5 Museum yang Bisa Menambah Pengetahuan Anak Sejak Usia Dini

Nurul Habibah Des 21, 2021 • 7 min read


Aktivitas & Hobi - (beberapa) Museum yang Bisa Menambah Pengetahuan Anak Sejak Usia Dini-01“Museum adalah tempat liburan yang penuh dengan edukasi. Artikel ini berisi tentang beberapa museum yang dapat Anda kunjungi bersama anak untuk menambah pengetahuannya”

Museum adalah salah satu tempat yang cocok untuk mengajak anak liburan di akhir pekan. Berdasarkan peraturan pemerintah No. 66 tahun 2015, museum merupakan lembaga yang berguna untuk melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat. 

Museum berisi berbagai koleksi berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya atau bukan cagar budaya. Nah, koleksi-koleksi yang ada di museum adalah bukti material dari hasil budaya dan atau material alam dan lingkungan, yang memiliki nilai penting bagi sejarah, pendidikan, agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan, pariwisata, atau teknologi. 

Liburan ke Museum Bersama Anak(Sumber: Travel.kompas.com)

Ada 5 alasan kenapa museum merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi bersama anak, yakni:

1. Pusat Edukasi

Museum mempunyai informasi-informasi koleksi yang beragam. Dengan koleksi yang ada di museum, masyarakat bisa mengetahui kehidupan di masa lampau.

2. Rumah Kebudayaan Tertinggi

Museum merupakan tempat untuk Anda bisa melihat perkembangan budaya Indonesia dari masa ke masa. Melalui koleksi yang ada di museum, anak bisa mengamati perkembangan budaya yang terjadi.

3. Inspirasi

Museum memiliki inspirasi yang dapat diserap oleh masyarakat. Dengan berkunjung ke museum Anda dapat menciptakan berbagai inspirasi untuk membangun Indonesia lebih baik. 

4. Ruang Interaksi

Museum dapat dijadikan tempat interaksi dan berdialog. Tidak hanya berdialog tentang kehidupan sehari-hari, namun di museum Anda bisa berdialog tentang seni, mahakarya, dan budaya.

5. Rumah Peradaban

Museum bisa sebagai rumah peradaban yang mulia. Museum bisa menjadi rumah bagi semua pihak dan museum juga menjaga peradaban untuk tetap eksis. 

Nah, setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat dengan berkunjung ke museum. Berikut ini ada 5 museum yang cocok untuk Anda kunjungi bersama anak dan bisa menambah pengetahuan anak sejak dini.

1. Museum Polri

Museum Polri(Sumber: Jejakpiknik.com)

Apakah anak Anda bercita-cita ingin jadi seorang polisi? Nah, kalau iya, Museum Polri adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Di museum ini anak bisa bermain peran menjadi seorang polisi. Anak-anak di sini juga dapat belajar berbagai hal tentang tugas polisi. Museum Polri dilengkapi dengan area kids corner. Di sana anak-anak bisa melakukan berbagai hal menyenangkan. Anak-anak dapat juga mengenal tugas polisi melalui kegiatan interaktif. 

Jika anak Anda lebih suka menjadi detektif, maka jangan lupa untuk ikut bermain permainan detektif yang tertera di dinding. Anak akan diajak untuk, berpikir serta melacak kasus pencurian. Nah, setelah anak puas berkeliling museum, Anda bisa mengajak anak untuk berfoto sambil mengenakan seragam polisi yang telah tersedia di sana. Selain seragam, juga ada loh mobil polisi yang bisa dijadikan properti untuk berfoto.

2. Museum Nasional

Museum Nasional atau yang dikenal juga dengan nama museum gajah memiliki lebih dari 140.000 koleksi bersejarah. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Seperti Museum Polri, Museum Nasional juga memiliki area kids corner yang membuat anak-anak menjadi betah berlama-lama.

Museum Nasional(Sumber: Popmama.com)

Kids corner berada di  lantai paling bawah museum. Di sini anak-anak bisa mengenal budaya dengan cara yang unik dan menyenangkan. Anak-anak bisa belajar banyak hal, mulai dari melukis kendi, membatik, atau mencoba alat musik tradisional. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai baju tradisional yang boleh dikenakan oleh anak-anak untuk berfoto. 

3. Museum Fatahillah

Jika Anda mengajak anak liburan di daerah Kota Tua Jakarta, maka jangan lupa untuk singgah di Museum Fatahillah. Museum ini dikenal juga dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Di sini anak bisa melihat berbagai benda sejarah Jakarta, dari masa prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta di tahun 1527.

Museum Fatahillah memiliki berbagai koleksi, seperti Meriam Jagur, mebel-mebel antik dari abad 17 hingga 19 yang merupakan perpaduan gaya Tiongkok, Eropa dan Indonesia, serta ada juga Prasasti Ciaruteun. 

Museum Fatahillah Kota Tua(Sumber: Merahputih.com)

4. Museum Macam

Museum ini adalah salah satu museum yang terbilang baru. Museum Macan hadir dengan ruang pameran yang menampilkan berbagai karya seni modern dan kontemporer nusantara. Museum ini memiliki koleksi kurang lebih 90 karya seni, baik dari seniman Indonesia maupun Internasional.

Di Museum Macan, Anda juga bisa menemukan children’s Art Space atau Ruang Seni Anak yang berguna untuk mengenalkan seni kepada anak-anak. Pada ruang tersebut, anak-anak dapat mewarnai kertas yang kemudian dapat dijadikan mahkota untuk mereka pakai. Selain itu, ada juga Children’s Museum Guide yang dapat diakses dengan gratis untuk mempermudah anak mengeksplorasi pameran. 

5. Museum Wayang

Museum lain yang dapat Anda kunjungi bersama anak di daerah Kota Tua adalah Museum Wayang. Di museum ini anak dapat melihat berbagai koleksi wayang, baik itu jenis wayang dalam negeri maupun luar negeri. Jumlah wayang yang ada di museum ini mencapai 5.000, mulai dari wayang golek, wayang kulit, wayang seng, dan lain sebagainya. 

Selain bisa melihat koleksi wayang, anak-anak di sini juga dapat melihat boneka-boneka yang berasal dari dalam dan luar negeri. Salah satu boneka terkenal dari Indonesia yang dipajang di sini adalah boneka seri Si Unyil. Boneka Si Unyil yang ditampilkan di sini adalah boneka asli yang digunakan ketika siaran pertama kali di stasiun TVRI pada tahun 1970. 

Jadi itulah 5 museum yang dapat menambah pengetahuan anak sejak dini. Selain dengan berkunjung ke museum, Anda juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak dengan berlangganan altaschool.  

Alta School merupakan sekolah online yang khusus untuk pelajar di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Sekolah dengan kurikulum K-13 ini menyediakan berbagai fasilitas belajar yang menarik, seperti Live Teaching, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Prabasari, A. (2020), ‘5 Alasan Pentingnya Wisata Edukasi Ke Museum’, Nasional.kompas.com, 26 Januari 2020 [daring] Available at: https://nasional.kompas.com/read/2020/01/26/13585711/5-alasan-pentingnya-wisata-edukasi-ke-museum

Octama, C. (2018), ‘10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan’, Orami.co,id, 18 Mei 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/10-museum-di-jakarta-untuk-ajari-anak-pengetahuan/

Juniawandahlan. (2017), ‘Museum Sebagai Sarana Edukasi dan Rekreasi’, Kebudayaan.Kemendikbud.go.id, 08 Maret 2017 [daring] Available at: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mkn/musuem-sebagai-sarana-edukasi-dan-rekreasi/

Primastika, W. (2018), ‘Memilih Wisata ke Museum yang Cocok untuk Anak-anak’, Tirto.id, 14 Juli 2018 [daring] Available at: https://tirto.id/memilih-wisata-ke-museum-yang-cocok-untuk-anak-anak-cNNf

Sumber Gambar:

Orang Berkunjung ke Museum [daring]. Available at: https://travel.kompas.com/image/2015/05/22/134100627/Macet.Saat.ke.Bandung.Coba.Berkunjung.dengan.Cara.Ini.

Museum Polri [daring]. Available at: https://jejakpiknik.com/museum-polri/ 

Museum Nasional [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bernadine/tidak-hanya-menyenangkan-ini-manfaat-wisata-museum-bagi-anak

Museum Fatahillah [daring]. Available at: https://merahputih.com/post/read/pengunjung-destinasi-wisata-saat-libur-lebaran-di-jakarta-naik-drastis

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar