6 Tips Mengajarkan Anak Menggosok Gigi

Nurul Habibah Des 29, 2021 • 6 min read


Tips Mengajarkan Anak Menggosok Gigi-01

“Kebiasaan menggosok gigi tidak mudah untuk dibangun. Oleh karena itu, pelajari dulu yuk cara mengajarkan anak menggosok gigi sejak dini berikut ini”

Mengajarkan anak menggosok gigi adalah hal yang tidak mudah. Namun, meski demikian, Anda tetap harus membiasakan anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi yang rutin. Biasanya, anak-anak malas untuk gosok gigi karena mereka belum paham betul apa manfaat gosok gigi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengajarkan anak dengan cara memaksanya. 

Mungkin Anda juga sering frustasi mengajarkan anak menggosok gigi, namun Anda harus paham juga bahwa itu merupakan hal yang baru bagi anak. Sehingga tidak heran kalau anak belum terbiasa melakukannya. Di samping itu, bagi anak-anak yang sedang tumbuh gigi, gusinya seringkali terasa sangat sensitif. Jadi, mereka menolak untuk gosok gigi, akibat adanya rasa tidak nyaman jika terkena bulu sikat gigi. 

Tips Mengajarkan Anak Gosok Gigi(Sumber: Kompas.com)

Kapan Anak Mulai Menggosok Gigi?

Menggosok gigi tidak perlu menunggu hingga gigi anak tumbuh banyak. Anda bisa mulai menggosok gusi anak dengan kain lembab untuk menghilangkan bakteri, serta jangan lupa juga membersihkan area dibawah bibir, untuk menghindari penumpukan bakteri. Selain kain, Anda bisa juga menggunakan sikat gigi jari yang terbuat dari bahan silikon. 

Jika anak sudah mulai memiliki gigi dan belum terlatih meludah, maka bantu anak dengan membersihkan mulutnya menggunakan sikat gigi lembab. Gosok dengan bentuk lingkaran pada permukaan dan belakang gigi. Nah, saat anak tumbuh besar, mulailah untuk membelikan sikat gigi dengan bulu halus, serta berukuran kecil, sesuai usianya. 

Untuk anak yang berusia di bawah tiga tahun, Anda sudah boleh menambahkan sedikit pasta gigi untuknya. Namun, jangan lupa ajarkan anak untuk merunduk dan mengeluarkan pasta gigi tersebut dari mulut mereka. 

Nah, agar kegiatan menggosok gigi tidak dipenuhi drama, berikut 6 tips yang dapat Anda coba untuk mengajarkan anak menggosok gigi dengan rutin. 

1. Ajak Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Sendiri

Langkah awal untuk mengajarkan anak menggosok gigi adalah dengan mengajaknya memilih peralatan menggosok gigi yang Ia suka. Namun, pastikan juga bahwa peralatan tersebut memiliki kualitas terbaik. Sikat gigi untuk anak umumnya mempunyai bulu sikat yang lembut dan berjarak renggang. Banyak sekali pilihan sikat gigi dengan bentuk lucu dan menarik yang bisa Anda temukan di pasaran. 

Cara Mengajarkan Anak Menggosok Gigi(Sumber: Orami.co.id)

Setelah memilih sikat gigi, jangan lupa beli juga pasta gigi khusus anak. Biasanya pasta gigi ini memiliki rasa buah-buahan yang enak, sehingga anak merasa nyaman saat menggunakannya. Biarkan anak memilih sendiri model sikat gigi dan rasa pasta gigi yang Ia mau, agar anak lebih senang. 

2. Menggosok Gigi Bersama

Anak biasanya bisa cepat belajar dengan cara mencontoh orang terdekatnya. Oleh sebab itu, saat waktu mandi tiba, maka jangan lupa ajak Anak untuk menggosok gigi bersama terlebih dahulu. Ajarkan anak untuk menggosok gigi dengan cara yang benar. Selain sebelum mandi, Anda bisa mengajak anak menggosok gigi sebelum tidur. Supaya kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur lebih menyenangkan bagi anak, maka jadikan momen tersebut waktu untuk menggosok gigi bersama keluarga. 

3. Menonton Video

Kini banyak sekali video yang mengajarkan tentang menggosok gigi yang menyenangkan yang bisa ditonton oleh anak-anak. Video interaktif berdurasi singkat dapat Anda jadikan pilihan untuk dipertontonkan pada anak-anak. Seperti video Pinkfong yang menjelaskan mengapa gigi perlu untuk dibersihkan, atau video populer Elmo tentang Brushy Brush yang menjelaskan pesan serupa. Pilihlah video yang tepat menurut Anda, sehingga anak lebih paham tentang cara dan pentingnya menggosok gigi dengan benar. 

4. Menggosok Gigi di Depan Cermin

Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi(Sumber: Liputan6.com)

Menggosok gigi di depan cermin membantu anak untuk paham cara menggosok gigi yang benar. Langkah mengajari anak menggosok gigi yang benar adalah dengan  menggosok seluruh permukaan gigi dengan menggerakkan sikat di bagian gigi depan dengan cara gerakan menyapu ke atas dan kebawah. Sedangkan, untuk bagian luar gigi yang kiri dan kanan, lakukan gerakan memutar. Nah, jangan lupa juga membersihkan gigi di bagian dalam serta permukaan kunyah gigi. 

5. Jangan Memaksakan Teknik Menggosok Gigi

Meski Anda sudah mengajarkan anak berkali-kali tentang teknik menggosok gigi yang benar, seringkali anak-anak masih tetap menggosok dengan cara asal-asalan. Jika hal tersebut terjadi, jangan terlalu memaksa anak. Sebab, kegiatan menggosok gigi merupakan hal yang baru untuk anak. 

Namun, yang paling penting adalah membiasakan agar anak menggosok gigi dengan rutin terlebih dahulu. Setelah kebiasaan menggosok gigi terbangun dengan baik, barulah mulai mengajarkan teknik menggosok gigi secara bertahap. Semakin banyak praktik menggosok gigi dilakukan, maka tekniknya dapat berkembang dengan berjalannya waktu. 

6. Puji Kebersihkan Gigi Anak

Anak-anak senang mendengarkan pujian atas usaha yang telah Ia lakukan. Jadi, saat anak selesai menggosok gigi, berilah pujian tentang giginya yang bersih. Hal tersebut dapat mendorong anak untuk terus menjaga kebersihan giginya, dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari. 

Jadi, itulah 6 tips mengajarkan anak menggosok gigi yang bisa Anda coba. Mulailah ajarkan anak membangun kebiasaan menggosok gigi sejak kecil, dan bersabarlah dalam mengajarkan nya. 

Jika Anda yang memiliki anak di usia PAUD hingga kelas 3 SD, kini Anda bisa loh membantu anak membangun kebiasaan baik lainnya melalui altaschool. Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling dengan sistem pembelajaran online. Sekolah online ini memiliki berbagai fitur menarik yang membantu mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini, 

Beberapa fitur yang bisa dinikmati saat anak berlangganan adalah Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan anak Anda ya!

New call-to-action

Sumber: 

Trifiana, Azelia. (2021), ‘7 Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Sikat Gigi yang Menyenangkan’, Sehatq.com, 08 Maret 2021 [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengajarkan-anak-1-tahun-sikat-gigi-buat-jadi-menyenangkan

Handayani, V.V. (2019), ‘Cara Mengajari Anak untuk Sikat Gigi Pertama Kali’, Halodoc.com, 17 Juni 2019 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/cara-mengajari-anak-untuk-sikat-gigi-pertama-kali

Swari, R.C. (2021). ‘6 Cara Efektif Mengajarkan Anak Gosok Gigi’, Hellosehat.com, 09 Juli 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/cara-mengajarkan-anak-gosok-gigi/

Argentina, C. (2019), ‘Langkah-Langkah Mengajarkan Anak Sikat Gigi’, Klikdokter.com, 19 Agustus 2019 [daring] available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631517/langkah-langkah-mengajarkan-anak-sikat-gigi

Sumber Gambar: 

Anak sedang Menggosok Gigi [daring]. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/08/053000165/menyikat-gigi-pada-anak-apa-saja-yang-harus-diperhatikan-?page=all

Berikan Pasta Gigi Khusus Anak [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/tips-mengajarkan-balita-gosok-gigi-sendiri/ 

Menggosok Gigi di Depan Cermin [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/4228755/cara-bunda-ajak-anak-rajin-sikat-gigi-malam-hari-di-tengah-pandemi-corona

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar