5 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok untuk Anak-Anak

Nurul Habibah Des 15, 2021 • 7 min read


Wisata JakartaMenikmati liburan bersama anak adalah hal menyenangkan. Nah, cari tahu dulu yuk tempat liburan di Jakarta yang cocok untuk anak-anak”

Liburan selalu jadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak. Menjelang liburan akhir tahun ini, Anda sudah punya rencana belum untuk berlibur kemana bersama anak dan keluarga?

Nah, buat Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, kini tidak perlu repot jauh-jauh ke luar kota untuk mengajak anak liburan. Sebab, di Jakarta pun sudah banyak sekali tempat liburan yang cocok untuk Anda kunjungi bersama anak. 

Berbagai tempat wisata tersebut bahkan tidak hanya menyediakan wahana bermain, namun juga wahana belajar. Jadi, selain bisa bermain, anak juga bisa belajar. Berikut 5 tempat wisata di Jakarta yang cocok Anda kunjungi bersama anak.

1. The Wave Pondok Indah Waterpark 

Jika Anda berkunjung ke Pondok Indah Mall, maka sekalian ajak Anak bermain di The Wave Pondok Indah Waterpark, yang ada di sana. Tempat wisata yang satu ini cukup seru dan unik, sebab di sana anak bisa belajar surfing. Anak dapat merasakan serunya berselancar seperti berada di tengah laut. 

Meski wahana ini terbilang cukup memacu adrenalin, tapi Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Sebelum bermain, anak diberikan pengarahan terlebih dahulu mengenai cara bermainnya. Nah, selama bermain, anak juga diberi pengawasan oleh staf yang telah terlatih. 

Tempat Wisata yang Cocok untuk Anak di Jakarta(Sumber: Travelspromo.com)

Selain surfing, The Wave Pondok Indah Waterpark juga menyediakan wahana Aqua Play. Di sini anak-anak dapat bermain tembak-tembakan air, berseluncur di perosotan mini, serta berdiri di bawah ember raksasa yang menumpahkan air. 

The Wave Pondok Indah Waterpark dibuka setiap hari dari jam 06.00 WIB hingga jam 21.00 WIB. Untuk menikmati semua wahana yang ada di sana, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

2. Museum Nasional

Museum selalu jadi pilihan terbaik untuk mengajak anak liburan sambil belajar. Salah satu museum yang bisa Anda kunjungi di daerah Jakarta adalah Museum Nasional, atau yang dikenal juga dengan nama Museum Gajah. 

Museum ini terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Anda dapat berkunjung ke museum ini setiap hari kecuali hari Senin. Museumnya dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 untuk hari Senin sampai Jumat, dan sampai pukul 17.00 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Tempat Wisata di Jakarta(Sumber: Jakartatraveller.com)

Museum Nasional memiliki 160 ribu koleksi benda-benda bersejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau masa Hindu-Buddha, dan bahkan ada juga warisan budaya dan sejarah lainnya. Nah, untuk masuk ke museum ini, tiket masuknya sangat murah, yakni hanya Rp. 2.000 - Rp. 10.000 saja. 

3. Skyworld Taman Mini Indonesia 

Sebagai warga Jakarta, Anda tentu tidak asing lagi kan dengan Taman Mini bukan? Tempat wisata yang satu ini ternyata juga bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengajak anak liburan. Tempat yang wajib Anda kunjungi saat bermain ke Taman Mini bersama anak adalah Skyworld. 

Tempat Liburan Taman Mini Indonesia(Sumber: Wisatasekolah.com)

Skyworld Taman Mini Indonesia ini merupakan ruang pamer yang penuh dengan beragam benda-benda menarik seperti pajangan yang menampilkan aneka diorama perjalanan astronot, tatanan tata surya, dan bahkan roket yang berukuran raksasa.

Selain itu, ada juga dua wahana menarik yang bisa dinikmati ketika berada di Skyworld Taman Mini Indonesia, yakni Planetarium dan Cinema 5D yang menampilkan berbagai tayangan menjelajahi angkasa, lengkap dengan sensasi terbang yang dapat anak rasakan. Tempat ini beroperasi setiap hari kecuali hari Jumat. Nah, untuk tiket masuknya, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 70.000.

4. Jakarta Aquarium

Tempat wisata ini berada di Neo SOHO, yang tepatnya berada dibawah naungan Taman Safari. Jakarta Aquarium adalah aquarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Disini Anda dapat melihat berbagai satwa mulai dari satwa laut besar seperti hiu, hingga hewan darat, yang salah satunya adalah binturong. 

Tempat Wisata Menarik di Jakarta(Sumber: Mediaindonesia.com)

Selain bisa mengenalkan anak pada berbagai jenis hewan, Anda juga dapat mengajak anak bermain dengan ikan-ikan kecil di area Touch Pool. Di sana, anak-anak dapat menyentuh berbagai hewan laut yang lucu dan menggemaskan. Tempat wisata yang dibuka setiap hari ini juga menyediakan berbagai pertunjukan teatrikal kelas dunia, yakni Pearl of the South Sea. Nah, untuk menikmati semua wahana di Jakarta Aquarium, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 150.000 - Rp. 200.000. 

5. Museum of Toys

Tempat Liburan untuk Anak di Jakarta(Sumber: blog.tiket.com)

Museum ini adalah museum mainan pertama yang ada di Indonesia. Disini Anak bisa menemukan berbagai koleksi mainan dari desainer lokal hingga internasional.

Museum of Toys menampilkan koleksi pribadi Win Satrya dan beberapa kolektor mainan lainnya, yang telah mengumpulkan berbagai mainan selama kurang lebih 15 tahun. Di museum ini terdapat lebih dari 3.000 figurine edisi sangat terbatas. Semuanya ditampilkan dengan gaya unik, filosofi desain, serta memiliki nilai sejarah.

Itu lah 5 tempat wisata menarik di Jakarta,  yang dapat Anda kunjungi bersama anak. Meski kini sudah banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, namun selama liburan bersama anak dan keluarga, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya.

Nah, buat Anda yang memiliki anak di usia PAUD hingga kelas 3 SD, kini Anda bisa loh membantu anak meningkatkan kecerdasannya, dengan cara mendaftarkan mereka di altaschool. Alta School merupakan salah satu sekolah online terbaik yang telah menggunakan kurikulum K-13. 

Alta School menyediakan metode belajar yang adaptif dengan berbagai fasilitas menarik, seperti Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, Live Teaching, Learning Kit, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Abdi, H. (2020), ‘9 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Murah, Penuh Edukasi’, Hot.liputan6.com, 18 Februari 2020 [daring] Available at: https://hot.liputan6.com/read/4181904/9-tempat-wisata-anak-di-jakarta-yang-murah-penuh-edukasi

Yohannes. M. (2021). ‘Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta Populer’, Traveloka.com, 02 Juni 2021 [daring] Available at:https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/rekomendasi-wisata-anak-di-jakarta-acc/33191

Humayrha, C. A. (2021). ‘28 Tempat Wisata Anak di Jakarta Seru Beserta Harga Tiket Masuk’, Popmama.com, 09 Oktober 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/chania-aulia-humayrha/28-tempat-wisata-anak-di-jakarta-yang-seru-beserta-harga-tiket-masuk/5

Sumber Gambar: 

The Wave Pondok Indah Waterpark [daring]. Available at: https://travelspromo.com/htm-wisata/wave-waterpark-pondok-indah-tiket-wahana/

Museum Nasional [daring]. Available at: https://www.jakartatraveller.com/destination/jakarta/wisata-jakarta-museum-nasional-indonesia/

Skyworld Taman Mini Indonesia [daring]. Available at: https://wisatasekolah.com/sky-world-tmii/

Jakarta Aquarium [daring]. Available at: https://m.mediaindonesia.com/advertorial/261329/jakarta-aquarium-sajikan-sensasi-dalam-laut-di-tengah-kota

Museum of Toys [daring]. Available at: https://blog.tiket.com/rekomendasi-tempat-wisata-yang-dekat-dari-jakarta/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar