5 Tips Bekal Sehat Tapi Simpel untuk Anak Sekolah

Nurul Habibah Jan 14, 2022 • 6 min read


Pengasuhan Anak - Tips Bekal Sehat Tapi Simpel untuk Anak Sekolah-01“Menyiapkan bekal untuk anak setiap hari tidak hanya membantu Ia hemat namun juga memastikan makanannya sehat. Artikel ini memberikan informasi tentang tips bekal sehat untuk anak sekolah”

Menyiapkan bekal ke sekolah setiap hari adalah salah satu cara orang tua memastikan makanan anaknya bersih dan sehat. Namun, tahukah Anda bahwa membawa bekal tidak hanya membantu anak menghemat uang saku, tetapi juga membantu menggantikan energi anak yang hilang akibat beraktivitas sejak pagi. 

Untuk anak yang berusia 6-9 tahun, membawa bekal sangatlah penting, karena anak-anak di umur ini tengah dalam masa pertumbuhan. Tumbuh kembang anak di umur tersebut meliputi perkembangan kognitif, perkembangan fisik, dan lain sebagainya. Nah, selama masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan banyak asupan zat gizi setiap hari. Dengan membawakan bekal ke sekolah, maka Anda sudah membantu memenuhi kebutuhan tersebut. 

Tips Bekal Sehat untuk Anak(Sumber: Finansialku.com)

Nah, sebelum Anda membuatkan bekal untuk anak, cek dulu yuk 5 tips membuat bekal sehat, berikut ini:

1. Penuhi Kebutuhan Lemak Hariannya

Anak-anak membutuhkan lemak dalam makanannya supaya tetap berenergi dan lebih mudah untuk berkonsentrasi ketika di sekolah. Beberapa sumber lemak baik yang dapat Anda jadikan bekal untuk anak adalah keju, kacang-kacangan, minyak, mentega, dan daging. 

Selain itu, jangan lupa bekali juga anak dengan makanan yang mengandung lemak baik HDL, contohnya ikan salmon dan ikan tongkol. Nah, meski lemak baik untuk anak, tapi konsumsi lemak juga perlu dibatasi ya. Jangan biarkan anak mengkonsumsi lemak lebih dari 67 gram per hari. 

2. Berikan Minuman yang Sehat

Bekal tidak hanya sebatas makanan saja, namun Anda juga bisa membekali Ia dengan minuman yang sehat, seperti air putih dan susu. Anak-anak umumnya membutuhkan 2-3 gelas susu setiap hari. Namun, jika anak Anda tidak suka minum susu, maka Anda bisa menggantinya dengan jus buah murni yang Anda olah sendiri. Jangan berikan jus kemasan atau pun jus yang ditambah dengan gula. 

3. Pilih Buah-buahan dan Sayuran Segar

Seperti yang Anda ketahui, buah-buahan dan sayuran kaya nutrisi karena kandungan vitamin dan seratnya yang banyak. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, maka sebaiknya Anda memberikan anak-anak buah dan sayur sebanyak 300-400 gram setiap hari. 

Bekal Sehat Untuk Anak Sekolah(Sumber: Nakita.grid.id)

Berikan anak buah-buahan segar untuk bekal ke sekolah, jangan buah dalam bentuk jus kalengan atau kemasan. Sedangkan untuk sayuran, batasi pemberian sayuran beku atau kalengan, sebab mengandung sodium yang tinggi. Usahakan memilih sayuran segar untuk diolah setiap hari.

4. Berikan Biji-bijian untuk Lengkapi Nutrisinya

Memberikan anak bekal dari bahan biji-bijian juga merupakan hal penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Beberapa jenis biji-bijian yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Oatmeal, popcorn, quinoa. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh atau beras merah. 

5. Lengkapi Bekalnya dengan Makanan Bergizi Seimbang

Rekomendasi Bekal untuk Anak(Sumber: Kompas.com)

Bekal yang sehat tentunya bekal yang memiliki gizi seimbang. Jadi, sebaiknya bekal yang Anda buatkan untuk anak terdiri dari buah-buahan, sayuran, daging atau makanan berprotein, biji-bijian, dan tentunya susu atau produk susu olahan. Makanan dengan gizi seimbang sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak, terutama untuk anak yang masih sekolah serta banyak menghabiskan waktu diluar dan rentan terhadap penyakit. 

Nah, setelah Anda paham tips membuat bekal sehat untuk anak, berikut ada satu menu bekal ke sekolah yang bisa Anda berikan untuk anak, yakni burger tempe. Gimana sih cara membuat menu ini, simak ya!

Bahan: 

  • 150 gram tempe, kukus hingga matang dan haluskan
  • 4 buah roti burger
  • 25 gram tepung roti
  • 2 butir telur ayam
  • 1 siung bawang putih, cincang halus dan tumis
  • 4 sendok saus tomat
  • Keju slice, selada air, irisan tomat dan mentimun sebagai pelengkap
  • ½ sdm margarin
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat: 

  1. Campurkan tempe dengan tepung roti, tumis bawang putih, garam, serta merica, dan aduk semua bahan hingga rata
  2. Masukkan telur ke dalam adonan tempe, lalu aduk hingga rata
  3. Bentuk menjadi bulat pipih, seperti patty untuk isian burger
  4. Panaskan margarin, dan goreng tempe hingga matang kecoklatan
  5. Sambil menggoreng, siapkan roti burger, tambahkan saus tomat, isi dengan tempe yang telah digoreng, beri selembar keju, selada, irisan mentimun serta tomat.

Jadi, itulah tips bekal sehat untuk anak sekolah yang dapat Anda coba. Buat Anda yang memiliki anak di usia sekolah PAUD hingga kelas 4 SD, jangan lupa daftarkan Ia di altaschool ya. 

Alta School merupakan sekolah online dengan konsep homeschooling yang menggunakan metode belajar blended learning. Sekolah online ini telah menggunakan kurikulum K-13. Selain itu, anak-anak dapat belajar menggunakan berbagai fasilitas terbaik, seperti Live Teaching, Home-based Project, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi.

sekolah online anak

Sumber: 

Agustin, S. (2021), ‘5 Tips Membuat Bekal Sekolah Anak’, Alodokter.com, 16 Juni 2021 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/tips-membuat-bekal-sekolah-anak

Setiaputri, K.A. (2021), ‘5 Inspirasi Resep Bekal Sekolah Anak yang Lezat dan Mengenyangkan’, Hellosehat.com, 08 Juni 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/resep-bekal-anak-sekolah/

 Tanhati, S. (2019), ‘7 Ide Bekal Sekolah yang Menggugah Selera untuk Anak SD’, Popmama.com, 28 Desember 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sysilia-tanhati/ide-bekal-sekolah-untuk-anak/5

Sumber Gambar: 

Bekal Sehat dan Menarik [daring]. Available at: https://www.finansialku.com/resep-bekal-sekolah-anak/

Buah dan Sayuran Segar [daring]. Available at: https://nakita.grid.id/read/023574/kiat-agar-buah-dan-sayur-tahan-dan-segar-lebih-lama?page=all

Makanan Bergizi Seimbang [daring] Available at: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/11/131500969/pembelajaran-makanan-bergizi?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar