5 Ciri Gifted Child: Anak Jenius dengan Bakat Luar Biasa

Alta - Gifted Child

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi adalah salah satu ciri Gifted Child. Apa itu gifted child? Yuk, simak karakter atau ciri-cirinya!

Pernahkah Anda mendengar kata Gifted Child? Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jumlah Gifted Child cukup sulit diketahui secara persis, namun perkiraannya adalah sekitar 2 sampai 5 persen dari seluruh populasi. Anak-anak yang masuk dalam kelompok gifted child diketahui dapat mengelola informasi dengan lebih cepat. 

 

Pengertian Gifted Child

Gifted Child atau anak jenius adalah mereka yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibandingkan anak seumurannya. Menurut National Association for Gifted Children, Gifted Child mempunyai bakat luar biasa pada bidang matematika, bahasa, logis, interpersonal, natural, somatokinetik, musikal, serta spasial.

Jika anak-anak pada umumnya menerima pelajaran berdasarkan informasi yang diberikan, Gifted Child justru bisa menghasilkan informasi baru dari ilmu yang mereka dapatkan sebelumnya, yang bahkan tidak diajarkan langsung oleh gurunya.

Anak-anak jenius tersebut tidak terbiasa menerima ilmu apa adanya. Nalar mereka menjadikan informasi yang di dapat menjadi pertanyaan-pertanyaan yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

 

Baca juga: Usia Ideal Anak untuk Mengenal Calistung dan Tips Mengajarkannya

 

Ciri – ciri Anak Gifted Child

Gifted Child mempunyai tanda atau karakteristik yang menjadi pembeda dengan anak lain pada umumnya. Berikut 5 ciri gifted child:

1. Mampu Mempelajari Keterampilan Baru secara Mandiri

Mengenal Gifted Child(Sumber: Kumparan.com)

Anak-anak yang termasuk kelompok gifted child umumnya bisa belajar membaca dan menulis sendiri sebelum mereka mendapatkan pembelajaran tersebut di sekolah. Dari beberapa penelitian dibuktikan bahwa rata-rata anak perlu mendengarkan sesuatu secara berulang sebanyak 8-15 kali untuk bisa memahami informasi di dalamnya. Sedangkan, gifted child hanya perlu mengulang dan mendengarkan suara tersebut sebanyak 1-2 kali saja untuk bisa memahami informasinya. 

Gifted child juga belajar dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak latihan seperti anak-anak lain untuk dapat mengembangkan keterampilan baru. Mereka biasanya cenderung bosan ketika pelajaran diulang-ulang dan bahkan dapat tidak tertarik lagi untuk mengikuti pelajaran tersebut.

 

Baca juga: Mengenal Metode Montessori, Cara Belajar dengan Membebaskan Minat Anak

 

2. Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Gifted child biasanya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi tentang dunia di sekitar mereka. Selain itu, mereka juga sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan rinci untuk memusakan rasa ingin tahu mereka tentang ilmu pengetahuan.

Di lingkungan sekolahnya, anak-anak ini kemungkinan juga tidak puas jika hanya mempelajari sesuatu agar bisa mengerjakan ujian atau menyelesaikan tugasnya dengan baik saja. Rasa ingin tahu mereka tentang satu topik pelajaran biasanya dapat meluas ke berbagai aspek yang berada di luar cakupan pelajaran.

 

3. Cenderung Memiliki Banyak Ide

Ciri-ciri Gifted Child(Sumber: Popmama.com)

Gifted Child adalah seorang pemikir serta mempunyai penalaran abstrak dari berbagai bidang. Anak-anak tersebut biasanya mempunyai imajinasi yang ‘liar’ dan dengan mudah bisa mengembangkan cerita, sandiwara, atau lagu di pikiran mereka sendiri.

 

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Motorik Kasar dan Halus? Ini Contoh serta Cara Melatihnya

 

4. Memiliki Kosakata yang Banyak dan Lebih Suka Berbicara dengan Orang Dewasa

Ciri lain dari gifted child yang dapat Anda perhatikan adalah kemampuan bahasa mereka yang sangat baik. Gifted child memahami dan menggunakan lebih banyak kosakata dibandingkan anak-anak seusia mereka, termasuk  bahasa abstrak dan kiasan. Hal ini terjadi karena anak tersebut sangat gemar membaca buku.

Daya ingat mereka yang tinggi membantu untuk lebih mudah mengingat kata-kata. Oleh karena itu, anak-anak ini menjadi lebih suka berkomunikasi dengan orang dewasa, sebab kemampuan bahasanya yang sangat baik. 

Akan tetapi, juga sangat penting untuk Anda tetap medorong mereka untuk berkomunikasi dengan  teman sebayanya. Ini bertujuan mencegah anak terisolasi dan menarik diri karena perbedaan kemampuan intelektual mereka.

 

5. Mempunyai Pendekatan Sendiri Ketika Mengerjakan Tugas

Gifted Child(Sumber: Parenting.co.id)

Biasanya anak-anak ini mempunyai cara sendiri dalam mengerjakan tugas. Hal ini terjadi karena kurangnya tantangan dalam mengerjakan tugas tersebut. Contohnya, ketika anak mengerjakan tugas matematika, anak-anak yang tergolong dalam kelompok gifted child bisa menggunakan cara alternatif untuk menyelesaikan persoalan matematika tersebut. Biasanya anak-anak ini juga lebih suka mengerjakan tugas secara individual dibandingkan berkelompok.

Nah, apakah anak Anda tergolong gifted child? Gifted child juga membutuhkan program pendidikan dan dukungan khusus dari lingkungan mereka untuk bisa mengoptimalkan kemampuan serta bakatnya. Oleh sebab itu, Anda bisa membantu mereka dengan mendaftarkannya di Altaschool.

Yuk, coba kelas gratis Alta School dengan klik gambar di bawah!

CTA Blog Alta School

Sumber:

Intan, R. ‘7 Ciri Gifted Child, Berbakat dan Jenius Melebihi Anak Seusianya’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/gifted-child

Paramita, M. (2021), ‘Mengenal Kemampuan Anak Jenius (Gifted Children)’, Skata.info, 13 Februari 2021 [daring] Available at: https://skata.info/article/detail/895/mengenal-kemampuan-anak-jenius-gifted-children

Rompies, J.K. (2022), ‘Kenali 10 Karakteristik Gifted Child atau Anak yang Berbakat’, Popmama.com, 13 Maret 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/karakteristik-gifted-child-atau-anak-yang-berbakat

Sumber Gambar:

Anak sedang Belajar Menggambar [daring], Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/keterampilan-yang-perlu-dikuasai-anak-sebelum-belajar-menulis-1trLANuwias 

Anak yang Memiliki Banyak Ide [daring], Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/zodiak-anak-yang-dikenal-selalu-punya-ide-kreatif

Anak sedang Mengerjakan Tugas [daring],  Available at: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/lakukan-ini-agar-anak-lancar-membuat-pr

Nurul Habibah