Biar Tidak Bosan, Coba Lakukan 8 Aktivitas ini Bersama Keluarga di Rumah

Nurul Habibah Sep 24, 2021 • 6 min read


Aktivitas_&_Hobi_-_Biar_Tidak_Bosan,_Coba_Lakukan_Aktivitas_ini_Bersama_Keluarga_di_Rumah-01

“Artikel ini berisi informasi tentang 8 aktivitas yang dapat Anda lakukan di rumah bersama keluarga untuk lebih produktif”

Belum berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat kita masih tetap harus melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Baik itu bekerja, belajar, beribadah, dan kegiatan lainnya yang biasa dilaksanakan di luar rumah. Hal ini mungkin awalnya cukup menyenangkan, karena kini kita bisa punya waktu lebih banyak untuk berkumpul dengan keluarga. Terutama bagi para orang tua, yang sebelumnya jarang sekali punya waktu berkumpul dengan anak-anak, akibat tuntutan pekerjaan.

Namun, berbulan-bulan melakukan aktivitas hanya dari rumah, tentu juga bisa membuat Anda dan keluarga merasa bosan. Apalagi bagi anak-anak, yang sebelumnya terbiasa bermain bersama teman-temannya di sekolah.

Sebenarnya ada gak sih aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga?

Nah, dalam tulisan kali ini ada 8 aktivitas seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga saat di rumah saja. Aktivitas-aktivitas berikut tidak hanya menghilangkan rasa bosan, namun juga bisa membantu Anda dan keluarga untuk tetap produktif serta tetap sehat. Buat Anda yang penasaran, simak penjelasan berikut ya!

1. Olahraga Bersama

Sebelum Anda dan keluarga mulai bekerja, ada baiknya menyempatkan diri terlebih dahulu untuk berolahraga bersama. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, Anda bisa mulai dengan yoga. Apalagi, kini sudah banyak tutorial yoga yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Yoga pada dasarnya bisa memberikan banyak manfaat loh. Diantaranya dapat meningkatkan kapasitas paru-paru serta pernapasan, membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, meredakan kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan level energi, mengurangi kelelahan fisik maupun mental, meningkatkan fokus, dan bahkan bisa meningkatkan fungsi motorik halus.

Aktivitas Bersama Keluarga di Rumah

(Sumber: Popmama.com)

2. Berjemur Bersama

Selain melakukan kegiatan olahraga bersama, juga penting untuk mengajak keluarga berjemur di pagi hari. Kegiatan berjemur dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda dan keluarga. Sebab, sinar matahari pagi menghasilkan cahaya, panas juga ultraviolet terutama B yang baik untuk tubuh.

Anda serta keluarga dianjurkan untuk berjemur sekitar pukul 10.00 pagi, selama kurang lebih 15 menit. Pada jam tersebut sinar ultraviolet B (UVB) sangat baik untuk tubuh, karena bisa menjadi sumber kekebalan tubuh manusia.

3. Memasak Bersama

Biasanya kegiatan memasak seringkali dilakukan oleh ibu. Namun, dengan berkumpulnya anggota keluarga di rumah, tidak ada salahnya Anda mengajak pasangan serta anak-anak untuk bereksperimen di dapur. Anda bisa mencoba memasak berbagai menu sederhana dan sehat.

Selain dapat menghasilkan hidangan lezat dan sehat, kegiatan memasak bersama juga dapat membangun kedekatan antara anak dengan orang tua.

4. Berkebun Bersama

Kegiatan berkebun belakangan menjadi aktivitas yang banyak dilirik. Anda bisa mengajak anak-anak untuk belajar berkebun, dengan menanam berbagai jenis tanaman yang mudah dirawat. Diantaranya adalah lidah mertua, lidah buaya, kaktus, monstera, dan sirih gading.

Nah, tanaman-taman di atas juga sangat cocok bagi Anda yang tidak punya cukup lahan untuk berkebun. Sebab, tanaman tersebut adalah tanaman dalam ruangan (indoor) yang mudah untuk dipelihara. Kegiatan berkebun juga mempunyai banyak manfaat untuk anak-anak. Diantaranya mengembangkan kemampuan sensorik anak, mengajarkan tanggung jawab dan kesabaran, mengajarkan anak pentingnya menjaga lingkungan, serta mengenalkan anak dengan berbagai jenis tanaman.

5. Menonton Film Keluarga

Menonton merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan kejenuhan. Namun, keseringan menonton sendirian juga akan membosankan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengajak pasangan dan anak-anak untuk menikmati berbagai film keluarga.

Pilihlah film-film seru yang memiliki pesan moral dan mengedukasi, seperti Sabtu Bersama Bapak, Home Alone, Lion King, Keluarga cemara dan lain sebagainya. Disamping itu, jangan lupa juga siapkan cemilan sederhana untuk membuat suasana menonton semakin menyenangkan.

6. Membaca Buku

Di waktu luang, Anda bisa menyempatkan diri untuk menjernihkan pikiran dengan membaca buku bersama anak. Pilihlah buku-buku favorit si anak dan bacalah bersama. Setelah nya Anda bisa meminta anak untuk menceritakan kembali isi buku tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menilai bagaimana daya tangkap dan daya ingat sang anak.

Aktivitas Seru Bersama Anak Di Rumah(Sumber: cantik.tempo.co)

Kegiatan membaca buku juga mempunyai berbagai manfaat untuk anak Anda. Diantaranya menambah kosa kata baru, mengasah keterampilan berbahasa, memiliki analisis yang tajam, cemerlang di bidang akademis, serta bisa mengajarkan anak berempati. Setelah membaca buku bersama, Anda juga bisa loh mengajak anak untuk bermain peran sesuai dengan buku yang telah dibaca.

7. Melakukan Sesi Curhat

Sesi curhat adalah salah satu kegiatan bersama yang penting untuk Anda coba di rumah. Sesi curhat tidak hanya dapat membangun keakraban antara orang tua dan anak, namun juga bisa membangun dan menjaga komunikasi. Selain itu, sesi curhat juga dapat berguna untuk menambahkan rasa saling percaya dan merasa dipercaya.

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda, ada yang memang bisa langsung bercerita saat ada masalah, namun ada juga yang sulit menyampaikan masalahnya. Apalagi jika Anda biasanya jarang mempunyai waktu bersama, sehingga keinginan untuk bercerita semakin kecil dan bahkan sering merasa canggung untuk bercerita. Melalui sesi curhat, Anda bisa melatih anak untuk bersikap jujur dan  terbuka kepada orang tua. Menanamkan sifat jujur dan terbuka kepada anak sejak dini, bermanfaat untuk anak terbiasa mengakui kesalahannya, dan orang tua juga bisa memahami cara yang tepat untuk merespon, agar anak tidak merasa disalahkan. Selain itu, anak juga akan mudah dipercaya oleh banyak orang, serta dapat merasakan hidup yang damai dan sejahtera. 

8. Mendampingi Anak Belajar Online

Kegiatan seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mendampingi anak belajar online. Selama  kebijakan belajar dari rumah terus dilakukan, maka sebaiknya Anda tetap mendampingi anak untuk belajar di rumah. Ciptakanlah suasana belajar yang menyenangkan. Anda bisa mencoba menyediakan ruangan khusus belajar untuk anak. Lengkapi ruangan tersebut dengan peralatan yang dibutuhkan, seperti meja dan kursi yang nyaman, laptop, serta peralatan lainnya, yang membuat anak semakin bersemangat untuk belajar.

Jadi, itulah 8 aktivitas seru yang dapat Anda coba di rumah bersama keluarga. Nah, untuk membantu anak-anak belajar online di rumah, kini Anda dapat menggunakan altaschool loh. Di sini Anda akan menemukan fasilitas-fasilitas belajar terbaik dengan berbagai manfaat. Diantaranya ada Live Teaching, Kelas Tambahan, Learning Kit, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Abdillah, F. (2021). ‘Anti Bosan! Lakukan Aktivitas Berikut Bersama Keluarga Di Rumah’, Ruangguru.com, 1 April 2021 [online] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/aktivitas-bersama-keluarga-di-rumah 

Novitasari,Y. (2020). ‘5 Kegiatan Bersama Keluarga agar Tidak Bosan selama #diRumahAja’, Kumparan.com, 30 April 2020 [online] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-kegiatan-bersama-keluarga-agar-tidak-bosan-selama-dirumahaja-1tJqJiwmbRs/full

Kompas. (2020). ‘Wajib Coba Ragam Kegiatan Ini agar Tak Bosan Beraktivitas di Rumah’, Kompas.com, 28 Juli 2020 [online] Available at: https://biz.kompas.com/read/2020/07/28/200940428/wajib-coba-ragam-kegiatan-ini-agar-tak-bosan-beraktivitas-di-rumah

Fadli, Rizal. (2020). ‘Ini 6 Manfaat Mengajak Anak Berkebun’, halodoc.com, 04 Juni 2020 [online] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-mengajak-anak-berkebun

Zulvi, Floria. (2021). ‘7+ Contoh dan Manfaat Perilaku Jujur untuk Diajarkan pada Si Kecil, Yuk Lakukan!’, orami.co.id, 03 Agustus 2021 [online] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/contoh-dan-manfaat-perilaku-jujur/

Sumber Gambar:

Pose Yoga dan Manfaatnya Untuk Anak [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/sysilia-tanhati/pose-yoga-yang-mudah-dan-seru-untuk-anak

Pentingnya Orang Tua Membaca Buku Bersama Anak [daring]. Available at: https://cantik.tempo.co/read/1156606/pentingnya-orang-tua-membaca-buku-bersama-anak-di-usia-sekolah

 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar