5 Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak

Nurul Habibah Mar 18, 2022 • 7 min read


Alta - Rekomendasi Channel Youtube Anak

“Artikel ini berisi informasi tentang channel youtube yang cocok untuk anak-anak. Cek dulu yuk, agar anak Anda tidak salah tontonan.”

--

Apakah anak Anda suka menonton Youtube? Youtube saat ini memang bukan suatu hal yang asing bagi orang tua bahkan anak-anak. Setiap hari banyak anak yang mengisi waktu mereka dengan menonton youtube, entah melihat channel edukasi, atau sekedar menonton film yang lucu dan seru. 

Data dari Pew Research Center menyatakan bahwa 80 persen dari semua orang tua dengan anak yang berusia 11 tahun atau lebih mudah, mengatakan bahwa anak mereka menonton youtube. Lalu, 53 persen di antaranya mencatat bahwa anak mereka menonton youtube setiap hari. Meski youtube menyediakan berbagai channel yang cocok untuk anak, Anda pasti juga tahu bahwa banyak channel-channel yang belum sesuai untuk anak-anak. Sebagai orang tua, tentu sudah kewajiban Anda mengawasi anak menonton tayangan di youtube. 

Nah, berikut ada 5 channel youtube yang memiliki nilai-nilai positif serta sesuai dengan usia anak. Channel ini dapat Anda jadikan pilihan untuk memberikan tontonan edukatif serta menghibur bagi anak-anak: 

1. National Geographic Kids

Ini merupakan channel yang sangat direkomendasikan untuk anak yang sudah memasuki usia Sekolah Dasar (SD). Konten-konten dalam channel ini berhubungan dengan pengetahuan alam semesta, flora, serta fauna. Channel ini menyajikan tayangan ilmu pengetahuan untuk anak dengan konsep yang menyenangkan dan video perjalanan yang penuh warna. Gambar yang ada dalam video juga diambil dengan sinematik, sehingga semakin menarik untuk ditonton. 

Channel Youtube untuk Anak(Sumber: Youtube.com)

Konten dalam channel ini menggunakan Bahasa Inggris, sehingga anak-anak membutuhkan orang tua untuk mendampingi mereka. Anak-anak pastinya membutuhkan bantuan Anda untuk mengartikan istilah asing yang tidak mereka pahami. Channel National Geographic Kids mempunyai banyak program yang mengeksplorasi keajaiban alam serta mengulas tentang lingkungan sekitar. Selain itu, di channel ini Anda juga bisa melihat berbagai playlist edukasi, seperti playlist panda, kucing, harimau, dan masih banyak lagi. 

2. Cocomelon

Cocomelon adalah channel yang berisi video edukasi animasi untuk anak-anak. Sejak pertama kali dibuat tahun 2006, Cocomelon mempunyai karakter utama yakni bayi laki-laki yang menggemaskan. Channel yang satu ini cocok sekali ditonton oleh anak-anak prasekolah. 

Dengan menonton konten-konten dari Cocomelon, anak Anda bisa belajar mengingat huruf, mengenal hewan, dan bahkan anggota tubuh. Nah, yang menarik juga, channel ini menyajikan lagu-lagu anak klasik, kompilasi lagu dengan tema hewan laut, dan lagu original cocomelon dalam animasi 3D. Bahkan, ada lagu yang mengenalkan alfabet serta huruf kecil dengan animasi 2D yang tentu disukai oleh anak-anak. '

Baca juga: 6 Manfaat Baca Komik untuk Anak serta Rekomendasi Komik yang Cocok

 

3. Nussa Official

Anda pasti pernah mendengar tentang channel Nussa bukan? Ya, ini merupakan salah satu channel yang berisi kartun animasi educational entertainment (edutainment). Dalam channel ini ada dua karakter tokoh, yakni adik kakak yang bernama Nussa dan Rara. Nussa digambarkan sebagai anak laki-laki dengan pakain gamis, lengkap dengan peci putih. Sedangkan Rara, digambarkan sebagai adik kandung Nussa yang berusia lima tahun, serta menggunakan gamis dan jilbab. 

Rekomendasi Channel Youtube Anak(Sumber: Youtube.com)

Nussa pada channel ini adalah tokoh penyandang disabilitas, dan terlihat kaki kirinya  menggunakan kaki palsu. Namun, disini kekurangannya digambarkan bukanlah penghalang untuk mencapai impian Nussa. Lalu, Rara adalah tokoh yang ceria serta menggemaskan. Pada channel ini anak dapat belajar berbagai hal positif. Selain itu juga ada pesan moral dan pesan keagamaan yang ditampilkan pada setiap ceritanya. 

4. Pinkfong

Salah satu konten dalam channel ini yang sangat populer adalah lagu yang berjudul “Baby Shark”. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang terpikat dengan lagu tersebut, karena lagunya asyik dan bisa membuat pendengarnya menari. Pada channel ini terdapat karakter yang menggemaskan yang disukai oleh anak-anak. Nah, di sini anak-anak juga dapat belajar berbagai hal, seperti hewan, alam, transportasi, dan lain sebagainya dengan cara yang menyenangkan.

Tak hanya rutin mengunggah konten di channel youtubenya, Pinkfong ternyata juga memiliki aplikasi khusus untuk anak-anak, mainan, bahkan buku edukasi untuk anak. Mengikuti nyanyian dan gerakan dari lagu-lagu dalam channel Pingfong, dapat membantu perkembangan motorik anak Anda. 

5. Diva The Series

Channel Youtube Cocok untuk Anak(Sumber: Youtube.com)

Channel youtube terakhir yang cocok untuk anak adalah Diva The Series. Channel ini menceritakan tentang gadis kecil bernama Diva yang selalu bermain bersama dengan kucing kesayangannya, Pupus. Dari channel ini anak dapat belajar tentang bersosialisasi loh. 

Nah, berbagai konten yang ditayangkan pada Diva The Series selalu memiliki pesan moral di dalamnya. Uniknya juga, Diva di channel ini digambarkan memiliki teman-teman dari latar belakang suku dan agama berbeda. Sehingga, secara tidak langsung Anak juga dapat belajar tentang toleransi dan saling menghargai dengan sesama. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Kartun yang Bisa Tingkatkan Pengetahuan Anak

Jadi, itulah 5 rekomendasi channel youtube yang cocok untuk anak-anak. Video-video edukasi dari youtube dapat membantu anak belajar banyak hal. Namun, jangan lupa beri batasan pada anak untuk mengaksesnya. Sebab, jika anak kecanduan bermain gadget untuk menonton youtube, ini juga bisa memberikan efek negatif. Contohnya, anak kurang tidur, sulit fokus, gangguan kecemasan, obesitas, bahkan depresi. 

Membantu anak belajar tak hanya dapat dilakukan dengan menyuguhkan mereka berbagai video dari youtube. Namun, Anda juga bisa langsung mendaftarkannya di altaschool. Alta School adalah suatu layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah yang telah menggunakan metode belajar blended learning ini dapat membantu mengembangkan bakat dan kreativitas anak Anda sejak dini. Selain itu, fasilitas belajar yang menyenangkan juga dapat dinikmati anak Anda selama belajar di Alta School. 

Penasaran dengan fasilitasnya apa aja? Yuk, segera daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Ahmad. (2021), ‘Simak 10 List Channel Youtube yang Edukatif untuk Anak-anak’, Gramedia.com. Maret 20221 [daring] Available at: https://www.gramedia.com/best-seller/channel-youtube-edukatif-untuk-anak/

Efivania, C. (2021), ‘5 Channel Youtube Pilihan yang Cocok untuk Edukasi dan Pengembangan Diri Anak’, Fimela.com, 25 September 2021 [daring] Available at: https://www.fimela.com/parenting/read/4650840/5-channel-youtube-pilihan-yang-cocok-untuk-edukasi-dan-pengembangan-diri-anak

Wardhani, N. (2021), ‘5 Rekomendasi Channel Youtube yang Menghibur dan Bantu Anak Belajar’, Haibunda.com, 04 Desember 2021 [daring] Available at:  https://www.haibunda.com/parenting/20211203004440-61-260785/5-rekomendasi-channel-youtube-yang-menghibur-dan-bantu-anak-belajar

Rempong, M. (2021). ‘Rekomendasi Channel Youtube Anak, Edukatif dan Menghibur’, Kumparan.com, 11 September 2021 [daring] Available at: https://kumparan.com/mama-rempong/rekomendasi-channel-youtube-anak-edukatif-dan-menghibur-1wVABgCAVbY/1

Sumber Gambar: 

National Geographic Kids [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=mLZrqBYVp1Q

Channel Nussa dan Rara [daring[. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=8Ee7WGSFAhk

Diva the Series 3 In 1 [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=qzTSXXer71A

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar