6 Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian untuk Anak

Nurul Habibah Mei 9, 2022 • 5 min read


ALTA - Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian untuk Anak-01“Artikel ini berisi tentang tips belajar yang efektif ketika anak menghadapi ujian sekolah. Agar ujian anak berjalan dengan baik, intip dulu tips-tips nya yuk”

Ketika musim ujian sudah di depan mata, biasanya tak hanya anak yang mulai panik, namun para orang tua juga mulai pusing memikirkan berbagai cara agar anak mereka dapat menghadapi ujian dengan baik. Nah, supaya Anda dan anak tidak terlalu khawatir, sebaiknya pahami dulu bagaimana cara belajar yang efektif untuk menghadapi ujian. Mengetahui cara belajar yang efektif juga dapat membantu anak terhidar dari kepanikan serta frustasi sebelum ujian loh.

Tips Belajar Efektif(Sumber: Fimela.com)

Berikut ada 6 tips belajar efektif menghadapi ujian yang bisa dicoba oleh anak Anda.

1. Buat Jadwal Belajar

Tips pertama anak bisa belajar efektif dalam menghadapi ujian adalah dengan membantunya membuat jadwal belajar yang konsisten. Jadwal belajar membantu anak belajar dengan lebih teratur. Anda bisa membantu anak menulis materi apa saja yang perlu mereka pelajari. Lalu, jangan lupa juga dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan, sehingga tidak menumpuk saat mendekati waktu ujian. Nah, usahakan anak mematuhi jadwal belajar yang telah dibuat, agar mereka bisa mempelajari semua materi tanpa terburu-buru.

2. Atur Strategi Belajar Anak

Anak bisa sukses menghadapi ujian tidak hanya karena bisa mengingat materi dengan baik. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk membantu anak, seperti jika anak takut bahwa Ia akan melupakan materi yang telah dipelajari dan dihafal saat ujian berlangsung, maka beritahu Ia untuk segera menuliskan semua materi tersebut di kertas soal saat ujian telah dimulai.

Belajar Efektif sebelum Ujian(Sumber: Republika.co.id)

Nah, Anda bisa juga membantu anak membuat strategi dalam menentukan jawaban yang benar. Misalnya, dengan memilih lebih dulu jawaban mana yang salah diantara pilihan ganda yang ada. Kemudian, beberapa anak ada juga yang saat ujian merasa takut akan kehabisan waktu. Jika demikian, Anda bisa melatih mereka untuk mengerjakan latihan soal dalam waktu tertentu, sehingga anak mempunyai kemampuan manajemen waktu ketika ujian berlangsung.

3. Ketahui Metode Belajar yang Cocok

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada anak yang cepat memahami pelajaran melalui video, ada yang melalui buku bacaan, atau ada yang melalui audio. Nah, agar persiapan belajar anak menjelang ujian lebih efektif, maka usahakan untuk mengetahui lebih dulu metode belajar yang cocok bagi anak Anda. Dengan begitu, Ia bisa belajar dengan mudah dan tentunya sangat efektif.

4. Ajari Anak Mengelola Stres

Menjelang ujian, biasanya ada juga anak yang merasa tertekan bahkan stres. Hal ini mungkin karena mereka terlalu khawatir tidak bisa menyelesaikan ujian dengan baik, atau tidak mendapatkan nilai sempurna. Nah, tips belajar efektif menghadapi ujian yang juga tidak kalah penting adalah mengelola stres. Sebagai orang tua, Anda bisa membantu anak untuk terbuka tentang apa yang mereka rasakan atau penyebab stres yang dialami anak.

Anda harus mendengarkan anak dengan empati, sehingga anak mengerti bahwa Ia dipahami, serta perasaaan stres yang mereka alami merupakan hal yang wajar. Setelah itu, jangan lupa untuk ajarkan anak Anda mengelola stres dengan cara sederhana seperti mengatur nafas yang panjang, berdoa dalam keheningan, atau membangun sugesti diri bahwa Ia bisa menjalani ujian tersebut dengan baik.

5. Belajar di Tempat dan Suasana yang Menyenangkan

Tempat serta suasana belajar kadang menjadi faktor penting bagi konsentrasi belajar anak. Selain membuat ruang belajar atau meja belajar yang nyaman untuk anak, Anda juga bisa mengajaknya sesekali belajar di luar rumah, mungkin di taman atau di cafe. Mengganti suasana belajar kadang kala memicu semangat baru untuk anak belajar. Selain itu, cara ini juga terasa lebih menyenangkan sebab anak bisa belajar sambil beristirahat dari rutinitas mereka.

6. Beristirahat dengan Cukup

Cara Belajar Efektif(Sumber: Kumparan.com)

Ketika Anda mengatur jadwal belajar anak, jangan lupa berikan Ia waktu istrhat yang cukup. Sebab, saat kelelahan anak tidak dapat belajar dan berlatih dengan maksimal. Belajar yang baik ialah dengan belajar secara rutin, bukan terus menerus. Sehingga, anak tidak perlu memforsir dirinya menjelang waktu ujian.

Saat anak Anda terlihat sudah sulit berkonsentrasi, maka tidak ada salahnya memberi Ia sejenak waktu untuk beristirahat. Selain itu, jangan biasakan anak untuk belajar dengan sistem SKS atau Sistem Kebut Semalam. Sebab, jika anak memaksakan diri mempelajari semua materi semalam sebelum ujian, bisa-bisa semua yang telah dipelajari terlupakan begitu saja.

Jadi, itulah beberapa tips belajar efektif menghadapi ujian yang bisa diterapkan oleh anak Anda. Di samping tips di atas, Anda bisa juga mendaftaran anak Anda di altaschool . Alta School merupakan sekolah dengan konsep homeschooling yang diperuntukkan bagi anak di tingkat PAUD hingga SD. Melalui Alta School, anak Anda dapat belajar menggunakan metode blended learning, yang bisa membantu mengembangkan minat serta kreativitas anak-anak. Nah, beberapa fasilitas belajar yang bisa didapatkan oleh anak di Alta School adalah Live Teaching, Learning Kit, Home Based Project, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Alfari, S. (2022), '7 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Menghadapi Ujian', Ruangguru.com, 06 Februari 2022 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/7-strategi-mempersiapkan-anak-menghadapi-ujian

Siahaan, S. (2019), '10 Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian', Tokopedia.com, 16 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/dig-cara-belajar-efektif-efisien/

Jessica, C. (2021), '6 Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian yang Bisa Kamu Coba Terapkan', Glints.com, 11 Februari 2021 [daring] Available at: https://glints.com/id/lowongan/cara-belajar-efektif-untuk-ujian/#.Yn_djroxXIV

Sumber Gambar:

Anak sedang Ujian di Kelas [daring]. Available at: https://www.fimela.com/lifestyle/read/2507695/telah-dihapus-sejak-2014-kini-un-sd-2016-disebut-us

Anak sedang Belajar Kelompok [daring]. Available at: https://www.republika.co.id/berita/qa3r6t382/uni-emirate-arab-perpanjang-masa-belajar-di-rumah

Anaks sedang Tidur [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/kenali-karakter-anak-berdasarkan-gaya-tidurnya-1t5NYDujasV

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar