20 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok untuk Anak-Anak

Wisata Jakarta

Sedang mencari tempat berlibur bersama keluarga di Jakarta? Intip 7 rekomendasi wisata ramah anak yang bisa dijadikan alternatif wahana bermain.

Liburan selalu jadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak. Menjelang liburan akhir tahun ini, Anda sudah punya rencana belum untuk berlibur kemana bersama anak dan keluarga?

Nah, buat Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, kini tidak perlu repot jauh-jauh ke luar kota untuk mengajak anak liburan. Sebab, di Jakarta pun sudah banyak sekali tempat liburan yang cocok untuk Anda kunjungi bersama anak.

Berbagai tempat wisata tersebut bahkan tidak hanya menyediakan wahana bermain, namun juga wahana belajar. Jadi, selain bisa bermain, anak juga bisa belajar. Berikut 5 tempat wisata di Jakarta yang cocok Anda kunjungi bersama anak.

1. The Wave Pondok Indah Waterpark

Tempat wisata yang satu ini cukup seru dan unik, sebab di sana anak bisa merasakan serunya berselancar seperti berada di tengah laut.  Meski terbilang cukup memacu adrenalin, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Sebelum bermain, anak diberikan pengarahan terlebih dahulu mengenai cara bermainnya. Nah, selama bermain, anak juga diawasi oleh staf terlatih, sehingga tetap aman. Selain surfing, The Wave Pondok Indah Waterpark juga menyediakan wahana Aqua Play. Di sini anak-anak dapat bermain tembak-tembakan air, berseluncur di perosotan mini, serta berdiri di bawah ember raksasa yang menumpahkan air.

Tempat Wisata yang Cocok untuk Anak di Jakarta(Sumber: Travelspromo.com)

Jam Buka:

Setiap hari pukul 06.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp 100.000

Alamat:

Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310.

 

2. Museum Nasional

Museum selalu jadi pilihan terbaik untuk mengajak anak liburan sambil belajar. Salah satu museum yang bisa Anda kunjungi di daerah Jakarta adalah Museum Nasional, atau yang dikenal juga dengan nama Museum Gajah. Museum Nasional memiliki 160 ribu koleksi benda-benda bersejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau masa Hindu-Buddha, serta warisan budaya lainnya. Museum Nasional juga kerap menyelenggarakan acara menarik seperti stand up comedy, pembacaan dongeng, hikayat, sampai workshop membatik.

Tempat Wisata di Jakarta(Sumber: Jakartatraveller.com)

Jam Buka:

Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp 7.000 – 35.000

Alamat:

Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta

 

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium adalah aquarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Disini Anda dapat melihat berbagai satwa mulai dari satwa laut besar seperti hiu, hingga hewan darat, yang salah satunya adalah binturong. Selain bisa mengenalkan anak pada berbagai jenis hewan, Anda juga dapat mengajak anak bermain dengan ikan-ikan kecil di area Touch Pool. Di sana, anak-anak dapat menyentuh berbagai hewan laut yang lucu dan menggemaskan. Tempat wisata yang dibuka setiap hari ini juga menyediakan berbagai pertunjukan teatrikal kelas dunia, yakni Pearl of the South Sea. 

Tempat Wisata Menarik di Jakarta(Sumber: Mediaindonesia.com)

Jam Buka:

Senin s/d Jumat, pukul 11.00 – 20.00 WIB

Sabtu s/d Minggu, pukul 10.00 – 20.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp 115.000

Alamat:

Neo Soho Mall lantai LG 101 – LGM 101. Jalan Letjen S Parman Kav 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

 

Baca juga: 15 Permainan untuk Merangsang Motorik Anak Usia Dini

 

4. OMDC Playground

Selain klinik gigi, OMDC juga memiliki tempat bermain sekaligus perawatan untuk anak-anak, lho. Mengusung konsep one stop happiness, taman bermain indoor ini menawarkan aneka wahana seru yang lengkap dan tentunya aman. OMDC Playground juga menyediakan fasilitas kids dental, kids haircut, baby spa, sampai venue yang bisa disewakan untuk acara ulang tahun. Anda tak perlu khawatir perut anak kelaparan selama bermain, karena di sini tersedia cemilan lezat, sehat, dan bergizi.

omdc-playground(Sumber: CNN Indonesia)

Jam Buka:

Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp 79.000

Alamat:

Jl. Rs Fatmawati Raya No. 27 B, Cipete Selatan, Cilandak Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

 

5. Kidzania

Tempat bermain yang satu ini mengajak anak untuk mengenal berbagai profesi di dunia kerja. Mulai dari dokter, pemadam kebakaran, pembalap, hingga aktris teater. Kidzania adalah theme park di Jakarta yang mengedepankan unsur edukasi dan hiburan. Mengusung tema perkotaan, Anda harus melepas anak bermain bersama teman-teman seusianya di dalam sana, sehingga melatih kemandirian dan kemampuan bersosialisasi mereka. Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir, ada petugas yang selalu mengawasi aktivitas anak-anak.

kidzania

(Sumber: hargatiket.net)

Jam Buka Kidzania:

Setiap hari 09.00 – 19.00 WIB.

Harga Tiket:

  • Half Day Pass Anak (4-16 tahun): Rp. 295.000
  • One Day Pass Anak (4-16 tahun): Rp. 335.000
  • Half Day Pass Dewasa: Rp. 235.000
  • One Day Pass Dewasa: Rp. 285.000

Alamat:

Pacific Place Mall Lantai 6-601 Sudirman Central Business District.

 

6. Strawberry Cafe

Mencari cafe kids friendly di Jakarta memang tak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika interior yang ditawarkan kurang menarik sehingga anak-anak cepat bosan. Nah, Strawberry Cafe menawarkan konsep restoran yang berbeda. Anda akan disambut dengan air terjun dan taman buatan. Banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan beramai-ramai. Strawberry Cafe juga menyediakan fasilitas lain, seperti mushola, WiFi, stop kontak, dan tentunya spot foto menarik.

strawberry cafe

(Sumber: zomato.com)

Jam Buka Strawberry Cafe:

Setiap hari pukul 12.00 – 22.00 WIB

Harga Menu:

Rp. 25.000 -125.000

Alamat:

Jl. Tanjung Duren Raya No.10, RT.1/RW.6, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Motorik Halus dan Kasar, Orangtua Wajib Tahu!

 

7. Ganara Art  Studio

Bosan berlibur ke tempat yang itu-itu saja? Anda bisa mengajak anak pergi ke Ganara Art Studio. Banyak aktivitas menarik yang bisa menambah pengalaman baru untuk anak. Seperti melukis di atas kain, membuat kerajinan dari tanah liat, dan mewarnai cangkir. Tak hanya anak, Ganara Art membuka kelasnya untuk semua usia, lho. Seru kan? Jika Anda datang bersama teman atau saudara, Anda bisa mengambil kelas grup dengan biaya per sesi yang lebih hemat.

Ganara Art Studio

(Sumber: instagram.com/ganaraartstudio)

Jam Buka Ganara Studio:

Senin s/d Jumat

10.00 – 17.00 WIB

Harga per sesi:

Mulai dari Rp 175.000

Alamat:

  • Rumah Wijaya
    Jl. Wijaya 5 No 6. Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • PIK Avenue
    2nd Floor C/17. Jakarta Utara
  • Hublife
    Taman Anggrek Residence. Ground Floor 17 A. Jakarta Barat.

 

8. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

Biasanya, anak-anak suka berimajinasi. Jadi, tempat ini cocok sekali untuk menyalurkan imajinasi anak-anak untuk bermain di luar angkasa. Pertama masuk, Anda bisa mengajak anak untuk berfoto sebagai seorang astronot. 

Di sana juga terdapat replika roket berukuran raksasa. Di area atasnya, Anda bisa mengajak anak untuk ke control room dan mencobanya. Skyworld ini juga dilengkapi dengan beberapa pajangan yang berisi pengetahuan tentang perjalanan astronot hingga rangkaian tata surya. Anak-anak juga bisa mencoba sensasi menjelajahi ruang angkasa melalui Planetarium dan Cinema 5D, lho.  Seru sekali ya, bisa belajar sambil bermain!

Jam Operasional:

Senin-Kamis: 09.00 – 17.00 WIB

Sabtu-Minggu: 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket masuk:

Rp 80.000

Alamat:

Taman Among Putro Skyworld Indonesia, Jl. Taman Mini Raya, RT.1/RW.10, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810

 

9. J-Sky Ferris Wheel

Menikmati indahnya Jakarta dari ketinggian juga bisa menjadi pilihan liburan bersama anak. Anda bisa mengajak anak menikmati panorama kota melalui bianglala tertinggi di Indonesia yang ada di lantai 3 AEON Mall Jakarta Garden City ini, lho. J-Sky Ferris Wheel memiliki ketinggian lebih dari 100 meter dari permukaan tanah dengan diameter 50 meter. Tinggi sekali bukan? Tapi, pastikan anak Anda tidak takut dengan ketinggian saat mengunjungi tempat ini.

J-Sky Ferris Wheel memiliki 32 gondola dengan kapasitas maksimal 6 orang setiap gondolanya. Di setiap gondola ini dilengkapi dengan penyejuk udara. Bahkan ada dua gondola yang menggunakan sofa kulit empuk.

Jam Operasional:

Setiap Hari

10.00 – 22.00 WIB

Harga tiket masuk:

Rp 50.000 (weekday)

Rp 60.000 (weekend)

Rp 150.000 (couple)

Rp 200.000 (J-sky Rhythm)

Rp 300.000 (VIP)

Alamat:

AEON MALL Jakarta Garden City, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470

 

Baca juga: 15 Kreasi dari Kertas Origami yang Lucu & Cara Membuatnya

 

10. Museum of Toys

Kalau tempat yang satu ini bisa dibilang surganya anak-anak! Seperti namanya, Museum of Toys berisi ribuan koleksi mainan yang tersebar di dua lantai. Kebanyakan, mainan yang dipamerkan di museum ini adalah action figure. Tapi, kalau Anda atau anak Anda adalah penggemar kartun dan superhero pasti akan senang sekali memandangi mainan-mainan ini.

Bahkan, ada koleksi mainan yang super langka dan hanya bisa Anda temui di sini. lho. FYI, semua koleksi yang dipajang di museum of Toys ini merupakan koleksi pribadi milik sang pendiri museum yang sudah ia kumpulkan lebih dari 14 tahun terakhir.

Setelah puas dan berkeliling, Anda bisa mengajak anak untuk makan di cafe yang ada di lantai dasar. Desain cafenya juga sangat lucu!

Jam Operasional:

Minggu-Kamis: 09.00 – 18.00 WIB

Jumat-Sabtu: 09.00 – 20.00 WIB

Harga TIket Masuk:

Rp 60.000 (weekday)

Rp 80.000 (weekend)

Alamat:

Rukan CBD, Blk. L No.1, RT.006/RW.003, Gondrong, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15720

 

11. Kitchen Magic

Di sini, anak tidak hanya bisa bermain tapi juga ikut kelas memasak secara interaktif bersama anak lainnya. Anda tidak perlu repot untuk melakukan booking kelas jauh-jauh hari. Anda tinggal datang ke Kitchen Magic dan anak-anak langsung bisa bermain masak-masakan, deh. 

Kelas memasak di sini akan diklasifikasikan sesuai usia. Terdapat 3 klasifikasi kelas, yaitu untuk anak, remaja, dan dewasa. Biasanya, untuk anak, mereka akan diajari menghias kue kering berbagai bentuk lucu dengan icing sugar warna-warni. Anak dijamin senang dan tidak bosan!

Bahkan, Kitchen Magic juga memiliki program bagi ibu dan anak untuk memasak bersama. Anda bisa belajar membuat bento dengan kreasi lucu-lucu bersama anak. Jadi bisa bikin ide bekal anak ke sekolah!

Jam Operasional:

Setiap Hari

11.00 – 20.00

Harga Tiket Masuk:

Rp60.000 untuk Paket cookies decoration (2 cookies)

Rp150.000 untuk cooking class

Rp210.000 (cooking class & cake decoration)

Alamat:

Mal Kota Kasablanka, lantai 2, Jalan Casablanca No.88, Menteng Dalam, Tebet, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870.

 

12. Pandora Experience

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk pecinta seri detektif dan cerita misteri. Di sini, Anda bisa mengajak anak untuk memecahkan teka-teki untuk menyelesaikan sebuah misi. 

Saat mulai masuk, Anda akan dibawa untuk memecahkan misteri. Dengan kerjasama dan kekompakan, wisata di Pandora Experience bisa jadi pengalaman seru yang tidak terlupakan. Tema misterinya juga bermacam-macam. Anda bisa pilih tema episode yang ingin dipecahkan misterinya. Permainan ini bahkan juga bisa mengasah skill kemampuan berpikir kritis dan logika anak, lho. Biar semakin seru, Anda bisa ke sini bersama keluarga atau kerabat!

Jam Operasional:

Mall Ciputra & Ruko Puri: 

Setiap hari: 12.00 – 22.00 WIB

Kelapa Gading: 

Senin – Kamis: 10.00 – 22.00 WIB

Jumat – Minggu: 10.00 – 00.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp150.000

Alamat:

Jl. Boulevard Bar. Raya No.46, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Ruko Puri Britania, Jl. Puri Indah Raya Blok T7 No.37, RT.2/RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Mall Ciputra, Jl. Letjen S. Parman No.1, RT.11/RW.1, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.

 

Baca juga: Mengenal Aktivitas Playdate dan Manfaatnya untuk Anak

 

13. Arcanum Hobbies Boardgame

Di zaman yang serba digital ini, banyak anak yang mungkin sulit untuk lepas dari gadget. Mungkin tempat yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengenalkan anak pada permainan yang tidak kalah seru dengan online games. 

Anda dapat mengenalkan anak dengan boardgame di Arcanum Hobbies Boardgame. Di sini terdapat banyak sekali jenis permainan board game yang bisa Anda pilih. Staf akan menjelaskan secara detail tentang permainan yang ingin Anda coba.

Selain menjadi distraksi dari gadget, permainan ini juga bisa melatih sosialisasi anak karena harus dimainkan secara berkelompok. 

Jam Operasional:

Setiap hari: 13.00 – 22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai dari Rp55.000

Alamat:

Kuningan City, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kav.18, RT.7/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940.

 

14. Taman Wisata Alam Mangrove

Di Taman Wisata Alam Mangrove, Anda bisa mengajak buah hati untuk menyusuri jembatan kayu yang mengelilingi hutan mangrove. Jadi, anak bisa kenal lebih dekat dengan manfaat mangrove sebagai cagar alam. Selain jalan kaki lewat jembatan, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling. Kapasitas setiap perahu bermacam-macam mulai dari dua hingga delapan orang. 

Jam Operasional:

Setiap hari: 07.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Weekday: Rp10.000 (anak), Rp25.000 (dewasa)

Weekend: Rp10.000 (anak), Rp30.000 (dewasa)

Sewa perahu: mulai dari Rp100.000

Alamat:

Jalan Garden House No.4, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.

 

15. Outbondholic Ancol

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak pemberani! Ada berbagai macam tantangan yang bisa Anda dan anak coba di Outbondholic Ancol. 

Di sini terdapat empat zona dengan rintangan berbeda yang harus Anda lewati. Zona-zona ini juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Zona hijau memiliki tingkat kesulitan yang tergolong rendah dan zona hitam adalah zona dengan kesulitan paling tinggi. 

Flying fox mereka bahkan memiliki panjang hingga 480 meter. Selain flying fox, ada wahana lain yang wajib dicoba seperti monkey track, hiking bridge, hingga climbing wall. 

Jam Operasional:

Setiap Hari: 09.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp100.000 (weekday)

Rp120.000 (weekend)

Alamat:

Jl. Lodan Timur, Pademangan, Ancol, Kota Jakarta Utara, Jakarta 14430.

 

Baca juga: 7 Manfaat Liburan untuk Anak, Bukan Sekadar Jalan-Jalan Lho!

 

16. Houbii Urban Adventure Park

Wisata yang satu ini juga bertema trampolin. Memiliki area yang cukup luas, Houbii Urban Adventure Park memiliki 42 tantangan di area High Rope Course yang akan menguji kelincahan dan keseimbangan Anda. Anda bisa mengajak buah hati mencoba berbagai permainan seru di sini. Ada juga area Ninja Course Obstacles yang akan mengajak Anda dan buah hati berkompetisi untuk menyelesaikan seluruh tantangan yang ada dengan waktu terbatas.

Walaupun terlihat ekstrim, tempat wisata yang satu ini pastinya dilengkapi dengan keamanan yang baik dan ramah anak. Tapi, Anda tetap harus mengawasi anak-anak agar tidak cedera.

 

Jam Operasional:

12.00 – 21.00 WIB (weekday)

08.00 – 21.00 WIB (weekend)

Harga Tiket Masuk:

Rp225.000

Alamat:

Jl. Metro Pondok Indah Blok BB No.3, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310.

 

17. Trans Studio Cibubur

Theme park memang tidak ada habisnya untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan buah hati. Apalagi theme park yang indoor seperti Trans Studio Cibubur ini. Anda tidak perlu mengkhawatirkan cuaca. Trans Studio Cibubur adalah indoor theme park terbesar di Indonesia yang tentu saja memiliki banyak sekali wahana permainan yang wajib Anda coba.

Di sini juga terdapat wahana Jurrasic Island yang dianggap sebagai wahana paling seru. Anda akan diajak berpetualang di antara dinosaurus dan menyelamatkan diri dari rekayasa genetika yang mengancam keselamatan para dinosaurus.  Dengan tambahan efek cahaya, suara, dan teknologi 4D menambah petualangan ini terasa sangat seru dan nyata. Apalagi saat kapal yang dinaiki terjun dari ketinggian 12 meter.

 

Jam Operasional:

Setiap Hari: 09.00 – 22.00 WIB

Harga Tiket Masuk: 

Rp300.000 (weekday)

Rp400.000 (weekend)

Alamat:

Jalan Alternatif Cibubur No.230, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

 

18. Waterboom Jakarta

Berada di lahan seluas 3,8 hektar, Waterboom Jakarta bisa menjadi pilihan wisata air yang menyenangkan bersama keluarga. Di Waterboom Jakarta terdapat perosotan Speed Slide dengan kecepatan mencapai 70km/jam dan Twiter yang memiliki rute melingkar yang berujung pada sebuah kolam. Tidak hanya berenang saja, Anda juga bisa menikmati sejumlah restoran dan cafe untuk sekadar mengobrol santai.

Jam Operasional:

Setiap hari: 09.00 – 19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Weekday: Rp190.000 (dewasa), Rp130.000 (anak-anak)

Weekend: Rp290.000 (dewasa), Rp230.000 (anak-anak)

Alamat:

Jln Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara 14470.

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak

 

19. Bounce Street Asia

Untuk anak pecinta trampolin, bisa banget ke tempat yang satu ini. Di Bounce Street Asia ini, Anda bisa bersenang-senang sambil melawan arah gravitasi bersama anak. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat sejumlah petualangan menegangkan yang bisa Anda coba untuk memicu adrenalin.

Mulai dari sekadar melompat-lompat di trampolin, berlari ke arah dinding, melakukan slam dunk, hingga dodgeball bisa Anda lakukan di sini!

Jam Operasional:

Minggu – Kamis: 09.00 – 22.00 WIB

Jumat – Sabtu: 09.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp 240.000 (weekday)

Rp 280.000 (weekend)

Alamat:

Jln Sentra Bisnis Artha Gading Blod D Kav 8 Jakarta Utara 14240.

 

20. Museum Layang-Layang

Aktivitas bermain layang-layang sekarang mungkin sudah jarang sekali dilakukan oleh anak-anak. Apalagi anak yang tinggal di lingkungan perkotaan seperti Jakarta. Jadi, aktivitas yang satu ini cocok untuk mengenalkan mereka pada layang-layang.

Museum Layang-Layang merupakan sebuah museum yang berisi banyak sekali koleksi layang-layang. Jenisnya pun sangat beragam. Dengan mengadopsi arsitektur Jawa, Museum Layang-Layang memiliki berbagai kegiatan interaktif yang bisa diikuti anak-anak. 

Di sini, anak bisa belajar membuat layang-layang dan membatik. Jadi, tidak hanya melihat berbagai jenis layang-layang, anak juga bisa ikut serta membuat layang-layang sendiri.

Jam Operasional:

Setiap hari (kecuali libur nasional): 09.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp15.000

Alamat:

Jln H Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, 12450

Itulah tempat hangout menarik di Jakarta,  yang dapat Anda kunjungi bersama anak. Meski kini sudah banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, namun selama liburan bersama anak dan keluarga, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya.

Berwisata tidak hanya memberikan kesenangan pada anak, tetapi juga membantu mereka untuk mengenal dunia luar, belajar bersosialisasi, serta tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan si kecil ke Altaschool. Altaschool merupakan homeschooling yang dilengkapi kelas tambahan seperti Pendidikan Karakter, Home Based Project, dan masih banyak lagi.

Yuk, coba kelas gratisnya sekarang!

CTA Blog Alta School

Adya Rosyada Yonas