10 Manfaat Mengajarkan Anak Main Catur Sejak Kecil

Nurul Habibah Des 1, 2021 • 7 min read


Aktivitas dan Hobi - Manfaat Mengajarkan Anak Main Catur-01“Catur bukan hanya suatu permainan yang berguna untuk mengisi waktu luang. Namun, juga dapat memberikan berbagai manfaat. Nah, artikel ini berisi manfaat mengajarkan permainan catur pada anak-anak.

Pernahkah Anda main catur? Catur adalah salah satu permainan yang seru dilakukan di saat senggang. Namun, meski permainan ini terkesan mudah, nyatanya permainan catur mempunyai kesulitan sendiri. Berbeda dengan olahraga lainnya, yang menggunakan otot dan fisik, catur tergolong olahraga yang menggunakan otak sebagai alat permainannya.

Catur merupakan jenis permainan papan yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini dilakukan dengan menggunakan sebuah papan persegi yang memiliki 64 kotak dan 32 buah anak catur. Anak catur nantinya dibagi rata kepada kedua pemain, yang dibedakan dengan warna hitam dan putih. Dalam permainan catur, strategi dan kecermatan saat bermain adalah hal yang sangat penting. 

Manfaat anak bermain catur(Sumber: Okemom.com)

Nah, tahukan kamu, bahwa permainan catur tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun anak-anak juga banyak yang diajarkan bermain catur sejak dini. Sebenarnya, apa sih manfaat mengajarkan permainan catur pada anak sejak dini? Simak yuk!

1. Membantu Anak untuk Fokus

Permainan catur memang diketahui dapat membantu anak lebih fokus. Ketika bermain catur, anak membutuhkan waktu untuk membuat keputusan penting, anak dipaksa untuk tenang meski di bawah tekanan, sambil tetap fokus. 

Nah, hal tersebut nantinya dapat meningkatkan fokus anak dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat belajar, membaca atau mengerjakan tugas. Tidak hanya itu, catur juga dapat membantu anak untuk lebih sabar dan tidak mudah marah. Sebab, ketika bermain catur, anak terlatih untuk tetap tenang dibawah tekanan.

2. Mengajarkan Tentang Konsekuensi

Permainan catur memiliki konsekuensi di setiap tindakan yang diambil. Baik itu konsekuensi baik atau buruk, tergantung dengan strategi permainan yang anak pilih. Jadi, dari sini anak secara tidak langsung dapat belajar bahwa setiap tindakan yang Ia lakukan memiliki konsekuensi yang berbeda-beda. 

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan kepada anak bahwa Ia tidak boleh tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Sebab, seperti halnya di dalam permainan catur, jika anak tergesa-gesa, maka bisa saja tindakan atau strategi yang Ia pilih justru bisa membuat Ia kalah dalam permainan tersebut. Anak perlu terlebih dahulu berpikir kritis dan menganalisis semua tindakan potensial, serta konsekuensinya sebelum bergerak.

3. Meningkatkan Perkembangan Otak

Manfaat Catur Pada Anak-anak(Sumber: Orami.co.id)

Salah satu manfaat bermain catur yang juga didapatkan oleh anak adalah meningkatkan perkembangan otak. Catur dapat memberikan tantangan pada otak untuk berpikir dan membuat strategi. Hal ini bisa menstimulasi perkembangan otak anak. Oleh karena itu, jika anak rutin atau terbiasa bermain catur, maka otak mereka juga terbiasa untuk berpikir lebih cepat. 

4. Meningkatkan Kreativitas

Permainan catur dapat membantu sisi kanan otak menjadi lebih aktif. Nah, otak kanan berhubungan dengan kreativitas seseorang. Dengan demikian, jika anak rajin bermain catur anak dapat lebih kreatif, sebab selama bermain Ia harus memikirkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar Ia bisa menang. 

5. Memiliki Kemampuan Memecahkan Masalah

Anak-anak yang terbiasa bermain catur, memiliki kemampuan memecahkan masalah atau problem solving yang lebih baik. Sebab, permainan catur sendiri intinya adalah memecahkan masalah agar anak catur yang disebut dengan raja, bisa memangsa lawan dan menduduki wilayah lawan. Namun, disamping itu, catur raja juga harus dijaga agar tidak dimangsa oleh lawan. 

6. Meningkatkan Kapasitas Ingatan

Seperti yang diketahui, catur merupakan permainan otak yang membutuhkan strategi serta variasi langkah. Para pemain profesional bahkan mengatakan bahwa, semakin sering mereka bermain, maka semakin banyak pula variasi langkah yang mereka ingat. 

Manfaat Permainan Catur untuk Anak-anak(Sumber: Review.bukalapak.com)

Nah, jika kapasitas ingatan anak sudah lebih membaik karena bermain catur,  maka anak bisa mengingat lebih banyak informasi, sehingga dapat juga membantu Ia ketika belajar di sekolah.

7. Mencegah Alzheimer

Siapa sangka, ternyata permainan catur dapat mencegah alzheimer loh. Tidak hanya menyerang orang lansia, alzheimer ternyata juga dapat terjadi pada usia muda. Munculnya alzheimer pada usia muda, tidak boleh disepelekan, karena dapat memperburuk kualitas hidup. 

Nah, permainan catur bisa menjaga fungsi otak pada kecepatan normal, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit alzheimer dan juga depresi serta kecemasan.

8. Berlatih Mengendalikan Diri

Ketika remaja, salah satu bagian otak yang berkembang adalah korteks prefrontal, yang mana bagian ini bertugas untuk pengendalian diri. Perkembangan korteks prefrontal sendiri dapat dipengaruhi oleh aktivitas berpikir yang strategis serta kritis ketika melakukan permainan catur. Oleh karena itu, anak-anak yang terbiasa bermain catur, saat dewasa dapat memiliki pengendalian diri yang lebih baik.

9. Cepat Memproses Informasi

Manfaat Catur Pada Anak-anak(Sumber: idntimes.com)

Saat anak bermain catur, otak anak harus bisa memproses bidak lawan sedemikian rupa. Anak harus bisa memahami maksud dari langkah yang diambil oleh lawan, sehingga dapat mengantisipasi serangan yang mungkin terjadi. Karena itulah, dengan bermain catur, otak anak bisa terlatih untuk memproses informasi dengan lebih cepat. 

10. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Anak yang terbiasa bermain catur dapat memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Hal ini, tampaknya disebabkan oleh permainan catur yang membantu membuat otak menjadi lebih aktif bekerja. 

Selain dapat meningkatkan kemampuan membaca, para orang tua juga setuju bahwa permainan catur dapat membantu anak mereka lebih disiplin, mudah diatur, dan mudah menerima berbagai informasi dengan baik. 

Jadi, itulah 10 manfaat mengajarkan anak bermain catur. Selain mengajarkan anak bermain catur, Anda juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak dengan mendaftarkannya pada altaschool

Alta School merupakan sekolah online khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K-13 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas belajar terbaik, seperti Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber:

Millenia, D. (2017), ‘10 Manfaat Mengajarkan Anak Main Catur, Yuk Coba!’, Orami.co.id, 22 November 2017 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-mengajarkan-anak-main-catur

Fadli, R. (2019), ‘6 Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur’, Halodoc.com, 22 November 2019 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-mengajarkan-anak-bermain-catur

Rompies, J.K. (2021), ‘Ketahui 8 Alasan Mengapa Anak Perlu Belajar Main Catur’, Popmama.com, 22 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/manfaat-anak-belajar-main-catur/2

Rahmah, C.N.M. ‘6 Manfaat Main Catur untuk Anak, Bantu Perkembangan Otak hingga Latih Kesabaran’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/manfaat-main-catur-untuk-anak

Sumber Gambar:

Anak Main Catur [daring]. Available at: https://www.okemom.com/mauditalani/o18k18m/cegah-alzheimer-ketahui-manfaat-bermain-catur-untuk-anak

Mengajarkan Anak Main Catur [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-mengajarkan-anak-main-catur

Anak-anak Bermain Catur [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/menambah-kecerdasan-ini-dia-5-manfaat-anak-belajar-main-catur-sejak-kecil-69048

Papan Catur [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/science/discovery/nena-zakiah-1/fakta-sejarah-catur

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar