Kapan sih Waktu yang Tepat Anak Menggunakan Internet?

Nurul Habibah Mar 27, 2022 • 6 min read


Alta - Kapan sih Waktu yang Tepat Anak Menggunakan Internet“Artikel ini berisi informasi tentang waktu yang tepat untuk anak menggunakan internet. Simak informasinya agar anak terhindar dari dampak negatif internet”

--

Internet saat ini tidak bisa lepas dari keseharian, baik pada orang dewasa hingga anak-anak. Bahkan, saat ini anak-anak belajar pun bergantung dengan internet. Internet memang memiliki banyak sekali manfaat, namun ibaratkan dua mata uang, internet juga memiliki sisi negatif. Penggunaan internet yang tidak diawasi pada anak-anak dapat menyebabkan terjadinya kecanduan, pelanggaran privasi, pornografi, cyberbully, bahkan radikalisme. 

Nah, sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin hal buruk menimpa anak Anda bukan? Untuk menghindari dampak negatifnya, penggunaan internet pada anak harus disesuaikan dengan usia mereka. Akademi Pediatri Amerika (APA) merekomendasikan untuk menghindari penggunaan internet pada anak yang berusia di bawah dua tahun, meski untuk kebutuhan edukasi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh APA, sebelum memasuki usia dua tahun, anak-anak masih mengembangkan kemampuan dasar bahasa, kognitif, serta sosial emosi mereka, yang mana itu membutuhkan interaksi sosial langsung dengan orang tua atau keluarga dekat lainnya. 

Waktu yang Tepat Anak Menggunakan Internet(Sumber: Kumparan.com)

Setelah anak memasuki usia lebih dari dua tahun, dan sudah mulai mengenal internet, mereka tetap harus mendapatkan pengawasan langsung dari orang tua. Berikut 6 hal yang dapat Anda lakukan agar penggunaan internet tidak berdampak buruk terhadap anak:

1. Dampingi Anak ketika Menggunakan Internet

Untuk menghindari anak dari adanya konten yang berisi kekerasan atau konten dewasa, maka sudah sepatutnya Anda menemani mereka ketika mengakses internet. Biasakan anak untuk bercerita apa yang Ia lihat dan berikan penjelasan kepadanya ketika Ia menemukan konten yang membuatnya bingung.  Jangan lupa ajarkan juga anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh saat menggunakan internet.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

2. Batasi Durasi Penggunaan Internet

Lama anak mengakses internet sebaiknya dibatasi sesuai dengan usia mereka. Sesuai dengan Ditjen Aptika Kominfo, durasi penggunaan internet pada anak adalah: 

a. Usia 0 - 1,5 tahun: Hindari anak dari penggunaan internet dan gawai, kecuali untuk video call.

b. Usia 1,5 - 2 tahun: Hanya boleh program berkualitas dan edukasi serta didampingi orang tua.

c. Usia 2 - 5 tahun: 1 jam per hari dengan pendampingan orang tua.

d. Usia 6 tahun keatas: Tentukan batas waktu yang konsisten dan jenis media yang digunakan. 

3. Beritahu Adanya Jejak Digital

Ajarkan anak bahwa adanya jejak digital. Jelaskan kepadanya bahwa apapun yang diunggah di internet, baik teks, foto, atau video, semua ada jejak digitalnya dan sulit dihapus. Hal ini bertujuan agar anak lebih hati-hati dan memikirkan berkali-kali untuk mengunggah sesuatu di internet. Selain itu, ajarkan anak untuk mengelola konten digital positif, yang mana bisa menjadi aset untuk kedepannya. Jejak digital menunjukkan keterampilan, identitas, bahkan minat anak. 

4. Gunakan Aplikasi Ramah Anak

Tips Kenalkan Internet pada Anak(Sumber: Republika.co.id)

Salah satu dampak buruk dari penggunaan internet bagi anak adalah potensi terpaparnya tayangan yang tidak sesuai dengan umur mereka. Nah, hal tersebut dapat Anda cegah dengan menggunakan aplikasi yang memiliki pembatasan usia pada konten-kontennya. Contohnya adalah youtube, yang memiliki aplikasi youtube kids khusus untuk anak-anak. Jadi, sebelum anak menggunakan youtube, pastikan bahwa Anda telah mengaturnya menjadi youtube kids.

5. Berikan Contoh Penggunaan Internet yang Baik

Anak-anak umumnya memiliki kebiasaan untuk meniru apa yang Ia lihat. Oleh karena itu, Anda dapat mengiring anak untuk memahami manfaat positif dari internet. Contohnya, Anda bisa menunjukkan padanya bahwa Anda sering mencari dan menonton cerita atau film yang memiliki pesan moral. Selain itu, Anda bisa mengajak anak mencari informasi yang sesuai dengan minat mereka. Kemudian, jangan lupa kenalkan anak dengan fenomena yang terjadi, baik itu yang sering Ia temui atau dari berbagai belahan dunia lainnya. 

Baca juga: 7 Dampak Orang Tua Selalu Bermain Gadget saat Bersama Anak

6. Beritahu Ada Konten Baik dan Buruk, Sesuai dan Tidak Sesuai

Dampak Internet Terhadap Anak-anak(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Anak-anak tentu belum mengerti tentang mana konten yang baik dan mana konten yang buruk bagi mereka. Jadi, sudah kewajiban Anda sebagai orang tua untuk memberikan pemahaman kepadanya tentang mana konten baik dan buruk. Jelaskan dengan alasan sederhana dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak. Lalu, batasi anak agar Ia hanya mengakses informasi dari sumber-sumber terpercaya, dan sesuai dengan usia mereka. Serta, utamakan juga anak usia dini mengakses internet hanya untuk keperluan edukasi saja. 

Jadi, itulah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi anak dari pengaruh negatif internet. Pastikan anak Anda mengakses internet di usia yang tepat ya, serta jangan lupa awasi juga penggunaannya. 

Untuk anak-anak di usia PAUD hingga SD, pendidikan tidak hanya dapat Anda berikan melalui media internet. Anda kini dapat mendaftarkan anak Anda di layanan pendidikan altaschool. Alta School  merupakan sekolah online yang menggunakan konsep homeschooling. Sekolah ini telah menggunakan kurikulum K-13 loh. Di samping itu, Alta School juga menggunakan metode belajar blended learning, yang fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak Anda. Dengan belajar di Alta School, anak-anak dapat menikmati berbagai fasilitas belajar yang menarik, contohnya Pendidikan Karakter, Home-Based Project, Live Teaching, Learning Kit, dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Putri, A.S. (2020), ‘4 Cara Membimbing Anak Menggunakan Internet Secara Positif’, Fimela.com, 03 Agustus 2020 [daring] available at: https://www.fimela.com/parenting/read/4312002/4-cara-membimbing-anak-menggunakan-internet-secara-positif

Izzuddin, H. (2021), ‘Kiat Mendampingi Penggunaan Internet Anak’, Paudpedia.kemendikbud.go.id, 22 Maret 2021 [daring] Available at: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/index.php/Claman/detail?id=20210322021346&ix=3

Rizkinaswara, L. (2019), ‘#sisternet: Kenal Batasan Usia Penggunaan Internet Pada Anak’, Aptika.kominfo.go.id, 29 Maret 2019 [daring] Available at: https://aptika.kominfo.go.id/2019/03/sisternet-kenali-batasan-usia-penggunaan-internet-pada-anak/

Sumber Gambar:

Ibu yang Menemani Anak Mengakses Internet [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/tips-agar-anak-aman-gunakan-internet-1rXHyJSKUOp

Logo Youtube Kids [daring]. Available at: https://www.republika.co.id/berita/qr7mqs383/parlemen-as-sebut-youtube-kids-berbahaya-buat-anak

Anak-anak Sibuk Mengakses Internet [daring]. Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/20/160000820/cara-mudah-kenalkan-literasi-digital-kepada-anak-sejak-dini?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar