Sistem Pernapasan Manusia: Organ, Fungsi, dan Cara Kerja

sistem pernapasan manusia

Apa yang dimaksud dengan sistem pernapasan manusia? Simak, pengertian, organ, fungsi, dan cara kerja sistem pernapasan manusia di sini!

Salah satu hal penting yang kita lakukan setiap hari adalah bernapas. Bernapas adalah proses menghirup dan menghembuskan udara yang kita lakukan secara otomatis, bahkan tanpa kita sadari. Kita bisa bernapas karena memiliki organ-organ yang menyusun sistem pernapasan manusia. 

Seperti apa sistem pernapasan manusia dan fungsinya? Simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini!

 

Pengertian Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan manusia adalah sekumpulan organ yang bekerja sama untuk membawa oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbondioksida keluar tubuh. Sistem pernapasan manusia terdiri atas beberapa organ, di antaranya saluran pernapasan, paru-paru, dan pembuluh darah.

Saat manusia bernapas, tubuh mereka akan memasukkan oksigen ke dalam tubuh lalu mengeluarkan karbondioksida keluar tubuh. Pertukaran antara oksigen dan karbondioksida ini terjadi di dalam darah manusia. Normalnya, manusia bernapas sebanyak 12-20 kali dalam satu menit dan membutuhkan sekitar 300 liter oksigen dalam satu hari.

Jumlah oksigen yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda tergantung jenis aktivitas yang dilakukan, ukuran tubuh, serta jenis makanan yang dikonsumsi. Apabila seseorang tengah melakukan aktivitas yang berat, seperti berolahraga, maka otomatis kebutuhan oksigennya pun akan bertambah lebih dari biasanya. 

Orang dengan tubuh yang lebih besar, juga membutuhkan oksigen yang lebih banyak dibandingkan orang bertubuh kecil. Selain itu, orang yang sering mengonsumsi daging-dagingan, juga membutuhkan lebih banyak oksigen dibandingkan dengan orang yang lebih sering mengonsumsi sayur-sayuran atau vegetarian.

Baca juga: Fotosintesis, Pengertian, Faktor, Tempat Terjadi, & Hasilnya

 

Gambar Sistem Pernapasan Manusia

Untuk mengetahui gambar sistem pernapasan manusia, silakan cek ilustrasi berikut.

gambar sistem pernapasan manusia

Gambar sistem pernapasan manusia (Sumber: gramedia.com)

 

Fungsi Sistem Pernapasan Manusia 

Sistem pernapasan manusia memiliki beberapa fungsi yang perlu diketahui, antara lain:

  • Menghirup dan menghembuskan udara
  • Pertukaran gas antara paru-paru dan aliran darah
  • Pertukaran gas antara aliran darah dan jaringan di dalam tubuh
  • Menciptakan suara
  • Mencium bau

 

Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Untuk mengetahui fungsi organ pernapasan manusia, beserta nama-nama organ yang menyusun sistem pernapasan manusia, perhatikan penjelasan di bawah ini!

 

1. Hidung dan Rongga Hidung

Organ pertama yang menyusun sistem pernapasan pada manusia adalah hidung dan rongga hidung. Hidung merupakan organ terluar yang langsung bersentuhan dengan udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah untuk menghirup oksigen (O2) dan sebagai jalur keluarnya karbondioksida (CO2). Hidung juga berfungsi sebagai indra penciuman untuk membedakan bau melalui ujung-ujung saraf pembau. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berfungsi untuk menyaring, melembabkan, dan menghangatkan, udara yang masuk ke tubuh dengan bantuan bulu-bulu hidung dan lendir (mucus). 

 

2. Faring (Tenggorokan)

Organ pernapasan manusia selanjutnya yaitu faring atau tenggorokan. Fungsi faring adalah sebagai jalur masuknya udara setelah kita menghirup udara melalui hidung. 

 

3. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Laring atau pangkal tenggorokan berfungsi sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Jadi, laring inilah yang dapat menghasilkan suara ketika manusia berbicara. Selain itu, laring juga berfungsi sebagai penghubung antara faring dan trakea. 

 

Baca juga: Pengertian Magnet, Jenis-Jenis, Sifat, dan Bentuknya

 

4. Trakea

Organ pernapasan berikutnya adalah trakea, yang terletak di depan kerongkongan dan terdiri atas tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Trakea berfungsi untuk menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Pada trakea, terdapat katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernafasan. Cara kerja trakea yakni sebagai berikut:

  • Ketika sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka.
  • Ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

 

5. Bronkus

Bronkus merupakan cabang dari trakea, yang terdiri atas 2 cabang, yaitu menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Bronkus berfungsi untuk menyambungkan antara trakea dan paru-paru. Mirip-mirip dengan trakea, bronkus tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. 

 

6. Paru-Paru

Organ pernapasan manusia yang terakhir adalah paru-paru. Paru-paru merupakan organ vital pada sistem pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Paru-paru terletak di dalam rongga dada di atas diafragma dan terdiri atas 3 lobus (gelambir) pada paru-paru kanan, serta 2 lobus pada paru-paru kiri. 

Di dalam paru-paru terdapat:

a. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Fungsi bronkiolus adalah untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus. Selain itu, bronkiolus juga berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dan keluar saat proses pernapasan berlangsung.

b. Alveolus

Alveolus merupakan gelembung paru-paru berbentuk bulat yang menjadi ujung bronkiolus. Di dalam alveolus inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbondioksida (CO2) dengan udara bersih yang mengandung oksigen (O2).

 

Cara Kerja Sistem Pernapasan Manusia

Seperti apa cara kerja dan urutan sistem pernapasan manusia? Jadi, manusia itu memiliki dua cara kerja (mekanisme) pernapasan, yakni pernapasan dada dan pernapasan perut. Bedanya apa? Nah, perhatikan penjelasan berikut, ya!

 

1. Pernapasan Dada

Saat manusia bernapas menggunakan dada, maka otot yang berperan adalah otot-otot di sekitar tulang rusuk. Otot-otot ini dibagi menjadi dua, yakni otot tulang rusuk luar dan otot tulang rusuk dalam. Otot tulang rusuk luar berfungsi untuk mengangkat tulang-tulang rusuk. Sedangkan otot tulang rusuk dalam berfungsi untuk menurunkan tulang rusuk ke posisi normal.

Ketika otot-otot pada tulang rusuk luar mengalami kontraksi, maka tulang rusuk akan terangkat sehingga volume di dada menjadi lebih besar. Hal ini akan menyebabkan tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih kecil. Jika tekanan udara di dalam rongga dada mengecil, maka akan menyebabkan aliran udara masuk dari luar tubuh ke dalam tubuh. Proses ini disebut sebagai inspirasi atau masuknya udara ke dalam tubuh.

Kemudian, apabila kontraksi dari otot dalam tulang rusuk dan tulang rusuk kembali pada posisi semula, maka akan menyebabkan tekanan udara di dalam tubuh menjadi bertambah. Hal ini akan menimbulkan udara di dalam paru-paru tertekan pada rongga dada, sehingga aliran udara akan terdorong ke luar tubuh. Proses ini disebut sebagai ekspirasi atau keluarnya udara dari dalam tubuh.

Baca juga: Pengertian Hewan Karnivora, Ciri, Contoh & Perannya

 

2. Pernapasan Perut (Pernapasan Diafragma)

Pernapasan perut disebut juga sebagai pernapasan diafragma. Pernapasan perut adalah pernapasan yang menggunakan diafragma dan otot dinding di rongga perut. 

Seperti pada pernapasan dada, pada pernapasan perut juga terdapat proses inspirasi dan ekspirasi. Proses inspirasi pada pernapasan perut terjadi ketika otot diafragma berkontraksi dan posisinya menjadi datar. Hal ini menyebabkan volume rongga dada menjadi bertambah besar dan tekanan udara menjadi kecil. Karena tekanan udaranya yang rendah, paru-paru akan mengembang. Saat itulah terjadi masuknya udara ke paru-paru.

Sedangkan proses ekspirasi pada pernapasan perut terjadi saat otot diafragma rileks dan otot yang ada di dinding perut berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan bagian dalam rongga perut menjadi terdesak ke arah diafragma. Hal tersebut menyebabkan posisi diafragma menjadi cekung ke arah rongga dada, sehingga membuat udara keluar dari tubuh.

Demikian penjelasan lengkap mengenai sistem pernapasan manusia, yang mencakup pengertian, organ pernapasan manusia dan fungsinya, serta cara kerja sistem pernapasan manusia. Semoga artikel ini dapat membantu orang tua dan guru yang ingin membantu adik-adik belajar lebih dalam tentang sistem pernapasan pada manusia, ya! Jangan lupa juga untuk belajar lebih banyak mengenai Sains, Matematika, dan pelajaran lainnya bersama guru terbaik di homeschooling Alta School.

CTA Blog Alta School

Referensi:

halodoc.com/artikel/wajib-tahu-ini-4-organ-sistem-pernapasan-pada-manusia

hellosehat.com/pernapasan/sistem-pernapasan-manusia/

ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-organ-pernapasan-pada-tubuh-manusia/

gramedia.com/literasi/sistem-pernapasan-manusia/ 

ruangguru.com/blog/sistem-pernapasan 

ruangguru.com/blog/organ-pernapasan-dan-fungsinya

(Diakses: 4 Januari 2024)

Sumber Gambar:

gramedia.com/literasi/sistem-pernapasan-manusia/ (Diakses: 4 Januari 2024)

Kenya Swawikanti