6 Kegiatan Montessori di Rumah untuk Anak

Nurul Habibah Mar 30, 2022 • 6 min read


Aktivitas & Hobi - Kegiatan Montessori di Rumah untuk Anak-01“Artikel ini berisi informasi tentang kegiatan montessori yang dapat dilakukan oleh anak di rumah. Simak artikelnya ya, agar Anda paham metode montessori dan jenis kegiatannya”

Pernahkah Anda mendengar kata montessori?  Montessori merupakan metode pendidikan yang membantu anak mencapai potensinya dalam kehidupan. Sesuai dengan namanya, metode ini dikembangkan oleh Dr Maria Montessori di awal tahun 1900. Metode Montessori menekankan pada kemandirian serta kreatifitas anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui praktek serta permainan kolaboratif.

Montessori membantu mengembangkan potensi anak secara menyeluruh, baik kognitif, emosional, sosial, serta fisik. Metode ini tidak hanya mementingkan kecerdasan akademis anak, namun juga dirancang untuk menggali potensi tersembunyi dari anak Anda. Nah, montessori ini memiliki lima area, yakni practical life yang fokus pada kecakapan sehari-hari, cultural yang meliputi perkenalan budaya dan sosial,  sensorial atau indera, matematika, serta bahasa.

Kegiatan Montessori untuk Anak(Sumber: Haibunda.com)

Berikut ada 6 kegiatan montessori yang dapat dilakukan anak di rumah.

1. Meronce Kalung

Kegiatan ini bertujuan melatih kemampuan motorik anak dalam memegang benda yang kecil dan melatih konsentrasi serta kesabarannya. Anak-anak sangat mudah teralihkan konsentrasinya dan kesabaran mereka pun masih rendah. Nah, dengan permainan ini konsentrasi dan kesabaran anak bisa terlatih dengan baik.

Peralatan yg Anda butuhkan cukup sederhana untuk membuat permainan ini. Anda hanya perlu menyiapkan sedotan, gunting, serta benang wol. Gunting sedotan kecil-kecil terlebih dahulu. Lalu, kumpulkan dalam satu wadah khusus. Selanjutnya, minta anak untuk meroncengnya menjadi gelang atau kalung yang cantik. Meski terlihat mudah, namun banyak anak yang kehilangan kesabaran dalam membuatnya.

2. Menyusun Puzzle

Puzzle adalah salah satu mainan yang sangat cocok untuk anak-anak. Tidak hanya bisa melatih keterampilan motorik halus, puzzle diketahui juga bisa melatih keterampilan memecahkan masalah pada anak. Selain itu, puzzle dapat menanamkan kebutuhan anak kecil akan keteraturan. Saat anak mengerjakan puzzle, anak dapat mengoreksi sendiri kesalahannya, dengan demikian Ia dapat belajar cara memperbaiki kesalahan tersebut.

3. Melukis dengan Jari

Kegiatan Montessori di Rumah untuk Anak(Sumber: Rinso.com)

Melukis menggunakan jari memungkinkan anak untuk mengeksplorasi menggunakan keterampilan sensoriknya. Kegiatan ini juga merupakan kesempatan untuk anak mengenal warna, dan melihat apa yang terjadi ketika warna-warna dicampur secara bersamaan. Saat anak melukis dengan jari, ini tidak hanya bisa mengeksplorasi sisi kreatif mereka, namun juga mengembangkan koordinasi tangan, mata, serta membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Melukis dengan jari membantu anak belajar cara mengingat berbagai warna dan kombinasi warna yang dapat menghasilkan warna baru.

4. Menuang dan Menyendok

Kegiatan montessori lainnya yang dapat membantu melatih kesabaran anak adalah permainan menuang dan menyendok. Anda dapat menyediakan dua buah toples, biji kacang hijau, serta sebuah sendok. Permainan ini cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu meminta anak untuk memindahkan kacang hijau dari toples A ke toples B dengan menggunakan sendok. Bagi Anda, kegiatan ini terlihat sangat mudah. Namun, untuk beberapa anak, mereka bisa kesulitan menyelesaikannya karena tidak bisa konsentrasi dan tidak sabar. Selain melatih kesabaran dan konsentrasi, permainan ini juga membantu melatih motorik dan sensorik anak Anda.

5. Membuat Plastisin

Plastisin adalah mainan anak yang mudah ditemukan di pasaran. Namun, beberapa orang tua kadang khawatir dengan keamanan produknya. Apalagi jika ini dimainkan oleh anak-anak yang masih kecil dan rawan untuk mereka masukkan ke dalam mulut. Jadi, agar lebih aman, Anda dapat mengajak anak membuat plastisin sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, hanya tepung terigu, pewarna makanan serta air.

Cara Membuat Plastisin di Rumah(Sumber: Diadona.id)

Setelah semua bahan tersedia, tuangkan tepung terigu ke dalam wadah secukupnya, dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu campur hingga menyatu dan dapat dibentuk. Setelah itu, bagi menjadi beberapa buah, dan warnai dengan beraneka ragam warna sesuai keinginan anak. Permainan ini bertujuan untuk mengasah sensorik dan motorik anak-anak. Dengan permainan ini juga, anak-anak dapat mengenal tekstur serta warna.

6. Basah dan Kering

Kegiatan Montessori terakhir yang dapat dilakukan anak Anda di rumah adalah mengenal tekstur basah dan kering. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memberikan mereka beberapa potong kapas bahasa dan kapas kering. Lalu, mintalah anak Anda untuk mengelompokkan kapas basah dan kapas kering ke dalam wadah yang berbeda. Melalui permainan ini anak dapat mengasah motoriknya, sehingga Ia bisa dengan mudah mengenal berbagai tekstur.

Jadi, itulah 6 kegiatan montessori yang dapat dilakukan anak di rumah. Melakukan kegiatan montessori sejak dini dapat melatih anak, menstimulasi indranya, bahkan menguatkan motorik halus mereka. Oleh karena itu, jangan malas untuk mendampingi anak Anda melakukan berbagai kegiatan montessori ya.

Nah, jika Anda ingin anak mendapatkan pendidikan yang lebih kompleks, Anda juga bisa langsung mendaftarkannya di Alta School. Alta School adalah sekolah dengan konsep homeschooling yang dikhususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah ini telah menggunakan metode belajar blended learning, yang fokus mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini. Selain itu, Alta School juga memiliki berbagai fasilitas belajar yang menarik.

New call-to-action

Sumber:

Fadila, I. (2021). 'Mengenal Metode Pendidikan Montessori: Membebaskan Anak untuk Bereksplorasi', Hellosehat.com, 14 September 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/metode-pendidikan-montessori/

Ulfah, S. (2019), 'Selain Masuk TK, Lakukan 7 Kegiatan Montessori di Rumah', Popmama.com, 23 Desember 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/sarrah-ulfah/tak-perlu-taman-kanak-kanak-lakukan-7-kegiatan-montessori-di-rumah/7

Karyssa, J. (2022), '7 Kegiata Montessori di Rumah untuk Anak Usia 3 Tahun', Popmama.com, 28 Februari 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/jemima/kegiatan-montessori-di-rumah-untuk-anak-usia-3-tahun/7

Luthfi, H. (2020), 'Mengenal Metode Montessori yang Efektif Mendidik Anak Usia Dini', Haibunda.com, 13 Oktober 2020 [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20201013094847-61-166883/mengenal-metode-montessori-yang-efektif-mendidik-anak-usia-dini

Sumber Gambar:

Anak Bermain Puzzle [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20171119153952-61-9976/bisa-dicoba-di-rumah-3-kegiatan-montessori-matematika-untuk-balita

Anak Melukis dengan Jari [daring]. Available at: https://www.rinso.com/id/sustainability/8-langkah-membuat-finger-painting-dan-bermain-seru-dengan-anak.html

Membuat Plastisin di Rumah [daring]. Available at: https://www.diadona.id/family/cara-membuat-plastisin-sendiri-di-rumah-yang-mudah-dan-aman-buat-mainan-anak-200826c.html

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar