Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1-3 Tahun

mainan-edukasi-anak-usia-1-2-3-tahun

Mari simak beberapa rekomendasi mainan edukasi untuk anak usia 1 sampai 3 tahun yang bisa Ayah dan Bunda jadikan pilihan.

Apakah Ayah dan Bunda sering mengajak si kecil bermain? Bermain memang merupakan bagian dari dunia anak-anak. Mereka dapat sangat aktif bereksplorasi, menjelajah hal-hal yang ingin mereka ketahui dan pelajari.

Lewat bermain, anak dapat mengembangkan kemampuan motorik mereka. Tidak hanya itu, kemampuan imajinasi, kreatifitas, pemecahan masalah, serta  kemampuan lain yang menjadi penunjang perkembangan anak juga terasah.

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk menyediakan mainan yang tepat, sesuai dengan usia mereka. Nah, Ayah/Bunda, di artikel kali ini, akan dibahas rekomendasi permainan edukasi khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya!

 

Proses Tumbuh Kembang Anak Usia 1 – 3 Tahun

Seiring bertambahnya usia, proses tumbuh kembang anak juga berbeda, lho. Dengan mengetahui proses ini, kita akan tahu, bagaimana cara mendukung kemampuan si kecil secara optimal.

 

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Pada usia 1 tahun, anak mampu menggerakkan lebih banyak bagian tubuhnya. Contohnya, berdiri, belajar melangkah, membolak-balikkan buku, mengangkat sendok, sampai menggenggam makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.  

Perbendaharaan kata mereka juga berkembang sangat pesat. Mereka mampu mengucapkan satu atau dua kosa kata, bahkan lebih. Anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa diajari untuk memecahkan masalah sederhana.

 

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Di usia 2-3 tahun, anak memasuki fase batita. Si kecil mulai bisa berlari kecil, menaiki tangga secara perlahan, menjinjit, atau bahkan menendang bola. Kemampuan imajinasi anak mulai berkembang.

Mereka dapat berfantasi, bermain dengan mainannya sendiri. Kemampuan bahasa mereka juga semakin meningkat dengan dapat mengetahui nama-nama benda, hewan, buah, atau mengikuti perkataan orang dewasa.

 

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Masuk ke usia 3 tahun, anak sudah sangat aktif. Mereka sudah bisa berlari, memanjat, lompat, belajar memakai pakaian sendiri, menggenggam pensil, dan memahami fungsi jenis kelamin mereka sendiri.

Pada fase ini, anak dapat mengerti dengan instruksi yang diberikan orang tua. Mereka semakin cepat belajar kata-kata baru, mengingat huruf dan angka, serta mulai bertanya tentang banyak hal

 

Baca juga: 7 Permainan untuk Merangsang Motorik Anak Usia Dini

Manfaat Mainan Edukasi Anak Usia 1 – 3 Tahun

Nah, sekarang Ayah dan Bunda sudah tahu ya mengenai proses tumbuh kembang anak dari usia 1 sampai 3 tahun. Ayah Bunda dapat memilih mainan edukasi yang tepat, sehingga manfaatnya terasa hingga jangka panjang. Berikut beberapa manfaat mainan edukatif untuk anak usia 1 sampai 3 tahun:

  • Meningkatkan kemampuan sensorik anak.
  • Mendukung perkembangan bahasa dan interaksi sosial.
  • Mendukung kemampuan motorik dan kognitif anak.
  • Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh anak.
  • Mendorong anak agar lebih imajinatif.
  • Meningkatkan kreativitas.
  • Meningkatkan rasa empati anak.
  • Mengajarkan kemampuan untuk bekerja sama (team work).
  • Meningkatkan kepercayaan diri anak.

Cara Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat

Selain dilihat dari usia anak, ada cara lain loh untuk memilih permainan edukasi yang tepat. Dilansir dari Kompas.com, Psikolog Anak, Febiana Pratomo M.Psi memberikan tips untuk Anda sebelum memberikan mainan pada anak, di antaranya:

  • Memilih mainan yang terjamin keamanannya. Anak usia 1-3 tahun, berada dalam fase ingin tahu melalui seluruh panca inderanya. Salah satunya mulut. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman dan tidak mudah tertelan anak.
  • Menyesuaikan dengan hobi dan kesukaan anak. Sebagian anak mungkin hanya suka pada jenis atau tema permainan yang itu-itu saja. Tidak ada salahnya Anda memberikan mainan lain dengan jenis serupa. Namun, Anda juga bisa memperkenalkan anak dengan tema permainan yang baru, agar mereka mencoba sesuatu yang lain.
  • Menyesuaikan mainan edukasi dengan usia anak. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, perkembangan anak sangat unik dan berbeda di setiap tahapan umurnya. Jadi, Ayah dan Bunda perlu memberikan mainan yang sesuai, agar mereka dapat menikmati kegiatan bermainnya, tidak mudah bosan, atau bahkan kesulitan.
  • Memilih mainan yang tidak hanya menyenangkan untuk anak, tapi juga bermanfaat. Terutama dalam tumbuh kembang mereka, seperti kemampuan sensorik, motorik, kognitif, kreativitas, pemecahan masalah, dan lainnya. 

 

Baca juga:  10 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas untuk Dibuat Bersama Anak, Mudah dan Lucu!

 

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 1 -3 Tahun

Setelah mengetahui manfaat dan cara memilih mainan edukasi yang tepat untuk anak umur 1-3 tahun, lalu, apa saja sih contoh permainannya? Berikut rekomendasinya:

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun

  • Balok Susun

Mainan balok cocok untuk anak usia 1 tahun yang sedang mempelajari bentuk dan tekstur. Mainan ini membutuhkan keterampilan motorik halus dan kasar. Anak lebih bebas berimajinasi dan berekspresi melalui susunan balok yang mereka buat.

  • Ring Donat

Mainan ring donat bagus untuk merangsang motorik halus anak. Mereka akan menggunakan kekuatan jari-jari mungilnya untuk mengambil ring donat satu per satu, dan memasukkannya ke dalam tiang mainan.

  • Puzzle

Mainan puzzle bermanfaat untuk mendukung kemampuan kognitif dan motorik anak. Anak belajar mengambil potongan puzzle, lalu meletakkannya ke bagian yang tepat. Selain itu, anak juga akan belajar kata-kata baru, seperti putar, atas, bawah, kiri, kanan, saat Ayah dan Bunda mengarahkan si kecil bermain. 

  • Flash Card

Mainan flash card mampu merangsang kemampuan bicara anak. Permainan ini dapat membantu menstimulasi otak dan meningkatkan daya ingat si kecil. Anda bisa menunjukkan berbagai gambar berbentuk huruf, angka, hewan, buah, maupun benda, lalu menyebutkan penamaannya pada anak.

  • Sound Book

Sound book merupakan buku yang dapat mengeluarkan suara. Contohnya musical book atau noisy book. Anda bisa memilih buku-buku bertema binatang yang dapat mengeluarkan suara beraneka ragam hewan. Hal ini akan menarik perhatian si kecil untuk belajar sambil bermain. 

Baca juga: Apa Manfaat dan Kekurangan Permainan Roblox Bagi Anak?

 

Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

  • Stacking Toy

Hampir sama dengan mainan balok, stacking toy berfungsi untuk mengenalkan warna, ukuran, sampai belajar memecahkan masalah. Jadi, anak akan diminta untuk menyusun balok-balok berdasarkan pola yang sama, atau menyusun dari ukuran besar ke kecil.

  • Buku Cerita Bergambar/Mewarnai

Buku cerita bergambar/mewarnai menjadi pilihan tepat untuk mainan anak usia 2 tahun ke atas. Hal ini akan mendorong kemampuan berbahasa si kecil. Tidak hanya itu, mereka juga dapat berkreasi, mengembangkan imajinasi dalam gambar dan warna. 

  • Bola Warna Warni

Anak usia 2 tahun sudah mampu menendang, melempar, dan menggelindingkan bola. Memberi mereka mainan bola dapat melatih kemampuan motorik, serta koordinasi antara mata dengan tangan/kaki.

  • Mainan Profesi

Anda juga dapat memberikan anak mainan yang berhubungan dengan profesi seseorang. Contohnya, mainan dokter-dokteran, masak-masakan, mobil-mobilan pemadam kebakaran, dan sebagainya. Sebab, kemampuan imajinasi anak mulai berkembang. 

  • Mainan Alat Musik

Mainan alat musik juga cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Pada usia ini, anak sudah bisa berbicara, bernyanyi, bahkan mampu menyerap kosakata lebih cepat. Oleh karena itu, bernyanyi sambil memainkan alat musik dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, bermain alat musik juga dapat melatih otak kanan anak, loh!

 

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun

  • Sepeda Roda Tiga

Skuter atau sepeda roda tiga merupakan mainan yang cocok untuk anak usia 3 tahun. Dengan belajar bermain sepeda, kemampuan motorik kasar mereka akan terasah. Selain itu, anak juga akan senang jalan-jalan sambil mengeksplorasi lingkungan sekitar. 

  • Mainan Balok Bentuk Bangunan

Anda juga dapat memberikan mereka mainan balok dengan bentuk yang lebih kompleks, seperti mainan builder set. Si kecil dapat bereksplorasi dengan apa yang ingin ia buat. Kemampuan motorik halus, koordinasi, hingga berpikir anak juga akan terasah dengan baik.

  • Playdough/ Clay

Di usia 3 tahun, kemampuan koordinasi jari-jemari anak sudah semakin terampil. Untuk memaksimalkannya, Anda dapat memberikan mereka mainan clay elastis yang dapat dibuat ke bentuk apapun. Mainan ini juga dapat dibuat sendiri, loh! Namun, harus tetap pada pengawasan ya agar tidak tertelan oleh anak.

  • Balok Kayu Bermagnet

Sama seperti mainan balok pada umumnya, permainan balok kayu bermagnet membuat anak dapat dengan leluasa menyusun ke bentuk apa saja, sesuai yang mereka inginkan. Mainan ini juga ada yang berbentuk huruf dan angka, ya. Jadi, anak dapat bermain sekaligus belajar. 

  • Papan Keseimbangan

Permainan papan keseimbangan dapat melatih otot-otot anak, loh! Jadi, mereka akan berdiri di atas papan berbentuk melengkung ke atas, dan mengusahakan tubuhnya agar seimbang. Anda juga dapat bermain bersama anak dengan membantunya menyeimbangkan badan. 

Oke, itulah beberapa rekomendasi permainan edukatif untuk anak berdasarkan usia 1 sampai 3 tahun. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Ayah dan Bunda dalam memberikan mainan untuk sang buah hati ya. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan asupan nutrisi yang seimbang agar si kecil dapat tumbuh kembang dengan optimal.  

CTA Blog Alta School

 

Referensi:

Cara Ukur Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun yang Ideal [Daring]. Tautan: https://www.wyethnutrition.co.id/tumbuh-kembang-anak?gclid=Cj0KCQiA8t2eBhDeARIsAAVEga3sgJW8CW5XWNXBKMg2NX8OfVhEe9yf394_qi_8ANvZdQXja723jyMaAmu0EALw_wcB&gclsrc=aw.ds (Diakses pada 31 Januari 2023)

Ini Perkembangan Ideal Anak dari Usia 1-3 Tahun [Daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/ini-perkembangan-ideal-anak-dari-1-3-tahun (Diakses pada 31 Januari 2023)

Ide Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun dan Manfaatnya [Daring]. Tautan: https://www.ibudanbalita.com/artikel/ide-mainan-edukatif-anak-usia-1-3-tahun-dan-manfaatnya (Diakses pada 31 Januari 2023)

4 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Mainan Anak [Daring]. Tautan: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/12/214509820/4-tips-yang-harus-diperhatikan-saat-memilih-mainan-anak?page=all (Diakses pada 31 Januari 2023)

10 Mainan Anak 2 Tahun Edukatif untuk Stimulasi Kecerdasannya [Daring]. Tautan: https://www.ruangmom.com/mainan-anak-2-tahun.html (Diakses pada 31 Januari 2023)

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 3 Tahun, Bermanfaat untuk Perkembangannya! [Daring]. Tautan: https://id.theasianparent.com/mainan-edukasi-anak-3-tahun (Diakses pada 31 Januari 2023)

Hani Ammariah