengisahkan tentang seekor kancil yang cerdik. Suatu hari ketika kancil ingin menyebrangi sungai, Ia bertemu dengan sekelompok buaya yang lapar. Kancil pun kemudian berusaha berpikir bagaimana caranya Ia dapat menyeberangi sungai tanpa menjadi santapan buaya. 

Nah, akhirnya kancil mengatakan kepada buaya, bahwa Ia bersedia menjadi santapan para buaya. Namun, kancil ragu, apakah dagingnya akan cukup untuk semua buaya yang ada di sana. Oleh karena itu, kancil meminta semua buaya untuk berbaris, agar Ia bisa menghitung jumlah mereka. 

Rekomendasi dongeng untuk anak(Sumber: Youtube)

Para buaya kemudian berbaris rapi mengikuti arahan kancil, hingga akhirnya membentuk formasi yang mirip dengan jembatan. Sambil berhitung, kancil mulai melompati buaya satu persatu dengan cekatan, hingga sampai di pinggir sungai. Sampai di pinggir sungai, kancil langsung mengucapkan terima kasih dan melarikan diri dari para buaya. 

Dari dongeng ini Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak bahwa kita harus berusaha mencari akal untuk mengatasi semua masalah yang tengah dihadapi. Selain itu, dongeng ini juga mengajarkan kepada anak bahwa kecerdikan bisa mengalahkan kekuatan.

2. Kisah Si Singa dan Si Tikus

Dongeng ini berguna mengajarkan kebaikan kepada anak sejak dini. Diceritakan ada seekor tikus yang menjahili seekor singa, ketika sang singa tengah tidur siang. Hal ini membuat singa marah dan ingin memakan sang tikus. 

Sambil meringis ketakutan, tikus meminta maaf dan memohon untuk dilepaskan. Merasa kasihan, akhirnya singa pun melepaskan tikus dan memaafkan kejahilan sang tikus. Setelah singa melepaskan tikus, tikus pun merasa senang. Ia berterima kasih dan berjanji untuk membalas semua kebaikan singa. 

Nah, suatu hari tikus mendengarkan suara singa yang mengaung keras. Ternyata singa saat itu terperangkap di sebuah jaring yang sengaja dipasang oleh pemburu. Singa memohon bantuan kepada tikus, dan dengan sigap tikus membantu mengeluarkan singa dari jaring tersebut, dengan cara menggerogoti jaring sampai rusak. Setelah berhasil, keduanya segera kabur dan menyelamatkan diri.

Dari dongeng ini, Anda bisa mengajarkan kepada anak bahwa kita harus selalu berbuat baik, dan mengingat semua kebaikan yang telah kita terima.

3. Kura-Kura dan Kelinci yang Sombong

Rekomendasi Dongeng Terbaik Untuk Anak(Sumber: Dongenganakdunia.com)

Di suatu hutan, ada seekor kura-kura yang sombong karena merasa dirinya mampu berlari dengan cepat diantara binatang lainnya. Nah, Ia pun menantang semua hewan untuk melakukan lomba lari dengannya. Namun, tidak ada yang mau menerima, kecuali kura-kura, Awalnya kelinci tidak mau berlomba dengan kura-kura karena merasa akan menang telak. Namun, kura-kura tetap mengajaknya untuk berlomba.

Akhirnya mereka berdua melakukan lomba lari. Kelinci berlari dengan cepat meninggalkan kura-kura. Di tengah perjalanan, kelinci merasa lelah dan beristirahat sejenak sambil menunggu kura-kura. Namun, tanpa disengaja kelinci tertidur pulas. Kura-kura yang tak patah semangat terus berlari dengan sekuat tenaga. Melihat kelinci tertidur pun, Ia segera berlari menuju garis finis. Hingga akhirnya kura-kura memenangkan perlombaan. 

Dari dongeng ini, terdapat pesan moral untuk anak supaya tidak menjadi orang yang sombong dan meremehkan orang lain. Selain itu, dongeng ini juga mengajarkan kepada anak untuk tidak mudah menyerah dan teruslah berusaha menggapai mimpi.

4. Kisah Pengembala Biri-biri

Di sebuah desa, ada seorang pemuda yang bekerja sebagai seorang pengembala biri-biri. Suatu hari, karena merasa bosan dengan pekerjaannya yang sama setiap harinya, Ia lalu kepikiran untuk mengerjai orang-orang yang ada di desanya. Sambil berpura-pura panik, Ia berlari menuju desa dan berteriak “ada serigala”.

Warga lalu langsung berlari ke arah padang rumput untuk mengusir serigala tersebut. Akan tetapi di sana ternyata tidak ada serigala. Hanya ada si penggembala yang tertawa senang karena merasa berhasil menipu warga. Penggembala mengulangi keisengan tersebut di lain hari, dan membuat warga sangat marah.

Nah, suatu sore, muncullah seekor serigala sungguhan dari dalam hutan. Si penggembala berteriak ketakutan dan meminta bantuan warga. Namun, saat itu tidak ada lagi warga yang percaya. Serigala menyantap kawanan biri-biri dengan sangat leluasa, sedangkan si penggembala hanya bisa bingung tak bisa berbuat apa-apa. 

Dongeng ini dapat mengajarkan kepada anak untuk jangan suka berbohong. Sebab, berbohong merupakan sifat tercela dan membuat orang lain tidak percaya lagi pada kita.

5. Malin Kundang si Anak Durhaka

Cerita Dongeng Malin Kundang(Sumber: Popmama.com)

Mengisahkan tentang suatu keluarga, yang mempunyai anak laki-laki tampan dan gagah bernama Malin Kundang. Ketika sang anak telah dewasa, Ia memutuskan untuk mencari pekerjaan di luar daerah dan ikut berlayar bersama seorang tetangganya. 

Nah, ketika berlayar, kapal Malin Kundang hancur oleh ulah perompak. Namun, untungnya Ia terdampar di suatu pantai dan dibantu oleh warga sekitar. Di daerah baru ini, Malin Kundang bekerja keras, hingga akhirnya bisa menjadi seorang pedagang sukses, dan menikahi seorang gadis setempat. Setelah itu, Ia memutuskan untuk berlayar ke kampung halamannya bersama sang istri. 

Ketika sang ibu mengetahui Malin Kundang akan pulang, Ia pun ingin menyambut sang anak dengan berbagai masakan kesukaannya. Namun, sayangnya ketika Malin Kundang bertemu ibunya, Ia berpura-pura tidak mengenali ibunya. Sebab, Ia merasa malu karena pakaian ibunya yang lusuh. Akibat hal itu, sang ibu merasa kecewa dan sedih, ibunya pun mengutuk Malin Kundang menjadi sebuah batu.

Dongeng ini memberikan pelajaran kepada anak agar patuh dan berbakti kepada orang tua. Sebab, orang tua sudah merawat dan membesarkan anaknya dengan sepenuh hati.

Itulah 5 dongeng terbaik yang dapat Anda jadikan cerita pengantar tidur untuk anak. Ceritakan dongeng-dongeng di atas agar anak dapat belajar berbagai nilai moral sejak dini secara lebih seru. Untuk membantu anak belajar dengan lebih baik, kini Anda juga dapat berlangganan altaschool

Alta School merupakan salah satu sekolah online yang akan membantu anak belajar dengan metode yang modern dan adaptif. Dengan menggunakan kurikulum K-13, Alta School hadir dengan 8 fasilitas terbaik, seperti Pendidikan Karakter, Home-based Project, Live Teaching, dan lain sebagainya. Nah, jika anak Anda kini berada di jenjang PAUD atau SD kelas 1-3, buruan daftarkan di Alta School ya!

New call-to-action

Sumber:

Kompas. (2020), ‘ ‘Dongeng: Pengertian dan Jenisnya’, Kompas.com, 03 April 2020 [daring] Available at: https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/03/193000469/dongeng--pengertian-dan-jenisnya

Handayani, D. (2019), ‘Hari Dongeng Sedunia! Ini 7 Dongeng Terbaik Untuk Anak Umur 1-3 Tahun’, Popmama.com, 20 Maret 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/donahandayani/dongeng-terbaik-untuk-anak-umur-1-sampai-3-tahun/7

Ibu dan Balita. (2021), ‘ 6 Dongeng Bagus Sebelum Tidur Untuk Anak’, IbudanBalita.com, 30 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.ibudanbalita.com/artikel/6-rekomendasi-dongeng-sebelum-tidur-yang-bagus-untuk-anak

Anisya, N. (2021), ‘Banyak Pesan Moral, 10 Dongeng Anak Untuk Diceritakan Sebelum Tidur’, Popmama.com, 19 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ninda/dongeng-anak-terbaik-untuk-diceritakan-sebelum-tidur/5

Sumber Gambar

Dongeng Kancil [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=VK-PcoAmgwY

Dongeng Kura-kura dan Kelinci yang Sombong [daring]. Available at: https://www.dongenganakdunia.com/2016/02/sang-kura-kura-dan-sang-kelinci-yunani.html

Dongeng Malin Kundang si Anak Durhaka [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/jemima/dongeng-anak-malin-kundang-anak-durhaka

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar