Anak Anda Kecanduan Internet? Yuk Kenali Istilah Humblebrag

Nurul Habibah Apr 15, 2022 • 6 min read


Humblebrag

“Artikel ini berisi informasi tentang humblebrag lengkap dengan bahaya terhadap anak dan cara mengatasinya. Simak artikelnya agar dapat Anda cegah”

--

Humblebrag atau seni kerendahan hati palsu mulai diperkenalkan di tahun 2010 oleh seorang komika Amerika yakni Harris Lee Wittels. Saat itu, dia menyoroti tingkah laku para selebritis cantik dan kaya di Hollywood yang mencoba tampil seperti rakyat biasa. Namun, saat ini humblebrag tidak hanya sebatas tingkah laku, tetapi juga berupa postingan di media sosial.

Banyak sekali sikap pamer terselubung ini beredar di media sosial, baik berupa status atau unggahan foto. Parahnya lagi, humblebrag juga tak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tapi juga banyak anak-anak yang sudah terjebak dalam perilaku humblebrag.

 

Pengertian Humblebrag

Humblebrag berasal dari kata humble yang artinya rendah hati dan brag yang berarti sombong. Jadi, humblebrag adalah saat Anda menunjukkan perilaku sederhana, namun dengan tujuan menyombongkan diri. Istilah lainnya yang mungkin sering Anda dengar adalah "merendah untuk meroket".

Perilaku ini dapat Anda lihat dari cara anak menceritakan sesuatu secara berulang-ulang dengan nada merendah atau dari kalimat yang Ia gunakan saat berbicara serta saat menulis caption di postingannya. Contoh sederhana dari perilaku humblebrag yang dapat dilakukan anak Anda adalah saat Ia mengunggah foto mirror selfie dengan menggunakan handphone bermerek keluaran terbaru lalu menulis caption "tiap ketemu kaca selalu pengen foto", nah tujuan anak sebenarnya adalah menunjukkan handphone bermerek yang Ia miliki.

Contoh Perilaku Humblebrag(Sumber: Lifestyle.okezone.com)

Contoh lainnya, ketika Anda sekeluarga makan di restoran mewah, anak lalu mengunggah foto makanannya ke media sosial, lalu membuat caption seperti, "Diseret paksa makan di sini" atau "Dietnya besok aja ya", tujuan anak adalah menunjukkan kepada teman-temannya bahwa Ia sedang makan di restoran mewah dengan hidangan lezat yang cukup mahal.

Baca juga: Kapan sih Waktu yang Tepat Anak Menggunakan Internet?

Alasan Seseorang Berperilaku Humblebrag

Perilaku merendah untuk meroket biasanya disebabkan karena anak menghindari rasa malu dan bersalah dari perilaku sombong. Jadi, agar Ia bisa membanggakan sesuatu tanpa perlu malu menunjukkannya, Ia menyampaikannya dengan dibumbui kesan rendah hati. Nah, beberapa alasan mengapa anak berperilaku humblebrag antara lain bisa juga karena hal berikut:

  1. Keinginan untuk meningkatkan harga diri.
  2. Keinginan untuk mendapatkan simpati.
  3. Keinginan untuk membuat orang lain terkesan kepadanya.
  4. Keinginan untuk dihormati
  5. Keinginan untuk mendapatkan perhatian.

Bahaya Humblebrag Terhadap Anak

Humblebrag tidak baik untuk dipelihara, sebab sikap ini dapat memberikan kesan palsu dan tidak tulus. Bukannya mendapatkan simpati atau perhatian, anak yang bersikap humblebrag justru bisa dibenci oleh teman-temannya. Selain itu, humblebrag juga dapat membuat seseorang tidak peka terhadap situasi di sekitarnya. 

Contohnya, anak mengunggah foto badannya yang ideal di media sosial. namun memberi caption bahwa Ia sedih merasa gendut. Sedangkan, di saat yang sama, temannya yang sedang berusaha diet ketat untuk menurunkan berat badan akibat obesitas melihat unggahan tersebut. Tentu temannya dapat tersinggung bahkan membenci anak Anda.

Bahasa Humblebrag(Sumber: Haibunda.com)

Bahaya lainnya bisa juga terjadi ketika anak mengunggah foto boarding pass saat pergi liburan dengan caption "dipaksa bangun pagi biar gak telat". Nah, maksud anak mengunggah foto tersebut adalah menunjukkan bahwa Ia pergi liburan menggunakan pesawat. Namun, tahukah Anda bahwa mengunggah foto boarding pass bisa menunjukkan barcode dua dimensi serta kode QR yang menyimpan banyak data pribadi anak Anda. Bayangkan jika foto ini dilihat oleh orang yang memiliki niat jahat, tentu ini dapat berbahaya bagi keselamatan anak Anda.

Baca juga: 6 Kegiatan Montessori di Rumah untuk Anak

Cara Mengatasi Humblebrag pada Anak

Anak-anak yang bisa terjebak dengan perilaku humblebrag salah satu nya adalah mereka yang kecanduan internet. Anak mulai tidak bisa lepas dari handphone serta semua media sosial yang Ia gunakan dan anak terlalu banyak mengisi waktu luang mereka untuk mengakses internet. 

Dampak Anak Kecanduan Internet(Sumber: Halodoc.com)

Nah, agar anak terhindar dari perilaku humblebrag, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah mengontrol aktivitas anak ketika mengakses internet. Lalu, jangan ragu untuk menegur anak atau memberitahunya bahwa perilaku humblebrag yang Ia lakukan di media sosial itu tidak baik dan berbahaya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan perhatian lebih kepada anak, agar mereka merasa eksistensinya diakui dan tidak perlu mencari perhatian dari teman-temannya di media sosial.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Kelas Online untuk Anak Pra Sekolah

Jadi, Anda kini sudah paham tentang humblebrag serta bahayanya bagi anak-anak? Dibandingkan anak Anda sibuk bermain internet untuk menyombongkan diri, lebih baik ajak Ia untuk melakukan aktivitas positif yang berguna untuk pendidikannya, seperti belajar dengan berbagai fasilitas seru yang ada di altaschool 

Alta School adalah salah satu homeschooling terbaik yang sudah menggunakan metode belajar blended learning. Anak-anak yang memasuki usia PAUD hingga SD bisa mengasah bakat dan kreativitas mereka dengan baik di Alta School. Nah, tunggu apalagi? Ayo buruan daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber:

Rachman, R. A. (2022), 'Kenali Istilah "Humblebrag" saat Anak Kecanduan Internet', Ruangguru.com, 01 Februari 2022 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/kenali-istilah-humblebrag-saat-anak-kecanduan-internet 

Pane, M. D. C. (2021), 'Humblebrag, Perilaku Merendah untuk Meroket', Alodokter.com, 16 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/humblebrag-perilaku-merendah-untuk-meroket

Tempo. (2016), 'Apa Itu Humblebrag?', Cantik.tempo.co, 13 September 2016 [daring] Available at: https://cantik.tempo.co/read/803777/apa-itu-humblebrag/full&view=ok

Dewi, F. L. (2019), '8 Kalimat Humblebrag yang Gak Sadar Mungkin Sering Kamu Ucapkan', Idntimes.com, 18 November 2019 [daring] Available at: https://www.idntimes.com/life/inspiration/fajar-laksmita-dewi-1/kalimat-humblebrag-yang-gak-sadar-mungkin-pernah-kamu-lontarkan/2

Sumber Gambar:

Anak Memfoto Makanan [daring]. Available at: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/09/481/1638121/kebiasaan-memotret-makanan-sebelum-makan-bantu-menurunkan-berat-badan-loh

Anak Foto Selfie [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20200904184108-62-160283/bunda-waspadai-tanda-tanda-ini-ketika-anak-jadi-sering-foto-selfie

Anak Kecanduan Internet [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/haruskah-melarang-anak-untuk-punya-media-sosial

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar