6 Vitamin untuk Perkembangan Otak Anak

Nurul Habibah Okt 4, 2021 • 7 min read


Vitamin_Untuk_Perkembangan_Otak_Anak-

“Artikel ini berisi informasi tentang vitamin apa saja yang bisa Anda berikan kepada anak untuk membantu perkembangan otaknya. Simak Yuk!”

Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Anak-anak diharapkan bisa berkonsentrasi, memahami pelajaran, serta bisa mencapai prestasi yang bagus di sekolah. Oleh karena itu, orang tua akan berusaha memberikan yang terbaik bagi anak mereka, terutama dalam membantu perkembangan otak anak.

Dalam buku Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini karya Sutisna & Sri (2020) dikatakan bahwa Perkembangan otak anak mempunyai hubungan yang kuat dengan aspek perkembangan lainnya, seperti kognitif, sosial emosional, bahasa, dan fisik motorik. Santrock (2010) dalam bukunya yang berjudul Child Development  mengatakan kalau otak juga tidak hanya berperan mengatur perilaku, namun juga mengatur metabolisme.

Menurut Sutisna & Sri (2020), Otak menjadi pusat yang mengatur segala aktivitas keseharian manusia, baik dalam berperilaku, berpikir, serta emosi. Oleh karena itu, tidak heran kalau otak disebut sebagai pusat kendali bagi manusia dalam berperilaku dan mengatur metabolisme tubuh. Sebagai pusat kendali, otak tentu berperan sangat penting bagi manusia, Sehingga, otak harus dapat dijaga dan dipelihara dengan baik.

Nah, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan otak anak adalah dengan memenuhi kebutuhan vitaminnya. Berikut ada 6 vitamin terbaik yang dapat Anda berikan kepada anak untuk membantu perkembangan otaknya.

1. Vitamin E

Vitamin E penting untuk membantu perkembangan otak anak yang berhubungan dengan memori, penglihatan, perkembangan bahasa, pendengaran, dan pembelajaran yang kompleks. Vitamin E merupakan vitamin otak untuk anak 7 tahun yang sangat baik dan menjadi salah satu nutrisi antioksidan paling kuat.

Selain itu, vitamin ini juga terbukti bekerja sebagai pelengkap lutein untuk melindungi DHA, yang merupakan asam lemak omega-3 yang penting dalam fungsi kognitif. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E pada anak melalui telur, almond, hazelnut, biji bunga matahari, brokoli, atau kacang tanah.

vitamin untuk perkembangan otak anak(Sumber: Haibunda.com)

2. Asam Lemak Omega-3

Otak manusia juga membutuhkan asupan asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan alpha-linolenic acid (ALA) yang cukup, untuk mendapatkan perkembangan yang optimal. ALA bisa diubah oleh tubuh menjadi EPA dan DHA, yang membentuk bahan penyusun sel otak dan berfungsi dalam perkembangan otak, sistem saraf, serta mata.

Nah, DHA sendiri pada umumnya terkonsentrasi di area otak, yang berfungsi membantu proses pembelajaran serta memori. Jika kebutuhan EPA dan DHA terpenuhi dengan baik, maka itu akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak dan mempengaruhi perilaku sosial mereka.

Berdasarkan Journal of Nutrition & Food Sciences, dikatakan bahwa anak-anak yang banyak mengkonsumsi asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 mengalami peningkatan pembelajaran, perilaku, perhatian, serta kesehatan emosi. Nah, beberapa makanan sumber asam lemak omega-3 yang dapat Anda berikan kepada anak-anak yaitu, alga laut, suplemen minyak ikan, biji-bijian (seperti rami, kenari, dan chia), minyak nabati (minyak biji rami, minyak canola, dan minyak kedelai), serta ikan berlemak air (seperti sarden, salmon, dan mackerel).

Vitamin untuk otak anak(Sumber: theAsianparent)

3. Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan Zeaxanthin merupakan dua nutrisi yang berbeda, namun keduanya merupakan karotenoid, yakni pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan yang kuat, yang mempunyai banyak manfaat. Diantaranya, mendukung daya ingat, meningkatkan kecepatan dan efisiensi pemrosesan, serta mungkin dapat juga berdampak pada kinerja akademis anak. Meningkatkan asupan Lutein dan Zeaxanthin akan membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan visual pada orang dewasa muda.

Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan Lutein dan Zeaxanthin untuk perkembangan otak anak, melalui sayuran berdaun hijau tua, seperti kangkung dan bayam. Selain itu, kandungan ini ada juga pada jagung, anggur, kiwi, telur, jeruk dan zucchini.

4. Antosianin

Polifenol tertentu seperti antosianin, adalah nutrisi di balik pigmen ungu dan biru yang terdapat pada buah dan sayuran, yang diduga juga bermanfaat mendukung kesehatan otak. Pada sebuah studi yang diterbitkan European Journal of Nutrition, mengatakan bahwa mahasiswa yang meminum jus anggur murni, mempunyai perhatian serta kinerja yang lebih baik, dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak minum jus anggur. Nah, oleh karena itu, Anda dapat membantu kebutuhan antosianin pada anak melalui Anggur dan Blueberry.

5. Kolin

Kolin merupakan senyawa kimia larut air yang mempunyai fungsi mirip dengan vitamin. Kolin masih satu keluarga dengan folat serta vitamin B kompleks. Kolin dikenal sebagai mikronutrien yang berguna untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Selain itu, kolin baik untuk fungsi kognitif dan kekuatan otot Anak.

Telur untuk perkembangan otak anak(Sumber: alodokter.com)

Kolin berguna membantu memproduksi DNA serta meningkatkan sinyal saraf di otak anak. Nah, kalau sinyal otak anak berkembang dengan baik, maka perkembangan otak anak juga akan lebih maksimal dalam berpikir. 

Tidak hanya itu, kolin juga bisa membantu mengaktifkan asetilkolin, yang merupakan senyawa kimia yang bisa membantu komunikasi antar saraf dan otot, sehingga anak menjadi lebih mudah dalam berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang kuat. Sumber kolin paling banyak terdapat di telur. Namun, jika anak Anda alergi terhadap telur, Anda bisa menggantinya dengan hati ayam, salmon, susu, atau daging.

6. Vitamin B12

Susu untuk perkembangan otak anak(Sumber: klikdokter.com)

Vitamin terakhir yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan otak anak adalah vitamin B12. Vitamin ini membantu produksi materi genetik tubuh, yakni DNA dan RNA, yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan otak anak. Semakin optimal perkembangan DNA dan RNA pada otak anak, maka semakin baik juga kemampuan otaknya di masa pertumbuhan.

Beberapa makanan sumber vitamin B12 yang dapat Anda berikan untuk anak adalah tempe, susu kedelai, telur, susu almond, sereal, serta keju cheddar.

Jadi, itulah 6 vitamin yang dapat Anda berikan untuk anak, guna membantu perkembangan otaknya. Bantulah anak untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin di atas, agar perkembangan otak mereka dapat berjalan dengan baik dan anak bisa tumbuh menjadi lebih cerdas. Nah, untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak, kini Anda juga bisa loh menggunakan altaschool.

Alta School merupakan sekolah non formal berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring, yang menyediakan berbagai fitur terbaik. Fitur tersebut antara lain Live Teaching, Home-based Project, Learning Lit, Pendidikan Karakter, Laporan Pembelajaran, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Hapsari, A. (2021). ‘5 Nutrisi Untuk Otak Anak Yang Bermanfaat Meningkatkan Kecerdasan’, hellosehat.com, 16 Agustus 2021 [online] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/nutrisi-otak-anak/

Rahma, C. (2021). ‘Supaya Makin Pintar, Ini Nutrisi dan Vitamin Otak untuk Anak 7 Tahun’, orami.co.id, 14 Juli 2021 [online] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/vitamin-anak-untuk-otak/

Santrock, J. (2010).Child Development (Thirteenth Edition). New York: McGrawHill

Sutisna, I dan Sri,W,L. (2020). ‘Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini’. Gorontalo: UNG Press Gorontalo

Kirby and Derbyshire (2018). ‘Omega-3/6 Fatty Acids and Learning in Children and Young People: A Review of Randomised Controlled Trials Published in the Last 5 Years’, Journal of Nutrition & Food Sciences, 8(2)  [online] Available at: https://www.longdom.org/open-access/omega36-fatty-acids-and-learning-in-children-and-young-people-a-review-of-randomised-controlled-trials-published-in-the-last-5-yea-2155-9600-1000670.pdf

Haskell-Ramsay, C, F., et al (2017). ‘Cognitive and Mood Improvements Following Acute Supplementation With Purple Grape Juice in Healthy Young Adults’, European Journal of Nutrition, 56(2621-2631) [online] Available at: https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s00394-017-1454-7.pdf

Sumber Gambar:

Anak Makan Sayur [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20180909155333-59-25798/kata-ahli-gizi-tentang-sayuran-dan-buah-yang-digoreng-untuk-anak

Ikan Salmon Untuk Anak [daring]. Available at: https://id.theasianparent.com/manfaat-ikan-salmon-untuk-bayi

Manfaat Telur dan Cara Menyimpanya [daring] Available at: https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-telur-dan-cara-menyimpannya

Manfaat Susu Untuk Anak [daring] Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3619685/ini-alasannya-mengapa-anak-perlu-minum-susu

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar