5 Cara Menghargai Usaha Anak dalam Memperoleh Pendidikan

Nurul Habibah Sep 28, 2021 • 5 min read


AS_-_Cara_Menghargai_Usaha_Anak_dalam_Memperoleh_Pendidikan“Orang tua seringkali lupa untuk menghargai usaha anak dalam memperoleh pendidikan, dan hanya melihat dari segi hasil. Padahal, ini adalah bagian penting untuk meningkatkan prestasi anak. Penasaran dengan caranya? Simak penjelasannya yuk”

Orang tua pada umumnya selalu bangga ketika anak mendapatkan nilai yang baik, apalagi jika anak bisa mendapatkan ranking teratas di kelasnya. Dengan begitu, banyak orang tua yang kemudian memberikan hadiah kepada anaknya. 

Pada dasarnya, memberikan apresiasi atas prestasi anak bukanlah hal yang salah. Namun, seringkali Anda juga lupa untuk menghargai usaha yang telah dilakukan oleh anak, dalam memperoleh pendidikan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu menitikberatkan pada usaha anak, bukan hanya hasil akhirnya. Sehingga jika suatu saat nilai atau peringkat anak turun, meski dia sudah berusaha, Anda tidak akan merasa dikecewakan.

Menurut Sinaga (2018), seorang dosen di Universitas Sanata Dharma, salah satu faktor yang juga berpengaruh dalam prestasi belajar anak, adalah peranan serta dukungan dan keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak.  Orang tua adalah pendidikan yang pertama dan utama dalam membantu mengembangkan potensi anak. 

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendorong anak meningkatkan prestasi belajarnya, seperti memenuhi kebutuhan anak, memberi waktu belajar yang cukup, dan memberikan motivasi dalam belajar. Intinya, tanggung jawab orang tua dalam proses belajar anak, dapat diwujudkan dengan membimbing keberlangsungan anak belajar di rumah, sesuai dengan program yang sudah dipelajari anak di sekolah.

Membimbing anak belajar di rumah artinya Anda membantu perkembangan sikap, nilai, kebiasaan dan keterampilan, yang dapat mendorong keberhasilan anak, melalui kesediaan Anda memotivasi anak untuk berprestasi dalam belajar ((Stainback & Stainback, 1999). Cara memotivasi anak yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah dengan menghargai usaha mereka dalam memperoleh pendidikan. 

Nah, mungkin sebagian dari Anda masih bingung, bagaimana caranya orang tua untuk menghargai usaha Anak dalam memperoleh pendidikan?

Berikut ini ada 5 cara yang dapat Anda lakukan, untuk menghargai anak dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan mereka.

1. Merangkul anak ketika sedang dalam kondisi terpuruk akibat pelajaran di sekolah

Menghargai usaha anak dalam memperoleh pendidikan(Sumber: wowkeren.com)

Tidak jarang anak-anak juga merasa murung akibat mendapatkan nilai kurang baik ketika di sekolah. Hal ini tentu dapat menyebabkan emosi anak menjadi kurang stabil. Nah, dalam kondisi seperti ini, Anda perlu merangkul mereka, agar merasa lebih tenang dan nyaman. Sebab, ketika merasa terpuruk, anak tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri. Dengan hadirnya orang tua di samping mereka, dapat membantu anak menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya.

2. Memberikan ruang sendiri untuk anak

Selain merangkul anak ketika mereka terpuruk, Anda juga bisa terlebih dahulu memberikan ruang untuk anak sendiri. Ketika mereka merasa kesal dan marah dengan apa yang didapatkan di sekolah, anak kemungkinan juga takut atau tidak enak untuk menyampaikannya kepada Anda, karena mereka beranggapan Anda akan memberikan respon yang kurang bagus.

Dengan diberikan ruang sendiri, anak dapat mempunyai waktu untuk berpikir, bagaimana caranya menyampaikan kepada Anda hasil kerja yang didapatkannya di sekolah.

3. Membantu meningkatkan semangat anak

Sebagai orang tua, Anda harus dapat membantu anak meningkatkan kembali semangat mereka dalam belajar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu anak meningkatkan semangat belajarnya, diantaranya, ajak anak belajar sambil bermain, belajar sambil berekreasi, melatih kreatifitas sesuai bakat dan minat anak, serta bisa dengan cara memberikan apresiasi.

Belajar sambil bermain(Sumber: mommyasia.id)

Seperti yang dikatakan di awal, apresiasi bisa berupa hadiah, namun bukan berarti harus hadiah yang besar, contohnya Anda bisa memasakkan makanan kesukaannya. Selain itu, apresiasi dapat juga dengan cara memberikan pujian kepada anak, atas usaha yang telah ia lakukan.

4. Selalu menghargai usaha anak

Ketika anak sudah bisa memikirkan rasa tanggung jawab dan memiliki inisiatif untuk menyelesaikan masalahnya, maka itu juga merupakan suatu prestasi yang dilakukannya. Terlepas dari nilai anak yang tidak memuaskan, namun itu semua merupakan hasil kerja keras yang telah ia lakukan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu marah dan bersikap tidak menghargainya, ketika ia tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Menghargai usaha anak(Sumber: tirto.id)

Menghargai usaha anak tidak hanya dengan melihat hasilnya, namun juga dengan tetap menghargai usaha yang telah ia lakukan. Menghargai usaha anak, akan membuat anak terhindar dari stress, lebih bersemangat  belajar, bisa meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, bahkan bisa mendorong anak menjadi lebih mandiri.

5. Tetap lakukan cara-cara di atas dengan konsisten

Cara menghargai usaha anak diatas harus Anda lakukan secara konsisten. Jangan memberikan respon yang berbeda jika anak dalam kondisi terpuruk, akibat hasil pembelajarannya. Namun, bukan berarti juga Anda secara keseluruhan harus mengikuti kemauan anak. Anda tetap harus bisa menerapkan nilai dan norma yang tepat agar anak lebih terarah dan tumbuh sesuai dengan apa yang anak harapkan dan Anda harapkan.

Jadi, itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghargai usaha anak dalam memperoleh pendidikan. Dengan menghargai usaha anak, Anda juga akan membantu anak untuk terus meningkatkan prestasi belajarnya. Nah, selain itu, kini Anda juga bisa loh menggunakan altaschool untuk membantu anak belajar lebih baik. 

Berbagai fitur yang ada di sana, akan membantu anak belajar lebih mudah dan lebih seru. Fitur-fitur ini antara lain Live Teaching, Learning Kit, Home-based Project, Kelas Tambahan, Laporan Pembelajaran, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Sinaga, J,D. (2018). ‘Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa’, Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1).

Sari, M. (2016). ‘15 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak’, Guruppkn.com, 6 April 2016 [online] Available at: https://guruppkn.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak

Wiguna, R, W. (2020), ‘5 Cara Menghargai Usaha Anak dalam Memperoleh Pendidikan’, Ruangguru.com, 15 Desember 2020 [online] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/5-cara-menghargai-usaha-anak 

Stainback, W., & Stainback, S. (1999). Bagaimana membantu anak anda berhasil di sekolah. (Y. M. Setiyanta, Trans.). Yogyakarta: Kanisius. (How to help your child succeed in school. Original work published 1988).

Sumber Gambar:

Anak Stres Akibat Belajar di Rumah [daring]. Available at: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00324391.html

Anak Belajar Sambil Bermain [daring]. Available at: https://mommyasia.id/7156/article/moms-ketahui-perbedaan-bermain-sambil-belajar-dan-belajar-sambil-berma

Orang Tua Memberi Pujian Pada Anak [daring]. Available at: https://tirto.id/tips-memberi-reward-atau-hadiah-pada-anak-sesuai-usianya-fREm




Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar