6 Tips Mengatasi Anak Tantrum yang Penting untuk Diketahui

Nurul Habibah Nov 12, 2021 • 6 min read


Pengasuhan Anak - Beberapa Tips Mengatasi Anak Tantrum-01

“Anda sering melihat anak menangis kencang dan berteriak? Nah, hal tersebut disebabkan karena anak mengalami tantrum. Dalam tulisan ini terdapat informasi tentang cara mengatasi tantrum pada anak. Simak yuk!”

Pernahkah anak Anda mengalami Tantrum? Tantrum adalah keadaan ketika anak meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang, berteriak, berguling-guling di lantai, menendang, dan melempar barang. 

Tantrum terjadi, karena anak belum bisa menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa kesal dan frustasi mereka, ketika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Anak mengalami tantrum seringkali pada saat mereka berusia 1-4 tahun. Namun, tidak hanya pada anak kecil, tantrum ternyata juga bisa dialami oleh orang dewasa. 

Tips Mengatasi Anak Tantrum(Sumber: Halodoc.com)

Ketika anak mengalami tantrum, sebagian orang tua mungkin panik dan ikut terbawa emosi. Padahal, jika Anda marah kepada anak di saat tersebut, itu tidak dapat menyelesaikan tantrum anak. Oleh sebab itu, agar Anda bisa mengatasi masalah tantrum pada anak, sebaiknya kenali dulu beberapa penyebab tantrum. 

    1. Merasa lapar
    2. Gerah atau kepanasan
    3. Jenuh atau rasa bosan
    4. Mengalami sakit perut atau masalah pencernaan lainnya
    5. Merasa Haus 
    6. Tidak nyaman dalam suatu ruangan
    7. Membutuhkan kehangatan
    8. Anak buang air besar
    9. Overstimulation
    10. Merasa tidak didengarkan

Nah, setelah Anda paham penyebab tantrum pada anak, berikut ada 6 cara mengatasi tantrum pada anak yang perlu diketahui.

1. Jangan Panik

Ketika Anda melihat anak mulai mengalami tantrum, sebaiknya Anda jangan panik. Sebab, jika Anda panik, maka Anda tidak dapat berpikir jernih untuk mengatasi perilaku anak. Saat anak mengalami tantrum, cobalah untuk menarik napas dengan dalam dan tenang. Nah, jika sudah tenang, baru pikirkan langkah selanjutnya.  

Cara Mengatasi Anak Tantrum(Sumber: Indozone.id)

2. Cari Tahu Penyebab Tantrum

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali penyebab terjadinya tantrum pada anak. Maka, ketika anak tantrum, cari tahulah terlebih dahulu apa penyebabnya. Kalau anak belum bisa berbicara, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menanyakan secara langsung, “Apakah kamu lapar”, atau “kamu kepanasan?”. Anak mungkin bisa mengangguk dan menggeleng. Jika penyebab tantrumnya sudah diketahui, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara mudah.

3. Alihkan Perhatian Anak

Anak-anak seringkali mudah melupakan sesuatu dan tertarik dengan hal baru. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan situasi ini untuk mengalihkan perhatian anak saat tantrum. Contohnya, Anda bisa memberikan mainan yang sudah lama tidak dimainkan, atau bisa juga memberikan cemilan kesukaannya ketika anak marah, berteriak atau terlihat rewel. 

4. Jangan Memukul Anak

Pola asuh otoritatif lebih cocok diterapkan untuk mengatasi anak tantrum. Jadi, jangan memukul atau mencubit anak, sebab hal tersebut bisa membuat anak terbiasa memukul saat mau menyampaikan keinginannya. 

Tips Hadapi Anak Tantrum(Sumber: Haibunda.com)

Sebagai gantinya, Anda bisa memeluk atau mencium anak untuk bisa menenangkan emosinya. Tidak hanya bisa menenangkan, pelukan dan ciuman yang Anda berikan kepada anak bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dan mencintai mereka. 

5. Beri Waktu dan Tunggu Anak Tenang

Saat anak tantrum di rumah, maka berilah Ia waktu sekitar 1-3 menit untuk menenangkan diri, dengan meninggalkannya sendiri tanpa mengikuti keinginannya. Minta anak untuk duduk disebuah kursi, hingga Ia tenang. Jika kemarahan anak sudah reda, Anda bisa mengajaknya berbicara dan menjelaskan kepadanya bahwa tindakannya tidak bisa diterima. Jangan lupa juga jelaskan alasan mengapa Ia diminta duduk di kursi tersebut. 

Kalau anak mengalami tantrum di luar rumah, atau ditempat umum, maka jika memungkinkan, jangan beri perhatian lebih terhadap sikapnya. Namun, jika sikap tantrum yang ditunjukkan cukup berbahaya, seperti melempar-lempar barang, maka sebaiknya bawa Anak ke lokasi yang tertutup untuk menenangkannya. 

6. Hindari Mengumbar Janji

Anak biasanya selalu ingat dengan janji yang Anda buat dan selalu menagih nya hingga terpenuhi. Memberi janji tanpa menepatinya juga membuat anak belajar untuk ingkar janji. Oleh sebab itu, salah satu cara menenangkan anak tantrum adalah dengan tidak mengumbar janji-janji kepadanya. Contohnya Anda berjanji jika anak berhenti menangis, Anda akan membelikan mainan.

Jadi, itulah 6 cara mengatasi anak tantrum yang dapat Anda coba. Tantrum pada umumnya dapat mereda sendiri seiring berkembangnya kemampuan anak dalam mengekspresikan perasaannya, serta bisa mengendalikan diri. Teknik parenting  yang tepat dan baik dapat membantu terbentuknya karakter positif pada anak, Ia dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dan bekerjasama.

Nah, agar anak semakin mudah berkomunikasi dan bisa memiliki kecerdasan emosi yang lebih baik, kini Anda bisa mendaftarkan Ia di altaschool loh. Alta School merupakan salah satu sekolah online untuk anak di jenjang pendidikan PAUD hingga kelas 3 SD. 

Di Alta School anak bisa mendapatkan banyak fasilitas belajar menarik, yang salah satunya adalah Pendidikan Karakter. Melalui Pendidikan karakter, anak bisa mendapatkan sesi mindfulness dan konseling untuk membangun kecerdasan sosial dan emosi pada anak. Di samping fasilitas tersebut, juga masih tersedia fasilitas belajar lainnya, seperti Home-Based Project, Live Teaching, Learning Kit, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber:

Fahlevi, R. (2021), ‘Cara Tepat untuk Mengatasi Anak Tantrum’, Klikdokter.com, 01 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635389/cara-tepat-untuk-mengatasi-anak-tantrum

Nareza, M. (2020), ‘Tenang Bunda, Ini Tips Mengatasi Anak Tantrum’, Alodokter.com, 04 September 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/tenang-bunda-ini-tips-menangani-tantrum-pada-balita

Bebeclub. (2019), ‘10 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Tantrum dengan Tepat’, Bebeclub.co.id, 27 November 2019 [daring] Available at: https://bebeclub.co.id/artikel/detail/balita/kesehatan-anak/cara-mengatasi-tantrum-pada-anak

Pane, M.D.C (2019), ‘Begini Cara Mengatasi Tantrum pada Anak’, Alodokter.com, 12 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/begini-cara-mengatasi-tantrum-pada-anak

Sumber Gambar: 

Anak Menangis di Tempat Umum [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/tips-mengatasi-anak-tantrum-di-tempat-umum

Anak Berguling Saat Tantrum [daring]. Available at: https://www.indozone.id/life/d5sOnZ/10-cara-mengatasi-anak-tantrum-di-tempat-umum

Peluk Anak Saat Tantrum [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20200704152515-62-149836/cara-unik-mengatasi-anak-sering-tantrum-bunda-tak-stres-lagi

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar