Tanda Anak Kecanduan Gadget, Dampak & Cara Mengatasinya

Nurul Habibah Des 23, 2022 • 8 min read


Anak Kecanduan Gadget

"Meski mempunyai manfaat, penggunaan gadget berlebihan pada anak juga memicu efek samping. Kenali gejala dan tips mengatasi anak kecanduan gadget."

---

Sebagai orang tua dengan mobilitas tinggi, Anda dan pasangan mengizinkan anak untuk menggunakan gadget di usia dini. Gadget berfungsi sebagai alat komunikasi, mencari informasi, serta hiburan. Melalui gadget, anak bisa mencari tahu hal-hal di internet tanpa perlu bertanya pada orang tua. Gadget juga dimanfaatkan untuk penunjang kegiatan belajar online.

Namun, apakah Anda menyadari bahwa gadget memiliki dampak negatif terhadap anak? Sebagian orang tua membiarkan anak-anaknya berselancar di internet tanpa batasan waktu. Kesibukan mereka menjadi salah satu alasan gadget dipilih sebagai "teman bermain" untuk anak. Lambat laun, anak mulai kecanduan gadget dan sulit untuk berhenti.

 

Anak Kecanduan GadgetAnak sedang bermain ponsel (Sumber: Sehatq.com)

Lantas, apa saja tanda-tanda anak kecanduan gadget? Apa dampak negatif dan tips untuk mengurangi ketergantungan mereka pada HP atau tablet? Yuk, simak ulasan berikut!

 

Tanda Anak Kecanduan Gadget

1. Menolak untuk Berhenti

Ketergantungan anak pada gadget membuatnya enggan berpisah walau hanya sebentar. Anak bisa saja mengamuk, menangis, atau marah saat Anda berusaha menyimpan gadget. Anak menganggap benda itu adalah satu-satunya teman bermain paling menyenangkan yang ia punya.

2. Mengasingkan Diri

Pernahkah Anda melihat anak memilih untuk menyendiri dibanding bermain dengan teman atau saudara seusianya? Hal ini merupakan salah satu tanda anak yang bergantung pada gadget. Ia tak segan mengacuhkan orang-orang di sekelilingnya asalkan bisa terus bermain dan menatap layar. 

3. Kehilangan Minat Beraktivitas

Ketergantungan pada ponsel atau tablet membuat anak malas melakukan aktivitas lain. Jangankan untuk belajar, untuk makan dan mandi pun Anda harus mengerahkan tenaga ekstra. Seluruh perhatian anak telah terfokus pada gadget, sehingga ia tidak memiliki ketertarikan untuk melakukan kegiatan lain.

Baca juga: 8 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak, Sudah Coba?

 

Dampak Anak Kecanduan Gadget

1. Speech Delay

Saat bermain gadget, perhatian anak teralihkan oleh visual yang disajikan di layar ponsel atau tablet. Orang-orang yang mengajaknya bicara mungkin saja tidak direspon atau bahkan tidak didengar. Hal ini bisa menghambat kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan sesama.

2. Jam Tidur Berantakan

Layaknya orang dewasa, anak rela begadang demi menyelesaikan permainan atau menonton video kesukaannya di internet. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy Sleep Medicine, anak usia 1 - 2 tahun setidaknya membutuhkan waktu 11 sampai 14 jam untuk tidur. Sedangkan anak usia 3 - 5 tahun memerlukan 10 sampai 13 jam untuk tidur.

3. Gangguan Kesehatan

Penggunaan gadget berlebihan dapat menyebabkan mata minus pada anak. Selain itu, postur tubuh mereka bisa saja tidak berkembang sempurna karena sering menunduk atau duduk di posisi yang salah. Anak menjadi tidak aktif bergerak, kurang terpapar sinar matahari, serta memicu insomnia.

 

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

1. Batasi serta Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Langkah awal yang bisa Anda coba adalah dengan membatasi waktu untuk anak mengakses gadget. Anda bisa memberinya waktu 1 hingga 2 jam dalam sehari untuk menggunakan gadget. Namun, jangan lupa awasi juga anak ketika menggunakan gadget mereka. Ini berguna agar anak tidak mengakses konten-konten yang belum pantas untuk seusia mereka. 

Ketika menerapkan batasan penggunaan gadget Anda harus benar-benar tegas. Latih anak untuk terbiasa meminta izin sebelum bermain gadget, serta bisa mengembalikan dengan baik setelah digunakan. Nah, jangan lupa simpan gadget di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga Ia tidak dapat menggunakannya tanpa seizin Anda. 

 

2. Buat Aktivitas Menyenangkan Bersama Anak

Agar anak Anda tidak terus-terus memikirkan gadget, coba alihkan perhatiannya dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Anda bisa mencoba mengajak anak untuk berolahraga bersama, membuat gambar atau melukis bersama, berkebun bersama di luar rumah, membaca buku yang Ia suka, atau bahkan mengajaknya membantu Anda memasak. 

Nah, Anda bisa juga mengajak anak untuk jalan-jalan ke taman yang dekat dari rumah. Sehingga Ia bisa bersosialisasi dan bermain bersama anak-anak sebayanya. Selain itu, Anda bahkan dapat mengundang anak-anak di sekitar rumah untuk berkunjung dan bermain bersama anak Anda. 

 

3. Beritahu Bahaya Menggunakan Gadget Terlalu Lama

Anda bisa juga menjelaskan kepada anak tentang bahaya penggunaan gadget terlalu lama. Anda bisa memberitahunya bahwa Ia bisa mengalami obesitas atau sakit mata jika terlalu lama duduk bermain gadget dan jarang bermain di luar. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti agar anak paham apa yang Anda jelaskan. 

Kemudian, Anda bisa memberitahu anak bahwa gadget dan internet adalah tempat yang berbahaya untuk anak-anak, apalagi jika Ia sudah bermain media sosial. Tidak apa-apa jika Anda menjelaskan tentang orang yang melakukan kejahatan melalui media sosial. Namun, jangan lupa diskusikan juga dengan anak tentang cara menghindari bahaya seperti itu. Contohnya, menyepakati dengan anak bahwa penggunaan gadget harus dibawah pengawasan Anda.

Baca juga: 8 Aktivitas Seru Orang Tua dan Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

 

4. Tetapkan Wilayah Bebas Gadget di Rumah

Bahaya Kecanduan GadgetAnak menangis saat tabletnya diambil (Sumber: Liputan6.com)

Menentukan wilayah bebas gadget di rumah juga bisa membantu anak untuk tidak kecanduan bermain gadget. Anda bisa menentukan wilayah bebas gadget seperti di ruang keluarga, ruang makan, atau kamar tidur. Di tiga ruang tersebut tidak boleh ada yang bermain gadget. Jadi aturan ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak, namun Anda dan semua yang ada di sana harus menaati aturan tersebut. Sebab Anak-anak tentu akan melihat dan meniru apa yang dilakukan orang tua dan lingkungannya, jadi semua harus menjadi contoh yang baik. 

 

5. Perbanyak Waktu Bersama Anak

Salah satu alasan mengapa anak bisa kecanduan gadget adalah kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk. Beberapa orang tua bahkan sengaja memberikan gadget ketika mengasuh anak mereka, agar mereka bisa sambil melakukan pekerjaan lain. 

Supaya anak Anda tidak bergantung pada gadget, sebaiknya coba bagi waktu Anda dengan baik. Jangan lupa berikan waktu untuk menemani anak-anak agar mereka juga merasa diperhatikan. Perhatian dan kehadiran orang tua di samping Anak merupakan salah satu faktor yang membantu tumbuh kembang anak lebih baik.

---

Jadi, itulah tanda, dampak, dan cara mencegah anak dari ketergantungan gadget. Agar lebih bermanfaat, tak ada salahnya untuk menggunakan gadget sebagai sarana belajar, salah satunya dengan mendaftarkan mereka di Altaschool.  

Alta School merupakan sekolah online dengan konsep homeschooling. Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak di tingkat PAUD hingga SD. Melalui metode belajar blended learning sekolah online ini dapat membantu anak Anda mengembangkan minat serta kreativitasnya sejak dini. Beberapa fasilitas belajar yang seru juga bisa dirasakan oleh anak-anak, seperti Live Teaching, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Learning Kit, dan lain sebagainya.

sekolah online anak

Sumber: 

Nareza, M. (2020), ‘Ini Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget’, Alodokter.com, 08 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/ini-cara-mengatasi-anak-yang-kecanduan-gadget

Anisya, N. (2020), ‘7 Cara Efektif Mengatasi Anak Kecanduan Gadget saat di Rumah Saja’, Popmama.com, 05 Agustus 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ninda/cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak/7

Pintek. (2020), ‘7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak (Efektif)’, Pintek.id. 16 Oktober 2020 [daring] Available at: https://pintek.id/blog/kecanduan-gadget/

Children. Healthy. (2022), ' Healthy Sleep Habits: How Many Hours Does Your Child Need?', Healthy Children, 12 Desember 2022 [Daring]. Available at: https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/sleep/Pages/healthy-sleep-habits-how-many-hours-does-your-child-need.aspx

Sumber Gambar:

Anak yang Main Hp dalam Kamar [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/cegah-anak-kecanduan-gadget-dengan-tips-ini

Anak-anak Bermain di Taman [daring]. Available at: https://www.cussonskids.co.id/bermain-bersama-anak/

Anak Menangis Meminta Gadget [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/4486752/6-cara-mendidik-anak-agar-tidak-kecanduan-gadget

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar