55 Contoh Kalimat SPOK dan Strukturnya, Belajar Yuk!

Kalimat SPOK

Ketika membuat sebuah kalimat, terdapat unsur atau pola pembentuknya, yang disebut sebagai SPOK. Apa itu SPOK? Yuk, kita belajar bersama!

Suatu kalimat dapat dikatakan efektif apabila penerima pesan dapat memahami gagasan, informasi, atau perasaan yang disampaikan pengirim melalui kata-kata.

Nah, untuk membuat kalimat efektif, kamu bisa menggunakan pola atau struktur SPOK. Bagaimana cara menulisnya? Kita bahas di artikel ini ya!

 

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

1. Sultan Takdir Alisyahbana

Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang terkecil yang mengandung pikiran lengkap.

2. Gorys Keraf

Kalimat adalah bagian ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenyapan. Sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap.

3. Fachruddin A.E

Kalimat adalah kelompok kata yang mempunyai arti tertentu, terdiri atas subjek dan predikat dan tidak tergantung pada suatu konstruksi gramatikal yang lebih besar.

4. Cook

Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif dapat berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi akhir dan terdiri atas klausa.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia

  • Kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.
  • Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.

 

Baca juga: Ciri, Contoh, dan Cara Membuat Kalimat yang Efektif

 

Pengertian Pola Kalimat

Pola kalimat adalah rangkaian dari suatu kalimat yang utuh. Pola kalimat juga bisa disebut sebagai struktur atau unsur kalimat. Hal ini terdiri dari kumpulan kata penyusun agar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

 

Apa yang Dimaksud dengan Kalimat SPOK?

Salah satu pola kalimat yang kita kenal adalah SPOK. Pola kalimat SPOK merupakan sebagian dari kata-kata yang memiliki fungsi tersendiri. SPOK merupakan singkatan dari subjek, predikat, objek, dan kata keterangan.

1. Subjek (S)

Subjek adalah pelaku kegiatan atau pokok pembicaraan. Subjek bisa berupa kata benda atau nomina, kelompok kata benda atau frasa nomina, serta klausa yang berperan sebagai pelaku dalam kalimat. Contoh subjek dalam kalimat yaitu orang, hewan, benda, tanaman atau hal-hal lainnya.

2. Predikat (P)

Predikat adalah kata kerja yang terdapat pada kalimat. Nah, kata kerja ini merupakan sebuah aksi atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek. Dalam kalimat, predikat terletak setelah subjek. Predikat juga dapat disisipi kata “tidak”.

3. Objek (O)

Dalam sebuah kalimat, objek adalah sesuatu yang dikerjakan atau menjadi sasaran oleh Subjek. Objek bisa berupa kata benda, frasa benda, atau kata ganti.

4. Keterangan (K)

Keterangan adalah unsur yang tidak wajib disertakan saat membuat kalimat. Namun, dengan adanya keterangan, kalimat terkesa lebih utuh, padu, jelas. Keterangan yang dimaksud adalah penjelasan di mana, kapan serta bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi.

Terdapat beberapa bentuk kata keterangan, beberapa di antaranya adalah kata keterangan waktu (pada, jam, pukul), kata keterangan cara (dengan), kata keterangan tempat (di) dan kata keterangan tujuan (agar, supaya).

Baca juga: Urutan Nama Planet di Tata Surya, Sifat, dan Gambarnya

 

Contoh Kalimat SPOK

Berikut 55 contoh kalimat dengan pola SPOK:

  1. Kakak membeli obat di klinik (Subjek = Kakak, predikat = membeli, objek = obat, keterangan = di klinik) 
  2. Dani menuang teh di gelas (Subjek = Dani, predikat = menuang, objek = teh, keterangan = di gelas) 
  3. Sifa mendengar musik di rumah (Subjek = Sifa, predikat = mendengar, objek = musik, keterangan = di rumah) 
  4. Ayah memesan obat di apotek. (Subjek = Ibu, predikat = memesan, objek = obat, keterangan tempat = di apotek).
  5. Pak Dokter mengobati ayahku di rumah sakit. (Subjek = Pak Dokter, predikat = mengobati, objek = ayahku, keterangan tempat = di rumah sakit).
  6. Bu Dokter memeriksa nenek minggu lalu. (Subjek = Bu Dokter, predikat = memeriksa, objek = nenek, keterangan waktu = minggu lalu).
  7. Aku pergi ke taman hari ini. (Subjek = Aku, predikat = pergi ke, objek = taman, keterangan waktu = hari ini).
  8. Suster membantu dokter di klinik. (Subjek = Suster, predikat = membantu, objek = dokter, keterangan tempat = di klinik).
  9. Agung mencuci tangan agar terhindar dari kuman. (Subjek = Agung, predikat = mencuci, objek = tangan, keterangan tujuan = agar terhindar dari kuman).
  10. Ibu menimbang berat badan adik di posyandu. (Subjek = Ibu, predikat = menimbang berat badan, objek = adik, keterangan tempat = di posyandu).
  11. Dina meminum obat karena ia sedang demam. (Subjek = Dina, predikat = meminum, objek = obat, keterangan tujuan = karena sedang demam).
  12. Burhan mencuci tangan sebelum makan. (Subjek = Burhan, predikat = mencuci, objek = tangan, keterangan waktu = sebelum makan).
  13. Nasya memakan sayuran agar sehat. (Subjek = Nasya, predikat = memakan, objek = sayuran, keterangan tujuan = agar sehat.
  14. Suster merawat nenek di rumah. (Subjek = Suster, predikat = merawat, objek = nenek, keterangan tempat = di rumah).
  15. Kakak disuntik imunisasi di sekolah. (Subjek = Kakak, predikat = disuntik, objek = imunisasi, keterangan tempat = di sekolah).
  16. Pak Gilang melakukan pengasapan di rumahnya agar terhindar dari nyamuk demam berdarah. (Subjek = Pak Gilang, predikat = melakukan pengasapan, objek = di rumahnya, keterangan tujuan = agar terhindar dari nyamuk demam berdarah).
  17. Adit berolahraga sepak bola di stadion. (Subjek = Adit, predikat = berolahraga, objek = sepak bola, keterangan tempat = di stadion).
  18. Pandu membuang sampah makanan di kotak sampah. (Subjek = Pandu, predikat = membuang, objek = sampah makanan, keterangan tempat = di kotak sampah)
  19. Luthfy mengerjakan tugas di rumah. (Subjek = Luthfy, predikat = megerjakan, objek = tugas = kata keterangan tempat = di rumah).
  20. Paman pulang ke rumah kemarin sore. (Subjek = Paman, predikat = pulang, objek = ke rumah, kata keterangan waktu = kemarin sore.)
  21. Dinar membeli sayur di pasar. (Subjek = Dinar, predikat = membeli, objek = sayur, kata keterangan tempat = di pasar.)
  22. Juni makan sayuran di rumah kakek. (Subjek = Juni, predikat = makan, objek = sayuran, kata keterangan tempat = di rumah kakek.)
  23. Alfi meminum vitamin agar sehat. (Subjek = Alfi, predikat = meminum, objek = vitamin, kata keterangan tujuan = agar sehat.)
  24. Akbar mengerjakan tugas dengan lambat. (Subjek = Akbar, predikat = mengerjakan, objek = tugas, kata keterangan cara = dengan lambat.)
  25. Para atlet sepeda mengayuh sepeda dengan cepat. (Subjek = Para atlet sepeda, predikat = mengayuh, objek = sepeda, kata keterangan cara = dengan cepat.)
  26. Kami membeli bahan-bahan kue di toko. (Subjek = kami, predikat = membeli, objek = bahan-bahan kue, kata keterangan tempat = di toko.)
  27. Dewi menulis novel bulan kemarin. (Subjek = Dewi, predikat = menulis, objek = novel, kata keterangan waktu = bulan kemarin.)
  28. Ardi membaca buku cerita sebelum tidur. (Subjek = Ardi, predikat = membaca, objek = buku cerita, kata keterangan waktu = sebelum tidur.)
  29. Kintara menyanyikan sebuah lagu di panggung. (Subjek = Kintara, predikat = menyanyikan, objek = sebuah lagu, kata keterangan tempat = di panggung.)
  30. Keenan bermain drum nanti malam. (Subjek = Keenan, predikat = bermain, objek = drum, kata keterangan waktu = nanti malam.)
  31. Difa mengendarai motor tadi pagi. (Subjek = Difa, predikat = mengendarai, objek = motor, kata keterangan waktu = tadi pagi.)
  32. Afif membeli sepeda di toko. (Subjek = Afif, predikat = membeli, objek = sepeda, kata keterangan tempat = di toko.)
  33. Gusti membacakan pidato di panggung. (Subjek = Gusti, predikat = membacakan, objek = pidato, kata keterangan tempat = di panggung.)
  34. Iwan mendorong motornya di jalan raya. (Subjek = Iwan, predikat = mendorong, objek = motornya, kata keterangan tempat = di jalan raya.)
  35. Firdaus menggunakan jaket agar hangat. (Subjek = Firdaus, predikat = menggunakan, objek = jaket, kata keterangan tujuan = agar hangat.)
  36. Budiman merakit motornya di bengkel. (Subjek = Budiman, predikat = merakit, objek = motornya, kata keterangan tempat = di bengkel.)
  37. Ridho mendayung perahu di sungai. (Subjek = Ridho, predikat = mendayung, objek = perahu, kata keterangan tempat = di sungai.)
  38. Puspa membeli bunga di pasar. (Subjek = Puspa, predikat = membeli, objek = bunga, kata keterangan tempat = di pasar.)
  39. Aku menggaruk badan agar tidak gatal. (Subjek = Aku, predikat = menggaruk, objek = badan, kata keterangan tujuan = agar tidak gatal.)
  40. Ayah berolah raga sepeda setiap pagi. (Subjek = Ayah, predikat = berolah raga, objek = sepeda, kata keterangan waktu = setiap pagi.)
  41. Tante membuat mainan sejak minggu kemarin. (Subjek = Tante, predikat = membuat, objek = mainan, kata keterangan waktu = sejak minggu kemarin.)
  42. Rahman meminum soda tadi siang. (Subjek = Rahman, predikat = meminum, objek = soda, kata keterangan waktu = tadi siang.)
  43. Ibu menidurkan adik bayi di kasur. (Subjek = Ibu, predikat = menidurkan, objek = adik bayi, kata keterangan tempat = di kasur.)
  44. Yadi menyiram tanaman di kebunnya. (Subjek = Yadi, predikat = menyiram, objek = tanaman, kata keterangan tempat = di kebunnya.)
  45. Para mahasiswa mengerjakan ujian dengan tenang. (Subjek = Para mahasiswa, predikat = mengerjakan, objek = ujian, kata keterangan cara = dengan tenang.)
  46. Nugraha membaca buku di perpustakaan. (Subjek = Nugraha, predikat = membaca, objek = buku, kata keterangan tempat = di perpustakaan.)
  47. Ruly membeli pakaian di toko baju. (Subjek = Rully, predikat = membeli, objek = pakaian, kata keterangan tempat = di toko baju.)
  48. Yoga memainkan gitarnya di panggung. (Subjek = Yoga, predikat = memainkan, objek = gitarnya, kata keterangan tempat = di panggung.)
  49. Yusti membelanjakan uangnya di toko. (Subjek = Yusti, predikat = membelanjakan, objek = uangnya, kata keterangan tempat = di toko.)
  50. Pak Dosen membuat soal ujian kemarin. (Subjek = Pak Dosen, predikat = membuat, objek = soal ujian, kata keterangan waktu = kemarin.)
  51. Shasa memasak sayur di dapur. (Subjek = Shasa, predikat = memasak, objek = sayur, kata keterangan tempat = dapur.)
  52. Hani menunggu KRL di Stasiun Manggarai. (Subjek = Hani, predikat = menunggu, objek = KRL, kata keterangan tempat = Stasiun Manggarai.
  53. Dimas bermain tenis menggunakan raket. (Subjek = Dimas, predikat = bermain, objek = tenis, kata keterangan alat = raket.)
  54.  Fahri membuat rak sepatu menggunakan paku, palu, dan kayu. (Subjek = Fahri, predikat = membuat, objek = rak sepatu, kata keterangan alat = paku, palu, dan kayu.)
  55. Liana belajar UTBK di bimbel Ruangguru. (Subjek = Liana, predikat = belajar, objek = Matematika, kata keterangan tempat = bimbel Ruangguru.)

Demikian pembahasan tentang pola kalimat SPOK beserta contohnya. Yuk, belajar lebih banyak bahasa Indonesia lewat homeschooling Alta School. Tersedia untuk jenjang PAUD, SD, serta kelas Bilingual.

Coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah ini!

CTA Blog Alta School

Referensi:

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli [Daring]. Tautan: https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/45232/mod_page/content/1/BAB%20V.pdf 

Prafitasari, Aldita. 2022. Apa yang Dimaksud dengan SPOK [Daring]. Tautan: https://adjar.grid.id/read/543495991/apa-yang-dimaksud-dengan-spok?page=all

(Diakses 24 – 29 Maret 2023)

Muhammad Azka Rais