Simak, 4 Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Nurul Habibah Apr 18, 2022 • 6 min read


BLOG - Pengasuhan anak - 5 keuntungan memilih sekolah anak lebih awal-01

"Artikel ini berisi informasi tentang keuntungan memilih sekolah anak lebih awal. Simak yuk biar tidak penasaran"

--

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin menyekolahkan anak di tempat terbaik bukan? Sekolah yang bisa membantu anak Anda mengembangkan kemampuannya dengan maksimal, harga yang cocok, dan lokasi terbaik. Namun, sebagian orang tua justru sering mengalami dilema harus memilih sekolah mana yang tepat.

Nah, agar Anda tidak pusing dan bisa mendapatkan sekolah terbaik untuk anak, tidak ada salahnya mencoba memilih sekolah lebih awal, dan jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran. Memilih sekolah untuk anak lebih awal ternyata juga ada keuntungannya loh, yakni:

 

1. Berkesempatan Bertanya Banyak Hal Kepada Pihak Sekolah

Jika Anda memilih sekolah lebih awal, maka Anda berkesempatan bertanya berbagai hal kepada pihak sekolah. Anda bisa menanyakan tentang sistem pendidikan yang berlaku, fasilitas sekolah yang didapatkan, kurikulum yang dipakai, atau kegiatan tambahan atau ekstrakurikuler yang ditawarkan. Sekolah juga dengan senang hati menjawab dan menjelaskan tentang keunggulan sekolah mereka, sebab mereka belum terlalu sibuk untuk mengurus pendaftaran murid-murid baru. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang sekolah tersebut.

 

2. Mempunyai Banyak Waktu untuk Membandingkan Sekolah

 

Tips Memilih Sekolah Anak(Sumber: Kumparan.com)

Saat memilih sekolah untuk anak, tentu Anda juga membandingkan antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Nah, ketika Anda memilih sekolah lebih awal, Anda memiliki banyak waktu untuk mencari tahu apa yang ditawarkan oleh sekolah lain, dan membandingkannya dengan sekolah sebelumnya. Dengan cara ini, Anda bisa tahu, apa keunggulan dan kekurangan masing-masing sekolah.

 

3. Biaya Pendaftaran Sekolah bisa Lebih Murah

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memilih sekolah anak lebih awal adalah kemungkinan adanya potongan harga. Apalagi jika Anda memilih sekolah jauh sebelum masa pendaftaran di buka. Potongan harga bisa Anda dapatkan ketika membayar uang gedung atau uang pangkal pertama kali. Nah, hal ini tentu sangat menguntungkan, sebab Anda bisa berhemat.

Baca juga: Mengenal Homeschooling, Pilihan Tepat untuk Anak Selama Pandemi

 

4.Waktu Berpikir dan Mengambil Keputusan Bisa Lebih Lama

 

Memilih Sekolah Anak Lebih Awal(Sumber: Halodoc.com)

Ketika Anda memilih sekolah anak lebih awal, dan ragu menentukan antara sekolah yang satu dengan yang lainnya, Anda masih mempunyai waktu lebih lama untuk memikirkannya. Anda tak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Anda bisa memikirkan kira-kira sekolah mana yang cocok untuk anak Anda, dan tentunya sesuai juga dengan finansial Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Anak

Kalau tadi kita udah bahas empat keuntungan memilih sekolah untuk anak lebih awal, sekarang adalah waktunya memahami beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menentukan mana sekolah yang tepat untuk anak.

 

1. Kurikulum

Anda disarankan untuk benar-benar teliti dalam memilih sekolah untuk anak, terutama pertimbangkan tentang isi dari kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut. Lalu, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sana juga perlu diperhatikan, apakah kegiatan tersebut bisa mengoptimalkan bakat, minat, serta potensi anak Anda. Meski penerapan kurikulum sudah diatur dan diseragamkan oleh pemerintah, namun penyelenggara pendidikan bisa melakukan modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, kebutuhan masyarakat, serta lingkungan mereka.

2. Sarana dan Prasarana

Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak-anak, dimana mereka menghabiskan sebagian waktu di sana. Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda memperhatikan juga sarana dan prasarana yang tersedia. Mulai dari bangunan fisik, taman, perpustakaan, ruang kelas, sarana olahraga dan kesenian, laboratorium, perlengkapan kelas, kantin, area bermain, serta alat peraga edukasi yang dimiliki sekolah tersebut.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak

3. Libatkan Anak dalam Memilih

Cara Memilih Sekolah untuk Anak(Sumber: Haibunda.com)

Tips paling penting dalam memilih sekolah anak adalah melibatkan anak dalam memilih sekolah yang terbaik untuknya. Sebab, harus Anda ingat bahwa yang nanti bersekolah adalah anak Anda. Namun, pastikan proses mencari sekolah tidak menjadi beban berat bagi anak, melainkan menjadi proses belajar yang menyenangkan. Nah, jika ternyata sekolah yang dipilih oleh anak kurang sesuai dengan pilihan orang tua, maka disitulah diskusi diperlukan. Anak bisa merasa bangga karena diberi kesempatan memilih dan berdiskusi tentang sekolahnya.

---

Jadi, apa sekarang Anda sudah mulai mencari sekolah untuk anak Anda? Nah, salah satu sekolah yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih adalah altaschool. Alta School ini merupakan sekolah dengan konsep homeschooling. Di sana anak-anak belajar dengan menggunakan metode blended learning. Bagi Anda yang ingin membantu anak mengembangkan bakat serta kreativitasnya sejak dini, maka Alta School adalah pilihan terbaik. Alta School juga menyediakan berbagai fasilitas belajar seru yang membuat anak semakin semangat belajar loh.

New call-to-action

Sumber:

Kasih, A. P. (2020), 'Orangtua, Simak 8 Kiat Memilih Sekolah Ideal untuk Anak', Edukasi.kompas.com, 10 Desember 2020 [daring] available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/10/081159771/orangtua-simak-8-kiat-memilih-sekolah-ideal-untuk-anak?page=all

Lidwina, A. (2022), '4 Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal", Ruangguru.com, 14 Februari 2022 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/4-keuntungan-memilih-sekolah-anak-lebih-awal

Fiona, D. (2022), '13+ Tips Memilih Sekolah Anak, Ajak Si Kecil dalam Trial Class", Orami.co.id, 13 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/tips-memilih-sekolah-anak

Sumber Gambar:

Ibu dan Anak Melihat-lihat Area Sekolah [daring]. Available at: https://kumparan.com/babyologist/aspek-yang-perlu-diperhatikan-saat-memilih-sekolah-untuk-si-kecil-1rINOlxU4YY

Ibu Mengantarkan Anak Sekolah [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/4-penyebab-ibu-stres-saat-si-kecil-masuk-sekolah

Orang Tua dan Anak Berdiskusi [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20181111190401-62-27790/5-perlakuan-orang-tua-yang-menyakiti-anak-seumur-hidup

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar